aprilhatni.com

Brand Kit Canva: Apa dan Bagaimana Cara Membuatnya?

membuat brand kit canva

Dalam era digital yang semakin berkembang saat ini, membangun identitas brand menjadi kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

Salah satu alat yang sangat membantu dalam proses ini adalah Brand Kit Canva. 

Namun, apa itu Brand Kit Canva dan bagaimana cara membuatnya? Bagi Anda yang penasaran, baca artikel ini hingga tuntas, ya!

Apa Itu Brand Kit Canva?

Canva adalah platform yang sangat memudahkan bagi mereka yang ingin membuat Brand Kit. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membuat Brand Kit di Canva.

Penting diketahui, proses pembuatan Brand Kit ini jauh lebih sederhana daripada yang dipikirkan orang pada umumnya.

Brand Kit Canva atau Kit Merek adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua elemen desain merek mereka dalam satu tempat yang mudah diakses.

Dengan Brand Kit, Anda dapat menyimpan logo, warna merek, font, dan elemen desain lainnya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya setiap kali Anda membuat desain baru.

Hal ini memastikan konsistensi seluruh materi pemasaran dan membantu menciptakan identitas merek yang kuat dan mudah dikenali.

Dengan Brand Kit Canva, Anda dapat dengan mudah membuat desain yang sesuai dengan merek bisnis Anda tanpa harus mencari kembali elemen-elemen desain tersebut setiap kali Anda membuat sesuatu.

apa itu brand kit canva

Sederhananya, Brand Kit Canva adalah paket materi yang dirancang untuk membantu Anda membangun identitas visual yang konsisten untuk bisnis Anda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Brand Kit ini biasanya mencakup logo, font, warna, dan gambar yang mencerminkan estetika keseluruhan bisnis Anda.

Dengan Kit Merek ini, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen merek tetap memiliki tampilan yang sama.

Manfaat Brand Kit bagi Bisnis/Perusahaan

Ada beberapa manfaat Brand Kit bagi bisnis/perusahaan, di antaranya sebagai berikut.

1. Membangun Identitas Merek

Brand Kit adalah salah satu aspek penting dalam membangun identitas merek yang kuat untuk bisnis Anda.

Dengan memiliki Brand Kit yang baik, Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperkuat kesan profesional, dan membedakan bisnis Anda dari kompetitor/pesaing.

Brand Kit biasanya terdiri dari logo, palet warna, jenis huruf, dan panduan desain yang konsisten untuk digunakan dalam semua materi promosi dan komunikasi bisnis.

2. Citra Bisnis yang Mudah Dikenali

Dengan menggunakan Brand Kit secara konsisten, Anda dapat menciptakan citra yang mudah dikenali oleh pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

manfaat brand kit untuk bisnis

3. Meningkatkan Konsistensi dalam Pemasaran

Selain itu, Brand Kit juga membantu meningkatkan konsistensi dalam komunikasi visual, sehingga memperkuat prinsip merek bisnis Anda.

Jadi, jangan ragu untuk membuat Brand Kit yang sesuai dengan karakter dan nilai bisnis Anda, karena hal ini akan membawa pengaruh besar dalam memperkuat posisi bisnis Anda di pasar.

Cara Membuat Brand Kit di Canva

Seperti biasa, untuk memulainya Anda harus masuk ke akun Canva Anda, jika belum mempunyai Anda bisa mendaftar/register terlebih dahulu.

membuat brand kit canva

Setelah masuk ke akun Canva, klik menu “Brand Kit” yang terletak pada panel dashboard sebelah kiri.

1. Logo

Langkah pertama untuk membuat Brand Kit, tentukan logo terlebih dahulu untuk bisnis Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan dua cara, yakni mengunggah logo dari komputer (jika sudah memiliki) atau membuat logo baru dengan menggunakan template yang tersedia di perpustakaan Canva.

Pilih desain logo yang sesuai atau mencerminkan esensi bisnis Anda, hanya dengan klik desain tersebut untuk menambahkannya ke perangkat Anda.

membuat brand kit canva
Logo Brand Kit aprilhatni.com

Penting untuk diperhatikan, bahwa desain logo adalah bagian penting dalam membangun merek supaya lebih mudah dikenali.

Usahakan logo dibuat sederhana namun profesional, sehingga menonjol dalam segala bentuk komunikasi. Seringkali, logo menjadi elemen branding pertama yang dilihat oleh pelanggan.

2. Palet Warna

Selanjutnya, pilih skema warna yang sesuai dengan logo Anda. Pastikan semua elemen ini konsisten dan saling melengkapi.

Jika Anda tidak mempunyai ide, Canva memiliki perpustakaan tema warna yang dirancang secara profesional yang dapat digunakan untuk memastikan branding Anda terlihat kohesif (berkesinambungan).

cara membuat brand kit canva
Pallete Warna aprilhatni.com

Bila perlu, Anda juga bisa mempelajari tentang teori warna jika mengalami masalah pada proses ini. Warna yang dipilih akan memainkan peranan penting, seberapa efektif keseluruhan branding Anda.

Secara tidak langsung, warna juga dikaitkan dengan emosi tertentu.

Misalnya saja warna merah, diidentifikasikan sebagai warna yang melambangkan keberanian, kekuatan, dan semangat. Warna ini juga sering dikaitkan dengan energi, percintaan, gairah, dan lain-lain.

Sebaliknya, warna hijau identik/memberikan kesan damai, tenang, dan harmonis. Jadi, warna yang dipilih harus selalu selaras dengan merek yang Anda miliki.

3. Tipografi

Selanjutnya adalah pemilihan font (huruf) yang tepat. Seperti proses sebelumnya dalam memilih dan menentukan palet warna, Anda bisa juga menggunakan perpustakaan Canva untuk membantu menemukan font yang paling mencerminkan merek bisnis Anda.

cara membuat kit merek canva
Brand Kit Fonts aprilhatni.com

Penting untuk diperhatikan, saat memilih font sesuaikan dengan tema warna bisnis/perusahaan Anda serta mudah dibaca di berbagai platform.

Penggunaan tipografi yang tepat mempunyai dampak yang lebih besar. Misalnya saja jika sebuah toko yang menjual alat-alat berat menggunakan font yang tipis. Pastinya hal tersebut tidak akan relevan dengan produk yang disediakan toko.

4. Gambar

Pilihlah beberapa gambar yang mencerminkan identitas merek Anda. Foto, ilustrasi, dan grafik semuanya dapat digunakan untuk menonjolkan merek Anda.

Ingat, sebaiknya hanya memilih gambar yang berkualitas tinggi dan menarik secara visual, karena ini akan membantu menciptakan kesan yang kuat terhadap bisnis/perusahaan Anda.

Memilih gambar yang tepat akan sangat membantu dalam hal branding. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menggunakan konten yang tepat.

membuat logo gratis

5. Elemen Visual

Ini termasuk ikon, gambar, tekstur, dan pola terkait merek tertentu. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan elemen, karena jika banyak elemen akan membuat merek terlihat berantakan dan tidak fokus.

6. Elemen Pesan

Elemen pesan yang dimaksud di sini seperti moto dan slogan untuk lebih memperkuat identitas merek Anda. Secara umum, elemen pesan harus mudah diingat dan identik dengan bisnis Anda.

Kesalahan Umum yang Dilakukan dalam Membuat Brand Kit

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat membuat brand kit di Canva adalah menggunakan terlalu banyak warna dan font.

Jika ingin menjaga branding Anda tetap sederhana dan lugas, penting untuk membatasi dengan dua atau tiga warna dan gaya font untuk menjaga konsistensi. Selain itu, pastikan menggunakan gambar dan grafik berkualitas tinggi yang relevan dengan merek Anda.

Kesalahan lain adalah tidak meluangkan waktu untuk mengoreksi semua materi yang telah dibuat. Ini mungkin tampak sepele, namun penting untuk memastikan branding Anda bebas dari typo/kesalahan.

Bagaimana Jika Kesulitan dalam Mendesain?

Jika Anda kesulitan membuat Brand Kit di Canva, tak perlu khawatir! Canva menawarkan beragam template dan tutorial yang dapat membantu dan memandu Anda melalui proses tersebut.

Selain itu, ada banyak sumber daya online yang tersedia untuk memberikan inspirasi dan saran jika Anda merasa kesulitan.

Kesimpulan

Memiliki Brand Kit di Canva merupakan cara yang sangat berguna untuk bisnis apa pun. Hal ini membantu memastikan bahwa semua materi branding konsisten dengan citra bisnis/perusahaan, sangat bermanfaat untuk mendapatkan pengakuan dan loyalitas pelanggan.

Jadi, jika Anda ingin menciptakan identitas merek, Brand Kit Canva adalah pilihan yang tepat. Dan pastikan untuk mengikuti panduan di atas tentang cara membuat Brand Kit di Canva.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat, ya. 
Thank You and Have a Nice Day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment