Progress selama Mentorship Blogging

progress selama mentorship blogging

Pagi ini sungguh sangat memukau hati, kulihat ke arah jendela rumah, cuaca cerah dan terasa tenang, terdengar pula kicauan burung yang seakan-akan menemaniku menulis kata demi kata kemudian merangkainya ke dalam sebuah tulisan yang penuh arti dan semangat hidup. 

Meskipun di Qatar saat ini mulai puncaknya Summer, dimana suhu di luar biasanya bisa mencapai 50 derajat celcius. Namun, selama tidak ada badai debu disertai angin kencang, maka seakan membuat hatiku terasa damai.


Menulis bukanlah hal yang mudah

menulis butuh konsentrasi

Bicara masalah Blog, Blogging beserta atribut (printilan) lainnya, memang tidak ada bosannya, membuatku semakin semangat dan bahagia. Meskipun menulis bukanlah hal yang mudah bagiku karena dalam proses  menulis minimal aku membutuhkan waktu 4 jam, pikiran dalam kondisi tenang tanpa gangguan. Namun nyatanya, jika menulis membuatku bahagia terlebih saat mampu menyelesaikan satu tulisan, maka mau nggak mau aku pun harus berusaha belajar terus tanpa menyerah. Melatih diri secara konsisten, mengasah keterampilan menulis secara continue, bisa tiap hari atau seminggu sekali, mulai dari menulis artikel yang pendek hingga panjang tidak mengapa karena perlunya melewati proses tersebut. 

Hari ini aku ingin menuliskan kemajuanku selama mengikuti Mentorship Blogging di Bunda Cekatan. Mentorship program ini sangat bermanfaat sekali bagi para mahasiswa. Karena pada tahap terakhir ini, masing-masing mahasiswa berkesempatan untuk berbagi ilmu yang dimilikinya. Keren kan? Kami bisa belajar apa saja (yang pasti sesuai mind map) dan kepada siapa saja, tanpa batasan. Di tahap ini pula kita berkesempatan menjalankan dua peran sekaligus, yaitu sebagai mentor dan mentee.


Kemajuan yang aku rasakan selama perjalanan Mentorship Program Blogging di Bunda Cekatan ini, diantaranya:

kemajuanku selama mentorship blogging


1. Mengedit template pada Blog

Sebelumnya hanya bisa memasang/mengganti template melalui setting Layout - backup/restore. Nah sekarang baru tau cara memasang/mengganti template dengan menggunakan html (dengan cara copy paste html ke template). Hal inilah yang membuat tampilan Blog ku sekarang terlihat lebih menarik (menurutku).  Aku yang dulunya belum tau fungsi dari html ini dan ‘takut’ walaupun hanya sekedar membukanya, kini aku merasa sudah familiar. 


2. Mengubah colour (warna) pada template dengan html

Dulu (awal bikin blog) aku hanya mengetahui untuk setting warna template hanya bisa melalui customize theme, dan kini aku bisa mengubah (setting) melalui html. Lagi-lagi html, iyess dulu html ini jarang ‘terjamah’ olehku karena takut mengacaukan template Blog. 


3. Memasang kolom “About Me” dengan javascript

4. Mengetahui cara memasang Banner Blog dengan javascript

5. Optimasi SEO pada gambar

Jika tulisan/artikel yang kita buat panjang, katakanlah lebih dari 600 kata. Maka perlu untuk menambahkan 2-3 gambar/infografis pada artikel. Kita bisa menyertakan gambar per 100/200 kata. Hal ini dimaksudkan agar pembaca nggak capek atau jenuh saat membaca tulisan kita. Dan tidak ketinggalan pula untuk mengisikan title dan alt pada gambar (setting di properties).


6. Menata tulisan pada blog dengan menggunakan heading dan subheading

7. Mengetahui cara menggunakan link pada blog agar seimbang

Dalam menulis sebuah artikel, biasanya kita menggunakan referensi dari luar. Referensi ini bisa dari buku maupun artikel lainnya (online). Maka biasanya akan kita sematkan link referensi tersebut pada Blog.

Jika kita menyertakan link external (dari luar Blog kita), maka sebaiknya kita juga menyertakan link internal (mengacu pada Blog kita sendiri). Jumlah link external dengan link internal, perbandingannya 1:3. Artinya kalau kita menyertakan 1 link keluar dalam sebuah artikel, maka letakkan pula 3 artikel internal agar seimbang. Sebaiknya link external juga tidak lebih dari 2. 


8. Mengetahui cara membuat Blog Archive dengan scroll bar

Ini pun awalnya tertarik ketika melihat tampilan blog dari mentor kok menarik, haha. Langsung deh tanya mentor untuk dibisikin caranya. 


9. Belajar Google Analytics dan memasangnya pada Blog

10.Belajar Google Search Console dan memasangnya pada Blog

11. Konsisten menulis

Melalui challenge yang diberikan mentor, secara tidak langsung aku melatih keterampilan dalam menulis dan belajar konsisten menulis 

Adapun kemajuan lainnya selain yang tersebut di atas, misalnya membuat sitemap, contact me, disclaimer, property policy. Intinya, semakin banyak yang dipelajari selama proses pada Mentorship kali ini. Alhamdulilah.

April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter