Header April Hatni

Perlu Anda Tahu, Berikut Jenis Obligasi Berdasarkan Kuponnya

obligasi berdasarkan kuponnya
Obligasi merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih pada Pasar Modal. Penerbitannya sendiri dibagi menjadi dua yaitu oleh pemerintah maupun perusahaan swasta termasuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Namun, untuk menerbitkan efek tersebut diperlukan perjanjian terhadap imbal hasil atau bunga (kupon) pada periode tertentu. Hal tersebut dilakukan di samping pelunasan pokok utang di akhir periode.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kupon sebagai tanda bukti atas keuntungan investasi Obligasi, Anda perlu mengenal jenis Obligasi yang ada saat ini.

Kenali 3 Jenis Obligasi Berdasarkan Kuponnya

Jenis Obligasi yang bisa Anda pelajari sebenarnya cukup banyak. Namun sebagai investor biasanya pertimbangan dilakukan berdasarkan kupon atau bunga. Oleh karena itu, beberapa jenis Obligasi ini berdasarkan kupon dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini:

3 jenis obligasi
1. Obligasi Tanpa Bunga (Zero Coupon Bonds)

Jenis Obligasi berdasarkan kupon yang pertama adalah Obligasi Tanpa Bunga atau sering disebut sebagai zero coupon bonds. Investasi ini membuat surat hutang tanpa pemberian bunga atau kupon secara berkala.

Sehingga keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor hanya dari selisih harga jual diskonto dan juga nilai pada saat surat diperdagangkan. Obligasi ini akan cocok bagi Anda yang ingin investasi jangka pendek.

Jadi, untuk zero coupon bonds, Anda hanya bisa melakukan kesepakatan investasi dengan jangka waktu di bawah satu tahun. Hal tersebut hampir sama dengan treasury bill. Namun, juga ada yang memilih jangka panjang di atas 10 tahun.

2. Obligasi Kupon Tetap (Fixed Coupon Bonds)

Berikutnya, Anda perlu memahami Obligasi Kupon Tetap atau fixed coupon bond. Di mana, kupon Obligasi ini memberikan penawaran surat utang dengan suku bunga tetap kepada pelaku investasi.

Suku bunga ini akan terus berjalan sampai jatuh tempo surat utang dibagikan. Sehingga, pada konsep investasi obligasi kupon tetap, Anda bisa mengetahui imbal hasil yang nantinya akan diterima pada periode waktu tertentu.

Investasi ini sangat cocok bagi Anda yang kurang percaya diri melakukan transaksi besar. Selain itu, keterjaminan keuntungan yang bisa Anda dapatkan, hal tersebut juga memberikan potensi keuntungan. Sebab, Anda dapat melakukan perhitungan berapa besaran biaya untuk memperoleh hasil tertentu pada jenis Obligasi ini.

3. Obligasi Kupon Mengambang (Floating Coupon Bonds)

Jenis Obligasi berdasarkan kupon yang terakhir adalah Floating Coupon Bonds atau Obligasi Mengambang. Mengapa dikatakan demikian? Sebab, setiap surat utang akan memberikan penawaran kupon yang dapat berubah besarannya.

Nilai tersebut akan terus bergerak dan terjadi perubahan berkala, sebab mengikuti suku bunga acuan. Bahkan, jika Anda masih belum paham sepenuhnya, Obligasi mengambang memberlakukan batas minimal nilai kupon kepada tiap investornya.

Jadi, ketika Anda mengambil langkah untuk memulai investasi pada jenis ini. Pastikan untuk mengambil nilai kupon awal yang sudah sesuai. Sebab, nantinya kupon pertama itu akan ditetapkan sebagai besaran bunga minimal yang diberlakukan hingga jatuh tempo.

Memulai Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures

Setelah memahami jenis Obligasi berdasarkan kuponnya, kini Anda sudah bisa mulai berinvestasi. Pilihlah jenis investasi Obligasi yang menurut Anda paling sesuai dengan profil risiko.

Jika Anda ingin investasi Obligasi dengan risiko relatif lebih rendah, Anda bisa memilih Obligasi Pemerintah bersama perbankan prioritas DBS Treasures di Aplikasi digibank by DBS.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Penerbit Efek oleh Pemerintah

Melakukan investasi dengan tingkat keamanan optimal tentu memberikan kenyamanan tersendiri. Bersama DBS Treasures, Anda bisa berinvestasi pada Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah sehingga prosesnya akan dijamin langsung oleh undang-undang.

2. Memiliki Banyak Pilihan

Memberikan banyak pilihan jenis produk Obligasi Pemerintah. Anda juga bisa memilih sesuai preferensi waktu investasi. Selain itu, Obligasi ini bisa Anda akses menggunakan beberapa mata uang seperti IDR dan USD.

3. Mendapatkan Kupon Reguler untuk Pembayaran

Selanjutnya, DBS Treasures juga memberikan kupon secara periodik. Kupon Obligasi ini nantinya akan Anda dapatkan secara berkala selama periode investasi yang ditetapkan oleh penerbit Obligasi.

4. Memiliki Potensi Capital Gain

Anda bisa melakukan penjualan Obligasi setiap waktu. Bahkan jika penjualan dilakukan sebelum jatuh tempo. Namun, perolehan keuntungan hanya berdasarkan kenaikan harga Obligasi yang sedang berlangsung.

5. Kupon Kompetitif

Memberikan keuntungan lain kepada penggunanya dengan pemberian kupon kompetitif. Dimana, kupon ini memiliki nilai relatif di atas rata-rata pada deposito berjangka.

6. Tidak Menarik Biaya Tambahan

Mungkin pada beberapa pelayanan Anda seringkali mendapat potongan biaya Administrasi. Bersama DBS Treasures, Anda tidak perlu khawatir sebab hal tersebut tidak diberlakukan.

Nilai potongan ini hanya terjadi pada selisih harga jual dan beli (bid and offer). Selebihnya, Anda tidak akan mendapat potongan apapun.

7. Dapat Melakukan Transaksi 24/7

Memiliki teknologi canggih dengan penggunaan Aplikasi digibank by DBS. Anda bisa melakukan transaksi 24/7 tanpa hambatan. Terlebih berbagai produk Obligasi tersedia dan bisa Anda perjual belikan dengan lebih mudah.

Sudah mengetahui jenis obligasi berdasarkan kuponnya? Sekarang saatnya untuk segera mulai investasi dengan yakin bersama DBS Treasures dan dapatkan kesempatan berinvestasi aman dan nyaman selama 24/7 dengan Aplikasi digibank by DBS.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar