Zona Agility Hexagon City

zona agility hexagon city

Wah, alhamdulillah… tak terasa sudah setengah perjalanan di kelas Bunda Produktif ini. Banyak sekali hal baru yang aku pelajari selama di kelas ini. Beruntung sekali dapat kesempatan untuk menimba ilmu di sini, semoga aku pun semakin bergairah dan semangat dalam belajar. Nah, di pekan ini kami sudah masuk pada Zona Agility. 

Zona Agility

Apa sih Agility? Dan apa pula yang harus dilakukan di pekan ini? 
Agility adalah kemampuan atau kapabilitas dalam mengambil keputusan bergerak dan mengeksekusi tindakan dengan cepat. Di sini akan dilihat seberapa tangkas kami (Hexagonia) merespon sebuah perubahan. 

Di Zona ini pun banyak sekali perubahan yang terjadi. Pertama, adanya perubahan deadline dalam pengumpulan jurnal yang tadinya setiap pukul 23.59 WIB, kini berubah menjadi pukul 15.59 WIB. Dan ini pun sepertinya berlaku hingga zona terakhir. Artinya para Hexagonia harus sudah siap juga dalam menyesuaikan perubahan ini, karena waktu pengumpulan lebih awal.

Perubahan kedua adalah mengenai kerjasama. Awalnya kami hanya bekerja dalam satu team Co Housing (CH), namun di Zona Agility kali ini kami (seluruh Co Housing) bersatu dalam satu cluster dan bekerja bersama-sama. Wuih semakin seru kan? Jadi, nantinya kami akan bergerak bersama-sama dalam menjalankan Project Passion kami dalam satu cluster. Nah, Agility ini biasa disebut juga sistem gotong royong.

THE MAGNIFICENT SEVEN adalah nama cluster kami. Cluster ini terdiri dari 4 Co Housing Kerajinan Tangan dan 3 Co Housing Desain, yang didalamnya terdapat 65 orang Hexagonia. Adapun Project Passion dari cluster ini, diantaranya; berbagai macam produk Craft (Project Passion CH Kerajinan Tangan), Pelatihan Desain, Jasa Desain dan Produk Desain (Project Passion CH Desain).

Senin, 4 Januari 2021 tepatnya selesai liburan, di CH kami pun melakukan Check-in dengan mengadakan meeting (via Zoom) untuk membicarakan rencana Project Passion kami selanjutnya yang insyaAllah akan dilaksanakan pada 11 hingga 15 Januari 2021 mendatang serta Project Ilustrasi untuk dua bulan kemudian.

Seperti yang disarankan oleh Founding Mother pada live pekan lalu, saat membuka diskusi kami pun melakukan Ice Breaking terlebih dahulu. Dengan menanyakan aktivitas selama satu pekan di Project Passion (selama liburan). Selanjutnya kami pun mereview hal-hal yang telah selesai dijalankan/dilalui hingga di pekan ini, (1) Sudah sukses apa di zona ini? (2) Apa kunci suksesnya? (3) Tahap berikutnya ingin sukses apa? 

co house agility
Tak lupa, kami pun juga mengadakan False Celebration. Memang saat itu kami sempat salah dalam menentukan pricelist untuk jasa desain. Karena memang mayoritas member di CH kami sejauh ini belum pernah menjual jasa desain, sehingga dalam menentukan pricelist kemarin ada perbedaan pendapat. Namun, saat itu pun kami mulai memperbaiki dengan mencari informasi terkait untuk dijadikan acuan ke depannya.

Personal Agility

Menurut linkedin.com, Personal Agility adalah rancangan kerja sederhana untuk orang yang ingin melakukan lebih banyak hal yang penting dan berdampak lebih besar melalui tindakan mereka. 

Rancangan kerja ini memungkinkan Anda untuk merefleksikan diri dan tujuan Anda secara berkala, untuk memastikan bahwa Anda melakukan hal yang benar terlebih dahulu, dan membuang hal-hal yang kurang penting. Personal Agility akan membangun Team Agility dan Team Agility akan membangun Organizational Agility. 



Mulai dengan menuliskan karakter yang telah dipilih sebelumnya (Zona Karakter), selanjutnya peran di CH, Shining 4E Project Passion dan yang terakhir adalah keahlian/kekuatan/hal istimewa yang bisa diberikan untuk cluster.

Pada Zona Karakter dulu aku memilih karakter tepat waktu, hal ini pun bertujuan untuk melatih kembali pada habit semula. Kemudian peran yang selama ini aku jalankan di CH yaitu Accountant. Peran ini memang mulai diperlukan di milestone kedua Project Passion kami saat ini. 

Aku sendiri, selama liburan kemarin masih melanjutkan aktivitas yang berhubungan dengan Project Passion. Karena berhubungan dengan tanggung jawabku maka aku pun harus melaksanakan secara totalitas supaya nggak keteteran saat liburan usai. Apa yang aku rasakan? Alhamdulillah aku pun senang melakukannya. 

Jadwal pelatihan/workshop CH Hexa Palette Studio memang masih lama (11 Januari 2021) namun kami sudah mulai mempersiapkannya jauh-jauh hari. Diantaranya, menyiapkan form pendaftaran, WAG peserta, eFlyer yang akan ditayangkan di FBG Hexalink, mekanisme kelas dan lain sebagainya.

personal agility

Selasa, 22 Desember 2020 kami sudah menayangkan project kami (Workshop Video Editing) di Hexalink dan saat itu pun kami mulai menerima pendaftaran. Dua hari kemudian ada 5 calon peserta yang mendaftar dan hingga saat ini (per 7 Januari) alhamdulillah sudah memenuhi target kapasitas, yaitu ada 22 calon peserta yang mendaftar. 

Selama liburan kemarin aku memproses pendaftaran peserta, mengurus transaksi (Invoice) ke admin BUMH, check status pembayaran peserta secara berkala dan koordinasi dengan PIC pelatihan untuk menginvite peserta yang sudah melunasi pembayaran ke WAG yang sudah disediakan (WAG Workshop). 

Bagiku, melihat data hampir setiap hari bukannya membuatku bosan namun sebaliknya, aktivitas ini selalu membuatku bahagia. Terlebih jika aktivitas ini membuatku untuk berhubungan dengan orang lain. Seperti contohnya menguhubungi mbak Siwi dan mbak Nares. 

Ada pengalaman seru nih saat aku menghubungi mbak Siwi untuk menayakan pencairan dana Project Passion kami. Kami pun saat itu ngobrol lama dan bukan hanya ngobrolin masalah dana melainkan sempat curhat dan sharing pengalaman kami masing-masing, haha… 
Pola pikir Agile adalah hormat kepada semua orang tanpa membedakannya, dapat memberikan penilaian tinggi kepada customer, melakukan kolaborasi dengan yang lain, dan menjadikan setiap momen adalah tempat untuk belajar. (Septi Peni Wulandani)
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter