aprilhatni.com

Questival Kemerdekaan Kampus Ibu Pembaharu

Post a Comment
questival kemerdekaan

Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-76 di Kampus Ibu Pembaharu mengadakan suatu event, yaitu Questival Kemerdekaan. Acara ini berlangsung pada tanggal 16 hingga 18 Agustus 2021. Kok Questival sih, bukannya biasanya Festival?

Questival diambil dari kata dasar “quest” yang artinya pertualangan, penyelidikan, dan atau pencarian. Jadi, Questival Kemerdekaan bisa diartikan sebagai proses perjalanan mencari kemerdekaan hidup. Questival ini dikerjakan bersama tim bukan individu.

Tujuannya adalah mengajak semua mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru dalam hidupnya dan sanggup bekerja dengan tim barunya. Quester adalah panggilan untuk peserta, sedangkan Question adalah senjata yang digunakan oleh peserta untuk berjalan dalam melakukan pencarian.

Adapun lima elemen yang terdapat dalam Questival Kemerdekaan ini, diantaranya;
  1. The Quester, Sang Pencari
  2. Lokasi Perjalanan
  3. Misi yang harus diselesaikan
  4. Tantangan sepanjang perjalanan
  5. Alasan kuat untuk menyelesaikannya.

Sedangkan persyaratan bagi peserta dalam mengikuti Questival Kemerdekaan ini adalah;
  1. Tim Keluarga Ibu Pembaharu
  2. Komitmen menjalankan semua tantangan
  3. Memiliki sportivitas dalam berkompetisi
  4. Pantang menyerah dan pantang mengeluh
  5. Bawa kebahagiaanmu dalam questival
  6. Jadilah orang merdeka dan memerdekakan

Setiap pengumuman dan challenge akan diposting di reels Instagram @keluargapembaharu dan @ibupembaharu. Oleh karenanya, wajib bagi setiap mahasiswi untuk mem-follow kedua akun tersebut supaya tidak tertinggal informasi.

Tantangan/challenge diposting di reels Instagram setiap pukul 07.00 WIB dan mahasiswa/tim diberi kesempatan untuk menyelesaikan setiap challenge selama kurun waktu 24 jam.

Challenge hari Pertama (16 Agustus 2021)

Tantangan Pertama

Keyword : Aku adalah tempat, tugasku menjaga Indonesia. Jumlahku 111, kunjungilah 3 diantara 111 tempat tersebut.

To-do (kerja tim) : Setelah berhasil menemukan lokasi hari pertama tersebut, segera berbagi peran dengan tim untuk mencari keunikan masing-masing lokasi yang disinggahi, dan mengapa lokasi ini penting untuk Indonesia.

Tiga pulau yang ditemukan oleh Tim Temani berikut keunikannya, yaitu Pulau Pagai Utara (Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat), Pulau Karang Unarang (Kalimantan Utara), dan Pulau Fani (Papua Barat).

Berikut dokumentasinya:

Tantangan Kedua (X-tra Miles)

Tantangan X-tra Miles dengan tema “Welcome To Indonesia”. Setelah berhasil menyelesaikan tantangan pertama di lokasi, seluruh quester akan menerima tantangan X-tra Miles. Tantangan ini apabila dikerjakan akan mendapatkan double poin.

Ibu Profesional bekerjasama dengan Indomusikteam menantang seluruh quester untuk membuat lirik yang berkaitan dengan Ibu Pembaharu/Merdeka/Indonesia, bisa dipilih salah satu atau gabungan semuanya.

Berikut dokumentasinya:

Challenge hari Kedua (17 Agustus 2021)

Tantangan Pertama

Apa yang harus dikerjakan? Menonton tayangan Obrolan Dapur Ibu (episode 138, 139, 140, 141) kemudian berbagi peran dengan tim untuk mencari makna dari masing-masing tayangan tersebut. Ikat keempat makna dan buatlah dalam bentuk reels Instagram.


Tantangan Kedua (X-tra Miles)

Tema : Merdeka dan Memerdekakan
Apa tantangannya ? Adalah pilih salah satu audio yang diposting di reels challenge. Kemudian lakukan dubbing sesuai audio tersebut, dan jawablah pertanyaan sesuai audio yang anda pilih dengan gerakan-gerakan yang merujuk pada jawaban tersebut.

Challenge hari Ketiga (18 Agustus 2021)

Yeay! Akhirnya sampai juga di tahap terakhir. Perjalanan hampir sampai garis finish satu langkah lagi, bismillah.

Tantangan Pertama

Perjalanan hari pertama, masing-masing Quester memahami seberapa besar negeri Indonesia tercinta, kemudian perjalanan kedua belajar memahami apa arti merdeka dan memerdekakan.

Kini perjalanan terakhir, gunakan keyword berikut: kamu harus ke rumahku, ada hidangan istimewa untukmu sebagai penghilang rasa lelah perjalananmu dalam mencari makna merdeka dan memerdekakan.

Aku adalah orang Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan, hidupku dan memerdekakan yang lain. Aku bisa jadi ada di sekitarmu, tapi tidak pernah kamu melihatnya.

Aku bisa juga orang di luar circle mu di mana kamu tidak pernah bisa menemuiku. Namun hari ini semua itu menjadi mungkin karena kamu mencarinya, siapa yang mencari tidak hanya akan bertemu tapi akan menjadi.

Aku tidak harus orang terkenal yang ada di media, karena bisa jadi aku berada di 
jalan sunyiku. Kamu pasti ketemu dengan AKU, mari kita bercerita, dan kamu bisa membagikan perjalanan real hidupku di dalam reel mu yang keren-keren itu. Kutunggu dirimu, iya KAMU.

Apa yang harus dikerjakan tim? Setelah melewati diskusi panjang, akhirnya kami sepakat membuat video “Dia” sosok yang sangat berarti, bisa orang tua, anak, suami, seluruh anggota keluarga.

Berikut dokumentasinya:

Tantangan Kedua (X-tra Miles)

Tema : “Lomba Tuzoombelasan”
Apa yang harus dikerjakan? Ajak seluruh tim dan keluarga untuk melakukan lomba tuzoombelasan bersama tim lain di Questival Kemerdekaan. Carilah tim lain yang sanggup melawan tim mu!

Berikut dokumentasinya :
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment