Header April Hatni

Popmama Parenting Academy 2021

28 komentar
popmama.com
Tak dipungkiri lagi bahwa di era digitalisasi saat ini para orang tua menghadapi tantangan besar dalam hal pengasuhan anak. Karena membesarkan anak di zaman milenial butuh usaha ekstra dibanding puluhan tahun yang lalu. Tentunya pola pengasuhan zaman dulu dengan sekarang sangat jauh berbeda, ya nggak?

Apalagi di masa seperti sekarang ini, orang tua pastinya ditantang untuk bisa mendidik anak di rumah juga multitasking terhadap pekerjaan lainnya. Memang ada sebagian orang tua yang bisa mengelola waktu antara pekerjaan dan mendidik anak. Namun tak sedikit juga yang kewalahan membagi waktu antara keduanya, dan terkadang membuat para orang tua stres

Di sinilah pentingnya sebuah dukungan sesama orang tua dengan tidak saling menjatuhkan. (Popmama.com)

Banyak waktu yang dihabiskan untuk bekerja dan mendidik anak, sampai terkadang lupa untuk bersenang-senang. Untuk itu, Popmama.com menyediakan rangkaian acara yang tentunya dapat menghibur orang tua dan anak untuk menghabiskan waktu bersama. Apa sih nama acaranya? Adalah Popmama Parenting Academy.

Event ini sangat cocok bagi keluarga milenial yang sedang mencari hiburan, pendidikan, dan pengalaman seru yang menyenangkan.

Kabar baiknya, sebentar lagi Popmama Parenting Academy 2021 akan segera dimulai, lho. Sudahkan Anda mengetahui informasi tentang event ini?

Namun, sebelum mengulasnya lebih lanjut, perlu kita ketahui bersama apa itu Popmama Parenting Academy?

Apa itu Popmama Parenting Academy?

Bila dilihat dari namanya, mungkin ada sebagian dari kita berasumsi bahwa ini adalah sebuah tempat belajar para mama/ibu mengenai ilmu parenting. Namun tidak demikian, lho. 

Popmama Parenting Academy (POPAC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Popmama.com sebagai one stop solution bagi keluarga milenial yang mencari pengalaman bidang entertainment, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan berbagi. 

popmama.com
Acara ini diadakan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh keluarga milenial seputar parenting sekaligus berbagi pengalaman menjadi orang tua. Sehingga dapat menambah wawasan baru, berkreasi, dan saling mendukung para orang tua.

Popmama.com merupakan salah satu unit bisnis IDN Media yang menyediakan informasi dan panduan parenting untuk orang tua milenial di Indonesia.

Founder sekaligus CEO IDN Media, Winston Utomo, mengabarkan bahwa Popmama.com resmi menjadi media parenting No.1 di Indonesia, berdasarkan peringkat Comscore terakhir.

Sejak diluncurkan pada 18 Februari 2018, Popmama.com telah berkembang menjadi sumber informasi utama bagi orang tua milenial di Indonesia.

Sebagai media yang mempunyai cita-cita untuk menjadi ‘Parenting Guide for Millennial Mama’. IDN Media percaya bahwa informasi parenting yang akurat dan relevan menjadi bagian penting dari perjalanan orang tua.

Popmama Parenting Academy 2021

Popmama Parenting Academy 2021 merupakan acara tahunan yang didedikasikan untuk para keluarga milenial. Pada event ini, Popmama.com ingin mengajak para ibu untuk menambah wawasan baru, berkreasi, dan saling mendukung para ibu.

Popmama Parenting Academy 2021 akan dimulai pada tanggal 1-31 Desember 2021. Adapun tema yang diangkat Popmama Parenting Academy 2021 kali ini adalah “Parents Support Parents”. Maksudnya?

Pada kesempatan kali ini, Popmama Parenting Academy 2021 mengajak kita untuk saling mendukung sesama orang tua demi kebaikan dan demi masa depan anak.

Dengan tagline “Let’s Build a Brighter Future for Our Children!”. Bersama event ini, harapannya orang tua juga semakin luas wawasannya dalam mendidik dan mendampingi anak.

Ada apa saja di Popmama Parenting Academy 2021?

Ada berbagai kegiatan online yang bisa diikuti oleh orang tua milenial beserta anak di acara Popmama Parenting Academy 2021 kali ini. Ada Webinar, Kuliah WhatsApp, Content series, Community Awards dan Popmama Little Star 2021.

popmama.com

Webinar dan Kuliah WhatsApp

Ada tujuh narasumber yang akan mengisi sesi webinar dan kuliah WhatsApp Popmama Parenting Academy 2021. Diantaranya adalah Rika Endang Triyani, Samanta Elsener, Rista Zwestika Reni, Marlyn Cecilia Malonda, Putu Andani, Saskhya Aulia Prima, dan Vera Itabiliana Hadiwidjojo. Siapakah mereka? Cari tahu yuk!

1. Rika Endang Triyani

Rika Endang Triyani atau akrab dipanggil Kak Rika merupakan storyteller yang akan berbagi pengalaman di Popmama Parenting Academy 2021. Rika adalah ibu dari tiga putri (berusia 16,12,9 tahun) yang semuanya saat ini homeschooling. Dia berkeliling Indonesia untuk menyebarkan kecintaan akan dongeng.

Dalam menyampaikan dongeng, Kak Rika bisa bercerita tanpa alat, atau pun dengan menggunakan alat bantu seperti origami dan tali.

Saat ini Kak Rika tergabung dalam Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, juga merupakan founder dari Dongeng Kota Hujan Bogor. Selain itu, Kak Rika juga tergabung dalam Teater Boneka Sangkar Burung atau TBSB sebagai eksplorasi cara mendongeng.

2. Samanta Elsener, M.Psi.

Merupakan Psikolog Anak dan Keluarga yang akan hadir juga di Popmama Parenting Academy 2021 untuk berbagi cerita dan pengalamannya.

Samanta Elsener merupakan mama dari satu orang putri berusia 9 tahun, serta bekerja sebagai psikolog anak dan keluarga. Ia menekuni dunia parenting dan art therapy lebih dari 5 tahun. Mengawali karier sebagai psikolog anak dan bekerja di Brawijaya Clinic Kemang.

Sejak Oktober 2018, Samanta mengembangkan sayapnya dengan memberikan psikoedukasi pada orangtua, anak, remaja serta dewasa muda melalui berbagai media, serta bekerja sama dengan berbagai instansi. Samanta pun aktif mengisi berbagai program seminar, talkshow, dan memiliki program-program self development workshop yang dikelolanya secara mandiri.

3. Rista Zwestika Reni, S.Sos, AWP, CFP

Rista Zwestika adalah seorang perencana keuangan yang telah tersertifikasi CFP sekaligus AWP dan saat ini menjadi Co-Head of Advisor di perusahaan perencanaan keuangan Finansialku.com

Saat ini, selain mengurus management advisor di Finansialku beliau juga aktif diundang menjadi narasumber di berbagai event keuangan dan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas-komunitas dan instansi pemerintah.

Sebagai perencana keuangan, Mbak Rista juga dikenal dengan spesialisasinya yaitu berkaitan dengan cash flow, keuangan keluarga, dana pendidikan, dan asuransi.

popmama parenting academy 2021

4. dr. Marlyn Cecilia Malonda, SP.A

Adalah seorang Dokter Anak yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia. Pada tahun 2007, beliau menamatkan pendidikan Kedokteran Umum di Universitas Sam Ratulangi, Manado. 

Kemudian beliau menyelesaikan pendidikan Spesialis Anak di Chinese General Hospital and Medical Center. Saat ini dr. Marlyn Cecilia Malonda praktik di Rumah Sakit Mayapada Tangerang sebagai Dokter Anak. 

5. Putu P.D Andani, M.Psi., Psikolog

Mama dari satu anak ini adalah Psikolog juga Co-Founder TigaGenerasi. Sekarang Putu tidak hanya aktif praktik di klinik TigaGenerasi saja, namun seringkali menjadi pembicara di sekolah-sekolah, komunitas, dan beberapa brand ternama.

6. Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog

Saskhya adalah Co-Founder TigaGenerasi dan mama dari satu orang putra. Ia merupakan lulusan Magister Profesi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sebagai Psikolog TigaGenerasi, Saskhya termasuk tim penulis dari best seller Buku Anti Panik. Selain itu ia juga aktif menjadi narasumber berbagai media online dan offline.

7. Vera Itabiliana, S.Psi., Psikolog

Vera adalah seorang Psikolog Anak dan Remaja, juga seorang mama dari dua orang anak laki-laki. Vera juga pernah menerbitkan buku berjudul, “Tanya Jawab Seputar Perkembangan Anak”, yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer (2008).

Dia juga merupakan salah satu penulis dari buku “Profesi Psikologi Itu Seru”, penerbit Gramedia (2018).

Community Awards

Community Awards adalah program online kedua dari Popmama Parenting Academy 2021. Community Awards kali ini, terbagi menjadi dua kategori yaitu Supportive Community dan Educative Community

Pada program ini, para mama bisa menunjukkan aktivitas dari komunitasnya masing-masing. Nanti akan ada hadiah menarik untuk komunitas yang sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu.

popmama parenting academy 2021

Syarat dan ketentuan untuk kategori Supportive Community, diantaranya;
  • Komunitas yang memiliki program memberikan dukungan terhadap anggotanya dan masyarakat di luar komunitasnya. Dukungan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik.
  • Dukungan yang diberikan meliputi dukungan seputar kesetaraan, dukungan perlindungan ibu dan anak, dukungan kerukunan, inklusi, dan demokrasi di masyarakat.
  • Komunitas yang mendaftar harus menunjukkan bukti gerakan dukungannya dengan narasi mengenai kegiatan dan bukti-bukti yang mendukungnya serta dilengkapi dengan data susunan pengurus komunitas dan foto kegiatan.
Lalu, untuk syarat dan ketentuan untuk kategori Educative Community, diantaranya;
  • Komunitas yang memiliki program yang mendidik anggotanya dan masyarakat di luar komunitasnya. Pendidikan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan, dan relasi yang lebih baik.
  • Bidang pendidikan dapat berupa pendidikan seputar kesehatan ibu dan anak, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepada ibu dan ayah atau keluarga, pendidikan keuangan keluarga (edukasi finansial), dan lainnya.
  • Komunitas yang mendaftar harus menunjukkan bukti gerakan dukungannya dengan narasi mengenai kegiatan dan bukti-bukti yang mendukungnya serta dilengkapi dengan data susunan pengurus komunitas dan foto kegiatan.

Popmama Little Star 2021

Program online dari Popmama Parenting 2021 selanjutnya adalah Popmama Little Star 2021. Adalah salah satu event untuk menunjukkan bakat anak. Mom's, jika  Si Kecil memiliki bakat tertentu, misalnya menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, atau lainnya, bisa lho mengikuti sesi ini. 

popmama parenting academy 2021

Bagaimana cara joinnya? 
  • Rekam/abadikan momen unjuk bakat anak bidang apapun (menari, menyanyi, akting, dan sebagainya) bisa berupa foto/video
  • Upload foto/video tersebut melalui akun Instagram/TikTok pribadi
  • Ceritakan bakat dan penghargaan yang sudah diraih si kecil melalui caption
  • Tag dan mention @popmama_com dan @popmama.parenting.academy
  • Gunakan hastag #POPAC2021 dan #PopmamaLittleStar #LittleStar(bakat anak). Contoh: #LittleStarMenyanyi
  • Periode pendaftaran dimulai 15 Oktober - 4 Desember 2021

Syarat dan Ketentuan
  • Popmama Little Star ditujukan untuk anak usia 7-14 tahun
  • Pendaftaran dilakukan melalui Instagram/Tik Tok
  • Diperrbolehkan untuk mengunggah foto/video sebanyak-banyaknya
  • Foto/video peserta yang sudah terkumpul akan disaring untuk dipilih 10 finalis
  • Akun Instagram/TikTok tidak diprivate selama periode pencarian bakat
  • Bakat 10 finalis akan ditampilkan di acara Popmama Parenting Academy 2021
  • Seluruh finalis akan mendapatkan sertifikat dan hadiah hiburan

Charity 

Penggalangan dana yang bertemakan “Bersama Popmama.com Bantu anak Yatim akibat Covid-19” merupakan salah satu program Popmama.com untuk membantu anak-anak yang telah kehilangan orangtuanya akibat Covid-19.

popmama parenting academy 2021

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa tingginya angka kematian Covid-19 di Indonesia mengakibatkan ribuan anak di Indonesia harus kehilangan orangtuanya. Bagaimanapun juga, mereka adalah generasi penerus Indonesia yang harus dijaga masa depannya.

Melihat realita tersebut, Popmama.com ingin mengajak para orang tua dan semuanya untuk menyisihkan sedikit untuk anak-anak demi kepentingan masa depan mereka, terutama untuk biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak.

Penggalangan donasi hingga 31 Desember. Seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Jika Anda ingin berdonasi, bisa melalui link berikut ini https://bit.ly/donasi-popac2021.

Nah, itulah berbagai event seru dan menarik di Popmama Parenting Academy 2021. Jangan sampai tertinggal ya mom’s! Acara ini gratis lho, alias tidak dipungut biaya. Ikuti terus informasinya di akun media sosial Popmama.com berikut ini.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

28 komentar

  1. Asyik juga ya bisa ikutan acara Popmama Parenting Academy, bisa dapat banyak wawasan baru dan pastinya sekaligus sebagai hiburan di tengah pandemi. Pernah beberapa kali nyasar ke website popmama, kontennya memang berbobot seputar parenting. Pokoke makjoss banget deh websitenya.

    BalasHapus
  2. memang mendidik anak zaman now agak berat, Mbak. Apalagi sudah dimasuki dunia digital. Anak-anak bisa akses apa saja tanpa sepengetahuan orang tua dengan mudah.
    Dan keren sekali ada popmama ini. Lengkap pula, dari dongeng, parenting, keuangan dan lainnya. Jadi orang tua, khususnya mama sudah punya panduan.

    BalasHapus
  3. Bagus nih programnya biar semua ibu Saling mendukung. Kalau bukan ibu milenial boleh ikut jg kannnn

    BalasHapus
  4. Keren ya program Popmama Parenting Academy ini
    Para ibu jadi bisa terhubung dan berbagai pengetahuan seputar anak dan pengasuhan terbaik. Saling memeberi dukungan dan belajar untuk maju bersama

    BalasHapus
  5. Wuihh seru banget nanti yah kak event tahunannya popmama, mau ikut nih apalag sejak punya dua anak kadang suka pusing sendiri hehehe jd butuh booster dan bekal ilmu mendidik mereka

    BalasHapus
  6. wah seru ya acaranya, parent support parents ini bagus banget ya. Saya juga baru dengar komunitas ini tapi pastinya vibesnya bagus dan positif banget, bakal helping para orangtua dna anak lebih produktif

    BalasHapus
  7. Mantap bangett yakk, super lengkap di POpmama. Aku juga instal calculatornyaa. coba2in, hihi. Paling suka dengan program yg menghadirkan ahlinya, kapan lagi dapat ilmu gratis

    BalasHapus
  8. Seru banget sih acara Popmama Parenting Academy. Biar ortu ngga ketinggalan update tentang edukasi keluarga milenial. Banyak banget ahli yang berpartisipasi lagi..

    BalasHapus
  9. Buat para mama jadi hal yang sangat bermanfaat mengikuti PopMama ini ya, sehingga banyak hal yang dapat diserap

    BalasHapus
  10. Salut buat PopMama yang merangkul mama untuk menyediakan informasi terkait parenting ini. Soalnya informasi soal parenting ini banyak beredar di media massa. Kalau salah ambil, keluarga akan jadi korban salah asuh, terutama anak.

    Kalau dapat informasi akurat seperti ini, apalagi dari narasumber ternama, informasi yang disampaikan pun pasti benar. Kita tinggal memilah mana yang sesuai dgn kebutuhan anak dan keluarga. Apalagi kita tentu bisa konsultasi langsung.

    BalasHapus
  11. POPAC 2021 ini lengkap banget agenda acaranya. Ada perlombaan, ada edukasi, ada penghargaan ada juga peluncuran buku. Wah, jadi gak sabar nunggu Desember tiba.

    BalasHapus
  12. event ini menurut aku lengkap banget sih. ada ilmunya, pengalamannya, penghargaan, dan saling berbagi juga. saling support dan saling sharing hingga para mama bisa bergandengan tangan memghadapi dunia parenting yang tak mudah

    BalasHapus
  13. Keren nih Popmama macam2 programnya untuk pengembangan mama life hehe. Termasuk juga buat anak. Webinarnya yang papling dibutuhin terutama yang berkaitan dengan masalah parenting.

    BalasHapus
  14. Popmama Parenting Academy 2021 kece banget ya acaranya. beneran pas buat keluarga milenial. banyak bahasan kece dan obrolan dari expert yang sayang banget buat dilewatkan dong ya

    BalasHapus
  15. Sebaiknya memang parent support parent sih. Bukannya saling membanggakan bahwa perkembangan anaknya begini dan begitu. Kalau saling support kan enak. Bisa saling memberi masukan atau nasihat terkait perkembangan anak.... Keren..

    BalasHapus
  16. Mendidik anak zaman now emang tantangannya makin berat kemajuan teknologi membawa dampak positif dan negatif. Jadi orang tua enggak ada sekolahnya, tapi harus terus belajar. Alhamdulillah ada popmama, aku sangat terbantu dengan artikel2 di popmama.

    BalasHapus
  17. Popmama Parenting Academy ini selalu ditunggu setiap tahunnya ya mbak
    Apalagi tema POPAC tahun ini kece banget, parents support parents

    BalasHapus
  18. Banyak ilmu yang didapat dari POPMAMA Academy ya kak. Menarik juga program donasinya.
    Aku dulu pernah mau ikutan programnya tapi belum berkesemapatan. Semoga next bisa join.

    BalasHapus
  19. Menarik banget ya acaranya. Baik dari segi rangkaian maupun yang mengisi acaranya. Syarat untuk ikutan juga sederhana dan semua bisa untuk mengambil bagian yang penting memenuhi ketentuan.

    BalasHapus
  20. penting banget nih ikutan acara Popmama Parenting Academy 2021 secara kita bisa belajar banyak hal tentang ilmu parenting disini, apalagi narsumnya yang mumpuni semua di bidangnya masing-masing. Wajib catat nih jadwalnya biar gak ketinggalan. :)

    BalasHapus
  21. panjang juga rangkaian acaranya ya, tentunya akan banyak ilmu dan manfaat yang didapat jika bisa ikut ambil bagian dalam event ini..

    BalasHapus
  22. Kelihatannya menarik nih. Ini hanya untuk keluarga milenialkah? Yang di atas milenial masih boleh ikut nggak ya ?

    BalasHapus
  23. Orang tua milenial harus ikutan POPAC 2021 karena di dalamnya bisa banyak mendapatkan ilmu parenting dan social networking antar sesama parents

    BalasHapus
  24. Wah, asik ada acara bagus ini. Harus ikutan. Bisa nambah ilmu parenting untuk calon orang tua seperti saya. Semoga ga ketinggalan tiap sesinya. Makasih untuk infonya ya Kak :))

    BalasHapus
  25. Bagus sekali program POPAC 2021 dari Popmama.
    Selain ada banyak artikel yang mengedukasi untuk para orangtua juga ada lomba yang bisa menambah kekompakan tim dalam keluarga.

    BalasHapus
  26. Penting banget ini buat mama dan si buah hati. Apalagi mama bisa menambah ilmu parenting dan terus berbagi pengalaman dengan mama lainnya.

    BalasHapus
  27. Bagus banget nih Popmama Parenting academy, bisa belajar dan mendapatkan ilmu dari para nasumber berpengalaman. Juga bisa berbagi ilmu dengan ibu2 diseluruh Indonesia

    BalasHapus
  28. Popmama Parenthing Academy keren ya program-programnya. Selain memberi para bunda wawasan ilmu seputar parenting juga ada saling sharing dan juga lomba-lomba. Keren...

    BalasHapus

Posting Komentar