Membuat Desain Mockup di Canva

membuat mockup desain di canva

Apa itu Desain?

Menurut Wikipedia, Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. 

Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan objek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

Berbagai Macam Desain

Ada beberapa macam jenis Desain, diantaranya;
  • Desain Grafis
  • Desain Interior
  • Desain Arsitektur
  • Desain Produk
Namun, kali ini yang aku bahas berkaitan dengan Desain Grafis. Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang dipakai untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin dengan menggunakan media gambar. 

Desain Grafis adalah bagian dari seni rupa yang berusaha memenuhi kebutuhan praktis atau fungsional manusia dari hasil komunikasi visual dalam bentuk seni cetak, contohnya seperti poster, majalah, undangan, surat kabar, logo perusahaan, kemasan, buku, cerita bergambar, karikatur dan lain sebagainya.

Desain Grafis bisa merujuk pada metode merancang, proses pembuatan, dan produk yang dihasilkan atau rancangan, maupun disiplin ilmu yang digunakan atau desain. Seni desain grafis meliputi keterampilan visual dan kemampuan kognitif, termasuk di dalamnya pengolahan gambar, tata letak, tipografi, ilustrasi, dan fotografi. 

Mengenal Desain dan Mulai Menyukainya

Pada dasarnya sejak dulu aku suka hal-hal yang berhubungan dengan seni, sewaktu masih kecil suka membuat boneka dari kain bekas, suka mendesain sampul buku, membuat tas dari kardus dan masih banyak hal lainnya.

Nah, untuk Desain Grafis ini aku mengenal sewaktu kuliah. Dulu ada seorang teman dari jurusan Desain Grafis, aku selalu takjub setiap kali melihat tugas akhir yang ia buat. Tertarik untuk belajar, namun ketika melihat prosesnya, “kok ribet amat ya...” pikirku waktu itu, hingga akhirnya aku sudah melupakannya.

Aku mulai “jatuh cinta” lagi dengan Desain ketika menjadi member sebuah komunitas ibu pembelajar di akhir tahun 2017. Kala itu ada seorang teman sekelas membuat sebuah Flyer dengan menggunakan Aplikasi tertentu, yaitu Canva. 

Karena rasa penasaran yang amat sangat, aku pun menginstall aplikasi tersebut di Handphone ku. Di aplikasi ini, ada ribuan template yang tersedia dan siap untuk dipakai bagi pengguna tanpa perlu pusing-pusing lagi merancang sendiri. 

Setahun lebih aku mulai suka mengutak-atik template di Canva, hingga pada akhirnya aku bisa menciptakan template sendiri, tentunya masih dengan bantuan tools di aplikasi tersebut. Kegiatan ini sangatlah menarik buatku pribadi, karena dengan menciptakan berbagai desain sendiri membuatku semakin semangat dan bahagia.

Desain Mockup

Di awal bulan Juni 2020 aku masuk dalam sebuah komunitas Desain di salah satu platform media sosial. Nah, di sinilah aku mulai mengenal tentang Desain Mockup. Desain Mockup itu sendiri sebenarnya sudah lumayan lama, namun aku baru tahu setelah bergabung di komunitas tersebut.

Mockup merupakan media visual yang digunakan untuk melihat preview sebuah konsep desain. Selanjutnya diberikan efek visual sehingga hasil gambar terlihat menyerupai wujud yang sebenarnya. Sederhananya, Mockup ini adalah sebuah desain gambar yang akan kita pakai untuk mempresentasikan desain yang kita buat

Biasanya Desain Mockup ini dibuat melalui software edit foto, contohnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW dan lain-lain. Namun kali ini, kita akan membuat Desain Mockup dengan Aplikasi Canva. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya!

Tutorial

  1.  Buka Aplikasi Canva melalui Handphone
  2. Kita buat sebuah desain (apapun), namun kali ini aku membuat Flyer Camping dengan klik tombol + (pojok kanan bawah)
  3. Klik Template (gambar 2), lalu search template dengan menggunakan keyword “camping” (gambar 3,4)
  4. Setelah memilih Template tertentu, lalu edit dan download hasil desain yang kita buat (gambar 5)
  5. Kembali lagi ke awal, buka Canva (seperti langkah 1-2) buat Template Mockup (gambar 6), lalu klik illustration dan pilih Frame (gambar 7)
  6. Di sini aku memilih frame Tablet (gambar 8), kemudian klik “tanda pensil” 
  7. Pilih “Gallery”, lalu pilih desain yang kita buat di awal tadi (Desain Flyer) (gambar 10)
  8. Desain Mockup sudah jadi, dan bisa didownload dengan klik tanda download (gambar 11)


langkah 1
Gambar 1
langkah 2
Gambar 2
langkah 3
Gambar 3

langkah 4
Gambar 4
langkah 5
Gambar 5

langkah 6
Gambar 6
langkah 7
Gambar 7

langkah 8
Gambar 8
langkah 9
Gambar 9

langkah 10
Gambar 10
langkah 11
Gambar 11

hasil desain mockup
Hasil


Referensi:
https://fastwork.id
https://www.materi.carageo.com
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter