aprilhatni.com

Serunya Bermain Solitaire, Untuk Mengisi Waktu Luang

22 comments

manfaat bermain solitaire

Siapa sih yang tak kenal dan belum pernah bermain game jadul yang satu ini?
Bagi Anda generasi 1990-an dan 2000-an, pasti setidaknya pernah bermain game yang menjadi bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows ini. Selain Solitaire, adapun game lainnya seperti Minesweeper, Hearts, dan FreeCell.

Yup! Kala itu bermain Solitaire acapkali menjadi teman untuk mengisi waktu luang. Aku sendiri pada tahun 2000-an sering bermain game Solitaire ini untuk mengisi kebosanan dan jika tak ada hal lain yang dikerjakan saat itu.

Solitaire adalah permainan untuk satu pemain yang dapat dimainkan di komputer. Seringkali bermain Solitaire ini tidak selesai dengan sukses, namun hal tersebut justru menjadi keseruan tersendiri dan menjadi bagian yang menyenangkan dari permainan ini karena bisa melatih kesabaran. Jika gagal, maka ulang lagi, begitu seterusnya hingga sukses diselesaikan.

Kalian tahu nggak sih? Ternyata adanya Solitaire dalam Windows ini memiliki “misi khusus” lho, bukan sekedar pelengkap di saat pengguna Windows bosan. 

Dilansir pada salah satu artikel yang ditulis oleh Mirror, Solitaire muncul pertama kali pada Windows 3.0 yang dirilis tahun 1990. Menurutnya, pada saat itu banyak pengguna yang kesulitan dan masih belum terbiasa dalam menggunakan mouse komputer. 

Kemudian, dari situlah muncul ide untuk menyematkan permainan-permainan kecil guna melatih pengguna komputer agar lihai dalam menggunakan mouse, sehingga muncullah ide game/permainan Solitaire ini.

Tak hanya Solitaire, Minesweeper, dan FreeCell juga disematkan dengan misi supaya para pengguna bisa belajar menggunakan mouse mereka. Dengan bermain Solitaire, mereka secara tak langsung belajar bagaimana cara klik kanan dan klik kiri, serta belajar menggunakan drag and drop.

Sejak saat itu, permainan Solitaire dan sejenisnya selalu ada dalam starter pack Windows versi apapun, sebagai media pembelajaran untuk yang masih belum terbiasa dengan pemakaian mouse.

Manfaat bermain Solitaire

Bermain Solitaire itu ternyata ada manfaatnya, lho. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat bermain Solitaire.

  • Memahami rules/aturan

Dalam bermain Solitaire ada “aturan main” yang harus dipahami. Bila kita tak mampu memahami dengan cermat aturan permainannya, pastinya kita akan tertinggal atau kalah terus-menerus.

  • Melatih Kedisiplinan

Disiplin memahami aturan. Misalnya, kapan saat membuang dan mengambil kartu. Tanpa dibarengi kedisiplinan, dapat merusak jalannya permainan.

  • Memahami strategi sederhana

Bermain Solitaire dapat memacu untuk berpikir bagaimana caranya supaya bisa menang. Dengan demikian, kita akan belajar memperkirakan kartu yang mana yang harus dikeluarkan agar menang.


Serunya bermain Solitaire

Kini tak hanya di Windows saja, game/permainan Solitaire bisa Anda akses melalui solitaire.org secara online dan gratis. Selain Solitaire, adapun berbagai macam game/permainan lainnya, diantaranya; Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, dan Word. Anda bisa mengakses semua permainan di situs ini secara gratis.

Aku sendiri suka bermain Solitaire dan Match 3 (Candy House). Kenapa? Kedua permainan tersebut selain gampang, tentunya sangat cocok untuk mengisi waktu luang, hanya memerlukan sedikit trik dan strategi.


Cara bermain Classic Solitaire

Sebelumnya perlu Anda pahami dulu tujuan dari permainan ini. Tujuan permainan ini adalah menumpuk empat kartu ke dalam urutan. Masing-masing setumpuk untuk tiap jenis kartu, dalam urutan (dimulai dengan kartu As dan berakhir dengan kartu King) yang didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A.

cara bermain solitaire

Berikut cara bermainnya;

  • Mulailah dengan mengatur posisi kartu

Taruhlah satu kartu terbuka dan tempatkan enam kartu tertutup di sebelahnya. Lalu taruhlah satu kartu terbuka di atas (tapi agak diturunkan) kartu tertutup pertama, tempatkan lima kartu tertutup di atas lima kartu lain di sebelahnya.

Teruskan melakukan hal ini, sehingga setiap tumpukan kartu memiliki satu kartu terbuka di atasnya dan tumpukan kartu di sebelah kiri memiliki satu kartu, sebelahnya memiliki dua kartu, lalu tiga, empat, lima, enam, dan terakhir tujuh kartu.

  • Tempatkan sisa kartu pada tumpukan terpisah di atas ataupun di bawah tumpukan

Tumpukan kartu ini digunakan untuk mendapatkan lebih banyak kartu ketika Anda kehabisan langkah permainan.

  • Lihat pada kartu yang terbuka di meja

Jika ada kartu As, tempatkan kartu As di sebelah atas dari tujuh tumpukan kartu. Jika tidak ada kartu As, maka atur ulang kartu-kartu yang ada, dengan memindahkan hanya kartu-kartu yang terbuka.

Ketika Anda memindahkan kartu di atas kartu lainnya (agak ke bawah agar Anda masih dapat melihat kedua kartu), maka kartu yang di bawah harus berbeda warna dengan kartu yang dipindahkan ke atasnya dan memiliki nilai kartu satu angka lebih kecil. Jadi, jika Anda memiliki kartu enam hati, maka Anda dapat menempatkan kartu lima daun atau lima keriting di atasnya.

  • Bangun tumpukan kartu menggunakan kartu As sebagai dasar

Jika Anda memiliki kartu As di atas tujuh tumpukan kartu (pada akhirnya Anda harus menempatkan semua kartu As di situ), maka Anda boleh memindahkan kartu ke jenis kartu yang sesuai di atas tujuh tumpukan kartu dalam urutan (A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K).

Cara bermain Candy House Match 3

Game/permainan Candy House Match 3 adalah salah satu game dengan tampilan penuh dengan potongan/kotak warna-warni. Pemain hanya perlu mencocokan 3 potongan/kotak atau lebih dan disejajarkan untuk bisa mendapatkan skor.

cara bermain candy house match 3

Pemain juga akan diberikan batas waktu setiap sesi permainan, namun jika pemain berhasil mencocokan 3 potongan/kotak yang serupa atau lebih maka pemain akan mendapatkan tambahan waktu.

Para pemain yang berhasil mencocokan 3 potongan/kotak atau lebih bisa melanjutkan ke level yang lebih tinggi. Pemain juga harus bisa memperhatikan setiap perpindahan atau langkah setiap potongan/kotak agar tidak kehabisan langkah yang menyebabkan game over.

Itulah sedikit review dan cara bermain game yang terdapat di solitaire.org. Adapun permainan lainnya juga tak kalah menarik untuk dicoba, itung-itung refreshing otak, kan? Anda tertarik untuk mencobanya? Langsung saja ke situs solitaire.org. Oh ya, Anda bisa mengakses situs ini melalui ponsel, PC, atau laptop.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

22 comments

  1. Aku dulu sering banget main classic Solitaire di kompi skul. Seru banget pokoknya kalau ada jam kosong pasti gabut kan. Sekarang juga bisa main online yah, bisa seru2an ama anak2 juga kalau mau main nostalgia.

    ReplyDelete
  2. Permainan Solitaire ini sudah ada di zaman saya pakai komputer rakitan, Mbak. Hanya.. saya tidak tau cara mainnya. Akhirnya catur saja yang saya mainkan hehehe.
    Ternyata bagus ya, ada misi-misinya juga. Nanti saya pelajari lagi, biar bisa main di waktu luang.

    ReplyDelete
  3. Lagi liburan gini main game memang seru.
    Jadi merelaksasi pikiran juga, sehingga fresh besoknya kerja

    ReplyDelete
  4. Baru tahu permainan Solitaire ternyata buat membantu orang agar bisa menguasai pemakaian mouse. Cuma saya kurang suka game komputer sih.

    ReplyDelete
  5. Wah aku baru tau klo misi permainan ini awalnya untuk melatih pengguna komputer agar lihai dalam menggunakan mouse. Hihi.. Kreatif ya

    ReplyDelete
  6. Ya ampun asli deh kak, Solitaire ini salah satu game paling legend di komputerku. Mau PC di rumah atau PC pas jadi budak korporat, pas internett bermasalah, ya main Solitaire hahahaha, kangen

    ReplyDelete
  7. Jadi nostalgia masa kecil nih. Jaman ituuu main Solitaire udah seneng banget

    ReplyDelete
  8. ya ampun aku inget solitaire tuh klo bukan PC tuh, mesti langsung ada games sollitaier yaaa, ahahahaha

    ReplyDelete
  9. Ini mainan sejak zaman SD pakai pc komputer yang tebel dan berat itu hahaah, ternyata pas pakai laptop pun masih ajaaa asyik main ini ya

    ReplyDelete
  10. Aku suka main kartu di soltaire. Apalagi pilihan gamenya banyak banget gak kartu doang. Lumayan buat penghilang stres dengan main game legendaris

    ReplyDelete
  11. Wah iya
    Main solitaire ini emang asik
    Pas dilakukan saat waktu luang ya mbak

    ReplyDelete
  12. aku sering banget kalau ngisi waktu luang maen solitaire, selain buat ngebantu ngilangin sumpek biasanya nunggu sambungan internet yang lagi putus. Ini ngebantu banget buat balikin mood

    ReplyDelete
  13. Wah aku juga seneng lho main solitaire dan msih belum bisa menaklukkan sampai akhir. Aku ngegame buat refresh ..

    ReplyDelete
  14. Iyaaa setujuu dulu juga suka memainkannya di saat senggang. Suka gregetan aku typenya kalau main game. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  15. duh solitaire itu berkesan banget deeh.. waktu masih awal2 bisa pakai komputer tuh ya selalu ngegame ituu karena cuma itu yang ada di komputer :D eh sama ada games catur dan mainan kartu satu lagi tapi lupa namanya

    ReplyDelete
  16. Aduh jadi inget komputer di SMP mbak hahaha kalau gurunya belum dateng selalu main ini, tapi aku nonton aja karena yg main temen hahaha, aku nggak bisa main solitare soalnya

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu belum ada game-game sejenis game house gitu solitaire ini nih game pilihan kalau sudah mulai bosan di depan komputer. Sekarang malah lebih banyak lagi ya macam permainannya

    ReplyDelete
  18. aku seneng main game ini karena kalau kalah bisa ngulang lagi, dan gak bikin kesel. Bener bener bisa bikin relaks...

    ReplyDelete
  19. Jadi inget bermain Classic Solitaire di komputer jadul dan gakkan berhenti kalau belum menang. Kaya masih penasaran terus dan terus.. Kadang ngomel-ngomel "Licik nih, komputernya.."

    Hahha...kenangan indah bermain games Solitaire yang kini bisa dimainkan di web solitaire.org dengan lebih banyak jenis permainan.

    ReplyDelete
  20. Game di komputer pertama yang kukenal yang Solitaire ini, tapi jujur aku main gamenya ngasal.hehe

    ReplyDelete
  21. Game di komputer pertama yang kukenal yang Solitaire ini, tapi jujur aku main gamenya ngasal.hehe

    ReplyDelete
  22. legend banget game ini ya, hehe.. tapi masih tetep asik aja gitu dimainin hihi.. apalagi sambil nunggu waktu pulang kerja tuh wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment