Header April Hatni

Saat Anda Butuh Mutasi Rekening, Simak Cara Cek Rekening Bank Berikut!

1 komentar
cek mutasi rekening bank

Banyak orang belum mengetahui apa saja manfaat mutasi rekening, padahal mengetahui daftar transaksi cukup berguna untuk berbagai urusan keuangan. Oleh karena itu, banyak orang mencari tahu tentang cara cek rekening bank untuk mendapatkan daftar mutasi.

Selain manfaat mutasi, beberapa orang juga belum paham betul tentang rekening, jika jelaskan secara singkat rekening bank adalah sebuah akun berupa produk tabungan yang dikeluarkan oleh bank.

Apa itu Rekening Bank?

Sebelum membahas saat yang tepat untuk cek mutasi bank, ada baiknya jika Anda mengetahui definisi rekening bank selengkapnya. Menurut definisinya, rekening bank adalah catatan pembukuan milik bank yang bersangkutan dengan produk tabungan.

Baik tabungan dalam bentuk mata uang rupiah maupun mata uang asing. Setiap nasabah akan mendapatkan nomor rekening bank yang berbeda-beda sebagai identitas kepemilikan sebuah rekening tabungan. Jadi, rekening bank adalah bentuk pencatatan transaksi keuangan antara nasabah dan bank.

Inilah Saat Anda Membutuhkan Mutasi Rekening

Bagi orang yang tidak berkecimpung di dunia usaha atau bisnis, pasti menganggap mutasi tidak memiliki fungsi yang berarti. Sebenarnya mutasi rekening sangat dibutuhkan untuk berbagai urusan, berikut ini saat di mana Anda perlu cek rekening bank untuk melihat daftar mutasi:

1. Membutuhkan Bukti Transaksi

Mutasi rekening akan sangat berguna ketika Anda membutuhkan bukti transaksi saat melakukan pembayaran atau transfer uang. Terkadang beberapa orang lupa menyimpan bukti transfer atau pembayaran saat selesai melakukan transaksi.

2. Saat Mengajukan Pinjaman

Ketika akan mengajukan pinjaman di bank, seperti KPR, KTA, atau kredit kendaraan bermotor. Anda membutuhkan mutasi rekening karena data-data yang ada di dalamnya diperlukan bank untuk mengetahui riwayat transaksi. Dengan mengetahui alur keuangan calon kreditur, bank bisa menentukan layak tidaknya orang tersebut menerima pinjaman.

3. Saat Mengurus Visa

Mutasi rekening menjadi salah satu persyaratan untuk mengurus visa. Jadi saat Anda akan pergi ke luar negeri, Anda perlu mendapat mutasi rekening untuk mengajukan visa. Dalam mengajukan visa perlu bukti bahwa Anda memiliki dana yang cukup, caranya dengan melampirkan mutasi rekening dalam 3-6 bulan terakhir, SPT PPh 21, slip gaji, serta surat PBB.

Cara Cek Mutasi dengan Mudah Melalui HP

Cek rekening bank untuk mendapatkan daftar mutasi bisa Anda lakukan dengan mudah melalui HP. Berikut ini beberapa cara cek mutasi rekening melalui HP secara praktis:

1. Melalui SMS Banking

Cara pertama dengan menggunakan SMS banking. Dengan layanan ini, Anda bisa mendapatkan beberapa data transaksi terakhir. Tapi cara ini kurang sesuai untuk mendapatkan informasi mutasi secara lengkap.

2. Melalui Internet Banking

Jika sudah mendaftar internet banking, Anda bisa cek mutasi rekening dengan mudah melalui HP. Pada layanan tersebut Anda akan mendapatkan informasi mutasi dalam periode waktu tertentu.

3. Melalui Mobile Banking

Anda bisa cek rekening bank melalui aplikasi mobile banking. Untuk melakukannya, Anda perlu mendaftarkan terlebih dulu. Cara ini dapat dibilang yang paling praktis dan mudah, sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pilih Mobile Banking PermataMobile X, Ini Fitur dan Keunggulannya

PermataMobile X merupakan aplikasi mobile banking dari PermataBank yang menawarkan berbagai fitur menarik. Berikut keunggulan utama yang ditawarkan PermataMobile X:

  • Cek Akun dengan Praktis

Cek rekening bank dan semua akun PermataBank menjadi lebih praktis melalui satu aplikasi.

  • Cek Mutasi Mudah

Cek mutasi rekening hingga 12 bulan terakhir di semua akun dengan mudah.

  • Tersedia Beragam Fitur

Memiliki ratusan fitur untuk menunjang berbagai transaksi perbankan. 

Selain memberikan kemudahan melakukan cek rekening bank, PermataMobile X juga menghadirkan berbagai fitur menarik di antaranya adalah:

1. Investasi

Melalui aplikasi Anda bisa membeli dan menjual Reksa Dana hingga switching investasi secara online.

2. Kartu Kredit

Proses pengajuan kenaikan limit sementara dan penambahan kartu kredit bisa dilakukan di aplikasi secara online.

3. Pinjaman

Proses pengajuan cicilan (SimplePay) dan dana tunai (Cash on Call) bisa dilakukan di aplikasi dengan proses cepat.

4. Finger Print

Hanya dengan menggunakan fitur finger print, login ke aplikasi menjadi lebih praktis.

5. Tabungan dan Giro

Cek rekening bank dan periksa mutasi hingga 12 bulan di semua akun, mulai dari akun tabungan, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA, obligasi, hingga reksa dana.

6. QR Pay

Fitur pembayaran dengan menggunakan barcode melalui dompet digital membuat transaksi menjadi lebih cepat.

7. PermataStore

Kini membeli bermacam produk perbankan bisa lebih mudah secara online tanpa perlu ke bank.

8. Face ID

Dengan fitur face ID atau teknologi pengenalan wajah login ke aplikasi menjadi lebih cepat.

9. Transfer

Transfer uang secara instan dalam hitungan detik menggunakan nomor HP.

10. Digital Token

Tidak lagi menggunakan SMS OTP karena PermataMobile X sudah menerapkan digital token.

Agar cek rekening bank dan bisa dilakukan dengan mudah, sebaiknya gunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X, berikut cara pendaftarannya:

  1. Pertama install aplikasi PermataMobile X di Google Play Store atau Apple App Store di HP.
  2. Setelah terinstall buka aplikasi dan pilih ‘Mulai’.
  3. Jika sudah memiliki akun PermataBank, pilih “Ya” pada pertanyaan “Apakah Anda punya rekening PermataBank?”.
  4. Pilih “Tidak” jika tidak memiliki akun PermataBank, selanjutnya akan diarahkan membuat akun rekening di PermataStore.
  5. Kemudian pilih “Tidak” saat muncul pertanyaan “Apakah Anda memiliki user ID PermataMobile X?”.
  6. Pilih kartu kredit atau nomor rekening untuk melanjutkan pendaftaran.
  7. Terakhir ikuti petunjuk yang tertera di aplikasi hingga user ID bisa digunakan dan pendaftaran selesai.

Cara tersebut bisa Anda ikuti jika ingin menggunakan mobile banking dengan beragam fitur menarik. Dengan menggunakan PermataMobile X Anda bisa cek rekening bank dengan mudah dan praktis di berbagai akun PermataBank, tunggu apalagi segera daftarkan diri dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

1 komentar

  1. Nah kadang memang butuh banget cek mutasi agar tahu ke mana jalannya transaksi juga apalagi pas di situasi tertentu ada yang mengharuskan cek mutasi. Tapi, seringnya bingung gimana dan berakhir minta tolong orang lain, sepertinya setelah ini bisa dicoba sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar