aprilhatni.com

Catat! Inilah Cara Memilih Aplikasi Investasi Terbaik

Post a Comment
cara memilih aplikasi investasi

Saat ini, banyak aplikasi investasi yang tersedia untuk smartphone. Namun Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Pasalnya, tidak semua aplikasi tersebut memiliki kualitas dan kredibilitas yang sama bagusnya. Maka dari itu, Anda harus hati-hati saat memilihnya.

Sebelum memilih aplikasi investasi, silahkan membaca artikel ini hingga selesai. Karena di sini aku akan coba jelaskan tips memilih aplikasi yang tepat dan aman untuk berinvestasi.

Tips Memilih Aplikasi Investasi

Dulu investasi hanya bisa dijalankan melalui sekuritas tertentu maupun bantuan broker. Akan tetapi, saat ini investasi sudah bisa dijalankan hanya melalui aplikasi.

aplikasi investasi

Untuk meningkatkan potensi keuntungan investasi online Anda, berikut penjelasan beberapa tips memilih aplikasi yang tepat.

1. Perhatikan Jenis Produk Investasi

Tidak semua aplikasi investasi menawarkan produk yang sama. Ada banyak jenis produk penanaman modal yang saat ini sudah berbentuk aplikasi. Beberapa contohnya seperti Reksadana, forex, hingga P2P (Peer to Peer).

Sama seperti produk investasi konvensional, tingkat risiko pada sebuah aplikasi penanaman modal pun tergolong beragam. Meski begitu, semakin tinggi risikonya, semakin tinggi juga potensi keuntungan yang didapatkan.

Anda juga bisa memilih investasi yang sudah terjamin keuntungannya dengan tingkat risiko yang minim. Maka dari itu, perhatikanlah terlebih dahulu produk investasi yang ditawarkan oleh suatu aplikasi sebelum Anda memilihnya.

2. Memilih Lembaga yang Berkredibilitas Baik

Setiap aplikasi investasi biasanya difasilitasi oleh broker atau lembaga keuangan tertentu. Namun proses penanaman modal semuanya dilakukan secara online. Anda tidak akan bertatap muka dengan broker atau pihak penyedia platform investasi tersebut.

Pastikan broker atau lembaga keuangan yang menyediakan produk memiliki kredibilitas yang bagus. Salah satu caranya adalah dengan memastikan lembaga keuangan atau broker sudah mendapatkan izin dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Selain itu, pilih juga broker atau lembaga keuangan yang sudah berpengalaman dalam mengelola investasi dana investor.

3. Pilih Aplikasi yang Memiliki Skema Jelas

Setiap broker atau lembaga keuangan yang kredibel biasanya sudah memiliki skema investasi yang jelas. Skema yang dimaksudkan di sini adalah gambaran terkait metode pengelolaan dana investasi milik investor.

Anda bisa menggunakan skema ini untuk mengetahui kelayakan investasi yang mereka tawarkan. Dengan memperhatikan skemanya secara mendetail, maka Anda bisa menilai apakah investasi tersebut terpercaya atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit aplikasi yang menawarkan skema ponzi alias investasi bodong.

Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service atau pihak yang bersangkutan, terutama jika ada yang tidak Anda mengerti. Penjelasan dari mereka akan membantu Anda untuk menilai kualitas produk investasi yang mereka miliki.

4. Pahami Tingkat Risiko Sebelum Berinvestasi

Jangan mudah tergiur dengan penawaran iklan investasi yang menawarkan keuntungan besar. Karena di samping keuntungannya, setiap investasi pasti ada risikonya. Namun tingkat risiko investasi sendiri cukup beragam, mulai dari yang paling rendah dan nyaris tanpa risiko hingga berisiko tinggi.

Sebelum memilih berinvestasi online, pastikan Anda mengetahui tingkat risikonya terlebih dahulu. Jika perlu, silahkan Anda lakukan perbandingan risiko antara satu produk dengan produk yang lainnya.

5. Pahami dan Lakukan Diversifikasi

Istilah diversifikasi sering digunakan pada produk investasi Reksadana. Namun bisa juga untuk beberapa jenis investasi lainnya. Diversifikasi pada investasi online juga dapat membantu meningkatkan keuntungan.

Diversifikasi bisa Anda lakukan saat nilai investasi satu produk sedang mengalami penurunan. Sedangkan produk investasi lain kemungkinan besar sedang mengalami kenaikan.

Dengan diversifikasi, Anda bisa meminimalisasi kerugian dari investasi lain yang sedang naik.

Melalui aplikasi investasi, diversifikasi kini semakin mudah untuk Anda lakukan. Anda tidak perlu datang ke perusahaan sekuritas atau lembaga keuangan penyedia investasi untuk melakukannya.

Digital Banking yang Bisa Bantu Investasi Terbaik Anda

Jika Anda masih bingung memilih aplikasi investasi terbaik, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi digibank by DBS sebagai fasilitas perbankan yang tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat menabung tapi juga membantu Anda untuk memilih produk investasi seperti Reksadana dengan mudah. 

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan investasi dengan risiko yang minim dan imbal hasil yang tergolong tinggi.

Bersama digibank by DBS semua aktivitas perbankan Anda terjamin keamanannya karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Artinya, kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan kembali.

Kenapa Harus di digibank by DBS?

Aplikasi yang satu ini juga menawarkan sejumlah keuntungan kepada para nasabahnya. Adapun keuntungan-keuntungannya diantaranya seperti berikut ini.
  • Anda bisa membuka rekening tanpa harus pergi ke bank. Karena aplikasi ini juga menyediakan layanan pembukaan rekening online yang mudah dan cepat.
  • Proses verifikasi layanan sangat mudah. Anda bisa melakukan verifikasi hanya dengan menggunakan sidik jari dan e-KTP saja.
  • Gratis transfer dan juga tarik tunai menggunakan aplikasi digibank by DBS. Berlaku untuk berbagai ATM.

Cara Berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS

Berinvestasi melalui digibank by DBS yang satu ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  • Download aplikasi via Play Store maupun App Store sesuai sistem operasi handphone yang Anda miliki.
  • Signup dan login di aplikasi digibank by DBS.
  • Pilih menu “Reksadana” yang terdapat di bagian kiri bawah menu utama aplikasi.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada menu pilihan Reksadana. Ada banyak produk Reksadana yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, kemudian pilih salah satunya.
  • Untuk mempermudah pencarian, Anda juga bisa mencarinya pada menu rekomendasi Reksadana populer. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur sortir untuk mencari yang lebih spesifik.
  • Pilih pembelian biasa atau pembelian berkala.
  • Pilih rekening sumber dana untuk pembayaran pembelian investasi.
  • Masukkan nominal dana yang akan diinvestasikan di digibank by DBS.
  • Pembelian Reksadana berhasil dilakukan.

Kini Anda tidak perlu repot dan bingung mencari aplikasi investasi yang aman dan terpercaya. Karena Anda bisa langsung memasang aplikasi digibank by DBS untuk memulainya. Yuk, pasang aplikasinya sekarang juga!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment