Header April Hatni

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang

29 komentar
pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang
Predikat seorang ibu rumah tangga seringkali dipandang sebelah mata, sering diremehkan, mirisnya lagi dianggap juga sebagai seorang pengangguran. Karena mayoritas orang mempunyai mindset bahwa seseorang dikatakan bekerja jika orang tersebut mampu menghasilkan uang/mempunyai penghasilan (gaji).

Padahal jika ada pertanyaan; siapa yang memasak, menyiapkan makanan, menyapu, mengepel, mencuci piring, dan pekerjaan rumah tangga lainnya? Semua itu adalah pekerjaan ibu rumah tangga, karena pada umumnya dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga, betul? Bahkan semua kegiatan tersebut dilakukan dalam waktu seharian, masih dikatakan pengangguran?

Dan pandangan seperti inilah terkadang membuat seorang wanita tidak percaya diri, minder, ketika ditanya tentang “apa pekerjaannya”. Tahukah Anda, bahwa sejatinya semua ibu itu bekerja, perbedaannya adalah ada yang bekerja di ranah publik dan domestik (rumah).

Sebenarnya buat Anda (para wanita) tidak perlu minder dengan predikat seorang ibu rumah tangga, kenapa? Karena pekerjaan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia. Percaya deh! Aku pun dulu setelah menikah akhirnya juga memutuskan untuk tidak meneruskan karir sebagai guru dan memilih bekerja di rumah. Dan aku bangga menjadi seorang ibu rumah tangga.

Memang tidak dipungkiri ketika mengerjakan pekerjaan rumah tangga, ada kalanya seorang wanita merasa jenuh dan bosan. Terkadang, keinginan untuk kembali bekerja pun muncul. Karena dengan bekerja, maka bisa pula menghasilkan uang.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari rumah tak perlu khawatir. Masih banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan uang dan hanya Anda kerjakan dari rumah.

Di era modern saat ini, banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang dan bisa dikerjakan dari rumah. Bahkan hanya bermodal ponsel, laptop, dan komputer, Anda bisa menghasilkan uang.

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Menghasilkan Uang

Meraih kesuksesan dengan menjalankan bisnis dari rumah, bukan sebuah impian lagi bagi seorang ibu rumah tangga. Melalui televisi maupun artikel di internet sering kita jumpai kisah sukses dari ibu rumah tangga dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah dari usaha sampingannya.

Ada banyak pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang bisa Anda coba, namun sekali lagi sesuaikan dengan passion Anda. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan ibu rumah tangga di internet yang menghasilkan uang.

kerja sampingan ibu rumah tangga tanpa modal


1. Bisnis Online

Dunia digital yang saat ini kian berkembang mampu mendukung berbagai usaha yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, salah satunya adalah bisnis online atau jualan online. Dengan memanfaatkan internet, Anda bisa menawarkan produk melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Pelajari pasar dan tren yang sedang berkembang, sehingga mudah mendapatkan ide mengenai jenis barang yang akan dijual. Gunakan strategi online marketing yang tepat agar mendatangkan banyak konsumen.

2. Dropshipping

Ingin membuka bisnis tanpa modal? Anda bisa melakukan dengan dropshipping. Dropshipping adalah istilah untuk membantu menjual produk milik orang lain.

Anda dapat melakukan dropshipping dengan mempromosikan produk orang lain/toko lain melalui media sosial. Jika ada pembeli yang tertarik, Anda hanya menghubungi seller/penjual agar mereka dapat mengirimkan barang ke konsumen tersebut. Dan Anda pun mendapatkan komisi dari seller tersebut.

3. Influencer

Bagi ibu rumah tangga yang melek teknologi, aktif di media sosial dan tertarik atau menguasai suatu bidang, Anda bisa mencoba menjadi influencer di media sosial.

Influencer adalah sosok yang memengaruhi para pengikutnya dengan gaya pakaian, gaya hidup, dan sebagainya. Seorang influencer biasanya banyak mendapatkan penawaran endorsement dari suatu produk/brand tertentu.

4. Content Writer

Content Writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi berbagai konten-konten menarik di media online. Menulis konten merupakan pekerjaan ibu rumah tangga yang cocok bagi mereka dengan minat dan bakat dalam menulis. Ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang.

5. Blogger

Selain menjadi content writer, Anda yang memiliki hobi menulis juga bisa mencoba membuat sebuah blog. Blogging termasuk pekerjaan ibu rumah tangga yang banyak diminati karena fleksibel dan potensi pendapatannya pun menjanjikan jika ukuran blog sudah besar dan memiliki banyak pengunjung.

Anda dapat menghasilkan uang dari blog tersebut, baik melalui iklan maupun penawaran job lainnya seperti content placement, brand review, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang blogger, pastinya muncul pertanyaan, bagaimana sih cara mendapatkan uang dari blog? Sebenarnya banyak cara untuk melakukan ini dan masing-masing orang tentunya berbeda, kali ini aku berbagi beberapa tahapan serta pengalamanku menghasilkan uang dari blog.

bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

1. Memilih Platform Blog

Ada Blogspot, Wordpress, Medium, Tumblr, Wix, dan lain sebagainya. Pilihlah platform blog yang nyaman bagi Anda (Anda sudah menguasainya, seperti; cara mengatur/setting template, widget, dan fitur-fitur lainnya yang terdapat di dalam platform tersebut), dan tentunya sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hal ini untuk meminimalisasi kendala yang Anda hadapi di kemudian hari. Dengan demikian kegiatan ngeblog pun lancar, tanpa hambatan. Apa jadinya jika Anda tidak menguasai platform tersebut? Alih-alih mau ngeblog, misalnya mau ganti template enggak bisa, mengatur layout, widget, dan yang lainnya juga enggak bisa. Pastinya ini akan menghambat Anda, karena selain tulisan, tampilan blog juga memengaruhi performa dari blog tersebut.

2. Tentukan Niche Blog

Niche blog adalah tema khusus blog. Dengan memilih satu niche tertentu, maka Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu tema yang sama juga. Misalnya niche traveling, maka konten yang ada dalam blog tersebut membahas tentang traveling, destinasi wisata, pengalaman staycation di hotel-hotel.

Begitupun blog dengan niche parenting, maka di sana hanya ada konten-konten yang membahas tentang seputar pola asuh anak. Lalu bagaimana dengan blog yang isinya beragam tema. Misalnya di sana ada keuangan, kesehatan, review produk, teknologi, dan lain sebagainya? Inilah yang disebut blog dengan niche Lifestyle. Ada berbagai konten, seperti niche pada blog ini.

3. Bergabung dengan Komunitas Blogger

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita bergabung dengan komunitas blogger. Selain menambah pertemanan dan jaringan, biasanya di komunitas tersebut kita mendapatkan ilmu tentang blog dan informasi job.

4. Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Saat ini kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger bukan hanya menulis saja, namun diperlukan juga pemahaman tentang SEO dalam menulis artikel di blog.

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi yang dipakai para pemilik blog agar blog yang mereka kelola berhasil menempati posisi terbaik di laman mesin pencari. Semakin naik posisinya, semakin bagus pula trafik sebuah blog.

Sehingga dengan demikian peluang untuk mendapatkan job pun semakin besar. Tawaran content placement, job review, campaign, dan sebagainya.

5. Upgrade Blog TLD (Top Level Domain)

Top Level Domain adalah akhiran dari nama domain Anda. Bagian belakang diakhiri dengan com, net, co.id, dan sebagainya. Bukan lagi blogspot.com, wordpress.com. Anda bisa membeli domain, hosting dan VPS Indonesia di Niagahoster.com. VPS adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website.

Di sana Anda akan mendapatkan penawaran terbaik unlimited web hosting dengan fitur terlengkap, harga terjangkau, dan dukungan teknis selama 24 jam. Bagi Anda pengguna baru Niagahoster.com, dapatkan potongan harga sebesar 5% dengan menggunakan coupons voucher APRIL4 setelah Anda checkout.

Nah, itulah beberapa tahapan aku lakukan selama ini hingga dapat menghasilkan uang dari blog. Anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari blog? Mulai saja sekarang, dengan membuat konten yang bermanfaat dan menarik, sehingga dapat mendatangkan banyak pembaca dari berbagai sumber.

Konten yang bermanfaat dan berkualitas, serta konsistensi adalah kunci pertama dalam menghasilkan uang dari blog. Selamat Mencoba!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

29 komentar

  1. bener banget, nih. ibu2 pun bisa dapat penghasilan dari rumah asal difasilitasi, ya

    BalasHapus
  2. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya berpangku tangan mengandalkan uang dari misua. Menjadi mandiri sudah menjadi keharusan, apalagi demi membantu ekonomi rumah tangga. Pilihan karier di atas emg cocok banget dilakukan bahkan meski kita di rumah aja.

    Cusss nih bisa diikutin tipsnya kakak April.

    BalasHapus
  3. Setuju sekali sama point-point yang telah disampaikan kak, terutama menjadi blogger sekarang sudah bisa menghasilkan melalui blog.

    BalasHapus
  4. Nah jadi ibu2 jangan kuatir kalo ga bisa dapet cuan dari rumah, asal kreatif banyak banget caranya

    BalasHapus
  5. Saya juga alhamdulillah sempat mendapatkan keuntungan dr menulis di blog. Awalnya cuma hobi aja padahal untuk mengisi waktu sambil mengasuh anak

    BalasHapus
  6. walaupun dari rumah tetep bisa menghasilkan cuan. Jadi ngga cuman bisa belanja online aja, meraup rupiah dan mencari keuntungan juga bisa dong hehehe, tingga dipilih yang sesuai passion

    BalasHapus
  7. Rekomendasi tersebut juga bisa buat yang ingin mendapatkan site job, karena bisa dikerjakan by remote ya

    BalasHapus
  8. banyak juga ya job untuk seorang ibu rumah tangga, saya baru menjalankan blogger, content writing, dna influencer lainnya segera menyusul hehehhe, karena enaknya pekerjaan ini bisa dikerjakan dari rumah ya mba

    BalasHapus
  9. Saya pun sejak tahu kalau blog bisa menghasilkan uang, alhamdulillah perlahan-lahan juga memanfaatkan peluang ini dengan baik. Lumayan banget ternyata.

    BalasHapus
  10. ibu juga bisa menghasilkan ya dari rumah. Semuanya modalnya tidka terlalu besar. hanya gadget dan internet yang memadai. Semoga IRT tetap makin terdepan

    BalasHapus
  11. Menawarkan jasa menulis atau mengedit di platform freelance juga bisa

    BalasHapus
  12. Memang masih banyak orang yang menganggap kerja itu, ya di luar rumah, di kantoran. Jadi saat ada orang pegang hape, dikira malam padahal itu lagi kerja hehehe. Alhamdulillah zaman now semakin banyak peluang bisa dikerjakan oleh Ibu rumah tangga. Bisa menambah penghasilan juga.

    BalasHapus
  13. siapa bilang ya ibu rumah tangga gak bisa berkarya dan menghasilkan uang, bisa banget ternyata. dan menjadi blogger salah satunya, saya juga ngerasain sih, hehe

    BalasHapus
  14. Banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online ini ya kan, seperti jualan online atau blogger, tinggal kita mau seriusin atau tidak

    BalasHapus
  15. kalau milih jadi ibu rumah tangga dan fokus mengurus keluarga bisa pinter2 atur waktu dan skill untuk freelance/remote working gini yaa, tetep bisa menghasilkan pendapatan tapi selalu deket sama keluarga

    BalasHapus
  16. Era digital ini tentu siapa pun sudah bisa menghasilkan uang darimana aja termasuk para ibu rumah tangga ya. Semakin menarik nih pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa harus keluar rumah.

    BalasHapus
  17. memang banyak sekali ya pilihan pekerjaan/usaha yang bisa digeluti oleh ibu rumah tangga jaman now, tinggal pilih yang sesuai sama passion dan keahlian

    BalasHapus
  18. Blogger dan Influencer masuk ternyata. Berarti saya keabsen nih. Hehehe ...
    Pekerja dari rumah saja ini memang pasti banyak peminatnya juga

    BalasHapus
  19. sekarang mah zaman serba mudah. apa aja bisa dapat duit dengan mudah ya kak. Semangat selalu

    BalasHapus
  20. Content writer laris manis di masa pandemi seperti ini ya kak. Ibu walau di rumah aja juga perlu tetap menghasilkan, apalagi masa pandemi seperti ini.

    BalasHapus
  21. untuk berjualan, aku masih usaha banget sih untuk memulainya, semoga saja dimudahkan

    BalasHapus
  22. Senang sekali bila seorang Ibu tetap bisa menghasilkan uang terlebih tidak meninggalkan kewajibannya di rumah sebagai istri dan kalau sudah punya anak, sebagai Ibu.

    Semoga para Ibu tetap bisa semangat dan produktif meski hanya di rumahaja.

    BalasHapus
  23. menjadi ibu rumah tangga itu tugasnya memang banyak ya, jam kerjanya unlimited hihi, btw kalau pakai voucher di Niaga hoster ada diskon ya mba? catat dulu kode vouchernya akh

    BalasHapus
  24. walaupun kelihatannya gak begitu sulit, tapi pekerjaan-pekerjaan ini kuncinya konsisten ya kak. dan tentunya gak instan :')

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah, saya juga bangga jadi Ibu Rumah Tangga, dan sekarang juga menggeluti hampir semua pekerjaan sampingan ini, kecuali Content Writer secara sekarang sih masih sekedar ngonten di medsos sendiri belum mengembangkan sayap ke media lainnya, heheh.

    BalasHapus
  26. Sekarang memamg sudah harus mengubah mindset bahwa ibu2 ga bisa ngapa2in. Banyak celah yg bisa di pakai buat jadi produktif

    BalasHapus
  27. Masya Allah, senang sih sekarang jadi Ibu Rumah Tangga bisa terus produktif ya walaupun dari rumah aja tetep bercuan

    BalasHapus

  28. Zaman now, mamak mamak juga bisa cuan ya kak. Urusan anak dan rumah beres, saatnya dilanjut dengan hobi yang bisa menghasilkan uang 😀

    BalasHapus
  29. Meskipun di rumah aja tetep bisa berdaya ya mbak, di era digital banyak hal yang semakin mudah, termasuk mendapatkan penghasilan

    BalasHapus

Posting Komentar