aprilhatni.com

Calculators.org : Belajar Matematika Jadi Menyenangkan

29 comments
belajar matematika menyenangkan
Selama ini Matematika masih menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh anak-anak. Beberapa alasan diantaranya adalah karena dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan.

Padahal mempelajari ilmu Matematika ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk mengasah kemampuan problem solving dan mengasah otak anak. Selain itu, dengan mempelajari Matematika juga dapat melatih otak untuk berpikir logis, melatih ketelitian, dan kecermatan.

Penggunaan Matematika memang tak lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Sebab setiap harinya manusia berhitung dan menggunakan ilmu Matematika dalam berpikir atas solusi dari segala masalah yang berkaitan dengan alam, ekonomi, dan sosial. Misalnya, seperti menghitung kembalian uang belanja, menghitung kuota yang dibutuhkan saat bermain game online, dan masih banyak lagi.

Namun, tak sedikit anak kurang menyukai Matematika. Bahkan, Matematika menjadi momok bagi anak. Banyak faktor yang menyebabkan Matematika dianggap pelajaran sulit, diantaranya adalah karakteristik materi Matematika yang bersifat abstrak, logis, sistematis, dan penuh dengan lambang-lambang serta rumus yang membingungkan.

Selain itu, pengalaman belajar Matematika di sekolah yang tidak menyenangkan turut membentuk sikap negatif anak terhadap Matematika.

Jika anak awalnya sudah beranggapan bahwa Matematika itu sulit, jelas akan memengaruhi penguasaan di dalam mempelajari Matematika, karena sebelumnya sudah ada kecemasan di dalam diri siswa.

Dengan melihat kondisi tersebut, ini adalah tantangan bagi setiap guru juga para orang tua, bagaimana agar bisa meyakinkan anak bahwa Matematika itu sebenarnya bukan mata pelajaran yang sulit, tetapi pelajaran yang menyenangkan.

Dengan menggunakan metode dan cara belajar yang menyenangkan, tentunya hal ini akan meningkatkan minat anak terhadap Matematika.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi agar belajar Matematika jadi menyenangkan bagi anak.

Belajar Matematika Jadi Menyenangkan

Belajar Matematika akan lebih menyenangkan bagi anak, jika media dan metode pembelajaran yang digunakan tepat. Anak menjadi senang belajar Matematika tanpa rasa takut kesulitan. 

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara yang dapat menambah motivasi anak untuk belajar Matematika.

1. Buat Suasana Belajar jadi Menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman tentunya bisa meningkatkan konsentrasi anak untuk belajar Matematika. Carilah suasana baru seperti belajar di coffee shop, perpustakaan, coworking space, atau mungkin di alam terbuka.

Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, Anda bisa membuat kamar atau meja belajar anak menjadi rapi dan senyaman mungkin supaya lebih semangat belajar.

2. Gunakan Contoh Nyata

Matematika memang sangat membantu bagi kehidupan, oleh karena itu Anda bisa mulai dengan menemukan berbagai contoh nyata yang masih berhubungan dengan Matematika. Misalnya ajak mereka berbelanja (membeli mainan) berikan ia uang, lalu beri tugas untuk menghitung kembalian yang harus diterima.

Dalam belajar Matematika, anak akan lebih tertarik jika disertai dengan contoh nyata. Dengan demikian, anak pun akan lebih memahami bahwa Matematika adalah ilmu yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk apapun. Selain itu, anak juga akan lebih mudah paham terhadap setiap pembelajaran yang diberikan jika disertai dengan contoh yang ada di kehidupan.

cara membuat anak suka matematika

3. Ubah Pola Pikir Anak

Banyak anak yang menganggap bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal inilah yang membuat banyak anak tidak terlalu menyukai Matematika karena materinya yang terbilang ribet dan sulit dipecahkan.

Untuk mengubah pola pikir tersebut, Anda harus bisa mengubah pikiran anak menjadi lebih positif. Anda bisa mulai mengenalkan bahwa Matematika adalah tantangan bukan rintangan, dan motivasi lainnya.

4. Temukan Metode yang Menarik

Meskipun terbilang sulit dipahami, ternyata Matematika juga menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan pula. Anda bisa mulai dengan mencari hal-hal yang menarik dalam belajar Matematika dan praktikkan kepada anak.

Gunakan media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan bisa juga cerita matematika yang menarik, menantang, dan tidak kaku.

Dengan demikian, anak pun tidak akan mudah bosan dan akan selalu semangat belajar Matematika.

Hadirnya Game Edukasi Sebagai Solusi Belajar Matematika

Metode pembelajaran Matematika adalah cara untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Penggunaan metode yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran Matematika.

Berkenaan dengan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat anak, salah satunya adalah menggunakan game edukasi sebagai solusinya.

Game edukasi merupakan media pembelajaran baru yang dipercaya dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar dan dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan sebuah media pembelajaran berupa game yang menarik.

Di dalam game edukasi terdapat unsur gabungan dari beberapa elemen seperti grafik yang menarik, animasi yang beragam, teks, audio, dan video yang dapat merangsang ketertarikan anak untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan.

Melalui game edukasi tersebut anak dapat secara langsung melihat, mendengar, mengamati, dan bahkan berinteraksi dengan cara melakukan navigasi melalui tombol, tools, dan navigasi lainnya yang sudah disediakan dalam program game edukasi tersebut.

game edukasi adalah
Apabila ditinjau dari pemanfaatannya, game edukasi sangat penting untuk menunjang minat belajar pada anak. Media pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan di dunia pendidikan dinilai sangat monoton sehingga anak kurang memiliki minat untuk belajar dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif.

Oleh karena itu, sebagai solusinya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Game edukasi digunakan sebagai media pembelajaran yang memiliki pola pembelajaran learning by doing.

Maksud dari pola pembelajaran tersebut adalah pola pembelajaran yang menerapkan pembelajaran melalui tantangan yang terdapat dalam sebuah game ataupun faktor kegagalan yang dialami oleh pemain.

Sehingga hal ini dapat mendorong pemain untuk tidak mengulangi kegagalan di tahap berikutnya. Jadi kesimpulannya, pola yang dimiliki game tersebut mengharuskan pemain untuk terus belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada game tersebut.

Calculator.org : Solusi Belajar Matematika Yang Menyenangkan

Calculators.org adalah situs web yang menawarkan semua hal berhubungan dengan hitung-menghitung. Menawarkan alat penghitung online gratis yang menghitung kebutuhan penting sehari-hari seperti tabungan, pinjaman, utang, anggaran, kartu kredit, otomotif, investasi, hipotek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, situs ini juga memiliki alat penghitung yang terkait dengan kesehatan (berat badan, kehamilan, merokok, jantung, dan lain-lain), terkait bisnis (PPN, pajak penjualan, arus kas, dan lain-lain), serta matematika umum (ilmiah, aljabar, kalkulus, dan lain-lain).

Situs ini diluncurkan oleh Gio Marie. Sebagai game edukasi, calculators.org hadir untuk memberikan solusi bagi anak-anak yang tidak suka atau bahkan mengalami kesulitan belajar Matematika.

Semua game di situs ini gratis dan bisa diakses secara online, tanpa memerlukan login atau instalasi aplikasi apa pun.

Hampir setiap game yang terdapat di situs ini mobile-friendly, sehingga selain melalui perangkat komputer (desktop) dan laptop, juga dapat diakses melalui tablet seperti iPad atau Amazon Kindle Fire, serta perangkat seluler lainnya. 

Anda dapat memainkan game ini di komputer yang didukung oleh sistem operasi Microsoft Windows, sistem operasi Apple OS X Mac, dan ponsel yang didukung oleh iOS dan Android.

Pembelajaran Matematika yang terdapat di situs ini sangat lengkap, ada penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan varian permainan yang beragam, pastinya tidak akan membosankan bagi anak, serunya lagi terdapat timer dan jenjang level.

Setiap game/permainan disertai dengan level kesulitan yang berbeda, jadi anak bisa menyesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Tentunya hal ini akan memacu semangat anak untuk belajar Matematika dan mendapatkan poin serta naik level.

Apa saja macam permainannya? Ada puluhan game/permainan yang tersedia di situs ini, namun kali ini aku hanya membahas beberapa permainan saja. Berikut adalah sebagian permainan yang terdapat di calculators.org. 

1. SinalGame

game matematika
Adalah game/permainan yang mana anak harus memilih lambang matematika seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), atau pembagian (:) yang tepat untuk menyelesaikan pertanyaan yang muncul di layar. Permainan ini menggunakan penghitung waktu/timer. Jadi untuk memperoleh skor yang tinggi, anak dilatih untuk berpikir cepat dengan jawaban yang tepat pula.

2. True Number Operator

game matematika online
Adalah game/permainan pilihan ganda berbasis kecepatan untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Untuk game/permainan ini tingkat kesulitannya lebih tinggi, karena selain memikirkan jawaban yang tepat, anak juga mengejar timer agar permainan tidak berakhir (game over).

3. Crazy Math Game

game matematika gratis
Game
/permainan ini mengajarkan anak untuk menyelesaikan pertanyaan yang muncul di layar, penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian secara cepat. Setiap pertanyaan memiliki 3 jawaban potensial, pemain harus memilih jawaban yang tepat dalam waktu 3 detik.

Nah, itulah beberapa game/permainan Matematika untuk anak yang terdapat di  calculators.org

Jika Anda tertarik mencoba aplikasi ini untuk anak Anda, langsung saja klik calculators.org karena di sana masih ada puluhan game/permainan Matematika seru lainnya yang bisa diakses secara gratis. 
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

29 comments

  1. Saya termasuk yang tidak terlalu suka matematika, Mbak. hanya pas SMP, saya dan teman-teman cowok semangat ikut pelajaran matematika, soalnya gurunya cantik hahaha.
    Tapi ini solusinya bagus sekali. Anak-anak memang lebih mudah memahami matematikan dengan bermain, dan dengan berbagai game, belajar matematika semakin menarik dan menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending ya Pak kalau gurunya cantik gitu pelajaran susah akan menjadi gampang, hehe... Namun jika yang terjadi sebaliknya, alamak ibarat cobaan hidup, haha...

      Delete
  2. Tim yg gak suka matematika hadir🙋🏻‍♀️
    Tapi kalo "belajar" dari game jadi salah satu yg bisa dipake nih. Gak kerasa kayak belajar matematika sih kalo kayak gitu. Apalagi kalo banyak pilihan gamenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru memang Kak kalau belajar Matematika melalui game, jadi nggak terasa belajar.

      Delete
  3. Belajar matematika dengan sangat asik sih jadinya. Karena kalau lewat games bisa lebih mengena dan gampang buat belajarnya.
    Nanti mau ceki-ceki, siapa tahu ada yang oke buat ponakan daku 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mbak, pasti ponakannya akan senang sekali. Karena nggak terasa lagi belajar Matematika.

      Delete
  4. Jadi teringat sahabatku yang puyeng ngajarin konsep lebih besar dan lebih kecil pada anaknya. Tapi begitu ayahnya turun tangan dan bertanya "lebih besar mana dua ribu dengan lima ribu", si anak langsung paham :))

    Memang mesti diajak ke penerapan sehari-hari dan dengan cara yang fun.

    ReplyDelete
  5. Matematika emang jadi momok banyak orang sih ya. Untungnya ada calculators.org yang bisa ngebantu menyelesaikan banyak masalah matematika dan membuat semuanya jadi menyenangkan

    ReplyDelete
  6. Waah bermanfaat nih calculators.org ...
    Memang banyak yg memandang matematika.sulit tp kalau sdh paham konsep.dan belajarnya sambil bermain apalagi dikaitkan dg kehidupan nyata bakal mudah. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  7. Ini yang saya cari mbak. Matematika memang masih menjadi pelajaran menakutkan di sekolah. Melihat hitungan angka saja sudah seram apalagi ditambah dengan tampang gurunya yang jutek. Pasti bikin anak malas bersinggungan dengan matematika. Kalau ada aplikasi yang menyenangkan seperti calculators.org gini pasti anak2 makin suka sama matematika ya.

    ReplyDelete
  8. Anak di rumah kudu dikenalkan dengan Calculator.org ini nih, agar menyukai matematika seperti dia menyukai game.
    Kalau orangtua yang mengajarkan, ujung-ujungnya seperti 'berantem'.

    ReplyDelete
  9. Pengen cobain nih crazy math game-nya. Itung-itung.sambil asah otak. Apakah kemampuan matematika saya masih kayak dulu, atau sudah terjun bebas. Hihihi..

    ReplyDelete
  10. Kalau belajar matematika dengan game seperti ini, belajar jg jadi lebih menyenangkan ya.. Apalagi kalau yg kurang suka dengan matematika.. Pasti akan lebih menyenangkan ya..

    ReplyDelete
  11. klo bentuknya game, anak akan suka yaa, sambil main sambil belajar juga nih, apalagi matematika biasanya jadi momok yang nyebelin buat banyak anak, banyak orang hehe

    ReplyDelete
  12. wah kalau begini caranya sih anak-anak jadi happy belajar matematika ya hihi.. seneng deh sekarang banyak bahan ajar yang mendukung suasana dan cara belajar jadi makin asik ya

    ReplyDelete
  13. Wah iya, asik juga ya belajar matematika lewat games seperti ini
    Aku jadi penasaran, maha ajak anak anak juga buat min games ini

    ReplyDelete
  14. Kalau belajar matematikanya kek gini sih, aku juga mau. Anakku juga seneng sih pasti. Otewe ke webnya ah buat seru2an belajar math sama anak2.

    ReplyDelete
  15. Wah klo belajarnya pake game gini pasti pada betah. Sepertinya menarik nih. Kayaknya aku mau rekomendasikan buat anakku sebagai fasilitas belajar yg menyenangkan

    ReplyDelete
  16. matematika itu sebenarnya mudah dan seru banget, apalagi ada permainan seperti ini bikin pelajaran matematika terlihat tidak membosankan.

    ReplyDelete
  17. wah bisa saya rekomendasikan ke keponakan saya yang dia kurang suka belajar matematika, dengan cara ini bisa jadi membuat dia suka dalam belajar matematika

    ReplyDelete
  18. Aku termasuk yg pasrah sama pelajaran matematika mbak hahaha tapi aku tertarik banget kalau ada games yg kayak gini, nggak kerasa aja kalau kita juga lagi belajar gitu, beda sama di kelas dulu :D

    ReplyDelete
  19. Dari jaman masih sekolah dulu, pelajaran yang aq paling males itu matematika ini kak soalnya gak paham sama sekali. Dan sekarang belajar matematika jadi lebih mudah kalo ada tutornya kayak gini

    ReplyDelete
  20. Matematika itu kayaknya rumit padahal pelajaran logika ya Mba. Dulu karena takut sama guru mtk yang killer jadi gak terlalu suka sama pelajarannya. Wah, ada game matematika mah bisa buat bikin anak happy dan buat pelajaran mtk jadi menyenangkan. Jadi pengen ngenalin ke anak. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  21. Aku suka lho pelajaran matematika...hehe. Seneng aja kalau udah latihan soal. Bikin penasaran. Asik niih ada games-nya. Tambah penasaran deh latihan soal tapi engga kerasa kalau lagi latihan...

    ReplyDelete
  22. Matematika yang kerap menjadi momok bisa menjadi menyenangkan kalau menggunakan tools yang tepat, seperti Calculators.org.

    Anak bisa cinta matematika dan memahami konsep dengan benar.
    Sangat bermanfaat sekali bermain di Calculators.org.

    ReplyDelete
  23. Anakku suka bgt Matematika, mau ah kukenalin ama gamenya.

    ReplyDelete
  24. Matematika jadi momok buat aku dari jaman sekolah dulu, nurun deh ke anakku, haduh mereka tuh suka puyeng katanya kalau dah ketemu matematika, di Calculators.org , sebagai game edukasi, memberikan solusi bagi anak-anak yang tidak suka atau bahkan mengalami kesulitan belajar matematika yah, wah cocok banget ini buat anakku..belajar matematika ga kerasa sulit lagi

    ReplyDelete
  25. Calculators.org menarik untuk dijadikan media pembelajaran matematika nih. Bisa menjadi sarana untuk meredam kecemasan bagi anak-anak saat belajar matematika yang selama ini terkenal sulit bin rumit.

    Apalagi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete

Post a Comment