aprilhatni.com

Yuk Jualan Online! Mulai Bisnis dari Rumah bagi Pemula

yuk jualan online
Bisnis online semakin terus bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Peluang ini tentunya semakin terbuka lebar untuk siapa saja. Karena bisnis online ini dibilang lebih mudah dan murah serta memberikan keuntungan yang besar bagi pelakunya. 

Dengan bisnis/jualan online, berbagai jenis usaha bisa dijalankan dari menjual produk, jasa, hingga membantu menawarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropship.

Bisnis online ini juga dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi karyawan, mahasiswa, atau ibu rumah tangga sekalipun, karena keuntungannya sangat menjanjikan. Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang semakin modern pun turut memberikan banyak manfaat bagi para pemula maupun pelaku bisnis online yang sudah lama merintis terlebih dahulu.

Yuk jualan online! Lalu, bagaimana ya caranya memulai bisnis online dari rumah bagi pemula?

Memulai Bisnis dan Mudah Kelola Keuangan Online Shop bagi Pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya tak bisa lepas dari pengelolaan keuangan. Melalui laporan pengelolaan keuangan pelaku bisnis dapat mengetahui kondisi bisnis tersebut untuk mengambil keputusan secara lebih akurat.

Pertanyaannya, bagaimanakah cara mudah kelola keuangan online shop untuk pemula? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mudah kelola keuangan online shop bagi pemula, diantaranya:

1. Buatlah Perencanaan Keuangan

Demi kelancaran dan keberlangsungan online shop, tentunya perencanaan keuangan perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Karena dengan merencanakan keuangan, maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat diantaranya; mencapai tujuan keuangan, meminimalisasi risiko keuangan, dan sebagainya.

2. Evaluasi Kondisi Keuangan

Membuat catatan keuangan yang baik berguna untuk memudahkan dan mengevaluasi pengembangan online shop Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan online shop Anda setiap bulannya.

3. Menyediakan Dana Cadangan

Sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, pelaku online shop harus memiliki dana cadangan. Dengan demikian, pemilik online shop dapat mengidentifikasi kemungkinan risiko yang dapat terjadi untuk mempersiapkan jumlah dana yang akan dicadangkan.

Sebenarnya masih banyak lagi tips cara mudah kelola keuangan online shop untuk pemula yang bisa Anda dapatkan dan pelajari melalui buku, ebook, atau pelatihan-pelatihan. Cara mudah kelola keuangan online shop untuk pemula ini penting untuk kita pelajari agar bisnis online shop yang kita jalani berjalan lancar sesuai harapan.

Yuk Jualan Online dari Rumah!

Jualan online saat ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menjalankan usaha tanpa perlu bingung memikirkan tempat/gedung. Jualan online pun bisa dikerjakan secara fleksibel, meski dari rumah sekalipun.

Sebagai contoh, Anda menjalani bisnis fashion melalui online shop, maka dimanapun Anda berada, ya disitulah toko Anda. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemula saat memulai jualan online.

1. Cari tahu Kebutuhan Masyarakat dan Target Pasar

Anda bisa memulai jualan online dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebagai contoh, saat pandemi kemarin yang banyak dibutuhkan masyarakat adalah masker dan hand sanitizer.

Lalu tentukan target pasar Anda, apakah untuk semua kalangan, remaja, anak-anak, dewasa, laki-laki atau perempuan. Dengan begitu, sasaran bisnis Anda menjadi lebih jelas dan mudah dijalankan karena kita sudah tahu kebutuhan di pasar seperti apa.

mudah kelola keuangan online shop untuk pemula

2. Gunakan Strategi saat Promosi

Dalam berjualan secara online mengandalkan kecakapan dalam komunikasi berupa tulisan, maka Anda harus cakap membuat copywriting atau biasa disebut dengan istilah caption.

Dengan caption menarik tentunya mampu membujuk calon pembeli membaca atau mengetahui lebih lanjut informasi mengenai produk/jualan Anda.

3. Daftarkan jualan online Anda ke situs Marketplace

Sekarang ini marketplace menjadi lapak online yang cukup efektif untuk mendongkrak penjualan produk, karena jangkauannya lebih luas. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah jualan di Lazada. Merupakan e-commerce yang sudah memiliki reputasi baik dengan jangkauan 6 juta pembeli harian di Indonesia dan pasar Asia Tenggara.

Mengapa harus Jualan di Lazada?

Anda tentunya bertanya-tanya, kenapa sih harus jualan di Lazada? Apa saja keuntungannya? Nah, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika jualan di Lazada.

1. Daftar mudah, hanya dengan satu langkah

Anda bisa mendaftar sebagai seller di Lazada melalui browser maupun aplikasi yang bisa diunduh di handphone.

Selain mudah, proses pendaftaran menjadi seller sangat cepat, hanya dalam 1 menit saja. Ada pun Customer Service yang sudah siap membantu. Yuk jualan online di Lazada!

2. Pendampingan seller baru selama 90 hari

Jika ada pertanyaan, “Duh, gimana ya nanti agar produk yang kujual di sana bisa menarik konsumen? Aku nggak jago nih bikin foto produk dan bikin copywriting yang menarik.”

Anda tak perlu khawatir dengan semua itu, karena Lazada akan memberikan pendampingan untuk seller baru selama 90 hari.  Nah, inilah kelebihan jualan di Lazada. Yuk jualan online di Lazada!

3. Gratis ikut promo/campaign

Anda juga mendapatkan peluang gratis mengikuti promo mingguan dan campaign. Promo mingguan ini bersifat whitelist. Seller dapat berpartisipasi mengikuti promo mingguan dengan persyaratan; minimal memiliki 15 produk, memiliki 10 stock per produk, dan harga yang kompetitif.

Sedangkan gratis ikut campaign ini adalah program dimana seller tidak dikenakan biaya registrasi untuk mengikuti promo campaign. Seller dapat berpartisipasi dalam campaign jika; minimal memiliki 12 pengunjung selama 30 hari terakhir dan memiliki konten skor minimal 80%.

jualan di lazada

4. Portal belanja terbesar di Asia Tenggara

Lazada merupakan platform belanja online dengan dukungan teknologi terkini, andal, dan aman yang dikembangkan oleh Alibaba (perusahaan e-commerce terbesar di dunia yang didirikan oleh Jack Ma).

Brand terpercaya dengan jangkauan negara-negara Asia Tenggara dan salah satu e-commerce yang paling populer dan banyak dicari di Google. Dengan dukungan dari Ali Baba Group, maka Anda bisa mendapatkan pasar sangat luas. 

5. Validasi dalam 1 hari

Tak perlu memakan waktu yang lama proses validasi akun jualan di Lazada, Anda hanya butuh waktu 1 hari sudah bisa langsung berjualan. 

6. Komisi 0%

Lazada merupakan destinasi belanja online pilihan utama bagi konsumen dan penjual menjadikannya sebagai e-commerce teratas di Indonesia. Anda dapat mulai jualan online secara gratis sekarang juga di Lazada.co.id dengan ratusan juta calon pembeli, komisi 0%, serta dukungan pemasaran. Yuk jualan online di Lazada!

Yuk Jualan Online di Lazada!

Bagi Anda yang ingin jualan online di Lazada caranya mudah sekali. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaftarkan sebagai seller di Lazada. Berikut penjelasannya!

yuk jualan online

Untuk seller perorangan (individual), beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Buku Tabungan (sesuai dengan nama pemilik identitas diri).
Penting! nama pemilik rekening dalam identitas diri dan buku tabungan harus sama.

Untuk Perusahaan (corporate), beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:
  • Izin Usaha atau NIB.
  • Buku Tabungan atau Rekening Koran sesuai nama perusahaan atau penanggung jawab Izin Usaha dan NIB.

Untuk distributor resmi dari suatu produk, beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:
  • Surat Izin Usaha.
  • Informasi nomor rekening.
  • Surat distributor.
  • Memiliki website dan media sosial yang aktif minimal 1000 followers.
  • Terdaftar di toko retail minimal 3 cabang.

Sedangkan bagi pemilik brand maupun distributor tunggal, maka harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Surat Izin Usaha.
  • Informasi nomor rekening.
  • Sertifikat merek.
  • Memiliki website dan media sosial yang aktif minimal 1000 followers.
  • Terdaftar di toko retail minimal 3 cabang.

Perlu diingat, untuk satu data rekening hanya dapat digunakan untuk membuat satu akun saja. Mudah, kan? Yuk jualan online di Lazada!

Mendaftar Jualan Online di Lazada

Jika syarat-syarat tersebut di atas bisa Anda penuhi, maka Anda bisa langsung mendaftar sebagai seller di Lazada. Berikut adalah cara jualan online di Lazada bagi pemula.
  • Buka browser, lalu ketik “lazada.co.id” di halaman pencarian.
  • Pilih opsi “Menjadi Seller”.
  • Pilih Daftar Menjadi Penjual Sekarang (pilih salah satu, Penjual Lazada atau Penjual Lazmall).
  • Isi seluruh data diri Anda dengan benar (pastikan Anda membaca syarat dan ketentuannya).
  • Lakukan verifikasi diri dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.
  • Lazada akan memverifikasi seluruh data dan dokumen Anda.
  • Setelah disetujui, Anda sudah bisa memulai jualan online dengan mengupload produk Anda di Lazada.
Kini Anda sudah bisa jualan di Lazada. Gimana? Menarik sekali, kan? 

Kesimpulan

Kemajuan teknologi yang semakin modern saat ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis/online shop, dari pemula maupun yang sudah lama merintis. 

Namun perlu diingat dalam memulai bisnis online dari rumah bagi pemula, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik, menyiapkan strategi marketing, juga menentukan tempat/memilih marketplace yang tepat untuk berjualan online. Agar bisnis online Anda berjalan lancar sesuai harapan. Dan cara mudah untuk jualan online, ya hanya di Lazada. Nah, tunggu apalagi? Yuk jualan online di Lazada!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

23 comments

  1. sekarang harus bisa cari cuan dari online ya, salah satunya buka toko online jadi lebih praktis karena kita ga perlu repot buat ketemu orang secara langsung. apalagi lazada ada kasih pendampingan ke seller baru 90 hari jadinya kita gak bingung mau ngapain aja selanjutnya.

    ReplyDelete
  2. Dari dulu pengen cobain jualan online dengan sistem dropship tapi belum kesampaian
    Buka toko di lazada sepertinya menarik, banyak program yg ditawarkan ke penjual

    ReplyDelete
  3. Dengan mendaftarkan jualan kita di market place Insyaallah pelebaran sayap bisnis akan naik signifikan karena jangkauan nya juga lebih luas ya. Belum banyak ilmu dan keuntungan lainnya yg bisa kita peroleh...

    ReplyDelete
  4. buka usaha di Lazada tuh pasti untung ya kak, selama ini pun aq sering belanja di aplikasi Lazada yang banyak promonya.

    ReplyDelete
  5. Jualan online ini jadi opsiku sih ketika nanti mau resign heheh, sekarang lagi persiapan resign, tinggal nunggu penggantinya, dah cuz tinggal jalanin jualan onlinenya

    ReplyDelete
  6. Jualan online adalah salah satu bisnis yang bisa kita jalankan dari rumah ya mbak
    Jualan online bisa makin asik kalau di Lazada

    ReplyDelete
  7. Urusan jualan online sekarang mah semakin mudah. Sudah ada marketplacenya, kayak Lazada. Lebih terpercaya ketimbang cuma syer di medsos. Iya nggak sih, Gaes?

    ReplyDelete
  8. Daku suka lihat para seller memanfaatkan fitur bermanfaat di Lazada untuk promosikan usahanya. Makanya memang peluang banget ya buat bergabung.

    ReplyDelete
  9. Saya salah satu yang sudah mencoba jualan di lazada. Ada pros dan cons nya , tapi kalau dari segi traffic memang ramai.

    ReplyDelete
  10. Bagaimana pun jangan sampai kuota internet berlalu sia-sia ya. Lumayan banget kalau dimanfaatkan dengan bikin bisnis online di Lazada, misalnya.

    Dana darurat nih yang jarang kepikiran, karena merasa si bisnis hanya sampingan.

    ReplyDelete
  11. ternyata untuk seller jualan di Lazada yang perorangannya syaratnya sangat mudah ya, pastinya ini bakal ngebantu banget calon seller untuk daftarnya

    ReplyDelete
  12. Saya gagal jualan daring, karena belum punya perencanaan keuangan yang kuat nih. Terima kasih untuk sarannya, kakak. Next, kalau semisal saya ada niatan mau jualan daring lagi, boleh lah pakai tips-nya kakak ini

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu kalo Lazada ngasih pendampingan online buat seller baru. Asik banget! Kebetulan (eh bukan kebetulan ding) aku berencana jualan di marketplace. Lagi pilih-pilihn mau jualan di mana.

    ReplyDelete
  14. Daftarin dagangan ke marketplace bisa memperluas pasar ya. Apalagi kalo marketplacenya kasih fasilitas tuk nambahin calon pembeli.

    ReplyDelete
  15. Ternyata Lasada tidak hanya memberikan space berjualan ya, tapi juga melakukan pendampingan pada seller pemula.
    Yang berjualan senang, yg belanja happy.

    ReplyDelete
  16. Kemudahan dalam berbisnis online membuat kita sekarang bisa memilih apa yang paling cocok. Apalagi tempat berjualan sekarang sudah banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cara untuk kencari cuan yang menyenangkan banget, bisnis online.

    ReplyDelete
  17. Eh beneran ya komisi 0%. Keren bangrt nih. Seller pasti bisa dapat untung banyak

    ReplyDelete
  18. Lazada merupakan e-commerce yang oke untuk mulai jualan online yaa, karena ada pendampingan 90 harinya itu lumayan banget untuk yang baru mulai jualan

    ReplyDelete
  19. Seru banget jualan di Lazada.
    Selain Karena memang kini eranya serba digital, adanya pendampingan bisnis ini bisa mempercepat kemajuan dalam berjualan secara online .

    ReplyDelete
  20. Jualan online adalah salah satu contoh bisnis yang bisa dilakukan dari rumah ya mbak
    Apalagi kalau jualannya di Lazada, pasti makin laris

    ReplyDelete
  21. Lazada bisa banget nih jadi rekomendasi untuk jualan, apalagi kalau ada semacam pelatihan untuk meningkatkan penjualan, tinggal kita mau memulai apa ngga nya ya kan?

    ReplyDelete
  22. Pelan pelan saya coba menerapkan karena ke depannya online adalah pekerjaan utama memang
    Sayangnya sekarang saya disibukkan dengan kedatangan bayi mungil baru
    Pelan pelan siapkan diri minimal 2-3 tahun ke depan

    ReplyDelete
  23. Wah keren yaa jualan di Lazada, bisa dapetin pendampingan seller baru selama 90 hari jadi bisa tanya-tanya langsung kalau masih bingun cara jualannya.

    ReplyDelete

Post a Comment