Header April Hatni

Kursus Gratis Editing Video dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

21 komentar
upskilling dan reskilling
Ah, dia mah di rumah aja. Nggak pernah keluar-keluar.
Kalimat yang kudengar dari mulut salah seorang emak di sini, sungguh pedas seperti cabai, hehe…

Mungkin maksudnya bercanda, namun kok sambil memasang muka sedikit serius yah? Aku hanya membalasnya dengan senyuman. Kenapa juga harus menanggapi ocehan orang, hanya akan membuat rasa bahagia dan semangat menghilang. Betul nggak, genks?

Memang sih aku cenderung introvert, jadi sehari-hari lebih nyaman berada di rumah. Karena dengan berada di rumah banyak hal yang bisa kulakukan, termasuk mengikuti kursus online gratis. Banyak yang beranggapan jika berdiam di rumah akan menjadi kudet (kurang update) dan kuper (kurang gaul).

Padahal dengan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini segala aspek kehidupan berada dalam satu genggaman. Inilah era digitalisasi, di mana peran teknologi informasi sangat penting dan menguasai segala lini kehidupan masyarakat dunia. Mau mencari informasi dan belajar apapun tanpa keluar rumah, bisa. 

Sebagai ibu rumah tangga bukan berarti urusan sebatas dapur, sumur, dan kasur. Iya, nggak? Menurutku sebagai seorang ibu rumah tangga perlu untuk mengupgrade ilmu, meningkatkan kemampuan, membangun dan meningkatkan personal branding, agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

Namun perlu diingat dalam meningkatkan personal branding kita harus mengetahui minat dan bakat kita terlebih dahulu. Kenapa? Dengan mengetahui minat, bakat dan mengenali diri sendiri, maka kita menjadi tahu cara untuk mengembangkan diri sesuai dengan passion yang kita miliki.

Mengerjakan sesuatu sesuai passion tentunya akan membuat kita lebih bahagia dan hal itu juga memberi pengaruh positif kepada diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

Dulu sebelum pandemi melanda biasanya aku hanya bisa mengikuti beberapa kulwap (kuliah WhatsApp) untuk mengisi waktu di sela-sela kesibukanku sebagai ibu rumah tangga. Karena dengan cara seperti itu, aku merasa lebih produktif, ilmu dan wawasan semakin bertambah.

Kini semenjak pandemi aplikasi belajar online mengalami tren. Banyak sekali aplikasi belajar online yang menawarkan berbagai macam kursus online, gratis maupun berbayar. Di satu sisi aku merasa beruntung di sini, karena tak hanya anak sekolah, ibu rumah tangga sepertiku pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Baru-baru ini aku mendapatkan informasi dari salah seorang teman tentang platform/aplikasi belajar online dan siap kerja, yaitu QuBisa. Senang sekali rasanya, apalagi bisa langsung diakses melalui websitenya.

Sehingga aku kemarin bisa mengikuti kursus online gratis Editing Video menggunakan platform/aplikasi siap kerja QuBisa.

Tentang QuBisa

QuBisa merupakan aplikasi belajar online untuk mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda agar menjadi lebih kompeten di bidang mereka dan kompetitif, terutama dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini.

Meningkatkan akses untuk pendidikan dan pelatihan berkualitas untuk semua orang, di mana saja, kapan saja, serta sebagai roadmap karier yang dapat membimbing lulusan baru menemukan profesi sesuai jalur mereka.

aplikasi belajar online

QuBisa juga merupakan aplikasi siap kerja yang bisa membantu Anda melakukan upskilling dan reskilling keahlian Anda, agar mampu bersaing dalam persaingan dunia kerja saat ini. Apa itu upskilling dan reskilling? Diambil dari kata dasar “Skill”, yang artinya keahlian.

Skill sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja, karena skill adalah modal dasar yang harus dimiliki ketika akan memasuki dunia kerja. Upskilling adalah program untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja. Sedangkan reskilling adalah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan baru bagi seorang tenaga kerja.

Mengapa upskilling dan reskilling, dibutuhkan? Karena di masa depan, teknologi Artificial Intelligence (AI) akan menggantikan pekerjaan manusia. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan entitas ilmiah atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang diatur dalam konteks.

Untuk itu, pentingnya bagi kita terus menambah dan meningkatkan kemampuan yang kita miliki di era yang terus berubah ini.

Bagi Anda yang sedang mencari cara meningkatkan personal branding, aplikasi siap kerja QuBisa adalah pilihan yang tepat. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa saat ini personal branding tidak hanya penting bagi perusahaan, melainkan juga bagi setiap pekerja. Apalagi di era digital, orang lain bisa menemukan data diri Anda dengan sangat mudah.

Membangun dan meningkatkan personal branding dapat membantu Anda menapaki karier atau mengembangkan bisnis. Tujuannya adalah menunjukkan sejauh mana profesionalitas Anda sebagai pekerja.

Aplikasi belajar online ini cukup lengkap guna mendukung berbagai tipe belajar penggunanya, ada model webinar, kelas online, kelas gratis, kelas bersertifikat, microlearning, maupun kelas kilat.

Microlearning dan kelas kilat merupakan jenis kursus yang digunakan sebagai strategi untuk merancang konten dengan segmen-segmen kecil dan lebih terfokus. Dengan menggunakan berbagai konsep pembelajaran mulai dari teks, video, gambar, audio, tes dan kuis, bahkan game dalam proses pembelajaran.

Kedua sistem pembelajaran tersebut tentunya lebih singkat dan bisa dihabiskan dalam satu kali tatap muka saja.

Pemaparan model seperti ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mendapat insight baru namun tidak mempunyai banyak waktu untuk mengakses seluruh materi pembelajaran jika harus mengikuti kursus online gratis yang terbagi menjadi beberapa materi dan harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.

Inilah kesempatan bagi Anda yang sedang mencari cara meningkatkan personal branding, meningkatkan kemampuan. Dengan konsep microlearning membuat cara belajar efektif dan belajar gak ribet.

cara belajar efektif

Apa saja yang membedakan QuBisa dengan platform/aplikasi belajar online lainnya? Diantaranya adalah sebagai berikut;
  • QuBisa aplikasi belajar yang kaya akan konten sehingga dapat membantu pengguna meningkatkan keterampilan mereka.
  • Terdapat penilaian bakat untuk pengguna.
  • Road Map karier Webinar.
  • Bisa konsultasi karier.
  • Setiap orang dapat menjadi pembelajar dan QuBisa berkolaborasi dengan universitas / industri / profesional untuk menyediakan konten.
Terdapat puluhan mitra lembaga pendidikan yang tergabung di QuBisa. Dengan 350,000 lebih murid terdaftar, 400 lebih instruktur/ pengajar, 200 lebih kelas/kursus yang ditawarkan, dan 2000 lebih microlearning.

Apa saja yang terdapat di QuBisa?

Aplikasi belajar dan aplikasi siap kerja QuBisa menyediakan banyak kursus, webinar, kelas kilat, dan microlearning. Tentu saja hal ini akan membantu Anda untuk belajar mengembangkan diri, meningkatkan personal branding, upgrade ilmu, coaching/mentoring, dan lain sebagainya.

Adapun kategori yang terdapat di aplikasi belajar online QuBisa, yaitu Keterampilan Sukses Milenial dan Keterampilan Digital Milenial.

Keterampilan Sukses Milenial merupakan jenis keterampilan yang membantu mengarahkan penggunanya agar dapat sukses di bidang mereka masing-masing.

Sedangkan Keterampilan Digital Milenial merupakan sebuah nilai tambah buat Anda yang merupakan generasi digital. Di sini Anda bisa mempelajari berbagai pelatihan digital marketing, gratis maupun berbayar.

Jadi, kalau Anda sedang mencari kursus online gratis digital marketing, Anda bisa membuka website QuBisa atau mengunduh aplikasinya melalui App Store maupun Playstore.

Keterampilan Sukses Milenial

Program ini akan membantu Anda menguasai kemampuan personal dan berbagai bidang karier yang terbagi ke dalam beberapa kategori.

meningkatkan kemampuan

Ada beberapa topik untuk mengembangkan diri demi kepentingan personal dan karier. Anda bisa memilih keterampilan yang ingin Anda kuasai pada kategori di bawah ini!

1. Kemampuan Dasar

Anda bisa menguasai kompetensi yang secara umum diperlukan, seperti mengatur keuangan, belajar komunikasi dalam berbagai bahasa, dan entrepreneurship.

Di sini akan diajarkan tentang bagaimana menghasilkan kinerja yang baik di era saat ini dengan meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan, berkomunikasi dan berkolaborasi.


2. Agilitas

Anda akan diajarkan tentang bagaimana memotivasi diri untuk terus meningkatkan keterampilan dan mengikuti perkembangan sesuai profesi di berbagai bidang.

3. Kepemimpinan

Anda akan diajarkan tentang bagaimana meningkatkan keterampilan dan perilaku kepemimpinan serta berkontribusi pada kinerja yang menghasilkan performa luar biasa.

4. Inovasi

Anda akan diajarkan tentang menganalisis akar penyebab suatu masalah untuk mendapatkan solusi yang optimal serta menghasilkan dan menerapkan ide-ide baru.

5. Keseimbangan diri

Anda akan diajarkan tentang cara menunjukkan perilaku yang tepat terhadap situasi yang dihadapi serta menyampaikan argumentasi, persepsi, dan pendapat secara objektif.

Keterampilan Digital Milenial

Program ini akan membantu Anda menguasai topik digital terkini mulai dari level pemula sampai ahli yang terbagi ke dalam beberapa kategori.

cara meningkatkan personal branding

Berikut adalah beberapa program keterampilan yang bisa Anda kuasai.

1. Perkembangan Digital

Di sini Anda bisa mempelajari teknologi terkini secara digital dan memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari.

2. Produktivitas Digital

Membantu Anda untuk menggunakan teknologi digital dalam pekerjaan.

3. Analisis Data Digital

Analisis data digital ini digunakan untuk bisnis dan pekerjaan. Tersedia dalam berbagai materi, untuk mengolah mengambil keputusan, bahkan untuk mempresentasikan data.

4. Komunikasi dan Kolaborasi Digital

Di era serba virtual komunikasi dan kolaborasi menyajikan pengetahuan komprehensif tentang penggunaan teknologi digital secara efektif untuk segala kebutuhan.

5. Keamanan Informasi Digital

Merupakan kompetensi penting supaya Anda memahami cara melindungi diri dari pencurian data yang saat ini semakin banyak dilakukan.

6. Publikasi Konten Digital

Kategori ini diperuntukkan bagi Anda yang tertarik untuk pembuatan dan publikasi konten di sosial media.

Pengalaman Kursus Gratis Editing Video di Aplikasi QuBisa

Awalnya sempat bingung saat memilih dan menentukan topik belajar yang ingin didahulukan, karena banyaknya program yang menarik, gratis pula, apalagi bisa langsung diakses melalui websitenya.

Namun setelah memilah dan memilih, pilihan jatuh pada kategori Keterampilan Digital Milenial, lalu aku tentukan untuk mengikuti Program Produktivitas Digital. Nah, kali ini aku mencoba untuk mengikuti kursus “Tutorial Editing Video Terbaik Menggunakan Aplikasi Filmora X”.

kursus online gratis

Kok di website sih? Bukannya lebih enak pakai aplikasi yang bisa didownload melalui smartphone, cara belajar efektif dan belajar gak ribet? Nah itulah, karena saat ini aku tinggal di Qatar dan aplikasi QuBisa belum tersedia di negara ini. Maka aku langsung mengaksesnya melalui websitenya. Alhamdulillah, di sini aku merasa beruntung sekali.

Ok, sekarang lanjut ya Genks!

Kenapa sih mesti memilih belajar editing video? Anda tentunya sudah tahu kan, editing video saat ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati, terutama bagi seseorang yang ingin menjadi content creator.

Namun, mengedit video pasti akan terasa sulit dan membingungkan terutama bagi orang awam, termasuk aku. Filmora merupakan salah satu software editing video terpopuler yang banyak digunakan oleh para video editor karena beragam tools canggih dan menarik untuk mengedit video dan audio.

Sebenarnya Filmora ini pun sudah lama terinstall di laptop ku. Namun, sayangnya ada beberapa fitur serta fungsinya belum aku pahami. Nah, untuk itulah menurutku ini adalah kesempatan untuk memaksimalkan Filmora tersebut.

Instruktur kursus kali ini adalah Pak Su Rahman. Seorang Web Master, SEO Expert, Penulis 48 buku dan Konten Kreator.

belajar gak ribet

Kursus ini memiliki durasi 1 jam 7 menit dan terdapat 14 video pelajaran, diantaranya;
  1. Menyisipkan efek gerakan mundur (Reverse)
  2. Menyisipkan video secara overlay
  3. Menyisipkan gambar secara overlay
  4. Efek Slow Motion dan Fast Motion
  5. Efek Freeze Frame dengan dramatis
  6. Edit Green Screen dan menghilangkan background
  7. Efek animasi Split Screen dalam 1 frame
  8. Menyisipkan gambar ke dalam video dan memasang watermark di video
  9. Menambahkan berbagai jenis tulisan (teks) ke dalam video
  10. Efek Clone (kembaran) di video
  11. Sensor suara dan sensor blur wajah
  12. Menyisipkan Efek Freeze dengan Metode Sequence
  13. Menyisipkan dan menghilangkan audio
  14. Menyisipkan efek transisi video
Video pembelajaran serta pemaparan dari instruktur sangat mudah dipahami, cara belajar efektif, belajar gak ribet karena dengan konsep microlearning, sehingga aku pun langsung bisa ‘mengeksekusinya’. Pun dengan mengikuti kursus tersebut akhirnya aku bisa mengetahui fungsi beberapa fitur yang terdapat di Filmora. Berikut hasilnya (dari pelajaran No.4) di atas!


Buat Anda yang tertarik, bisa langsung mengikuti kursusnya ya! Segera download aplikasi QuBisa melalui App Store atau Play Store. Namun, jika Anda yang tinggal di luar negeri dan aplikasinya belum tersedia di sana, maka bisa langsung mengakses website QuBisa dan mengikuti kursusnya. Ok!

Lomba Blog QuBisa

QuBisa saat ini mengadakan lomba blog dan hadiahnya jutaan rupiah, lho. Lomba ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh siapapun.

aplikasi siap kerja qubisa

Caranya gimana? Gampang kok. Segera kunjungi website QuBisa, jangan lupa baca syarat dan ketentuannya ya! 

Lomba ini dibuka sejak tanggal 20 September 2021 hingga 10 Desember 2021, dan Anda berkesempatan memenangkan hadiah total senilai 10 juta rupiah. Yuk tunggu apalagi? Ikuti lombanya dan menangkan hadiahnya!

April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

21 komentar

  1. Akupun ikut banyak kursus di QuBisa. Yang ini belum mbak, jadi pingin cuss deh ke aplikasinya langsung. Kita bisa milih yang kita sukai dan sesuai passion banget ya. Dari kursus ini dapat kugunakan untuk upgrade skill. QuBisa emang membantu banget buatku yang sempatterpuruk

    BalasHapus
  2. Benar kak, gak hanya waktu yang fleksibel dengan QuBisa tapi juga ragam materi yang bisa diikuti. Apalagi senengnya bisa ikut webinar juga. Jadi banyak keilmuan yang bisa digali

    BalasHapus
  3. Meskipun di rumah aja, tetap bisa belajar, berkarya, dan menghasilkan uang dengan QuBisa, ya

    BalasHapus
  4. Cocok nih buat introvert kayak saya yang juga suka menghabiskan waktu di rumah aja. Meski di rumah aja, tetap bisa belajar online lewat QuBisa. Melatih kemampuan dan meningkatkan skill juga dong.

    BalasHapus
  5. Materi kelas editing videonya penting banget itu. Dasar tapi penting, apalagi buat yang mau serious fokus ke konten video.

    BalasHapus
  6. setuju sih mbak, meski jadi ibu rumah tangga bukan berarti kita berhenti utnuk belajar, dalam hal apapun kita perlu mempelajarinya. senangnya sekarang ini ada aplikasi yang mendukung kita untuk tetap belajar, bahkan jadi bekal untuk siap kerja juga ya

    BalasHapus
  7. Betul, Mbak, sebagai ibu rumah tangga, kita perlu untuk mengupgrade ilmu, meningkatkan kemampuan, membangun dan meningkatkan personal branding, agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Apalagi sekarang ada QuBisa, ya, jadi kita bisa belajar kapan pun dan di mana pun.

    BalasHapus
  8. QuBisa ini ngga tanggung-tanggung saya aja sampai senang banget waktu buka websitenya dengan banyaknya pilihan kursus, microlearning yang ditawarkan. Apalagi dapat sertifikat, bisa nambah penilaian CV.

    BalasHapus
  9. Keren nih Mba April meski jauh di sana tetap mengutamakan pembelajaran. Jadi QuBisa di sana bisa diakses pakai website ya ...
    Senang pastinya udah bisa belajar editing video

    BalasHapus

  10. Semakin banyak ya yang memanfaatkan QuBisa. Aku juga iya, kemarin ikut tentang cara problem solving. Bermanfaat banget ya aplikasi termasuk untuk ibu rumah tangga yang ingin update keterampilan

    BalasHapus
  11. hua seru banget ya saya juga daftar dna ikutan beberapa kelasnya sangat membantu pastinya dalam meningkatkan kemampuan saya kak

    BalasHapus
  12. Saya suka editing video. Penasaran dengan materi ini di QuBisa.. soalnya masih kurang banget ilmu edit video saya

    BalasHapus
  13. Skill membuat kuta lebih percaya diri dalam berkarya ya mbak
    makanya pas banget klo asah skill dengan ikutan kursus online di Qubisa ini

    BalasHapus
  14. Materi dasar yang disajikan sangat berguna banget sih. Gratis pula, pasti sangat membantu apalagi saat pandemi seperti ini, perlu tambahan soft skill

    BalasHapus
  15. TOS mba sesama introvert saling mendukung. Ada kursus online QuBisa ini jujur sangat membantu banget bagi saya yang ingin tetap belajar tapi tetap di rumah

    BalasHapus
  16. Kemarin juga sempet ikutan belajar public speaking di QuBisa, dan alhamdulillaah seneng banget, banyak bangett yang bisa diambil ilmunya dan ituu GRATISSS lhoo, masyaAllah

    BalasHapus
  17. Adanya aplikasi belajar online QuBisa, memungkinkan siapa pun bisa belajar hal-hal baru dan meningkatkan keahlian yang dibutuhkan di era digital sekarang ya. Apalagi kursusnya bisa diakses di mana saja dan kapan saja ya, Kak, bahkan buat yang tinggal di luar negeri

    BalasHapus
  18. Nah iya ini...
    Teladan banget. Meski dirumahaja, idealnya senantiasa menuntut ilmu dengan upskilling dan reskilling bersama Qubisa.

    BalasHapus
  19. Ternyata banyak yah kursus online di QuBisa, wah mesti ikutan nih bisa belajar gratis editing video. Enak banget nih di QuBisa bisa upgrade skill secara gratis pula..

    BalasHapus
  20. Wah, menarik ya Mbak. Jadi ingin ikutan kursus editing video yang ini juga. Beneran bingung pilihnya, karena banyak topik kursus yang menarik, seru, dan praktis tentunya, bisa dilakukan di sela-sela kegiatan harian.

    BalasHapus
  21. Pilihan kursus online di QuBisa makin banyak aja, ya. Keren nih ikutan kursus video editing yang dipandu oleh profesional. Dan belajarnya bisa dari rumah aja.

    BalasHapus

Posting Komentar