Kenal lebih dekat Google Search Console

Kenal lebih dekat Google Search Console

Setelah kemarin belajar Google Analytics, maka hari ini akan belajar tentang “Google Search Console”. Apa itu Google Search Console, peran dan manfaatnya pada Blog? Nanti akan saya bahas pada paragraf selanjutnya.

Ngeblog itu ternyata tidak seperti yang kubayangkan sebelumnya, yang hanya nulis lalu diposting, beres. Bahkan aku yang bertahun-tahun menggunakan metode yang salah, sehingga berakibat fatal terhadap kualitas Blog itu sendiri, baru menyadarinya setelah ikut Mentorship Blogging ini.

Metode yang seperti apa sih? dulu aku suka bikin draft tulisan di Google Dokumen (tidak langsung di Blog), termasuk insert gambar, alasannya lebih efektif dan efisien (pikirku saat itu), kalaupun mau posting kan tinggal copy paste, beres. Karena menurutku menulis di Google Dokumen lebih gampang, drafnya pun bisa di zoom dan membuat mata kita nggak lelah. Lah ternyata metode ini salah total dan berakibat fatal, selain banyak elemen dari Google Dokumen yang terangkut di Blog, gambarnya pun nggak bisa responsif. Ini nih baru ketahuan sejak aku mengikuti Mentorship Blogging sejak awal bulan Juni lalu.

Itu baru masalah sepele kan, namun fatal akibatnya. Alhasil, aku pun harus mengedit ulang semua postingan di blog mulai awal. Lumayan lah ada 200 postingan yang harus diedit, sebagian sudah selesai namun sisanya masih banyak lagi.

Senang deh ikutan program ini, yang dulunya aku nggak tahu sama sekali, kini menjadi tahu. Seperti yang sekarang ini mau aku bahas, tentang Google Search Console. Ini pun aku nggak pernah tahu sebelumnya loh, ah beruntungnya aku tidak terlambat untuk memulainya. Sekarang baru kutahu, bahwa ilmu perbloggingan itu sangat luas, banyak yang harus dipelajari untuk meningkatkan kualitas blog yang kita punyai. Yuk! kita kenalan dulu dengan yang namanya Google Search Console.

Apa itu Google Search Console?


apa itu Google Search Console?

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmasters) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Google mengubah nama "Google Webmasters" menjadi "Google Search Console" pada tanggal 20 Mei 2015. Pada bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi baru dari Google Search Console dengan antarmuka dan fitur yang lebih lengkap dari versi lama.

Platform ini memungkinkan kita untuk;
  1. Mengetahui website yang mempunyai traffic tertinggi
  2. Domain yang memberikan link ke website
  3. Mengetahui kinerja website di platform mobile

Manfaat Google Search Console pada Blog/Website

Google Console ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Manfaat Google Search Console

Tidak hanya itu ada beberapa manfaat lagi yang perlu kita ketahui, diantaranya;
  1. Memberikan keyword populer
  2. Mengidentifikasi halaman website populer
  3. Mengetahui datangnya dari mana para pengunjung
  4. Mengetahui gadget yang digunakan untuk mengakses website
  5. Memeriksa gadget yang tidak kompatibel
  6. Mencari tahu backlink ke website
  7. Mengecek broken link
  8. Mencari tahu masalah keamanan website
  9. Melakukan submit ke sitemap Google

Fitur Utama

Fitur utama dari Google Search Console adalah untuk mendaftarkan situs-situs baru ke daftar indeks Google. Ada perbedaan untuk situs dengan hosting blogspot dan hosting selain blogspot:
  • Untuk hosting blogspot, verifikasi akan dilakukan secara otomatis jika email yang terdaftar di Search Console sama dengan email yang terdaftar di Blogger
  • Untuk hosting non blogspot, maka webmaster diwajibkan untuk menambahkan meta tag khusus untuk verifikasi pada susunan HTML situs
Segera setelah proses verifikasi selesai, maka situs sudah secara resmi masuk dalam indeks Google.


perbedaan hosting blogspot dengan non blogspot


Cara menggunakan Google Console pada Blog

Lantas, bagaimana sih cara menggunakannya pada blog kita? Setelah main di websitenya blogspedia.my.id tidak menemukan atau aku yang nggak bisa menemukannya ya, maka aku pun beralih ke website lainnya untuk mendapatkan panduannya.

Berikut langkah-langkah memasang Google Console pada Blog;

1. Login Akun Google

Kebetulan dari awal aku sudah login, jadi langsung ke langkah 2.

2. Buka Webmaster Tools


url Google Console


3. Klik “mulai sekarang”

4. Pilih Jenis Properti

ketik url blog

Di situ dapat kita lihat ada dua jenis properti yang tertera, yakni: Domain dan Awalan Url.

Maka kita pilih kolom “Awalan url” kemudian tambahkan url website/blog kita dan klik tombol “terus”.

Karena aku hosting blogspot, maka proses verifikasinya otomatis seperti  pop up berikut “Kepemilikan diverifikasi otomatis”


verifikasi otomatis


5. Klik “Buka Properti”

6. Kita akan langsung dibawa ke tampilan seperti berikut ini

tampilan halaman google console

Wow, lihat fiturnya! Lengkapnya, banyak keuntungannya jika kita memasang Google Search Console pada Blog/Website kita. Karena hari ini aku baru mendaftar, maka dapat kita lihat pada gambar di atas, bahwa pemrosesan data membutuhkan waktu 24 jam.

7. Buka setting pada dashboard, blog > Search Preferences (Preferensi penelusuran) > Google Search Console. Klik [Edit]

setting pada dashboard

8. Akan muncul halaman Google Search Console, klik [Add a Property]

halaman google console

9. Add Property

10. Pilih “Awalan url” (ulangi seperti langkah no.4)

11. Masukkan URL blog/website kita

Pastikan menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.


masukkan url blog

12. Klik “Terus”

13. Langkah terakhir

Untuk mengecek apakah sudah terdaftar, maka kita bisa klik “Setting/Setelan” jika tampilannya seperti ini, maka artinya kita telah berhasil dalam memasukkan Google Console ke dalam blog kita.


setting berhasil

Referensi:
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter