Cara Mengunggah Font di Canva

bagaimana cara mengunggah font di canva

Hallo genks, gimana nih liburan Idul Fitri kemarin? Meskipun hanya silaturahim secara virtual dengan teman, saudara, kerabat, dan orang tua, pastinya tetap seru dan menyenangkan ya.

Sama halnya denganku, dua kali Idul Fitri, bertahan di rantau dan memilih untuk tidak pulang kampung agar semuanya selamat. Yah, meskipun pandemi belum berakhir, aku tetap bersyukur dan menjaga hati supaya tetap bahagia. Sepakat?

Dan... saking bahagia menikmati liburan, eh nggak taunya satu bulan lebih belum update di sini, hehe…

Baiklah, cukup basa-basi dariku ya genks. Sekarang kita lanjut ke pembahasan dari judul di atas ya… Yuks!

Pernah nggak sih ketika Anda membuat desain di Canva, namun enggak cocok dengan semua font yang tersedia di aplikasi tersebut dan maksud hati ingin menggunakan font lainnya, gitu? Pemilihan font tertentu pastinya bertujuan agar hasil desain Anda terlihat lebih menarik dan menjadikan ciri khas dari desain yang Anda ciptakan.

Sayangnya, font yang Anda maksudkan tidak tersedia di platform tersebut dan akhirnya Anda berinisiatif untuk mengunggah/menginstall font pada aplikasi tersebut. Nah, untuk kali ini aku mau sharing tutorial Cara Mengunggah Font di platform desain yang sudah tak asing lagi bagi kita, yaitu Canva.

Bagaimana ya caranya? Bagi yang sudah mengetahui caranya bolehlah share di kolom komentar, namun bagi Anda yang belum mengetahui caranya, so… baca postingan ini sampai kelar ya…

Canva

Canva adalah platform desain grafis online yang digunakan untuk membuat grafik, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual media sosial lainnya. Aplikasi ini menyertakan template untuk digunakan para penggunanya. (wikipedia.org)

Platform ini gratis untuk digunakan dan menawarkan langganan berbayar seperti Canva Pro dan Canva untuk Perusahaan sebagai fungsionalitas tambahan. Pengguna juga dapat membayar produk fisik untuk dicetak dan dikirim.

pengertian canva

Sumber lain menyebutkan, Canva merupakan alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Platform ini mulai diluncurkan pada tahun 2013. (canva.com)

Pentingnya Tipografi dalam sebuah desain

Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih serta menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin. (wikipedia.org)

tipografi dalam desain grafis

Dalam tipografi, biasanya desainer akan melibatkan font, penampilan, dan struktur yang bagus dengan tujuan memperoleh emosi tertentu sehingga dapat menyampaikan pesan kepada pembaca.

Tipografi dianggap memiliki peranan penting dalam desain grafis. Tidak sedikit juga desainer yang menjadikan tipografi sebagai elemen utama yang membuat tampilan dari karya grafis terlihat mengesankan.

Tentu saja ini menjadi pertimbangan bagi sebagai desainer lainnya untuk menjadikan tipografi terintegrasi dengan elemen lain dalam desain grafis. Tipografi sering digunakan untuk banyak karya desain grafis seperti poster, iklan, logo, dan lainnya.

Penyampaian pesan yang melibatkan tipografi juga mempengaruhi unsur lainnya. Apalagi prinsip komunikasi visual yang digunakan dalam setiap detail pada desain grafis menjadi lebih ideal.

Lantas, apa sih pentingnya tipografi ini? (1) Membuat teks menjadi lebih hidup, (2) Menarik perhatian, (3) Menjadi sebuah identitas yang memberikan value dari sebuah brand, dan (4) Memaksimalkan tampilan konten desain grafis.

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa font mengambil peran cukup penting dalam prinsip tipografi ini. Oleh karena itu, pemilihan font yang bagus sangat penting untuk desain yang bagus pula.

Aktivasi Canva Pro secara Gratis

Bisakah kita mengunggah font di Canva? Ya, kita dapat mengunggah font ke Canva. Namun, untuk mengunggahnya, kita harus beralih ke Canva Pro. Yah, duh! Eits, tapi tenang, kita dapat mencoba Canva Pro secara gratis selama 30 hari, lho. Nah, selama 30 hari maksimalkan untuk mengunggah beberapa font yang Anda inginkan.

Setelah Canva Pro diaktivasi, kita dapat menambahkan font khusus melalui proyek kita atau langsung melalui "Kit Merek".

Lalu bagaimana caranya untuk mencoba Canva Pro secara gratis? Anda bisa mengaktivasi Canva Pro secara gratis selama 30 hari dengan menggunakan credit card, debit card, dan atau Paypall. Jangan lupa membatalkan sebelum masa uji coba berakhir (jatuh tempo) dan Anda pastinya tidak akan dikenakan biaya.

cara mengaktivasi canva pro

Berikut langkah-langkah aktivasi Canva Pro

1. Buka beranda Canva.
Lihat pojok kiri bawah (icon crown) lalu klik “Coba Canva Pro”

2. Akan muncul pop-up, lalu klik “mulai uji coba gratis saya”.

3. Pilih penawaran, lalu klik “selanjutnya”.

Ingat! Gratis uji coba hanya selama 30 hari dan bisa dibatalkan kapan pun asal tidak melewati jatuh tempo, namun ada beberapa akun yang hanya mendapatkan 14 hari masa uji coba. Dan biasanya ada pemberitahuan 3 hari sebelum jatuh tempo (melalui email).

4. Pilih metode pembayaran, dengan kartu atau Paypall
Lalu klik “Dapatkan uji coba gratis”.

5. Akan muncul pop-up yang akan kita pilih sebagai alasan menggunakan Canva Pro (bisa skip/lewati)

Voila! Canva Pro sudah berhasil diaktivasi. Maksimalkan waktu selama 30 hari untuk menggunakan platform ini secara gratis.

Cara Mengunggah Font di Canva

Ada dua cara saat mengunggah font di Canva, yaitu melalui Kit Merek atau langsung melalui desain Anda (pada menu daftar font). Walaupun mengunggah melalui desain yang Anda buat, pada akhirnya akan diarahkan ke halaman Kit Merek.

cara mengunggah font di canva

Berikut langkah-langkah mengunggah font di Canva

1. Buka beranda Canva dan Pilih/klik “Kit Merek”
Geser kursor ke bawah/scroll down. Lalu Pilih/klik “Unggah Font”
Pastikan bahwa font berlisensi untuk disematkan. Jika tidak, pengunggahan mungkin gagal. Jika Anda merasa tidak yakin, periksa informasi lisensi, atau hubungi penyedia/penjual font.

Berikut adalah format font yang bisa diunggah:
  • Open Type Font (.otf )
  • True Type Font (.ttf)
  • Web Open Font Format (.woff)
Anda dapat mengunggah hingga 100 font per akun.

2. Pilih file yang ingin diunggah, lalu klik “open”.

3. Klik “Ya, unggah”! untuk mengonfirmasi bahwa Anda mempunyai lisensi/hak untuk menggunakan font tersebut.

4. Tunggu hingga proses mengunggah selesai. Lalu muncul pop-up yang akan memberitahu jika unggahan berhasil atau tidak.

5. Font yang diunggah akan muncul di daftar teratas saat kita menambahkan teks pada desain yang kita buat.

font yang berhasil diunggah di canva

Jika font tidak berhasil diunggah, kemungkinan ada beberapa faktor penyebabnya, seperti:

1. Format yang tidak mendukung
Pastikan font Anda berada dalam format OTF, TTF, atau WOFF.

2. Masalah lisensi
Font seharusnya mempunyai izin untuk disematkan. Tanyakan kepada penyedia font jika Anda tidak yakin, atau jika Anda perlu mendapatkan lisensi atau versi file yang benar.

3. File yang rusak
File tidak dapat dibaca. Maka solusinya adalah dapatkan salinan baru dan unggah file tersebut sebagai gantinya.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter