aprilhatni.com

Mengenal Jenis Sambungan Pipa Rucika dan Kegunaannya

Post a Comment
sambungan pipa

Dalam sistem perpipaan di kawasan industri tentu memiliki berbagai macam tipe pipa dan fungsinya masing-masing yang digunakan untuk mengalirkan fluida dari satu tempat ke tempat lain.

Penyambungan pipa sangat diperlukan karena satu potong pipa (spool) memiliki ukuran panjang yang berbeda-beda, sehingga satu spool harus disambungkan dengan spool lain supaya dapat membentuk jalur pipa (routing) yang diinginkan.

Dikarenakan keterbatasan ukuran dan bentuk pipa dalam memenuhi segala kebutuhan instalasi, banyak kita temui sambungan, perubahan arah, perubahan diameter dan belokan, pada instalasi pipa.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Rucika memproduksi berbagai macam jenis sambungan pipa yang tentunya disesuaikan dengan ukuran pipa, jenis pipa, dan material penyusun pipa.

Rucika mempunyai standar JIS (Japanese Industrial Standard), tersedia berbagai macam jenis sambungan pipa yang sangat lengkap dengan lebih dari 300 item produk dan jenjang produk pipa yang lengkap. Sehingga sangat cocok apabila digunakan pada instalasi air bersih, air hujan, air kotor, dan pipa ventilasi udara.

Keunggulan Sambungan Pipa Rucika

Dengan penetrasi sistem sambungan uPVC (Unplasticized Poly Vinyl Cloride) ke dalam pasaran perpipaan air, sambungan pipa Rucika telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan instalasi pipa air minum di rumah-rumah maupun gedung bertingkat sejak lebih dari 45 tahun yang lalu.

Apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya.

1. Standard JIS (Japanese Industrial Standard)

Rucika dibuat memenuhi standar JIS (Japanese Industrial Standard) yang mengaplikasikan standar beserta metode pengujian untuk menjamin kualitas produknya.

2. Menggunakan Aditif Khusus

Rucika menggunakan aditif khusus, sehingga dapat mereduksi pengaruh UV (Ultra Violet) terhadap sambungan dalam jangka waktu yang lama.

3. Tahan Terhadap Kontaminasi Bahan Kimia

Dibuat dengan kualitas terbaik, Rucika tahan terhadap kontaminasi bahan kimia. Sehingga dapat digunakan pada kondisi asam dan basa.

4. Digunakan Untuk Berbagai Jenis Sistem Air Bersih dan Air Buangan

Rucika diproduksi dalam 2 tipe, yaitu tipe VP/AW untuk aplikasi air bertekanan dan VU/D untuk aplikasi air tidak bertekanan. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem air bersih dan air buangan.

5. Dapat Didaur Ulang

Rucika terbuat dari uPVC (Unplasticized Poly Vinyl Cloride) yang bersifat thermoplastic, sehingga dapat didaur ulang.

6. Memiliki Berbagai Ragam Sambungan/Fitting

Rucika memiliki beraneka ragam sambungan, sehingga dapat menjamin instalasi terpasang dalam satu sistem.

7. Kuat dan Tidak Mudah Pecah

Rucika juga dikenal kuat dan tidak mudah pecah karena mengandung resin uPVC dan aditif yang diformulasikan secara khusus berdasarkan pengalaman lebih dari 30 tahun.

Keunggulan lainnya, Rucika termasuk isolator yang baik, tahan lama, dan tidak dapat berkarat, sehingga bebas pemeliharaan.

Jenis Sambungan Pipa Rucika dan Kegunaannya

Berikut beberapa jenis sambungan pipa Rucika untuk aplikasi air bersih bertekanan beserta kegunaannya.

jenis sambungan pipa
Sumber gambar : rucika.co.id

1. Union Socket

Union Socket atau disebut dengan Water Mur merupakan jenis variasi dari socket PVC. Water Mur ini memiliki mur pengunci pada kedua ujung socketnya, sehingga dapat digunakan untuk menyambungkan pipa secara langsung dan penyambungan pipa juga lebih kuat.

Selain itu, Water Mur lebih mudah dilepas jika akan melakukan penggantian pipa yang bocor. Sambungan ini tersedia dalam variasi Water Mur socket yang disertai ulir atau polos.

2. Faucet Elbow

Tipe sambungan ini biasanya digunakan untuk menyambung pipa dan keran air.

3. Faucet Socket

Tipe sambungan ini gunanya untuk menghubungkan pipa yang disertai drat/ulir di bagian dalam salah satu ujungnya. Merupakan sambungan yang satu bagiannya terhubung pada pipa (sok) dan bagian lain di bagian drat yang berlokasi di dalam seperti di pasangkan untuk drat luar.

4. Double Nipple

Merupakan jenis sambungan yang memiliki drat pada kedua ujungnya. Dengan tujuan agar sambungan lebih kuat. Nipple PVC ini juga sering digunakan pada ujung pipa yang akan dipasang kran air.

5. Faucet Tee

Tipe sambungan ini bentuknya seperti huruf T. Biasanya digunakan untuk menyambung pipa dengan ukuran sama atau berbeda. Jika dalam instalasi air biasanya digunakan untuk membagi aliran air menjadi dua saluran.

6. Socket

Socket merupakan sambungan pipa PVC yang paling sering digunakan. Kegunaanya adalah untuk menyambungkan dua pipa yang memiliki ukuran sama. Berdasarkan jenisnya, socket terbagi menjadi dua, yaitu socket drat dan socket biasa (tanpa ulir).

7. Flange

Merupakan jenis sambungan pipa dengan fitting lain menggunakan media baut untuk sambungannya. 

8. Tee

Bentuknya menyerupai huruf T. Jenis sambungan ini fungsinya untuk menyambungkan tiga buah pipa yang membentuk siku-siku. Biasanya digunakan untuk membuat cabang pipa utama menjadi dua jalur, yaitu ke kanan dan ke kiri.

9. Elbow

Elbow adalah jenis sambungan yang digunakan untuk menghubungkan dua buah pipa yang membelok. Berdasarkan sudutnya, Elbow terbagi menjadi dua, yaitu Elbow 90° dan Elbow 45°.

Sedangkan untuk jenis penyambungannya ada dua macam, yaitu Elbow Drat (drat luar/drat dalam) dan Elbow biasa.

10. Cap

Adalah penutup pipa yang fungsinya untuk menutup ujung pipa yang tidak terpakai. Berdasarkan jenisnya, Cap terbagi menjadi dua, yaitu Cap Socket dan Cap Drat. Cap Socket biasanya digunakan untuk menutup secara permanen. Sedangkan Cap Drat merupakan penutup yang bersifat sementara

11. Reducing Socket

Reducer ini fungsinya hampir sama dengan socket, yaitu menghubungkan dua pipa. Yang membedakan bahwa Reducing Socket ini digunakan untuk menyambung pipa yang memiliki ukuran berbeda.

12. Valve Socket

Jenis sambungan ini berfungsi untuk menghubungkan pada pipa bagian dalam dan menyambung pada bagian fitting lain di bagian drat. Valve Socket ini biasanya dipasang pada bagian plenes di Pompa Air.

Sebenarnya masih banyak jenis/tipe sambungan lainnya, namun tidak semuanya tertulis di sini. Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya melalui website Rucika. Selain mendapatkan informasi produk secara lengkap, Anda juga mendapatkan daftar harganya.

Rucika menyediakan lebih dari 300 sambungan dengan standar kualitas Jepang, menjadikan pilihan cerdas untuk semua sambungan Pipa PVC. Tertarik menggunakan produknya? 
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment