aprilhatni.com

10+ Tips dan Trik Menggunakan Canva

tips dan trik canva

Canva merupakan platform desain grafis yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Canva memungkinkan pengguna dapat membuat website, majalah digital, mind map, undangan pernikahan, dan konten visual lainnya.

Dengan antarmuka yang intuitif dan beragam fitur yang powerful, Canva memungkinkan siapa pun untuk membuat desain yang menakjubkan tanpa harus memiliki keterampilan desain yang mumpuni.

Namun, untuk benar-benar memaksimalkan potensi Canva, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang berbagai tips dan trik yang dapat menghemat waktu Anda jika digunakan secara konsisten.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih dari 10 tips dan trik yang akan membantu Anda dalam menggunakan Canva secara maksimal.

Tips dan Trik Menggunakan Canva

1. Menyimpan Warna Merek yang Sering Digunakan

Canva memungkinkan pengguna untuk menyimpan warna tertentu di dalam fitur “Brand Kit” atau “Kit Merek”.

Cara ini sangat berguna untuk menjaga konsistensi desain merek Anda, selain itu juga merupakan cara yang bagus untuk menyimpan rangkaian warna lain yang sering Anda gunakan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir lagi mencari kode warna. Bagaimana caranya? Baca artikel sebelumnya “Cara Membuat Brand Kit Canva”.

2. Animasi Instan

Dengan Canva Pro, Anda dapat dengan mudah menambahkan Animasi Instan ke dalam postingan sosial media, presentasi, atau di mana pun Anda perlukan untuk menghasilkan kesan visual yang menakjubkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah cukup klik desain dan membuat animasinya, lalu unduh sebagai GIF atau format video.

3. Remove Background (Penghapus Latar Belakang)

Canva Pro memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat menghapus background gambar secara sempurna. Yang sebelumnya menggunakan tools background remover, kini Anda bisa melakukannya di Canva.

Hanya dengan satu klik pada foto maupun gambar, maka secara kilat background pun terhapus. Selain background, Anda juga bisa menghapus gambar di area tertentu.

4. Gunakan Kode Elemen Rahasia

Hayo, siapa yang pernah mengalami ini? Ketika ingin menggunakan elemen tertentu, tapi sulit menemukannya. Karena tidak mengetahui keyword/kata kunci yang harus dimasukkan dalam menu search element.

Untuk menemukan elemen, Anda bisa menggunakan keyword elemen melalui artikel Inilah 55+ Keyword Elemen Terbaik di Canva.

5. Buat Drop Shadow untuk Menambah Kedalaman pada Gambar

Drop shadow adalah efek grafis yang membuat elemen terlihat lebih tiga dimensi dan “menonjol” pada gambar. Menggunakan editor gambar, buat duplikat teks, lalu ubah menjadi hitam atau abu-abu dengan menggunakan filter.

Hasil buram disejajarkan dengan teks asli untuk menciptakan efek. Nah, untuk poin ini belum ada tutorianya. Insyaallah, segera di artikel selanjutnya. Stay tune, genks!

6. Simpan Elemen Favorit

Canva memungkinkan pengguna untuk menyimpan elemen yang sering digunakan. Fitur ini tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga, sehingga memungkinkan Anda bisa dengan cepat dan mudah mengakses elemen dan template yang sering Anda gunakan.

7. Buat Latar Belakang Gradasi

Gradasi adalah perpaduan bertingkat antara dua warna atau lebih, atau antara dua rona dengan warna yang sama.

Gradasi dapat menambah daya tarik visual pada desain, menjadikannya menonjol dari yang lain. Namun, terkadang mungkin kita ingin membuat gradasi transparan untuk mendapatkan efek tertentu.

Menambahkan gradien dapat memberikan desain Anda nuansa yang lebih alami, dan Anda juga dapat bermain-main dengan menambahkan warna untuk menciptakan tampilan yang menginspirasi.
  • Untuk menambahkan gradasi warna ke latar belakang gambar Anda, cukup cari “Gradien” di bawah tab elemen.
  • Selanjutnya, tambahkan elemen gradien ke desain Anda. Tingkatkan ukuran elemen gradien sehingga menutupi latar belakang gambar Anda.
  • Terakhir, sesuaikan warna gradien.

Untuk tutorial selengkapnya, bisa dibaca di artikel “Cara Membuat Desain Gradasi Transparansi di Canva”.

8. Gunakan Frame untuk Menyesuaikan Gambar

Frame di Canva memungkinkan Anda bisa memotong gambar dan video, serta menyesuaikannya. Caranya cukup mudah!

  • Tambahkan gambar atau media
  • Klik tab “Photo” dari panel samping
  • Gunakan bilah pencarian untuk mencari foto tertentu, atau klik tombol kategori di bawah bilah pencarian untuk menelusuri foto berdasarkan kategori dengan mudah
  • Seret gambar ke bingkai, lalu lepas untuk menambahkannya

Anda dapat menambahkan filter atau efek, dan menyesuaikan pengaturan dan transparansi gambar yang ditambahkan. 

Anda juga dapat menyeret video dan media yang diunggah ke bingkai untuk menambahkannya. Caranya sebagai berikut!
  • Ubah ukuran dan posisikan ulang media yang ditambahkan
  • Klik untuk memilih gambar atau video yang ingin Anda sesuaikan
  • Klik Pangkas dari toolbar di atas editor
  • Pegang salah satu pegangan lingkaran putih di sudut, lalu seret masuk atau keluar
  • Klik “Finish” atau “Selesai” dari toolbar untuk menerapkan perubahan

9. Gunakan Grid untuk Mengatur Gambar

Kisi di Canva berfungsi seperti bingkai tempat Anda meletakkan gambar. Dalam hal komposisi, ini dapat digunakan untuk meregangkan gambar di seluruh desain Anda, menempatkan beberapa gambar secara bersamaan, atau memotong gambar.

Grid yang paling umum digunakan adalah grid bingkai tunggal. Kapan pun Anda menggunakan gambar sebagai latar belakang, Anda harus selalu menerapkan salah satu kisi ini pada desain Anda. Ini memungkinkan Anda menarik dan melepas gambar yang berbeda, namun tetap mempertahankan kode filter atau efek yang unik. Tutorial menyusul di artikel selanjutnya, yess!

10. Buat Website Anda dengan Canva Web

Desain Canva bukan hanya untuk pekerjaan statis. Tentu saja, hal ini bagus untuk postingan media sosial, PDF, poster, dan banyak lagi, tetapi juga dapat digunakan untuk mendesain halaman web dengan cepat!

Tidak hanya itu, Canva juga memungkinkan Anda memiliki situs web satu halaman gratis yang lengkap dengan hosting di servernya! Dengan cara ini, Anda dapat memasang promo produk atau situs kecil dengan kesulitan yang sedikit.

Hal yang menyenangkan tentang membuat hosting situs web di platform ini adalah Anda tidak perlu memikirkan cara mengubah desain yang Anda buat di platform menjadi file CSS; yang harus Anda lakukan hanyalah langsung menggunakan editor bawaannya!

Alat pembuat situs web mengikuti konvensi yang sama seperti editor standar Canva dengan kemampuan seret dan lepas, beragam template, dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam desain.

11. Rekam Presentasi dengan Alat Perekam di Canva

Tak dipungkiri, presentasi live sering dilakukan ketika masa pandemi hingga sekarang. Dengan semakin banyaknya orang yang menghadiri rapat online, merekam presentasi menjadi aktivitas yang penting.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan alat perekam di Canva untuk melakukan presentasi online dengan Canva. Selain itu, Canva juga menyediakan fitur perekaman layar untuk membantu Anda saat melakukan presentasi.

Untuk menambahkan rekaman Anda ke presentasi, silakan buat template seperti biasa, navigasikan ke “Upload files”, lalu “Record yourself”.

Anda akan memiliki pilihan untuk merekam diri Anda sendiri atau membagikan layar secara menyeluruh. Setelah selesai, video Anda akan secara otomatis ditambahkan ke desain Anda.

Namun, sebenarnya ada cara lain yang lebih baik untuk merekam presentasi yang Anda buat di Canva! Caranya  adalah dengan klik tombol “Share” dan kemudian pilih “Present and record”.

Kesimpulan

Canva adalah alat canggih untuk semua jenis karya kreatif, baik yang ditujukan untuk website, presentasi, PDF, gambar, atau postingan media sosial.

Merupakan platform yang ditujukan untuk membuat desain grafis jauh lebih sederhana, Canva memastikan proyek Anda terlihat secara profesional sekaligus cepat dan mudah dibuat.

Dalam hal ini, terkadang tanpa kita sadari ada beberapa fitur di Canva yang biasanya diabaikan, mulai dari fitur yang meningkatkan produktivitas saat Anda mengerjakan desain hingga fitur yang berfokus pada penerbitan dan presentasi hasil.

Selamat mencoba dan semoga beberapa tips dan trik di atas bermanfaat untuk Anda.

Thank You and Have a Nice Day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment