Menjelajah Qatar



Apa sih yang terbayang di pikiran kita ketika mendengar "Qatar"? Negara Timur Tengah, gurun, gersang atau? Sama halnya denganku saat itu. Dulu pertama kali ketika aku mendengar tentang negara Qatar ini yang terlintas di benakku adalah padang pasir, panas, dan gersang. 

Memang benar sih, tapi itu dulu. Lah sekarang gimana? Mohon bersabar dulu yah, nanti akan kita bahas satu per satu apa yang membuatku semakin cinta dengan negara yang satu ini. Oh ya, aku sekarang tinggal di Mesaieed, adalah salah satu daerah bagian (semacam provinsi) yang jauh dari ibukota (satu jam perjalanan jika ditempuh dengan kendaraan roda empat). 

Sebelas tahun yang lalu, ketika aku baru menginjakkan kaki untuk pertama kali di negara ini, memang iya benar di daerah tempat tinggalku masih banyak ditemukan gurun pasir yang luas, bangunan masih sedikit dan jalanan tidak terlalu ramai.  

Sekarang bagaimana, ada yang baru? Ya. Telah dibangun sebuah mall yang tak jauh dari rumah, kalau mau dengan jalan kaki pun dekat, saat ini masih on progress, dibangun Rumah Sakit yang cukup besar, sehingga warga yang tinggal di sekitar tidak perlu pergi ke Doha atau Wakrah lagi untuk berobat.

Fakta Menarik Tentang Qatar

Sepuluh tahun belakangan, Qatar terus menerus ‘mempercantik diri’,  mengembangkan pembangunan di dalam negaranya dengan cepat. Pada tahun 2022 nanti Qatar akan menjadi tuan rumah FIFA WORLD CUP 2022, dan Emir menjanjikan pembangunan infrastruktur akan ditingkatkan untuk kelancaran event dunia tersebut.

Saat ini, Qatar telah membangun MRT di bawah tanah, Downtowns Tram (kereta listrik dalam kota), taman-taman publik, berbagai jalan tol baru, serta adanya pembangunan belasan stadions dan hotel-hotel/apartemen untuk fasilitas pendukung FIFA WORLD CUP 2022.



Qatar adalah wilayah Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Wilayah Qatar dibagi menjadi 8 municipalities (semacam wilayah provinsi), dengan di dalamnya dipisah menjadi berbagai Zone Area. Jumlah populasi penduduk paling banyak berpusat di ibukota Qatar yaitu kota Doha.

Suatu fakta menarik, jika dibandingkan dengan jumlah populasi penduduk negara Qatar, orang asli Qatar itu adalah kalangan 'minoritas' lho! Penduduk lokal hanya berkisar sekitar 9.35% saja dari total jumlah penduduk di Qatar, sisanya adalah orang-orang ekspatriat dari berbagai kalangan negara di seluruh dunia. Para pekerja yang berasal dari India adalah yang paling banyak tinggal di Qatar.

Qatar adalah negara yang sangat aman. Para perempuan bisa aman dan nyaman untuk bepergian sendirian atau bersama anak. Tindakan kriminal bisa dibilang sangat minim di negara ini. Kita tidak perlu khawatir akan pencurian, penculikan, penipuan dan sejenisnya karena hampir semua area di Qatar ada CCTV-nya. 

Segala tindak kriminal akan segera ditangani dan para pelakunya akan dideportasi ke negara asal. Dari tahun 2015 hingga sekarang (tahun 2020), Qatar dinobatkan sebagai negara teraman No. 2 di Dunia. (Sumber: www.visitqatar.qa)

Qatar menjadi destinasi favorit untuk keluarga, perjalanan bisnis, maupun hanya berdua bersama pasangan. Jika Anda ingin traveling berkunjung ke Qatar, insyaAllah akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Berdasarkan data yang dikumpulkan, para travellers yang berkunjung di Qatar memiliki kepuasan yang tinggi terhadap keramah-tamahan yang didapatkan di sini. 

Waktu Yang Tepat Untuk Travelling ke Qatar

Sebagai destinasi travelling, Qatar telah berkembang pesat dan semakin banyak orang ingin berkunjung ke negeri Teluk ini. Perlu diketahui bahwa Qatar memiliki perubahan musim yang cukup ekstrim. Musim dingin (Winter) di Qatar berkisar antara bulan Desember hingga bulan Februari, dan musim panas (Summer) di Qatar berkisar antara April hingga Oktober. 

Pada bulan Maret dan November biasanya adalah bulan pergantian musim. Pada puncak musim dingin (Januari-Februari), suhu terendah bisa mencapai dibawah 10°C, sementara pada puncak musim panas (Juli-Agustus) temperatur udara bisa naik hingga 48°C di luar ruangan. 

Untuk para travellers yang ingin menikmati negara Qatar, rekomendasi untuk berkunjung ke negara ini adalah antara bulan November hingga awal April, yaitu ketika musim dingin.

Tempat Populer di Qatar

Qatar memiliki banyak tempat wisata untuk para pengunjung, baik wisata kuliner, wisata budaya, monumen-monumen, museum, maupun wisata alam yang memiliki pesona tersendiri.

Jika dilihat di internet, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dilakukan di Qatar. Qatar juga memiliki beberapa museum yang dihiasi dengan desain arsitektur yang unik dan megah. Salah satu museum terbesarnya adalah National Museum of Qatar.

Para shopaholic dapat memanjakan matanya untuk melakukan window shopping di mall-mall berkelas dunia di Qatar. Anda tidak akan kesusahan mencari high-end fashion brands di Qatar.



Ada Al Hazm Mall yang didesain dengan arsitektur yang megah. Jika ingin merasakan atmosfer seperti di Italy, bisa berkeliling atau menaiki perahu ala Venice di dalam Villaggio Mall. Ada juga mall-mall besar yang menawarkan one stop shopping seperti Mall of Qatar maupun Doha Festival City.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter