Header April Hatni

ZenCore : Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

19 komentar
zencore zenius

Hallo genks, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan selalu bahagia ya! Meskipun pandemi belum berakhir, selalu optimis dan berpikir positif saat ini adalah salah satu kunci kebahagiaan agar imunitas tubuh meningkat, sehingga badan pun sehat. Apalagi peran kita sebagai orang tua saat ini sangatlah penting, tetap semangat, jangan kasih kendor yess!

Oh ya, kalau ngomongin tentang pembelajaran online memang tak ada habisnya ya, ada kalanya kita stres membagi waktu antara menemani anak belajar dengan pekerjaan di rumah. Semoga kita sebagai orang tua jangan pernah ada kata bosan saat menemani mereka belajar. Karena seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini, banyak loh aplikasi belajar yang menyenangkan buat anak, salah satunya Aplikasi Zenius.

Sejak didirikan pada tahun 2004 oleh PT Zona Edukasi Nusantara, Zenius telah digunakan oleh ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi top seperti UI, ITB, dan UGM. Tak hanya tersebar di berbagai perguruan tinggi saja, ratusan ribu alumni Zenius juga tersebar di berbagai perusahaan ternama.

Nah, baru-baru ini (awal bulan Juli 2021) aplikasi Zenius ini mengeluarkan fitur baru yang bernama ZenCore. Aplikasi gratis yang bisa digunakan siapapun (bukan hanya anak sekolah) ini tak hanya mudah dan menyenangkan, namun juga dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan otak bagi para penggunanya. Penasaran kan?

Apa itu ZenCore?

ZenCore adalah fitur terbaru Zenius yang mengadopsi metode pembelajaran adaptif. Pembelajaran adaptif adalah salah satu teknik untuk memberikan materi pembelajaran yang telah dirancang khusus sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

apa itu zencore

Sistem pembelajaran ini biasanya mengandalkan basis teknologi, algoritma, dan data, agar bisa secara dinamis menyesuaikan materi dengan hasil interaksi dengan siswa. Misalnya, sistem akan memberikan soal latihan kepada siswa untuk mengevaluasi kemampuannya.

Jika siswa memiliki kelemahan di bidang pelajaran tertentu, maka sistem akan secara otomatis memberikan materi atau soal latihan lebih banyak di bidang tersebut.

Metode ini untuk memfasilitasi tingkat pemahaman dan pengetahuan mereka yang berbeda-beda. Dan, ini merupakan platform pembelajaran adaptif (Adaptive Learning) pertama di Indonesia.

Keunggulan ZenCore

ZenCore menyediakan materi dan pelatihan adaptif untuk mengembangkan keterampilan fundamental (fundamental skills) pengguna. Hal ini dapat membantu mengurangi kesenjangan pengetahuan atau learning gap, karena setiap individu bisa belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Selain itu, dengan menerapkan metode pembelajaran adaptif ini dapat menumbuhkan kecintaan pada proses belajar di dalam diri. Karena materi yang diberikan sesuai kemampuan, sehingga anak bisa lebih menikmati proses pembelajaran. Platform ini memang sesuai dengan kebutuhan anak.

Ada dua fitur utama yang terdapat di dalamnya, yaitu CorePractice dan CoreInsight. Apa itu CorePractice? CorePractice adalah tempat latihan dengan ratusan ribu pertanyaan latihan dari 3 cabang konsentrasi utama, yaitu Matematika, Verbal & Logika, dan Bahasa Inggris.

fitur zencore di aplikasi zenius bisa meningkatkan kemampuan otak

Sedangkan CoreInsight adalah fitur yang menyediakan berbagai pengetahuan yang insightful, seperti filsafat, sejarah, dan sains, yang dapat memperkaya wawasan dan memberi perspektif baru bagi siapapun yang ingin belajar. Hal ini pun relevan dengan pertanyaan-pertanyaan pada latihan dan dikemas dalam sebuah video konsep yang mudah dipahami.

Dengan ZenCore, bisa belajar #mulaidarimanaaja, terlepas dari level kognitif atau jenjang pendidikan. Sehingga anak bisa menjadi insan yang cerdas, kritis, cemerlang dan asyik.

ZenCore adalah skill dan knowledge yang mesti dikuasai oleh semua orang #mulaidarimanaaja terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang pekerjaannya. 

Sehingga cocok untuk segala usia, baik untuk persiapan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), ujian mandiri universitas dan sekolah kedinasan, tes CPNS, hingga rekrutmen pekerjaan.

Nah, kalau buat ibu-ibu yang bekerja di ranah domestik (ibu rumah tangga) sepertiku gimana dong? Sekali lagi, ZenCore bisa #mulaidarimanaaja, bebas untuk semua usia maupun pekerjaan apapun. 

Ini seru banget! Bayangin aja, kalau pas lagi gabut dan pengin upgrade ilmu, bisa dong langsung buka aplikasinya trus seseruan dengan anak, ya kan? Nah, tunggu apalagi, yuk segera Download aplikasi Zenius!

Serunya Belajar di ZenCore

Apa sih yang bikin seru belajar di ZenCore? Jawabannya adalah fitur CorePractice. CorePractice penting buat semua orang, kenapa? Jika cara berpikir sudah ter-upgrade, Anda bisa menangkap informasi lebih cepat, berpikir lebih kritis, dan rasional. Sehingga hal ini bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Yeay!

fitur zencore bisa bantu kamu untuk push rank

Untuk lingkup yang lebih luas, jika masyarakat semakin kritis dan rasional, maka enggak akan gampang terjebak dengan hoaks dan berpikir sesat.

1. Bikin Cerdas

Zenius bukan sekadar pengajar, melainkan juga mentor menyeluruh. Cobalah mengerjakan soal sebanyak mungkin, jangan lupa untuk mengecek bagaimana pemahaman Anda? Sudah benar atau belum? Ini langsung bisa dilihat pembahasannya dengan membuka videonya. Coba terus kerjakan lagi sampe akurasi dan kecepatan soal naik terus.

Nah, semakin penasaran kan? Makanya segera download aplikasi Zenius yang tersedia di Play Store maupun App Store. Gratis loh...

2. Bisa Push Rank

ZenCore dengan skema peringkat dan penilaian (ranking and scoring) untuk memantik sikap kompetitif pada setiap pengguna. Melalui pendekatan gamifikasi, para pengguna bisa membagikan nilai mereka di media sosial, dan mengajak teman atau orang lain untuk berkompetisi dalam hal yang positif. Seru kan?

Ayo ajak teman, saudara untuk belajar di ZenCore ini, wah pasti makin seru karena setelah menyelesaikan satu level akan bisa ke level selanjutnya. #mulaidarimanaaja, jangan takut salah.

Karena dari jawaban-jawaban tersebut, sistem Zenius secara otomatis akan menentukan tingkatan kemampuan dasar pengguna dengan perhitungan algoritma yang dirancang seakurat mungkin. 

Akurasi jawaban pengguna akan menentukan kenaikan level mereka di papan skor ZenCore. Cek fitur Papan Peringkat ZenCore! Ini akan membuat push rank Anda semakin mantap.

3. Adaptif dengan Kemampuan Anda

Kuatkan pemahaman dengan tambahan di InsightCore, Anda akan mendapatkan insight keren dari tutor Zenius langsung di kelas. Ini yang membuat pembelajaran menjadi interaktif dan ‘terasa hidup’, #mulaidarimanaaja.

4. Ribuan Kuis

Ada ribuan kuis yang dikombinasikan untuk menguji beberapa tingkatan berpikir. Ada pertanyaan yang hanya cukup dijawab sambil mengingat saja, hingga pertanyaan yang melibatkan kemampuan otak untuk berpikir, #mulaidarimanaaja.

Yang Menarik dari ZenCore

Platform ZenCore ini dirancang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna, mulai SD, SMP, SMA, hingga Gap Year. Sedikit cerita nih, saat aplikasi ini aku tunjukkan ke Aqmar, yang tahun ini kebetulan masuk Year 5 di Mesaieed International School - Qatar (setara 5 SD) dia langsung berbinar dan ingin mencobanya.
 
daya ingat makin kuat karena latihan di fitur zencore yang tersedia di aplikasi zenius

Namun pemahaman Bahasa Indonesia yang kurang, karena memang dia bersekolah di sekolah internasional, maka aku langsung sodorin soal Matematika. Dia terlihat sangat antusias apalagi ada timernya yang bisa memacu untuk mengerjakan soal secepatnya, berasa main game aja nih.

Platform ini sangat luar biasa keren, harapan ke depannya ada versi website dan tambahan bahasa (English). Supaya anak-anak yang bersekolah di luar negeri bisa menikmati juga. Tadinya aku sudah mencoba untuk ubah bahasa di pengaturan/setting (Indonesia-English), namun untuk soal dan penjelasan tidak berubah (masih bahasa Indonesia).

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Setelah membaca review di atas, pastinya tak sabar kan pengin tau gimana sih cara menggunakannya? Aplikasi gratis ini bisa diunduh/download melalui Play Store maupun App Store. Caranya gampang kok, seperti Anda install aplikasi lain, ya seperti biasanya.

Langkah I

1. Buka Play Store atau App Store, lalu ketik “Zenius”. Lalu install/unduh aplikasinya.
2. Setelah terinstall, lalu buka aplikasi tersebut. Akan ada pop up, Anda bisa skip atau melanjutkan pop up tersebut hingga selesai.
3. Anda bisa login melalui tiga cara, yaitu melalui email/no.telp, akun Google, atau akun Facebook Anda. Aku sendiri memilih email untuk mendaftarnya. Nanti akan mendapatkan kode OTP untuk memverifikasi email yang telah didftarkan tadi.

zencore fitur terbaru zenius

Langkah II

4. Klik “Cari konten belajar anak di sini”,
5. Lalu pilih fitur Zencore.
6. Selanjutnya muncul page “ZenCore”.
Pilih salah satu soal fundamental/soal-soal dasar (Matematika, Verbal & Logika, atau Bahasa Inggris), lalu klik “mulai”.

cara menggunakan zencore

Langkah III

7. Setelah selesai mengerjakan, Anda bisa melihat video pembahasannya (InsightCore).
8. Selain itu, Anda bisa mengecek peringkat di Papan Peringkat. 
Apalagi ada quotes-nya ini yang bikin makin semangat untuk menantang kemampuan otak.
9. Ajak orang lain untuk menggunakannya. Biar makin seru, kan?

download aplikasi zenius yang bisa digunakan pada sistem operasi android maupun ios
Nah, mudah kan? Gitu aja, dijamin pasti ketagihan, karena kita akan semakin penasaran untuk mendapatkan peringkat. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Zenius.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

19 komentar

  1. Fitur ZenCore dari Zenius ini memang sangat menarik dan memudahkan penggunanya ya mbak. Wah ini berarti sekarang di Qatar ya mbak?

    BalasHapus
  2. wah cocok ini, bakalan aku referensiin ke ponakan yang dari kemarin pusing urusan sekolahnya. suka bingung menyelesaikan pertanyaan. SIap cuzz lah nanti

    BalasHapus
  3. Wiiih kerreeeen. Harus Cobain nih biar makin asyik belajar online dirumah

    BalasHapus
  4. Asik beneran loh latihan soal di ZenCore ini, lengkap banget ya pelajaran yang dibutuhkan untuk siswa. Mulai dari SD sampai SMA, untuk anak yg mau kuliah juga

    BalasHapus
  5. Semakin asyik untuk belajar ya di jaman sekarang. Apalagi bisa manfaatkan gadget yang selama ini dianggap hanya dipakai untuk game saja oleh anak, ternyata bisa juga menjadi media belajar untuk anak.

    BalasHapus
  6. Mantep banget nih ZenCore. Mulanya cuma buat bungsuku yang SMP. Eh ... akunya juga jadi asik main ZenCore. Soalnya ngerasa perlu banget buat ngasah otak. Ibu cerdas kan idaman banget yak :D

    BalasHapus
  7. ZenCore ini memang sangat membantu anak-anak belajar saat ini. Apalagi sistemnya kuis per level. Semakin naik level, semakin seru ya, Mbak. Ada jawaban yang salah, langsung diberi pembahasan. Saya juga ikutan dan bisa meningkatkan kemampuan otak saya.

    BalasHapus
  8. Fitur ZenCore dari Zenius ini emang menarik ya, Mbak. Adik-adikku belajar pake aplikasi ini pada gak bosen karna ada ZenCore-nya, bisa belajar sambil pushrank. Emang penolong banget di masa pandemi gini.

    BalasHapus
  9. Aku udah cobain fitur ZenCorenya. Asik banget emang pushrank di Core Practice. Merasa terus tertantang kalo masih ada jawaban yg salah.. Hehe

    BalasHapus
  10. Ternyata Zenius ini sudah ada sejak lama ya. Berarti metode penyampaian materi di aplikasinya sudah lama teruji nih. Banyak kuisnya lagi jadi bisa belajar sambil bermain deh.

    BalasHapus
  11. Waaah aku baru tau kalau sekolah di luar negeri bisa pakai Zencore juga ya. Tapi mungkin terbatas pada matematika hitungan yang gak pakai Bahasa Indonesia ya Mbak

    BalasHapus
  12. Baca artikel ini aku jadi tambah wawasan tentang Zencore dari Zenius.. ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan oleh orang tua juga ya mba gak harus anak-anak.. Setidaknya untuk hiburan / pembelajaran di waktu senggang juga biar bs ikutan push rank

    BalasHapus
  13. Wah aku juga dah cobaim zencore nih, padahal tadinya download buat anakku, tapi aku juga cobain zencore dan ternyata seruuuuuw. Cocok buat asah otak yaaaa.. hihi

    BalasHapus
  14. Asik banget emang kalo buka ZenCore, bikin lupa waktu karna keseruan ngulang pelajaran zaman sekolah

    BalasHapus
  15. mencoba fitur ZenCore yang ada pada aplikasi Zenius ini emang seru mbak
    bisa bermain sambil belajar
    beneran mengasah kemampuan otak anak

    BalasHapus
  16. Zenius ini menemani masa-masa SMA-ku dan seneng banget sekarang makin praktis dan gratis. hihi sekarang aku juga lagi keranjingan Zencore, lumayan biar gak karatan ini otak 😂

    BalasHapus

  17. Plikasi pembeljaran atau les tambahan memang sangat berguna untuj anak selama daring ya mbak.

    Menariknya, zencore ini bisa meningkatkan kemampuan anak karena punya fitur corepractice yang oke punya

    BalasHapus
  18. Orangtua bisa berlega hati ya Mba karena ada zencore ini membuat anak-anak bisa memaksimalkan dalam belajar.

    BalasHapus
  19. Oooh, jadi kalau anak lemah pada pelajaran tertentu, akan diberikan latihan lebih banyak lagi biar cepat bisa ya. Makasih mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar