Manajemen Waktu bagi Ibu, Pentingkah?

manajemen waktu bagi ibu

“Duh, semuanya kacau deh. Berantakan.” 
“Yang ini belum selesai, ada pekerjaan baru lagi. Huh kapan selesainya ini?”

Pastinya kita semua sebagai seorang ibu pernah kan mengalami seperti contoh di atas? Seringkali menjadi panik dan tak bisa berpikir secara jernih, ketika diburu banyak pekerjaan. Belum selesai satu pekerjaan, pikiran tiba-tiba melayang ke tugas selanjutnya.

Dorongan untuk melakukan pekerjaan dengan sempurna ditambah tuntutan untuk menyelesaikan semuanya secara tepat waktu membuat kita akhirnya melakukan multi-tasking, yaitu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu sekaligus.

Memang seorang ibu itu dituntut untuk multi-tasking, namun jika kita tak cakap dalam menghadapi kondisi seperti itu terus menerus, akan mengakibatkan kita terkungkung dalam situasi yang sama, stress akibat beban berat yang tak kunjung usai. Bisa jadi jatuh sakit, oh tidak.

Oleh karenanya dibutuhkannya manajemen waktu yang baik bagi seorang ibu, agar ibu tetap waras dan bahagia. 

Pentingnya Manajemen Waktu

Sebagai seorang Ibu yang memiliki segudang aktivitas sepertiku, manajemen waktu tentu merupakan modal agar kegiatan bisa berjalan sesuai rencana dan target. Namun tak dipungkiri, bahwa manajemen waktu memerlukan pembiasaan yang tidak singkat. Tetap memerlukan proses. 

manfaat manajemen waktu

Proses yang tidak mudah tersebut, seringkali membuat kita mengendurkan target atau tidak disiplin pada komitmen yang telah dibuat. Padahal, manajemen waktu memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Bebas dari stress

Manajemen waktu yang baik membuat semua agenda dapat diselesaikan dengan baik, tanpa harus tergesa-gesa mengejar deadline.

  • Lebih semangat menjalani hidup

Agenda yang terjadwal membuat kegiatan yang dilakukan tidak menimbulkan keraguan akan suatu hal yang terlupakan. Sehingga hidup dapat dijalani dengan lebih semangat.

  • Meningkatkan produktivitas 

Dengan memasukkan batu besar terlebih dahulu, lalu kerikil, dan diakhiri dengan pasir, maka semua agenda kegiatan dapat dilakukan sehingga meningkatkan produktivitas.

  • Mencapai tujuan yang diinginkan 

Manajemen waktu yang bagus membuat apa yang diinginkan menjadi kenyataan.


Prinsip Manajemen Waktu

Prinsip manajemen waktu bukan berarti kita harus dan bisa melakukan banyak sekali hal atau pekerjaan, akan tetapi manajemen waktu adalah saat kita bisa mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang penting untuk dilakukan.
quotes time management

Tips Manajemen Waktu 

1. Tentukan goals atau tujuan yang jelas
2. Kenali diri dengan mengetahui ranah suka dan tidak suka
3. Tentukan skala prioritas kegiatan
4. Buatlah jadwal atau jurnal kegiatan
5. Perbanyak penggunaan waktu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan pada prioritas penting
6. Fokus, Konsisten dan Komitmen
7. Segera kerjakan pekerjaan penting sebelum masuk ke ranah mendesak
8. Evaluasi rutin, berilah reward dan punishment untuk diri kita 


Rumus Skala Prioritas

rumus skala prioritas
(KUADRAN COVEY, MERILL)

  • Tulislah hal-hal yang harus kamu lakukan, kelompokkan berdasarkan kepentingan dan prioritas.
  • Kelompokkanlah hal-hal yang harus kamu lakukan berdasarkan 4 kuadran: penting - mendesak, penting - tidak mendesak, tidak penting - mendesak, tidak penting - tidak mendesak.
  • List pekerjaan yang masuk ke dalam kelompok penting - mendesak harus didahulukan.
  • Kegiatan penting - tidak mendesak

Adaptasi lingkungan dan situasi baru, tidak konsisten terhadap jadwal yang dibuat dan kerap menunda-nunda pekerjaan merupakan tantangan dalam menjalankan manajemen waktu. Bagaimana cara mengatasinya?

mengatasi kompleksitas tantangan

A. PUT FIRST THINGS FIRST

Letakkan sesuatu yang utama menjadi yang pertama. Komitmen dengan perencanaan sesuai skala prioritas Anda hari ini, aktifkan fitur gadget sebagai organizer dan reminder kegiatan kita.

B. KOMUNIKASIKAN JADWAL

Sampaikan seluruh perencanaan kegiatan pada anggota keluarga, suami dan anak.

C. ONE BITE AT A TIME

  • Lakukan setahap demi setahap
  • Lakukan sekarang
  • Pantang menunda dan menumpuk pekerjaan

D. MANAJEMEN FOKUS

Membuat setoran atau tugas setiap hari bukan hal yang mudah, kadangkala sampai menghabiskan waktu sangat lama, atau bahkan sampai tidak punya ide untuk membuat tugas tersebut, mungkin ada yang kurang tepat.

Mungkin kita membuat tugas tersebut di waktu saat otak tidak dapat bekerja dengan maksimal. Solusinya, carilah waktu terbaik saat kita bisa melakukan pekerjaan dengan fokus. 

D. DELEGATING

Delegasikan tugas, yang bisa didelegasikan. Entah kepada anak-anak yang lebih besar atau ke asisten rumah tangga kita.


Referensi:
Materi Bunda Sayang IIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter