Header April Hatni

5 Kiat Bisa Diterima Bekerja di Bank

1 komentar
tips agar diterima kerja di bank

Bekerja di bank sepertinya masih menjadi idaman bagi beberapa orang. Banyak persepsi bahwa bekerja di bank itu menyenangkan. Bisa mendapatkan gaji yang besar, tidak perlu berpanas ria, bahkan bisa mendapatkan bonus atau komisi yang besar.

Banyak persiapan yang diperlukan untuk melamar kerja di bank, termasuk membuat resume yang menarik. Nah, untuk bisa menulis surat lamaran atau resume yang baik, Anda bisa klik di sini sekarang, lho. Anda akan mendapatkan berbagai contoh resume yang baik dan menjadi rekomendasi agar lamaran Anda bisa diterima di bank yang diinginkan.

Membuat Resume yang Menarik

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sebelum mengajukan lamaran pekerjaan di bank, sebagai berikut:

1. Jelaskan alasan memilih posisi sesuai lamaran pekerjaan

Anda harus bisa memberikan alasan yang tepat agar bisa mengisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Jangan menggunakan kalimat-kalimat panjang dan bertele-tele. Pastikan penggunaan bahasa dalam resume sesuai dengan syarat yang diajukan.

Apabila pihak bank pemberi lowongan pekerjaan mewajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris, maka Anda juga harus mematuhi persyaratan tersebut.

Tidak perlu khawatir bila penguasaan Bahasa Inggris yang masih pas-pasan. Anda bisa mencari beragam contoh surat lamaran pekerjaan dalam Bahasa Inggris melalui internet.

2. Tunjukkan kualifikasi sesuai lamaran pekerjaan

Tips berikutnya, Anda harus bisa menunjukkan kualifikasi pekerjaan yang dipersyaratkan. Berkas-berkas yang diajukan harus lengkap sesuai persyaratan.

Untuk fresh graduate atau yang baru lulus, tidak perlu putus asa. Terkadang ada kok bank yang membuka lowongan pekerjaan bagi fresh graduate. Apalagi bila Anda bisa menunjukkan ijazah dengan nilai IPK tertentu yang disyaratkan, atau bukti magang yang pernah Anda lakukan, serta beberapa sertifikat keterampilan yang pernah diikuti.

3. Gunakan kalimat yang singkat, padat, formal dan jelas

Sebuah surat lamaran yang menarik bagi pihak manajemen, adalah surat lamaran yang tidak terlalu bertele-tele dengan penggunaan kalimat yang singkat, padat, formal dan penggunaaan bahasa yang jelas. Tidak ada kesalahan tulis atau ketik. Pelamar juga memperhatikan kerapian tulisan.

Biasanya surat lamaran pekerjaan dibuat tidak lebih dari setengah halaman, bahkan hanya terdiri dari 3 sampai 4 paragraf saja. Namun ada beberapa bank yang memberikan syarat tertentu dalam kaidah penulisan lamaran pekerjaan bagi calon pelamar.

Skill yang Dibutuhkan agar Bisa Diterima Bekerja di Bank

Keterampilan itu mutlak diperlukan apabila ingin bisa diterima di sebuah perusahaan, perkantoran ataupun instansi mana pun, termasuk agar bisa diterima di bank idaman. Setiap orang harus bisa dan memang dituntut mempunyai nilai lebih dibanding pesaing lain.

Untuk bisa diterima bekerja di bank, Anda perlu mempunyai skill atau keterampilan tertentu, dan itu bisa menjadi value point (nilai lebih), agar bisa menjadi pertimbangan pihak manajemen (pihak HRD atau Human Resource Development alias bagian kepegawaian), tempat Anda melamar kerja.

Beberapa keterampilan yang perlu dimiliki agar bisa diterima bekerja di bank antara lain:

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi syarat mutlak, bagi siapa pun yang ingin bekerja di bank, karena pekerjaan ini menuntut para karyawan bisa berinteraksi dengan banyak orang dalam keseharian bekerja. Berkomunikasi yang baik tentu menjadi sebuah hal penting, untuk menjaga integritas bank.

2. Kemampuan berbahasa asing

Kemampuan berbahasa asing, baik secara verbal maupun non verbal, mutlak diperlukan. Dunia perbankan berhubungan dengan dunia luas, termasuk dunia internasional.

Anda perlu mengasah terus kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris. Bila mempunyai kemampuan bahasa asing selain Bahasa Inggris, tentu akan menjadi poin tersendiri dan pimpinan akan lebih memperhatikan, bahkan Anda bisa mendapat posisi penting di bank tempat bekerja.

3. Mempunyai daya teliti tinggi

Setiap pekerjaan tentu mempunyai risiko sendiri-sendiri, apalagi bekerja di bank yang sangat berkaitan dengan angka. Anda dituntut untuk mempunyai ketelitian tinggi, serta kewaspadaan juga kemampuan analisa yang tajam.

Dunia perbankan tidak lepas dari uang. Bila ada kelalaian dan kurang hati-hati, tentu akan mengakibatkan kerugian besar bagi bank itu sendiri. Jadi, Anda harus mempunyai daya teliti yang tinggi, agar tetap bisa bertahan bekerja di bank impian.

3. Attitude yang baik

Kecerdasan tanpa disertai attitude atau cara bersikap yang baik, tentu tidak diharapkan pihak manajemen, bagi siapa pun yang ingin bekerja di bank. Anda harus mempunyai attitude yang baik, sopan dan ramah, pada semua orang, baik itu nasabah, manajemen, bahkan karyawan bagian kebersihan di kantor.

Ketika Anda bisa menunjukkan attitude yang baik, maka pimpinan akan memberikan perhatian lebih. Kalau sudah begini, siap-siap dapat promosi, ya.

4. Kecerdasan emosional

Bekerja di bank, tentu akan membuat Anda berinteraksi dengan banyak orang. Terkadang harus berhadapan dengan nasabah yang berkarakter keras.

Di sinilah Anda akan diuji kesabaran secara emosional. Tunjukkan profesionalisme dengan baik, dan pastikan bahwa Anda mempunyai kemampuan kecerdasan emosional yang tinggi, dan bisa menghadapi orang lain dengan beragam karakter.

Memang tidak salah, bila mempunyai impian dan harapan untuk bisa bekerja di bank. Namun perlu diingat, bahwa dunia ini adalah kompetisi, dan hanya para pemenanglah yang akan bisa mengalahkan para pesaing, termasuk agar bisa bekerja di bank.

Anda siap untuk bekerja di bank impian? Semoga artikel ini bermanfaat.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

1 komentar

  1. Tulisannya sangat bermanfaat, saya mau mencoba melamar kerja di bank, semoga setelah membaca artikel ini jadi cepat diterima.

    BalasHapus

Posting Komentar