aprilhatni.com

Precious One: Ruang Berkarya Penyandang Disabilitas

17 comments
precious one

Penyandang disabilitas acapkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, penyandang disabilitas juga memiliki kesetaraan yang sama dengan semua orang dan ingin dipandang sebagai manusia normal.

Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama.

Dengan kekurangan yang mereka miliki, lingkungan sekitar telah memberikan stigma kepada penyandang disabilitas, bahwa mereka dipandang tidak mampu dalam segala hal dan merupakan penyebab dari berbagai masalah.

Dalam keadaan yang serba terbatas dan asumsi negatif dari orang lain, mereka pun banyak mendapatkan penolakan dalam hal pekerjaan. Padahal penyandang disabilitas memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat non disabilitas.

Anda tentunya sudah mengenal profil seperti Angkie Yudistia, Rachmita Harahap, Irma Suryati, Habibie Afsyah, dan Stephanie Handojo, bukan? Mereka adalah penyandang disabilitas yang sukses dengan segala kondisi yang dimilikinya.

Disabilitas bukanlah menjadi halangan untuk terus berkarya dan meraih kesuksesan. Semua itu tentunya mereka dapatkan dengan usaha dan kesabaran yang kuat.

Dengan latar belakang di atas, tercetuslah ide Ratnawati Sutedjo untuk memberi ruang bagi teman-teman penyandang disabilitas dalam berkarya melalui Precious One.

Apa Itu Precious One?

Precious One adalah sebuah yayasan pemberdayaan disabilitas melalui penciptaan lapangan pekerjaan bagi disabilitas. Yayasan yang berdiri sejak 4 Februari 2004 ini, bertujuan untuk mengurangi pengangguran disabilitas dengan menciptakan produk berkualitas hasil karya disabilitas.

apa itu precious one

Yayasan ini berfokus pada penguatan disabilitas, bertujuan supaya mereka dapat menemukan potensi diri, menyadari bahwa setiap manusia diciptakan dengan sebuah tujuan dan nilai.

Dengan model usaha socio enterprise, Precious One menjual hasil karya kerajinan tangan/kriya buatan teman-teman disabilitas.

Melalui karya tersebut harapannya akan ada lebih banyak orang yang melihat dan percaya bahwa disabilitas mampu, asal diberi kesempatan. Special Product for Special People.

Bagaimana Precious One Berdiri?

Hal yang melatarbelakangi bagaimana Precious One berdiri yaitu pada tahun 2021 Ratnawati Sutedjo sakit parah hingga ia tak bisa bekerja dan melakukan apa pun.

Selama sakit dan merasa hidupnya menjadi tak berguna, lalu terpikir olehnya tentang perasaan penyandang disabilitas. Mereka mempunyai mata dan telinga, namun tak bisa melihat dan mendengar.

Mereka yang mempunyai keterbatasan fisik lainnya sehingga tak bisa bekerja. Pada saat itu pun Ratnawati Sutedjo mempunyai nazar, kalau sembuh ingin terjun ke dunia disabilitas.

“Dengan kondisi teman-teman disabilitas yang seperti ini, apa yang saya lakukan hanya sebagian kecil untuk mengurangi pengangguran disabilitas,” tuturnya.

Precious One Berdiri dari Satu Teman Tuli dan Satu Produk

Cerita lain yang melatarbelakangi bagaimana Precious One berdiri yaitu pada tahun 2004 Ratna berkenalan dengan seorang teman penyandang disabilitas (tunarungu). Dari temannya tersebut, Ratna sering mendengar curhatan betapa ia butuh pekerjaan, namun selalu mengalami penolakan ketika melamar pekerjaan.

Hati Ratna terketuk dan ingin membantu kehidupan mereka supaya bisa mendapatkan kesempatan yang sama, yaitu memiliki pekerjaan. Akhirnya, Ratna pun mendirikan Precious One dan membuat alat peraga (bersama teman tunarungu) untuk membantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar.

Karena merasa senang bisa bekerja sama dengan Precious One, ia pun mengajak teman-temannya yang lain (penyandang tunarungu) untuk bergabung.

Saat ini ada sekitar 20 orang yang bekerja sebagai tim produksi di workshop Precious One. Tak hanya itu, banyak juga mitra Precious One yang tersebar dari berbagai daerah yang turut mengembangkan banyak produk kriya mulai dari tas, dompet, pakaian, topi, boneka, kuliner, dan jasa.

Semua produk Precious One dibuat oleh teman-teman disabilitas. Selain teman difabel yang bergabung di workshop, Precious One juga tetap menggandeng para teman disabilitas dari seluruh wilayah Indonesia untuk berkarya.

Program yang Ada di Precious One

Selama ini Precious One identik dengan hasil karya, karena salah satunya memang menghasilkan karya teman-teman penyandang disabilitas. Tetapi program yang ada di Precious One tak hanya memproduksi berbagai produk atau jasa saja.

Ada banyak hal yang dilakukan oleh Precious One untuk berpartisipasi dan terlibat di dunia disabilitas. Berikut beberapa program yang ada di Precious One!

  • Bangga Karya Disabilitas

program yang ada di precious one
Program Bangga adalah program pemberdayaan pengusaha disabilitas maupun non disabilitas yang membawa isu kesetaraan penyandang disabilitas. Di program ini lebih dari 40 pelaku usaha disabilitas dan keluarga dengan anggota berkebutuhan khusus telah merasakan manfaat pendampingan dan materi-materi dari kelas yang diberikan oleh pembicara dan mentor terbaik di bidangnya.

  • I Can Do

Program I Can Do adalah jasa pengemasan sendok untuk kebutuhan rumah makan atau katering. Terbatasnya kesempatan kerja untuk disabilitas intelektual dan disorder seperti down syndrome, autis, dan lambat belajar menjadi latar belakang program ini.

  • Special Day For Special Children (SDSC)

Dalam penyelenggaraan program ini, Precious One mengundang 1000 anak disabilitas di satu kota untuk bermain secara gratis.

Tujuan dari program ini adalah untuk mengapresiasi anak-anak disabilitas dan memberi mereka kesempatan untuk bermain di mall, sama seperti yang biasa dilakukan anak-anak normal lainnya. Saat ini sudah lebih dari 5000 anak disabilitas telah merasakan pengalaman bermain dan berinteraksi dengan orang lain di tempat umum.

  • Everyone Can Be A Hero

Seorang pahlawan adalah ia yang mau membantu meringankan beban orang lain. Boneka hero adalah simbol kekuatan dan perhatian untuk anak-anak pengidap kanker dan penyakit langka.

Bekerjasama dengan yayasan setempat, setiap boneka hero terjual akan disalurkan untuk anak-anak yang membutuhkan.

Precious One membuat program ini untuk menguatkan anak-anak dan mengingatkan mereka bahwa cobaan yang dialami tidak lebih besar dengan kekuatan mereka.

  • Disability Buddy

Anak atau dewasa penyandang disabilitas sering kali dilihat dan dinilai berbeda. Melalui kegiatan ini, Precious One berusaha memberikan pengertian mengenai tantangan dan kerumitan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas dalam kesehariannya, juga menumbuhkan empati untuk menghargai perbedaan dan mendapati kesamaan.

Program ini terdiri dari workshop edukatif dan interaktif yang dapat dilakukan di sekolah atau kantor.

  • I’m a Buddy (Digital Learning)

I’m a Buddy adalah sebuah ajakan untuk menjadi sahabat disabilitas. Berkenalan dan belajar dari hidup mereka sehari-hari, berusaha untuk menghargai perbedaan, bersyukur, dan menjadi teman yang baik bagi mereka.

Program ini adalah kerjasama Precious One sebagai yayasan pemberdayaan disabilitas yang berkolaborasi dengan Creadu, yaitu perusahaan yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran kreatif.

Produk Hasil Karya teman-teman Disabilitas Precious One

Pada awalnya, Ratna dan temannya disabilitas hanya membuat beberapa produk dengan jumlah dan modal yang kecil. Hingga saat ini ada beragam produk berkualitas yang dibuat teman-teman disabilitas, mulai dari tas, masker, pakaian, boneka, outer, kursi kayu, hingga cutlery set atau perlengkapan makan, serta makanan.

Cara Mendapatkan Produk Precious One

Selain unik, produk karya yang dihasilkan teman-teman disabilitas yang bergabung dengan Precious One juga berkualitas. Jika Anda ingin membeli produknya bisa melalui website Precious One, media sosial (Instagram) @preciousone_catalogue, juga di e-commerce.

Aplikasi iReap Pos dalam Membantu Kelancaran Bisnis Precious One

Saat memulai bisnis (tahun 2004), Precious One melakukan semua pencatatan penjualan secara manual. Mencatat satu per satu bahan baku yang masuk dan produk yang dihasilkan.

Kini, Precious One menggunakan Aplikasi Kasir (iReap Pos) untuk membantu kelancaran bisnis mereka. Bahkan digunakan sebagai sistem pencatatan otomatis.

Precious One merasa sangat terbantu dengan adanya iReap POS. Penggunaan iReap POS membuat pencatatan stok maupun laporan penjualan dapat dengan mudah diakses.

Aplikasi Kasir iReap Pos Lite (Point of Sale)

Aplikasi Kasir iReap Pos Lite (Point of Sale) adalah sistem kasir toko (POS-Point of Sale) untuk membantu monitor penjualan, stok, dan keuntungan. Aplikasi kasir ini gratis, tanpa batasan data dan transaksi, juga tanpa iklan. Bisa berjalan offline tanpa koneksi internet, kecuali untuk backup data penjualan.

aplikasi ireap pos lite

Aplikasi yang menggunakan sistem kasir toko ini bisa menjadi pilihan bagi pemilik usaha kecil, bisnis UMKM, atau bagi Anda yang baru memulai usaha. Mengapa harus menggunakan Aplikasi iReap POS Lite? Berikut kelebihan dan pengalaman yang aku dapatkan!

  • Mudah Digunakan

Aplikasi Kasir iReap Pos Lite (Point of Sale) ini dirancang sederhana. Sehingga mudah dipahami dan digunakan, bahkan oleh pengguna yang tidak memiliki pengalaman teknis (belum pernah menggunakan aplikasi kasir).

  • Membantu Mempercepat Proses Transaksi dan Layanan Pelanggan

Melalui aplikasi yang menggunakan sistem kasir toko ini, Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih cepat, termasuk total belanjaan mereka, menerima uang, juga memberikan uang kembalian.

  • Proses Pencatatan Transaksi Lebih Efisien dan Langsung Tersedia Laporan Keuangan

Tersedianya fitur laporan keuangan yang sangat lengkap dan mudah dipahami di Aplikasi Kasir iReap Pos Lite (Point of Sale) ini, kita bisa langsung melihat detail penjualan, stok produk, dan laporan keuangan lainnya dengan mudah.


  • Fitur yang Lengkap

Adanya beberapa fitur penting yang tersedia di Aplikasi iReap POS Lite, di antaranya: pencatatan transaksi dan pembayaran, pengaturan stok barang dan harga jual, pembuatan dan cetak struk, manajemen pelanggan, integrasi dengan printer kasir dan scanner barcode, serta laporan penjualan dan keuntungan.

  • Gratis Selamanya dan Tanpa Gangguan Iklan di Aplikasinya

Selain gratis selamanya, aplikasi yang menggunakan sistem kasir toko ini tanpa iklan. Jadi, sangat nyaman digunakan tanpa terganggu iklan.

  • Tersedia Bukti Transaksi untuk Pelanggan

Aplikasi iReap POS Lite menyediakan bukti transaksi atau nota penjualan dalam bentuk digital maupun dalam bentuk cetak.

  • Bisnis Tak Sampai Kehabisan Stok

Pada aplikasi kasir iReap POS Lite sudah tersedia fitur manajemen stok barang yang berfungsi untuk membantu Anda mengelola stok barang. Ketika terjadi penjualan, jumlah stok barang akan otomatis berkurang. Sebaliknya jika ada barang masuk, Anda tinggal melakukan input data pembelian dan stok barang pun akan bertambah.

  • Data dan Laporan Keuntungan Bisnis Real Time

Pada aplikasi kasir iReap POS Lite kita bisa mendapatkan laporan keuntungan secara real time untuk setiap produk maupun per transaksi. Data tersebut bisa diakses harian, mingguan, bulanan, atau kapanpun kita membutuhkannya.

  • Bekerja secara Offline

Aplikasi kasir iReap POS Lite bisa digunakan secara offline tanpa koneksi internet. Jadi jika Anda menjalankan usaha di daerah yang belum terjangkau koneksi internet yang stabil, Anda bisa tetap menggunakannya untuk melayani pelanggan dan menjalankan bisnis dengan baik.

Nah, itulah berbagai kelebihan yang akan Anda dapatkan pada aplikasi iReap Pos Lite. Tunggu apalagi langsung dapatkan manfaatnya dari Aplikasi Kasir iReap POS Lite, ya.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

17 comments

  1. Amazing Kak peran Precious One bagi penyandang disabilitas. Iya sih, tak bisa dipungkiri bahwa masih ada yabg memandang sebelah mata kemampuan mereka.

    ReplyDelete
  2. Keren sekali Precious One yang jadi ruang berdaya untuk teman-teman disabilitas. Karena dibalik kekurangan, mereka mempunyai kemampuan yang besar juga. Jadi Precious One sangat membantu memberdayakan mereka.

    ReplyDelete
  3. Manfaat aplikasi kasir iReap Pos Lite banyak sekali ya. Gratis dan tanpa gangguan iklan lagi. Makin sip deh dipakai oleh pengusaha buat mencatat keuangannya

    ReplyDelete
  4. Sistem kasir memang harus mengikuti jaman ya kak, agar semakin memudahkan dalam hal transaksi keuangan maupun laporannya. Itu semua tersaji lengkap nih di iReap

    ReplyDelete
  5. Keren nih kolaborasi Precious One dengan I-reap dalam hal pencatatan otomatisnya. Semoga teman-teman disabilitas yang bergabung dengan precious One semakin berdaya dan produk-produk karya mereka dapat diterima dengan baik pula oleh masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener pak. Nggak nyangka lho bakal ada kolaborasi yang keren begini. Semoga makin banyak yaa yang apps dan program yang ramah bagi penyandang diabilitas.

      Delete
  6. Saya baru tahu aplikasi kasir iReap POS untuk manajemen produk usaha kecil. Bisa dicoba nih untuk usaha kecil saya

    ReplyDelete
  7. MasyaAllaah wadah yang bener2 inspiratif dan yang kayak gini harusnya nih yang viral. Sayang ngga banyak media yang mau angkat dan viralin akar penopangnyaa huhu. Dilengkapi dengan iReap semoga makin kereen ajaa

    ReplyDelete
  8. Keren sih Precious One ini bisa membantu memberdayakan teman teman disabilitas sehingga bisa berdaya guna. apalagi bisnis suda menggunakan Aplikasi Kasir iReap Pos pasti akan semakin berkembang lagi

    ReplyDelete
  9. Seneng bgt ada wadah bagi penyandang disabilitas utk berkarya. Mereka selama ini kebingungan menyalurkan bakat/menggali bakatnya. Jd mereka malah jd beban.

    Di sini mereka bs dpt kerjaan hingga mendapatkan bantuan apapun yg mereka butuhkan. Bahkan bs menyalurkan karya2nya. Seneng bgt program PreciousOne ini.

    ReplyDelete
  10. Keren ya. Dengan program ini, anak anak disabilitas bisa makin kreatif. Sekarang banyak loh disabilitas yang justru berprestasi mengalahkan anak anak lain yang normal. Makanya kita tidak boleh membedakan mereka.

    ReplyDelete
  11. Keren banget ini yayasan dengan program seperti ini, sebagai bukti kalau siapa saja bisa berkarya dari mana saja oleh siapa saja.

    ReplyDelete
  12. Sebuah bisnis memang membutuhkan banyak sekali yang terlibat di dalamnya. Dan bersama Precious One, semua bisa bekerjasama dan mengembangkan bakatnya untuk memajukan bisnis meski memiliki banyak keterbatasan. Dibantu aplikasi kasir iReap POS Lite, semoga bisnis yang dijalani semakin maju dan kita semua bangga menggunakan produk dalam negeri yang cantik-cantik dari Precious One.

    ReplyDelete
  13. Saya penasaran mau belanja produk mereka
    Pasti nilainya jauh lebih tinggi
    Apalagi kalau memang dibuat dengan hati

    ReplyDelete
  14. keren sih ya, putri ariani nih jd motivasi bgt dan teladan utk para teman2 difabel utk ttp semangat berkarya dan mewujudkan impiannya masing2 dgn bantuan naungan yg tepat

    ReplyDelete
  15. dari kisah perjalanan mba Ratna, saya bisa menyimpulan bahwa sakit bisa membawa hikmah ya. dari nazar untuk sembuh bisa membantu teman-teman disabilitas untuk berkarya dan berdaya secara finansial. tidak hanya melalui Precious One, tapi juga dengan hadirnya Ireap bantu banget teman-teman disabilitas nih.

    ReplyDelete
  16. Aplikasi iReap POS ini benar-benar bisa membantu setiap pelaku usaha untuk bisa mengelola usahanya dengan baik. Mencatat stok barang, membuat laporan semua bisa dilakukan. Apalagi IReap POS tidak hanya bisa digunakan untuk skala kecil saja, mereka yang punya banyak cabang toko atau tempat usaja juga bsia menggunakan stau aplikasi IReap POS ini untuk memudahkan pemantauan.

    Btw, salut dejgan apa yang dilakukan oleh Precious One, memberdayakan Disabilitas.

    ReplyDelete

Post a Comment