aprilhatni.com

Cara Memulai Blog dan Menghasilkan Uang Dari Ngeblog

Post a Comment
cara memulai blog
Blog (web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Sederhananya, blog hampir mirip website, namun lebih personal, karena dikelola secara pribadi.

Dilansir dari Wikipedia Indonesia, media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Sejak saat itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Sedangkan blogging adalah aktivitas berkaitan dengan blog, mengupdate blog dengan konten-konten yang berkualitas. Blogging ini istilah lainnya/biasa disebut dengan ngeblog.

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari blogging ini, selain untuk mengasah keterampilan menulis, mengeksplorasi ide-ide baru, berbagi ilmu, juga bisa menceritakan perjalanan hidup dan sebagainya.

Anda pun akan mendapatkan kesempatan untuk menginspirasi maupun menghibur pembaca Anda seiring pertumbuhan blog Anda, bahkan dapat pula menghasilkan uang dan mengubahnya menjadi pekerjaan penuh waktu. 

Kabar baiknya, saat ini banyak sekali perusahaan yang sangat membutuhkan kemampuan dalam menulis blog, artikel, dan semacamnya, dengan gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini juga sangat lumayan. Lalu, bagaimana cara memulainya dan menghasilkan uang dari ngeblog?

Bagaimana Cara Memulai Blog dan Menghasilkan Uang dari Ngeblog?

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat blog atau bahkan menjadi seorang blogger, pastinya muncul pertanyaan, bagaimana sih cara memulainya? Tentunya sebelum memulai blog, pastikan Anda mengetahui apa tujuan Anda membuat blog.

Apakah Anda membuat blog untuk tujuan menyalurkan hobi saja, mengutarakan opini, berbagi (kisah, inspirasi, tips), atau untuk menghasilkan uang? Dan perlu diingat, bahwa ngeblog/blogging membutuhkan waktu khusus, ya… mau tak mau kita harus mengalokasikan dan mengatur waktu agar kegiatan ngeblog/blogging tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

cara menghasilkan uang dari blog

Ketika ngeblog/blogging sebaiknya dalam keadaan yang tenang, fokus, dan tidak terburu-buru. Karena hasil tulisan kita nantinya mencerminkan kondisi kejiwaan saat proses penulisan. Cara memulai blog dan menghasilkan uang dari ngeblog, diantaranya sebagai berikut!

1. Memilih Platform Blog

Banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog. Ada Blogspot, WordPress, Medium, Tumblr, Wix, dan lain sebagainya. Namun saat ini, platform yang sering digunakan oleh para blogger adalah Blogspot dan WordPress.

Apa bedanya Blogspot dengan WordPress?

Blogspot adalah situs yang bisa digunakan untuk membuat blog secara gratis yang beralamat Blogger.com. Situs ini dikembangkan oleh Google, sehingga popularitas Blogspot tidak diragukan lagi.

Selain itu, platform ini cenderung user-friendly. Oleh karenanya, seseorang yang membuat blog dengan Blogspot bisa melakukan publikasi dalam hitungan menit.

Sedangkan WordPress merupakan salah satu platform CMS (content management system) yang paling populer di dunia. Karena kemudahan dalam penggunaan, bisa membuat blog secara profesional dengan mudah. Oleh sebab itu, banyak website yang menggunakan WordPress, mulai website kecil hingga website besar sekalipun.

Content Management System atau CMS merupakan sebuah software berbasis web, page yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web.

Sebaiknya pilih yang mana? Setiap platform mempunyai sisi plus dan minusnya masing-masing, pilih yang paling nyaman menurut Anda atau Anda bisa mencoba keduanya. 

2. Tentukan Niche Blog

Niche blog adalah tema khusus blog. Dengan memilih satu niche tertentu, maka Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu tema yang sama juga. Misalnya niche beauty, maka konten yang ada dalam blog tersebut membahas tentang review skincare, cara merawat wajah, dan lainnya yang tentunya berkaitan dengan tema kecantikan.

Begitupun blog dengan niche parenting, maka di sana hanya ada konten-konten yang membahas tentang seputar pola asuh anak. Lalu bagaimana dengan blog yang isinya beragam tema. Misalnya di sana ada keuangan, kesehatan, review produk, teknologi, dan lain sebagainya? Inilah yang disebut blog dengan niche Lifestyle. Ada berbagai konten, seperti niche pada blog ini.

3. Pilih Nama Blog dan Domain

Salah satu hal terpenting dalam kesuksesan blog Anda adalah pemilihan nama yang sempurna. Buatlah nama domain atau alamat blog yang simpel dan mudah diingat orang. Nama blog terbaik mempunyai nama yang unik, berkesan, dan relevan dengan konten blog.

4. Bergabung dengan Komunitas Blogger

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita bergabung dengan komunitas blogger. Selain menambah pertemanan dan jaringan, biasanya di komunitas tersebut kita mendapatkan ilmu tentang blog dan informasi job.

5. Mulailah Menulis dan Optimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Mulailah riset kata kunci, lalu menulis dan perbanyak artikel yang berkualitas. Menemukan kata kunci yang tepat sangat penting untuk membuat orang membaca postingan Anda. Dengan menargetkan frasa tertentu di artikel Anda, ini akan meningkatkan peluang blog Anda muncul di halaman hasil pencarian untuk kueri tersebut.

Selain itu, optimalkan SEO. Saat ini kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger bukan hanya menulis saja, namun diperlukan juga pemahaman tentang SEO dalam menulis artikel di blog.

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi yang dipakai para pemilik blog, agar blog yang mereka kelola berhasil menempati posisi terbaik di laman mesin pencari. Semakin naik posisinya, semakin bagus pula trafik sebuah blog.

Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan job dan dilirik suatu brand pun semakin besar. Tawaran content placement, job review, campaign, dan sebagainya.

6. Upgrade Blog TLD (Top Level Domain)

Top Level Domain adalah ekstensi domain yang sudah sangat populer di kalangan banyak orang, merupakan akhiran dari nama domain Anda. Bagian belakang diakhiri dengan com, net, co.id, org, dan sebagainya. Bukan lagi blogspot.com, wordpress.com.

Bagi pengguna WordPress, Anda cukup beli hosting murah di Domainesia untuk bisa mulai menggunakan sepenuhnya. Apa itu hosting? Hosting memiliki beberapa definisi, namun secara sederhana hosting adalah layanan untuk menyimpan data, gambar, hingga file yang ada pada suatu website.

Di layanan ini, semua hosting promo 30% selamanya. Selain diskon 30% Anda pun mendapatkan keuntungan tambahan, yakni gratis domain dan SSL. Selain itu, banyak hadiah yang bisa Anda dapatkan di layanan ini dengan menukarkan EpicPoints.

Oh, ya satu lagi. Jika Anda ingin menggunakan alamat email profesional dengan domain sendiri (email domain) untuk kebutuhan bisnis dan atau perusahaan, Anda bisa membeli email hosting promo yang mudah digunakan di Domainesia. Email domain merupakan sebuah alamat email yang berekstensi nama domain. Misalnya seperti; admin@aprilhatni.com (hanya contoh).

Memiliki domain email sendiri akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga keuntungan Anda pun naik berkali lipat.

Nah, itulah cara memulai blog dan menghasilkan uang dari ngeblog. Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger? Yuk, mulai dan menghasilkan uang dari ngeblog!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment