aprilhatni.com

Scale Up Impact - Selebrasi Bunda Salihah

Post a Comment
selebrasi bunda salihah ibu pembaharu

Tak terasa Selebrasi Bunda Salihah Batch#1 (17 Desember 2021) sudah di depan mata, itu berarti perkuliahan Bunda Salihah pun segera berakhir. Namun bagi kami, calon Ibu Pembaharu ini adalah awal untuk memulai hal/tahapan yang baru. Kami akan merayakan akhir perkuliahan di Kampus Ibu Pembaharu dengan Konferensi Ibu Pembaharu yang akan diselenggarakan pada 18-22 Desember 2021.

Konferensi Ibu Pembaharu adalah pertemuan para ibu pembaharu seluruh dunia beserta institusi-institusi yang mendukungnya sebagai sebuah ekosistem. Konferensi ini merupakan wadah bagi para ibu untuk belajar, berkembang, berkarya, berbagi, dan berdampak bagi sesama ibu di seluruh dunia.

Event ini berkaitan dengan hari ulang tahun Ibu Profesional yang ke-10, peresmian www.ibupembaharu.com, selebrasi untuk para Ibu Pembaharu yang telah berhasil menyelesaikan semua pendidikan di Institut Ibu Profesional, serta parade Semesta Karya Untuk Indonesia.

Di hari tersebut, kesuksesan maupun kegagalan akan dirayakan bersama-sama. Bagi mereka yang gagal/tidak lulus juga berhak mengikuti selebrasi dan merayakan kegagalannya.

What? Merayakan kegagalan? Yes! Kegagalan harus dirayakan lebih dari kemenangan, karena kita akan mendapatkan banyak pembelajaran dari proses kegagalan tersebut. Mulai dari proses dan membangun tim tahap demi tahap. “It’s okay to make mistake, i learn from my mistake.” Sehingga kedepannya tidak terulang kegagalan yang sama.

Selesai perkuliahan di Kampus Ibu Pembaharu bukan berarti semua sudah berakhir. Namun tahap berikutnya kami pun harus melalui seleksi untuk bisa masuk ke dalam ekosistem Ibu Pembaharu, yaitu Scale Up Impact.

Apakah Aku Berhak Lulus?

Apakah aku berhak lulus dari perkuliahan di Kampus Ibu Pembaharu? Pertanyaan ini sangat menggelitik, bukan? Yup. Mahasiswa Kampus Ibu Pembaharu memiliki dua kriteria lulus, yaitu kriteria lulus secara umum yang ditentukan oleh pihak manajemen kampus dan kriteria lulus secara personal yang ditentukan oleh masing-masing mahasiswa.

syarat lulus kampus ibu pembaharu

Apa saja sih syaratnya? Mari kita simak lagi syarat lulus Kampus Ibu Pembaharu!

Syarat lulus Kampus Ibu Pembaharu

Kriteria lulus secara umum yang ditentukan oleh pihak manajemen kampus adalah sebagai berikut:

  • Tantangan dan Sistem Umpan Balik
Tuntas dengan minimal 7 dari 8 tantangan, dan 7 dari 8 sistem umpan balik (Feedback System)


  • 1 Aksi, 1 Solusi
Mampu mengubah empati menjadi minimal 1 aksi untuk 1 solusi.
Berikut link dokumentasinya.
Instagram Temani Indonesia/Sharing Session


  • Event
Ikut berpartisipasi aktif minimal 2 dari 3 event besar di Kampus Ibu Pembaharu. Ada 3 event besar di Kampus Ibu Pembaharu, yaitu Questival Kemerdekaan, Kongres Ibu Pembaharu, dan Konferensi Ibu Pembaharu.
  • Portofolio
Membuat 1 portofolio aksi dalam bentuk website/pdf/karya digital lainnya.

Syarat lulus kriteria personal

Lalu, bagaimana kriteria lulus secara personal? Kriteria lulus secara personal ditentukan oleh masing-masing mahasiswa. Setiap mahasiswa di Kampus Ibu Pembaharu berhak untuk membuat indikator kelulusan masing-masing sesuai dengan kemampuan dan target mengikuti perkuliahan di Kampus Ibu Pembaharu.

kampus ibu pembaharu

Indikator lulus versi personal ini akan menjadi bahan diskusi di saat penentuan lulus tidaknya mahasiswa di akhir pembelajaran. Indikator lulus versi personal ini dibebaskan bentuknya mau seperti apa, yang penting adalah terukur.

Berikut adalah indikator sukses personal yang telah aku tetapkan di awal mengikuti perkuliahan di Kampus Ibu Pembaharu:
  • Mampu menyelesaikan satu masalah hidup
Aku berhak dinyatakan lulus sebagai Ibu Pembaharu apabila mampu menyelesaikan satu masalah yang kuhadapi. Dengan indikator pencapaian lebih menerima hal yang terjadi/dialami, sabar saat menghadapi masalah tersebut, dan  tawakal.

  • Berkontribusi terhadap tim
Jika nanti bergabung dalam salah satu tim, maka aku harus berperan aktif dan berkontribusi di dalam tim. Di Temani Indonesia aku mengambil peran sebagai Website Designer, karena memang kebetulan aku suka ngulik website, mulai atur template website, layout, hingga posting konten di website Temani Indonesia.

  • Berdampak
Bersungguh-sungguh untuk menjadi changemaker dengan meluaskan berdampak, minimal dengan satu aksi untuk solusi. Hal ini sudah terlaksana di salah satu program Temani Indonesia (Sharing Session) dengan tema “Toxic People” pada 20 Oktober 2021.

Scale Up Impact

Mahasiswa Kampus Ibu Pembaharu yang dinyatakan lulus berhak mengikuti program seleksi Scale Up Impact di ekosistem Ibu Pembaharu. Program ini akan mempertemukan para Ibu Pembaharu dengan berbagai macam stakeholder pembaharu di luar Ibu Profesional.

Program Scale Up Impact di dalam ekosistem Ibu Pembaharu akan mendampingi para Ibu Pembaharu untuk menjalankan perubahan yang berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.

tahapan ibu pembaharu

Di dalam ekosistem Ibu Pembaharu nanti terdapat empat partner yang sudah lama berkolaborasi dengan Ibu Profesional, yaitu (1) Ashoka Indonesia, sebagai non profit organization yang bekerja di jaringan pembaharu, nasional maupun internasional. (2) AT Kearney, yaitu konsultan bisnis sosial yang selama ini mendampingi Ibu Profesional selama 2012-2020. (3) PT Paragon Innovation, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi pada gerakan pembaharu dengan produk yang terkenal selama ini adalah Wardah. (4) SBM ITB, akademisi yang baru saja berkolaborasi dengan Ibu Profesional dan para mahasiswanya untuk meningkatkan Social Impact.

Adapun syarat masuk Scale Up Impact program, yaitu;
  • Perempuan Indonesia
  • Lulus Kampus Ibu Pembaharu (Changemaker Journey)
  • Sudah memiliki project perubahan
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment