Menelisik Salah Satu Tempat Eksotis di Qatar

salah satu tempat eksotis di qatar


Qatar merupakan salah satu negara kecil yang terletak di Teluk Persia. Negara ini memiliki dua musim, musim panas pada bulan Juni - September dengan suhu udara hingga mencapai maksimal 50°C dan musim dingin pada bulan Oktober - Mei dengan suhu udara maksimal 30° dan minimal 7°C, dengan curah hujan mencapai 70 mm per tahun.

Negara Qatar adalah negara berdaulat dan merdeka di Timur Tengah, menempati semenanjung yang menjorok ke Teluk Arab dengan total populasi mencapai 2,6 juta jiwa, diantaranya 313 ribu  warga negara Qatar dan 2.3 juta ekspatriat, pada awal tahun 2017.

Dengan pendapatan ekonomi tinggi, ditopang oleh cadangan gas alam dan minyaknya yang terbesar ketiga sedunia. Negara ini masuk dalam negara berpendapatan per kapita tertinggi sedunia. 

Qatar digolongkan sebagai negara yang memiliki indeks pembangunan manusia sangat tinggi dan paling baik diantara negara Arab lainnya. 

Sejak kemerdekaan sepenuhnya dari Inggris pada tahun 1971, Qatar telah muncul sebagai salah satu produsen minyak dan gas terpenting di dunia. Sehingga Qatar memegang pengaruh yang cukup penting di dunia.

Qatar merupakan Negara Islam yang hukum dan adat istiadatnya mengikuti tradisi Islam. Sejak 2013, negara tersebut telah diperintah oleh HH Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani. 

Semenjak terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar terus menerus ‘mempercantik diri’ dengan membangun berbagai infrastruktur dan tempat wisata yang sangat menarik bagi para pelancong, salah satunya adalah Banana Island Resort.

Banana Island Resort

Banana Island adalah sebuah pulau kecil di Qatar. Wilayahnya berbentuk bulan sabit dan terletak di lepas pantai ibu kota Doha. Ini merupakan pulau buatan di Teluk Persia. Disanalah dibangun sebuah Resort oleh Anantara (pengembang dari Thailand) yang bernama Banana Island Resort. 

banana island resort


Pulau ini memiliki luas 13 hektar (0,13 kilometer persegi) dan memiliki marina serta terumbu karang sendiri. Ada beragam vegetasi di tempat ini, seperti Pohon Palem dan taman serta fasilitas mewah untuk menerima pengunjung.

Pada tahun 2015 Banana Island Resort Doha diresmikan oleh Perdana Menteri Dalam Negeri, yaitu H.E Sheikh Abdullah bin Nasser bin Khalifa Al Thani. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, setelah pekerjaan konstruksi yang memakan waktu sekitar tiga tahun, konon resort ini telah menerima lebih dari 1,4 juta tamu.

banana island resort

Dibangun di atas lahan seluas 162.000 meter persegi, di Teluk Arab, jarak tempuh Banana Island Resort 20 menit dengan menggunakan Feri mewah dari Terminal Al Shyoukh, Al Corniche-Doha atau 10 menit naik helikopter dari Bandara Internasional Hamad.

Resort yang berbentuk bulan sabit ini memiliki pelabuhan yang dibingkai oleh pantai sepanjang 800 meter.

back view room


Terdapat 141 kamar tamu yang mewah, Suite dan Villa yang dirancang dengan gaya Arab yang terdiri dari 54 Kamar Premier Pemandangan Laut, 16 Kamar Deluxe Pemandangan Laut, 8 Sea View Suites, 18 Anantara Suites dan 34 Sea View Pool Villas, masing-masing memiliki kolam renang pribadi.

banana island gate


Terdapat pula delapan Villa di atas pantai, masing-masing dengan tiga kamar tidur dan kolam renang pribadi. 

Adapun pusat olahraga air seperti, Pedalo, Stand-up Paddle Boarding, Wakeboarding, Banana Boat, Triple Tube and Donut Rides, Jet Ski, kapal pesiar mewah.

private pool


Resort ini juga memiliki kolam berselancar dan kolam renang anak-anak yang dilengkapi dengan seluncuran air.

Pilihan rekreasi lainnya termasuk tenis, bola voli pantai, pusat kebugaran dan hiburan, lapangan Golf, arena bowling, dan teater bioskop VIP. Bisa kita jadikan sebagai tempat petualangan keluarga, merasakan sensasi laut, atau kebahagiaan merasakan Spa wilayah padang pasir.

banana island view


Ketika kamu berada di tempat ini, kamu pasti akan merasakan hal yang sangat berbeda. Kamu nggak sadar jika kamu sedang berada di Qatar, karena tempatnya sangat begitu eksotis dan menghipnotis para pengunjung seakan berada di pulau Maladewa.

The Balance Wellness Center

The Balance Wellness Center adalah satu-satunya pusat kebugaran dan kesehatan dengan view taman botani di dalam ruangan serta terdapat kolam renang khusus wanita.

wellness center banana island

Di dalam ruangan ini dilengkapi pula fitur air mengalir melalui tumbuhan di paviliun dengan arsitektur yang sangat menginspirasi. Kita pun bisa bersantai di gazebo-gazebo yang telah tersedia dengan sejenak melupakan rutinitas dengan pikiran nyaman tenang dan jauh dari keramaian.

cozy place banana island


Adapun terapi kesehatan dengan penyembuhan alternatif, Yoga, perawatan berbasis teknologi, nutrition food consultation, dan perawatan kecantikan yang ditawarkan di sini.

Azraq Restaurant 

Azraq Restaurant menghadirkan citarasa masakan dunia yang sangat lezat, dengan konsep live cooking dan tema prasmanan.

azraq restaurant

Kita bisa memilih ‘posisi enak’, Sarapan di luar ruangan dengan pandangan lepas menghadap ke arah laut. Beragam menu pilihan mencakup masakan ala Timur Tengah, Italia, dan Internasional tersedia di sini. Para tamu pun juga dapat belajar membuat masakan tradisional Qatar dengan seorang Master Chef, jika berkeinginan.

Hal yang Perlu Diketahui dan Tips 

Perlu diketahui, bahwa Banana Island merupakan resort bebas alkohol, jadi jangan berharap kita pesan maupun menemukan berbagai macam minuman alkohol di tempat ini. 

swing swing at banana island


Jika Anda ingin berkunjung, mungkin hanya sekedar lunch dan atau menginap, pastikan untuk booking jauh-jauh hari dan pilihlah di hari kerja (weekdays), karena pada saat weekend maupun libur nasional, biasanya penuh pengunjung, tak jarang kamar pun statusnya full booked dan biasanya harganya lumayan sedikit mahal dari biasanya. 
 
Bagi yang mempunyai anak-anak, pesanlah kamar dengan pemandangan depan laut, dan dekat dengan playground ataupun kolam renang anak-anak. Sehingga ketika berdua dengan suami menikmati pemandangan laut sambil melepas penat, tak terganggu oleh anak-anak, hehe...

banana island

Semua tamu yang menginap dan pengunjung diwajibkan untuk memberikan kartu identitas (QID) bagi ekspatriat maupun warga negara Qatar dan Paspor asli bagi  Pelancong/Turis saat melakukan registrasi di Terminal Al Shyoukh sebelum penerbitan boarding pass.

Boarding pass digunakan untuk penumpang Feri yang akan mengantarkan kita ke tempat tujuan, Banana Island Resort.

banana island doha

Harga kamar per malam kisaran 1400 - 25.000 QAR, bergantung jenis kamar yang kita pilih. Semakin mahal pastinya fasilitasnya semakin ciamik, dari segi kamar maupun yang lainnya.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter