Jalan Kaki Pagi Hari untuk Investasi Kesehatan


jalan kaki pagi hari untuk investasi kesehatan

Alhamdulillah sudah sebulan ini aku dan suami konsisten untuk olahraga jalan kaki di pagi hari (Jogging). Sebenarnya sudah lama aku menunggu momen seperti ini, namun dulu ketika mau mengajak suami, ada aja alasan suami untuk menolaknya. Sedih deh waktu itu.

Nah, setelah suami mendapatkan ‘teguran’ beberapa waktu yang lalu dengan pembengkakan Kelenjar Limfa nya, akhirnya aku menyarankannya untuk melakukan olahraga rutin. 

Sebenarnya sebelum pandemi, biasanya seminggu sekali suami olahraga (Renang) sih. Namun semenjak pandemi ini, Sport Club tutup total, sehingga suami terlalu lama absen olahraga.

Nah di bulan September ini, untungnya bertepatan pula dengan jadwal cuti tahunan. Rasanya semakin klop deh dan kami pun mengagendakan setiap hari untuk jalan kaki, pokoknya sifatnya wajib, nggak boleh absen sehari pun.

Kami mengelilingi akomodasi kurang lebih satu jam. Dimulai berangkat dari rumah pukul 06.00 dan kembali/tiba di rumah pukul 07.00. Menghirup udara segar sambil mendengar kicauan burung serta menikmati keindahan alam di Mesaieed.

Apalagi olahraga itu memegang peranan sangat penting bagi kesehatan kita, diantaranya selain menghilangkan stress, juga berperan sebagai investasi kesehatan jangka panjang yang lebih baik di masa tua.

Pernah dengar kan, bahwa masa muda merupakan waktu produktif untuk menyiapkan masa depan yang cerah di usia senja. Kadang kita disibukkan oleh aktivitas lain, sampai-sampai kita melupakan satu hal penting untuk diri kita, yaitu kesehatan tubuh kita sendiri.
 
Selain itu, banyak penyakit yang menyerang pada usia tua konon disebabkan karena kurang bergerak. Tentunya kita nggak mau kan? 
 
Sehat itu mudah, asal mau olahraga dan menjalani gaya hidup yang sehat. Kayaknya nggak mungkin ada orang bisa sehat tanpa olahraga. Karena semakin bertambahnya umur, maka akan semakin malas pula untuk bergerak.

Terbiasa aktif menggerakkan tubuh, terutama jalan kaki bagus untuk menguatkan tulang dan sendi juga loh, pernah dengar yang ini juga kan? Eits, tapi aku di sini nggak sedang ngiklan ya, buat kasih semangat diri saja sih tepatnya. 

Karena saat usia tak lagi muda, kondisi tulang, sendi, ataupun otot tak lagi sama dengan yang ada sekarang.

Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Jalan kaki pagi hari salah satu investasi untuk kesehatan. Jalan kaki merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di mana saja tanpa butuh peralatan apapun. Namun meskipun begitu jalan kaki setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa.
Apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Apalagi jika berjalan kaki dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, berat badan lebih cepat menurun.

2. Menyehatkan Organ Jantung

Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah. 

Jalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. 

3. Mencegah Stroke

Jalan kaki dapat mencegah penyakit Stroke, hal ini jika dilakukan 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap sesinya. Berjalan kaki juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan kaki akan membuat sel-sel dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat diolah dengan baik, dan menurunkan risiko obesitas


5. Mencegah Arthritis dan Osteoporosis

Gaya hidup yang tidak aktif merupakan pemicu utama kaku pada persendian. Jika sudah terjadi, makan gejala akan berkembang menjadi radang sendi. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki 5 kali dalam seminggu. Berjalan dapat melatih kekuatan sendi, dengan meningkatkan kepadatan tulang.

6. Menguatkan Otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot kaki. Untuk hasil yang maksimal, bisa berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat. Selain berjalan kaki, kita bisa menambahkan latihan penguatan kaki seperti Squat dan Lunges beberapa kali dalam seminggu agar otot menjadi lebih sehat.


7. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi akan berujung pada masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengontrol kadar kolesterol, hendaknya terbiasa menjalani pola hidup sehat dan aktif, seperti berjalan kaki. 
 
Karena jalan kaki juga dapat mencegah Aterosklerosis, yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri. 

8. Meningkatkan Fokus

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk berpikir sepanjang hari. Selain meningkatkan fungsi kognitif, berjalan kaki juga dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif.

Hal tersebut dapat terjadi karena olahraga teratur dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir, karena oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat. 

9. Mencegah Depresi

Saat seseorang mengalami perubahan suasana hati, hal tersebut mungkin saja akan menimbulkan banyak gangguan lainnya. Hal tersebut dapat dicegah dengan berjalan kaki. 
Saat berjalan, endorfin pembunuh rasa sakit akan mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. 

Berjalan kaki selama 30-60 menit setiap hari terbukti dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, serta kelelahan.

Nah, jadi tidak ada alasan lagi dong untuk menunda olahraga di lain waktu. Semakin sering kita berolahraga dengan porsi yang pas, maka semakin banyak persiapan untuk memiliki tubuh yang selalu sehat dan fit di masa depan. 
Semangat olahraga yuk! Jangan kasih kendor!

Referensi:
halodoc.com
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter