Header April Hatni

5 Kelebihan Menggunakan WordPress yang Wajib Diketahui

kelebihan wordpress

WordPress merupakan salah satu platform CMS (content management system) yang paling populer di dunia. Hal ini terbukti banyaknya website yang menggunakan WordPress, mulai website kecil hingga website besar sekalipun.

Apa saja sih kelebihan menggunakan WordPress? Bagi Anda yang belum paham, silahkan baca penjelasan selengkapnya agar lebih mantap ketika memilih platform yang satu ini untuk mengembangkan website bisnis maupun personal.

5 Kelebihan Menggunakan WordPress

Informasi terkait kelebihan WordPress ini bisa menjadi pedoman bagi setiap orang. Jika Anda memang ingin menggunakannya, sebaiknya harus mengetahui kelebihan WordPress dalam memberikan fitur yang belum tentu content management system lainnya berikan.

1. Murah

Kelebihan menggunakan WordPress yang pertama adalah WordPress bisa diunduh secara gratis. Pengguna cukup beli hosting murah untuk bisa mulai menggunakannya secara penuh. Bagi yang tidak ingin membayar biaya hosting, Anda juga masih bisa menggunakan WordPress.com yang menyediakan versi gratis dengan pembatasan fitur.

Dengan demikian, maka manajemen website akan lebih terstruktur. Lebih jelasnya dikarenakan biaya yang murah, maka bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti iklan, pembuatan konten, dan sebagainya. Kelebihan ini menjadi salah satu yang selalu dikatakan oleh mereka pengguna WordPress.

Dengan biaya yang murah, tentunya akan menekan pengeluaran website. Mengelola website memang tidak murah, dengan menggunakan WordPress akan membantu manajemen pengeluaran lebih teratur.

2. Keamanan

Kelebihan menggunakan WordPress yang kedua, bahwa di dalam sistem WordPress menggunakan keamanan yang terjamin. Sistem keamanannya terpercaya, sehingga membuat para pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti spam, pembobolan, dan hal-hal negatif lainnya.

Adanya sistem keamanan ini membuat kebanyakan orang, bahkan perusahaan besar menggunakan WordPress. Hal itu membuktikan bahwa sistem keamanan WordPress terpercaya, sehingga membuat perusahaan besar berani menggunakan.

Sistem keamanan WordPress sangat ketat. Bagi yang baru ingin memulai, jangan pernah merasa khawatir keamanan akan terganggu. Sejak awal hingga saat ini WordPress tidak mengalami kebobolan sistem keamanan yang sangat merugikan bagi para penggunanya.

3. Mudah

Kelebihan menggunakan WordPress berikutnya adalah mudah digunakan. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia website maka akan langsung sanggup untuk menggunakan WordPress.

Tidak ada hal yang sulit untuk menggunakan WordPress ini. Untuk pengguna baru atau awam bisa langsung terbiasa setelah belajar. Tidak ada opsi atau cara yang rumit bagi pengguna baru. WordPress sangat ramah bagi para pemula dan yang masih awam.

Mudah sekali untuk membiasakan diri dengan menggunakan WordPress ini. Contohnya seperti membuat URL di WordPress sangat mudah.

Jika Anda masih bingung untuk memulainya, bisa langsung menuju ke menu Bantuan. Di sana Anda akan menemukan banyak cara untuk menggunakan WordPress dari A-Z. 

Jadi, pengguna baru tidak perlu lama-lama dalam beradaptasi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan forum bantuan dengan baik agar mampu menguasai dengan cepat.

4. Fleksibel

Jangan pernah berpikir bahwa WordPress hanya digunakan untuk membangun website ke dalam tema tertentu. Semua jenis website bisa dibuat di WordPress, sehingga hal ini yang membuatnya sangat fleksibel. Oleh karena itu, Anda tak perlu memikirkan tema khusus untuk mulai menggunakan WordPress.

Fungsi WordPress tidak hanya menangani satu jenis website saja, banyak website yang menggunakan WordPress dengan tema yang beragam. Dengan demikian, dapat membuka kesempatan bagi siapa pun dan tema apa pun untuk memilih WordPress sebagai CMS (content management system).

Di dalam pengaturan, WordPress bisa juga dibuat sesuai dengan pasar website. Jika mengarah pada pengguna ponsel, maka tampilannya bisa dibuat khusus atau nyaman untuk ponsel begitu pun bagi para pengguna PC. Singkatnya, tampilan WordPress akan menyesuaikan dengan setiap perangkat yang mengaksesnya.

5. Tema/template Beragam

Kelebihan menggunakan WordPress selanjutnya adalah pilihan tema/template yang beragam. Dalam membangun sebuah website, pemilihan tema adalah hal penting yang tak boleh terlewatkan.

Dengan menggunakan tema/template yang menarik, tentunya tampilan website akan semakin nyaman untuk dilihat dan dinikmati. Di WordPress sendiri tersedia banyak tema yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Selain adanya tema/template beragam, Anda juga bisa melakukan setting atau desain tampilan website sendiri. Nantinya pengguna bisa mengubah desain warna, tulisan, hingga gambar sesuai yang diinginkan. Tersedia tema/template gratis namun ada juga versi berbayar.

Pada tema/template yang berbayar tentunya akan memberikan beberapa fitur yang menarik. Anda tak perlu khawatir, meskipun berbayar hasilnya akan memuaskan dan sepadan. Pelajari saja semua tema dan kustomisasi tampilan di WordPress, supaya website bisa terlihat lebih menarik dan elegan.

Kelebihan menggunakan WordPress memang sangat beragam. Anda bisa membuat website apa saja menggunakan platform ini berkat dukungan kustomisasi kode serta fleksibilitas yang diberikan.

Dari segi kualitas maupun kredibilitas tentu saja WordPress sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, baik segi kemudahan maupun SEO Friendly. Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga tulisan ini bermanfaat ya!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar