Tentang April Hatni dan April Diary

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Halo sahabat semuanya, terimakasih telah bersedia mampir di website saya. Sahabat? Iya sahabat! Memang sih biasanya ‘genks’ adalah sapaan akrab saya bagi pembaca, namun kali ini saya ingin ‘sahabat’ untuk menyapa para pembaca sekalian.

Tak kenal, maka kenalan dong ya! hehe… Kali ini bolehlah saya menceritakan sedikit tentang diri saya. Cekidot!

Kehidupan Pribadi

Aprilia Prihatini - Saya dilahirkan di sebuah tempat yang dijuluki ‘Kota Angin’ yaitu Nganjuk-Jawa Timur, pada bulan April. Adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak cerdas, saleh dan salihah, yang bernama Prista Dewi (13 th) dan Aqmar Rahmatullah (9 th).

April adalah panggilan akrab untuk saya, sebagai pengingat bulan kelahiran saya. Sedangkan April Hatni saya pilih sebagai nama pena serta domain website, karena hal ini bertujuan supaya mudah diingat.

aprilhatni
Sejak kecil saya bercita-cita ingin menjadi guru, karena mungkin saya terlahir dan dibesarkan di keluarga guru. Jadi, bapak dan ibu sayalah yang menjadi inspirator waktu itu.

Saya lulusan SMA Negeri 1 Prambon. Sebuah sekolah yang ‘mewah’ (mepet sawah atau bersebelahan dengan sawah milik warga setempat) yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk (Jawa Timur). Setamat SMA, kemudian saya melanjutkan pendidikan di salah satu Universitas yang terletak di ‘Kota Apel’, yaitu Malang-Jawa Timur.

Di Universitas Negeri Malang, saya masuk Fakultas Sastra dan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saat semester akhir di bangku perkuliahan, sempat menjadi asdos dan mengajar kelas program CIS BIPA selama setahun.

Kemudian lulus kuliah di tahun 2006 mencoba untuk menambah jam terbang dengan bekerja (mengajar) di salah satu Lembaga Pendidikan yang terletak di Bontang-Kaltim, yaitu Yayasan Pupuk Kaltim sebagai guru Bahasa Indonesia. Selama setahun di YPK ini, saya mengajar kelas 7 dan kelas 8.

Alhamdulillah, selama di Bontang inilah akhirnya saya bertemu jodoh. Pada bulan April 2007 saya pun memutuskan untuk menikah dan berdomisili di Tuban-Jawa Timur, karena saat itu suami bekerja di Tuban.

Setelah menikah, saya memilih untuk tidak melanjutkan karir saya sebagai guru (pengajar). Karena pertama, kalau boleh jujur saya lebih senang untuk berada di rumah/tidak bekerja di luar. Yang kedua, saya ingin fokus pada keluarga, terutama merawat, mengasuh, dan mendidik anak-anak.

Kemudian, pada bulan Oktober 2009 saya hijrah ke Qatar untuk mendampingi suami yang bekerja di sana. Alhamdulillah hingga saat ini sudah lebih sepuluh tahun tinggal kota yang kaya minyak ini. Saya merasakan ketenangan dan kenyamanan selama di sini. Saya pun merasa lebih berkembang, karena banyak hal yang didapatkan selama di sini.

Ketertarikan saya akan dunia Desain, Parenting, dan Psikologi dimulai sejak tahun 2017. Di saat saya tergabung di Ibu Profesional (sebagai mahasiswa IIP). Mulai tahap/kelas Matrikulasi saya banyak belajar ilmu dasar yang harus dimiliki oleh seorang ibu. Kemudian melanjutkan Kelas Bunda Sayang, dan di sinilah saya banyak belajar mengenai ilmu Parenting dan akhirnya tertarik dengan bidang ini.

Setelah itu melanjutkan di kelas Bunda Cekatan, di tahapan ini saya belajar menemukan potensi dan kekuatan yang saya miliki serta terus mengasahnya sehingga menjadikan saya semakin berbinar dan bersemangat.

Dan pada pertengahan bulan Maret 2021, alhamdulillah juga sudah menyelesaikan kelas Bunda Produktif. Di tahapan ini produktivitas saya meningkat pesat daripada sebelumnya, selain itu saya pun semakin ‘jatuh cinta’ dengan aktivitas menulis ini.

Oleh karena itu, selain bergabung di komunitas Ibu Profesional maka untuk melatih konsistensi serta menambah wawasan tentang tulis menulis, akhirnya saya pun bergabung di komunitas blogger dan penulis (secara online), diantaranya grup IIDN, ISB, KEB, KLIP, dan ODOP.

April Diary

aprilhatni.com merupakan situs personal yang berisi berbagai dokumentasi jurnal/portofolio belajar selama di Ibu Profesional, kehidupan pribadi dan artikel yang sesuai dengan pengalaman dan pengamatan saya di berbagai bidang.

Niche yang saya ambil untuk April Diary lebih fokus kepada lifestyle, terutama Parenting dan Psikologi, karena saya sangat tertarik sekali dengan kedua tema ini.

Meskipun minat menjadi seorang blogger telah ada sejak tahun 2007 ketika internet sedang mengalami trend pada waktu itu. Akan tetapi, realisasi pembuatan blog ini baru dibuat pada bulan Desember 2017. Selain itu, karena saya juga baru belajar dan memang masih banyak hal yang perlu diperbaiki agar bisa memberikan manfaat secara luas bagi para pembaca.

Akhir kata, sekali lagi terimakasih buat para sahabat yang sudah bersedia mampir ke website saya yang masih terbilang sederhana ini, memberikan apresiasi berupa komentar dan turut membagikan tulisan saya. Semoga menginspirasi dan memberikan manfaat buat para sahabat semuanya.


Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh



   Salam Hangat,             
aprilhatni sign