aprilhatni.com

Tips Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah

Post a Comment
tips memilih cat rumah

Warna memiliki peranan penting di berbagai aspek kehidupan manusia dan memiliki hubungan yang kuat dengan emosi. Pemilihan warna cat tertentu untuk rumah dapat membangkitkan energi positif atau menimbulkan mood, dapat mendorong kesan atau perasaan tertentu.

Selain itu, pemilihan warna diyakini mampu mengungkapkan kepribadian bagi penghuninya, pun dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menyeimbangkan emosi.

Yup! Warna memang bisa membuat sebuah ruang menjadi lebih hidup dan “bernyawa”. Ada berbagai jenis ruang yang terdapat dalam sebuah rumah. Setiap ruang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga diperlukan pemilihan dan aplikasi warna ruang yang berbeda.

Dengan pemilihan dan aplikasi warna yang tepat, tentunya dapat menciptakan keselarasan pada ruang di dalam rumah, suasana damai untuk bersantai, atau ruang yang penuh semangat untuk bersosialisasi anggota keluarga.

Jangan sampai salah pilih warna, ya… Karena kesalahan memilih warna (terutama warna cat interior), dapat berpengaruh pada turunnya mood pengguna ruang.

Nah, bagaimana ya cara memilih warna cat yang tepat untuk interior rumah? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba dalam memilih cat interior rumah.

Tips Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan dalam pemilihan warna cat interior rumah, diantaranya;
  • Memahami konsep warna dan warna dasar yang ingin digunakan, sehingga Anda dapat memilih warna tambahan (sekunder) dengan baik.
  • Mengetahui karakter warna dan cara mengombinasikan warna yang tepat.
  • Mengenali efek yang dapat ditimbulkan oleh warna tertentu.
Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut di atas, Anda akan menjadi lebih mudah dalam menentukan warna-warna terbaik untuk interior rumah Anda.

memilih cat interior

1. Pahami Konsep Warna

Ada beberapa konsep warna yang perlu diketahui, yaitu; warna cerah, fresh, dan warna gelap. Untuk konsep warna cat cerah ini sering diaplikasikan pada tipe rumah minimalis dan sederhana. Karena dengan kecerahan warna yang dipadukan dengan desain rumah minimalis akan cocok digunakan untuk pemilihan cat berwarna cerah.

Lalu konsep warna fresh (menyegarkan) bisa diaplikasikan untuk interior rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar anak. Hal ini dimaksudkan agar memperoleh kesan yang segar ketika berada di dalamnya. Contohnya seperti warna hijau muda, orange, biru muda, atau ungu muda.

Dan, yang terakhir konsep warna gelap. Warna gelap biasanya digunakan di bagian dapur ataupun furniture dapur dengan tujuan untuk menyamarkan noda yang sering menempel akibat memasak.

Jika tidak menyukai warna gelap, Anda bisa menggunakan warna cat cerah atau menyegarkan supaya ketika Anda di dapur semakin betah dan masakan menjadi enak karena mood saat memasak. Dan jangan lupa gunakan cat yang mudah dalam penghapusan noda.

2. Karakter Warna dan Kombinasi Warna

Tips kedua adalah pentingnya memahami karakter warna dan kombinasi yang tepat. Warna memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga warna-warna yang Anda gunakan di ruangan rumah adalah cerminan langsung dari kepribadian Anda. Warna memiliki tiga efek dasar, yaitu aktif, pasif, dan netral.

Warna-warna tertentu cenderung memberikan reaksi yang serupa kepada kebanyakan orang, di sanalah bisa dibuat pengelompokan karakter warna yang digunakan sebagai panduan untuk memilih warna cat interior rumah dan kombinasinya saat mendekorasi.

Misalnya, warna terang yang luas dan lapang, membuat ruangan tampak lebih besar dan cerah. Sedangkan warna gelap yang elegan dapat memberi kesan ruangan besar berpenampilan lebih intim.

Dengan mengetahui sifat dan karakter masing-masing warna serta memahami keterkaitan antara warna dengan mood, Anda dapat mengimplementasikan warna cat rumah yang tepat dengan keinginan Anda.

Ada beberapa karakter warna yang perlu diketahui, diantaranya; karakter warna tenang/calm, karakter hangat/warm, karakter segar/fresh, dan karakter berani/vibrant.

  • Karakter Warna Tenang/Calm

Karakter warna ini terdiri dari warna-warna lembut yang elegan, dapat menjadikan sebuah ruangan memiliki kesan luas, sejuk dan modern. Karakter warna ini memberikan suasana sejuk, dingin, menenangkan dan membantu menyeimbangkan emosi, menghilangkan stres, menimbulkan kesan efisien dalam ruangan.

Karakter tenang untuk warna cat interior rumah ini cocok bagi individu yang berkepribadian tenang, pendiam, serius dan introvert. Warna calm tersebut adalah hijau muda, biru muda, dan ungu.

  • Karakter Hangat/Warm

Karakter warna ini terdiri dari warna-warna natural yang mampu menghadirkan suasana yang hidup, hangat, nyaman, memberi sentuhan dramatis atau kesan etnik kontemporer. Warna ini juga menimbulkan perasaan akrab, hangat, tentram, aman dan nyaman.

Karakter hangat untuk warna cat interior rumah ini cocok bagi individu yang berkepribadian hangat, simpel, bersahabat, bersemangat, dan antusias. Warna warm tersebut adalah merah, coklat, terakota, kuning, orange, dan emas metalik.

  • Karakter Segar/Fresh

Karakter warna ini terdiri dari warna-warna segar yang ceria, berjiwa muda, dan banyak mengambil inspirasi dari alam. Warna ini membuat suasana ruang lebih hidup, cerah, menciptakan kesan menarik, segar dan alami, dan membangkitkan semangat. Selain itu, menimbulkan perasaan nyaman, menyatu dengan alam, bersemangat, dan penuh vitalitas.

Karakter segar untuk warna cat interior rumah cocok bagi individu yang berkepribadian terbuka dan spontan, senang bersosialisasi, senang berinteraksi dengan alam, melakukan kegiatan di alam terbuka, dan senang mencoba hal-hal baru. Warna-warna termasuk kategori ini adalah warna kuning muda, biru laut, hijau daun, pink muda, dan merah cerah.

  • Karakter Berani/Vibrant

Karakter ini terdiri dari warna-warna cerah yang tegas, kontras, dan berani. Warna yang menimbulkan kesan modern, kontemporer, ekspresif, menciptakan efek dramatis, dan menonjolkan keunikan ruang. Selain itu juga menimbulkan perasaan bebas, membangkitkan semangat, daya konsentrasi dan keyakinan diri.

Karakter berani untuk warna cat interior rumah ini cocok bagi pribadi yang berjiwa muda, semarak, dinamis, penuh semangat, berani mengekspresikan diri, dan senang bergaul. Warna-warna termasuk kategori ini adalah warna kuning neon, biru tua, hijau tua, pink tua, hitam dan putih, orange, dan merah cerah.

3. Kenali Efek yang Ditimbulkan

Mengenali kesan yang ditimbulkan oleh warna cat tertentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada empat karakter warna dan masing-masing menimbulkan efek/kesan yang berbeda-beda.

Misalnya pemilihan warna ungu pada suatu ruangan akan memberikan kesan mewah. Selain itu, warna ungu yang digunakan sebagai cat interior juga memberikan kesan yang cantik. Bahkan, warna ungu juga diyakini dapat mendorong seseorang untuk melakukan meditasi dan menenangkan pikiran.

Nah, itulah beberapa tips memilih cat untuk interior rumah. Anda juga bisa mendapatkan inspirasi tentang cat interior lainnya di avianbrand.com. Semoga bermanfaat ya...
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment