aprilhatni.com

Pekan Olahraga Otak antar Sekolah bersama ZenCore

class meeting
Otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia. Otak adalah pusat saraf dan pikiran, sekaligus tempat menyimpan ingatan. Namun, seiring bertambahnya usia, maka fungsi otak pun akan mengalami penurunan secara perlahan.

Penurunan fungsi otak ini pada umumnya mulai terjadi sejak usia 40 tahun karena berbagai alasan. Pada fase ini kemampuan dalam berpikir atau mengingat sudah menurun. Jika kita sering mengalami gangguan pada ingatan misalnya saja sering lupa menyimpan suatu barang, itu pertanda otak kita mengalami penurunan daya ingat.

Oleh karena itu, di usia menjelang 40 tahun ini aku harus mulai aware dan melakukan banyak hal untuk mencegah penurunan fungsi otak.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa penurunan fungsi otak bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan olahraga otak (belajar). Melatih pikiran untuk terus belajar hal yang baru akan sangat membantu mencegah penurunan fungsi otak.

Nah, untuk olahraga otak ini pun aku memilih ZenCore dari aplikasi Zenius. Adalah platform untuk melatih keterampilan fundamental dalam bidang Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Dengan metode adaptive learning, sehingga cocok digunakan untuk semua orang berbagai usia, tak hanya terbatas anak sekolah.

Kabar baiknya di bulan Mei ini, ZenCore mengadakan event seru yaitu Pekan Olahraga Otak antar Sekolah. Penasaran, kan? Baca artikel ini sampai tuntas, ya…!

Tentang ZenCore

ZenCore merupakan salah satu fitur dari aplikasi Zenius, untuk melatih skill dan knowledge yang wajib dikuasai oleh siapapun dari semua kalangan terlepas dari apapun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjanya.

Platform ini dirancang dengan pendekatan adaptive learning. Yaitu metode yang memungkinkan materi pelajaran dirancang khusus sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, untuk memfasilitasi tingkat pemahaman dan pengetahuan mereka yang berbeda-beda.
ganti cara belajar
Adapun skill dan knowledge yang harus dikuasai di fitur ini, diantaranya:

Fundamental Skills

Fundamental skills ini sangat berguna untuk pemanasan otak dan melatih cara berpikir kamu agar makin cerdas. Kamu bisa temukan fundamentals skills fitur ini pada bagian CorePractice.

Insightful Knowledge

Insightful knowledge ini berisi berbagai pengetahuan umum yang dapat membuat wawasan dan pola pikir kamu semakin luas. Misalnya pengetahuan seputar filsafat, basic science, big history, dan lain sebagainya.

Dengan belajar insightful knowledge ini, kamu dapat melihat dunia dan segala permasalahan di dalamnya dari berbagai perspektif atau sudut pandang. Insightful knowledge ini kamu bisa temukan di bagian CoreInsight.

Serunya Belajar di ZenCore

Yang bikin seru belajar di sini adanya fitur CorePractice. CorePractice merupakan tempat latihan buat meng-upgrade fundamental skills. Dan ini penting buat semua orang, kenapa? Jika cara berpikir sudah ter-upgrade, kamu pun bisa menangkap informasi lebih cepat, berpikir lebih kritis, dan rasional. Sehingga hal ini bisa meningkatkan kualitas hidup kamu.

Ada 3 kemampuan utama yang dilatih sekaligus sebagai fondasi dalam berpikir, yaitu Matematika, Verbal & Logika, dan Bahasa Inggris. Berikut penjelasannya!

1. Matematika

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat pentingnya peran matematika tersebut, maka matematika dipelajari mulai dari TK hingga SMA.

Matematika ini sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, pemahaman dalam matematika merupakan salah satu prasyarat utama. Meskipun begitu, bagiku matematika itu pelajaran yang tidak mudah. Aku masih teringat ketika mengikuti UMPTN, hanya satu soal yang tidak sanggup aku kerjakan, yaitu Matematika.

Namun jika kita belajar Matematika di ZenCore, tidak ada kata sulit. Karena materi diberikan sangat menyesuaikan dengan kemampuan kita. Tentunya hal ini sangat seru buat latihan pemanasan otak, terlebih jika kita bisa battle dengan teman, pasti peluang untuk jagoan adu otak pun semakin terbuka lebar. Saatnya ganti cara belajar, mudah dan praktis, ya di ZenCore aja!

2. Verbal Logic (Verbal dan Logika)

Menguasai kemampuan verbal logic ternyata juga tak kalah penting bagi kehidupan orang. Kemampuan ini akan membuat kita menjadi orang yang logis dan lebih kritis. Ketika kita dapat berpikir logis, otomatis kita akan lebih waspada terhadap hal-hal yang tampak janggal dan tidak realistis.

Kemampuan untuk berpikir dengan benar adalah hal yang penting, karena dengan itu kita bisa memilih informasi mana yang benar dan mana yang salah. Ketika logika kamu terus dilatih dan ditingkatkan, maka kamu akan terbiasa untuk berpikir logis secara universal dan supaya enggak gampang terjebak dalam informasi yang salah.

pemanasan otak

3. Bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kemampuan berbahasa Inggris itu sangat penting, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Sebagai bahasa asing dan alat komunikasi universal, Bahasa Inggris kerap menjadi prasyarat masuk dalam berbagai institusi dan kegiatan, seperti sekolah, universitas, perusahaan, instansi pemerintah, maupun kegiatan seleksi beasiswa.

Dalam CorePractice bidang Bahasa Inggris ini, kamu akan disuguhi pertanyaan seputar tenses, vocabulary, dan aneka grammar. Namun tak perlu khawatir, sesuai dengan metode adaptive learning, maka tingkat kesulitan setiap soal juga menyesuaikan dengan kemampuan pengguna.

Kelebihan ZenCore

Salah satu kelebihannya yaitu platform ini dibuat dengan pendekatan adaptive learning. Kita bisa melakukan pemanasan otak di sini, karena materi dan pelatihannya adaptif untuk mengembangkan keterampilan fundamental (fundamental skills) pengguna.

Nah, inilah enaknya belajar pemanasan otak di sini karena bisa menyesuaikan dengan pemahaman dan pengetahuan dasar yang kita miliki. Jadi, tak perlu khawatir materi soal yang diberikan terlalu susah, ataupun terlalu mudah. Yuk! Mulai sekarang wajib nih ganti cara belajar, mulai pemanasan otak, dan jadilah jagoan adu otak.

Jika rutin menggunakan ZenCore ini sangat baik untuk mengasah otak dan untuk seru-seruan bermain bersama teman-teman se-genks, lho. Dengan fitur terbarunya, Group for Adaptive Gamified Practice membuat pengguna serasa belajar sambil bermain.

Fitur yang sudah dirancang dan diformulasikan secara adaptif untuk berlatih keterampilan fundamental kita, diantaranya Numerasi, Literasi, dan Bahasa Inggris. Sehingga berlatih di sini pun terasa lebih santai karena fitur ini dibuat dengan gamified experience.

Terlebih lagi ZenCore sudah menyiapkan fitur khusus untuk membuat grup. Jadi, kamu pun bisa membuat grup, seru-seruan main bareng, pemanasan otak, dan adu score dengan teman se-genks mu. Seru, kan?

Pekan Olahraga Otak (POO) Antar Sekolah

Sebentar lagi Zenius akan mengadakan perlombaan berhadiah yang bernama Pekan Olahraga Otak Antar Sekolah, lho. Mengangkat tema class meeting, Zenius melalui ZenCore mengajak siswa-siswi seru-seruan dalam kegiatan Kompetisi Cerdas Cermat Pekan Olahraga Otak Antar Sekolah.
yuk ikuti pekan olahraga otak antar sekolah bersama zencore
Class Meeting
ini ditujukan untuk semua sekolah, para siswa berlomba membawa nama sekolah agar unggul atau menjadi sekolah yang paling aktif. Acara ini akan berlangsung sebulan ke depan, seru kan? Dan informasi pemenangnya akan diumumkan melalui akun Instagram @zeniuseducation. Bagaimana cara mengikutinya? Silahkan simak timeline berikut ini!

  • Tanggal 23 Mei - 10 Juni 2022: Pendaftaran mulai dibuka
Pada periode ini, kamu bisa mendaftarkan sekolahmu melalui form yang disediakan, lalu jangan lupa cantumkan nomor ketua OSIS sekolahmu, ya. (Informasi selengkapnya segera menyusul di website official, https://www.zenius.net/)

  • Tanggal 6 - 9 Juni 2022: Sosialisasi ke sekolah yang terdaftar
Pada periode ini akan diadakan sosialisasi cara main ZenCore ke sekolah yang terdaftar melalui webinar/video/poster, dan sebagainya. Lalu, para siswa join ke grup sekolah melalui link yang sudah disiapkan tim Zenius. (Bisa juga dicek melalui website Zenius: https://www.zenius.net/)

  • Tanggal 20 - 26 Juni 2022: Pekan Olahraga antar Sekolah dimulai
Selama periode ini, kamu akan ‘bermain’ ZenCore setiap hari. Dan jangan lupa ajak teman di sekolahmu sebanyak mungkin, ya!

Yuk, ikutilah class meeting ini dengan cara berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Otak Antar Sekolah bersama ZenCore, lakukan pemanasan otak, jadilah jagoan adu otak, ganti cara belajar kamu, dan menangkan hadiahnya.

Jika kalian belum mempunyai aplikasinya, coba deh aplikasi ini dan kalian bisa mengunduhnya melalui Aplikasi ZenCore untuk iOS dan Aplikasi ZenCore untuk Android.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

15 comments

  1. Kayaknya saya juga perlu senam otak nih, biar ga tumpul. Maklum udah lama ga sekolah, mungkin udah lupa semua pelajaran dulu, huhu

    ReplyDelete
  2. kudu ngasi tahu para ponakan dan sepupu buat ikutan keseruan Pekan Olahraga Otak Antar Sekolah bersama ZenCore. Siapa tahu makin bisa mengasah kemampuan dan bakat mereka kan ya. kece betul

    ReplyDelete

  3. Iya nih. Aku setuju klo melatih pikiran untuk terus belajar hal yang baru akan sangat membantu mencegah penurunan fungsi otak. Aku gak mau pikun dulu. Huhu..

    ReplyDelete
  4. Aku mainan ZenCore kalau lagi sumpek. Jawab pertanyaan kayak yang excited gitu. Jadi happy aja.

    ReplyDelete
  5. Gaya hidup sehat dan asah otak secara berkala atau rutin juga dampaknya bagus buat kesehatan otak. Cuss dicoba juga

    ReplyDelete
  6. Soal penurunan daya ingat ini aku lagi kerasa banget belakangan ini. Entah karena faktor U, entah karena lagi banyak beban pikiran. Kemarin aku jadi instal Zenius ini lagi biar bisa asah otak di ZenCore (dulu uninstall karena hape ngelag terus).

    ReplyDelete
  7. Dengan aplikasi Zencore, kembali melatihkan otak agar kembali memikirkan hal-hal fundamental. Rasanya unik juga yaa.. setiap anggota keluarga bisa menggunakan satu aplikasi bersama untuk melatih otak dan ikutan Pekan Olahraga antar Sekolah untuk ananda.

    ReplyDelete
  8. Dengan pendekatan adaptive learning itu yang jadi nilai lebih di Zencore ya. Kita bisa melakukan pemanasan otak untuk mengembangkan keterampilan fundamental (fundamental skills) tanpa harus merasa pelajaran ketinggian

    ReplyDelete
  9. Melakukan olahraga otak bersama ZenCore ini seru ya mbak
    Jadi cara belajar yang menyenangkan bagi anak anak

    ReplyDelete
  10. keren juga nih olahraga otak.. lebih keren gitu ya istilahnya, kalau dulu mugnkin udah dkasih nama olimpiade. hehehe.. sekarang udah ada zencore yang bisa ngasih inovasi dalam sistem dan soal2 yang lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  11. gawat nih, soon saya juga segera masuk usia 40 dan rawan mulai mengalami penurunan daya ingat. harus banget nih mulai olahraga otak bareng zencore

    ReplyDelete
  12. Wah gamified experience apa ya.. emamg sih otak harus terus diasha bisr biar makin terasah

    ReplyDelete
  13. Mantap nih. pakai ZenCore bisa mengasah otak. Saya kasih tau sepupu dulu ya

    ReplyDelete
  14. Wah saya yg 40 ini mau juga dong menjaga daya ingat dengan olah raga otak di Zencore, terutama yang memecahkan soal matematika ya, melatih berpikir sistematis

    ReplyDelete
  15. Gak cuma olahraga secara fisik tapi olahraga otak juga diperlukan sekali yaa. Nah lewat event Zencore ini jadi salah satu ajang untuk olahraga otak yang seru nih

    ReplyDelete

Post a Comment