aprilhatni.com

Inilah 55+ Keyword Elemen Terbaik di Canva untuk Desain yang Lebih Ciamik!

17 comments
keyword elemen gratis canva

Siapa sih yang tak kenal platform desain yang satu ini, selain gratis, platform ini sangat mudah digunakan dan sangat fleksibel (bisa dengan HP, laptop, tablet, maupun komputer).

Ya, Canva adalah platform desain yang sangat lengkap bagi para pembuat konten. Dari desain gambar dasar hingga spanduk dan GIF, Anda dapat melakukan banyak hal dengan Canva.

Yang bisa Anda lakukan melalui Canva, di antaranya adalah;
  • Membuat desain mockup
  • Desain label produk
  • Membuat buku kerja/ Perencanaan / Ebook
  • Poster
  • Selebaran
  • Spanduk
  • Kartu undangan
  • Logo
  • Menjual Template dengan Canva
  • Kolase foto
  • GIF
  • Video seluler
  • Infografis
  • Kartu pos
  • Lembar kerja
  • Sertifikat

Dan, masih banyak lagi lainnya. Namun, jika Anda ingin desain yang lebih menarik dan ciamik, tentunya dengan menambahkan beberapa elemen tertentu yang relevan dengan konsep desain yang Anda buat.

Nah, untuk menambahkan elemen tertentu dibutuhkan keyword agar Anda mudah untuk menemukan elemen yang Anda maksudkan. Saat Anda mengetahui keyword elemen dan mulai menggunakannya, Anda akan melihat betapa mudahnya membuat desain yang menarik dan ciamik.

Agar desain Anda terlihat lebih hidup dan menarik banyak audience yang melihatnya, maka pilihlah elemen terbaik untuk menunjang desain tersebut. Penasaran dengan keyword elemen terbaik di Canva untuk desain Anda? Anda akan menemukan di artikel ini, baca sampai selesai, ya!

Apa itu Elemen Canva?

Sebelum menuju pada elemen terbaik di Canva untuk membuat desain, perlu kita mengetahui apa sih elemen Canva?

apa itu elemen canva

Elemen Canva adalah fitur yang terdapat di Canva yang menjadi salah satu faktor penting yang menunjang keunikan sebuah desain. Bisa dikatakan bahwa, elemen-elemen tersebut menjadi “identitas” visual dari karya yang dapat mengomunikasikan pesan, arti, citra diri, dan sebagainya untuk target audience-nya.

Perlu diketahui, bahwa ada tujuh elemen dasar desain yang perlu Anda ketahui ketika ingin membuat sebuah karya desain. Elemen-elemen tersebut meliputi garis, bentuk, warna, ruang, tekstur, bidang, dan titik. Namun untuk elemen yang terdapat di Canva lebih dari itu, di antaranya gambar, ilustrasi, icon, stiker, foto, dan masih banyak lagi.

1. Garis

Elemen garis dibuat dari beberapa titik yang dirangkai oleh desainer grafis dalam membuat sebuah karya desain. Desainer bebas membuat beraneka bentuk garis, bisa horizontal, vertikal, maupun diagonal. Bisa juga membuat garis melengkung, lurus, dan bebas. Garis juga bisa dalam bentuk zig-zag maupun pola lainnya.

Setiap bentuk atau goresan garis yang dibuat biasanya ada tujuannya. Contohnya adalah garis coretan yang digunakan untuk menggambarkan kekacauan, kegembiraan, dan kebingungan. Sedangkan, garis zig-zag biasanya digambar untuk mengekspresikan kemarahan.

2. Bentuk

Elemen berikutnya adalah bentuk. Bentuk dalam sebuah desain merupakan penggabungan dari garis-garis. Berdasarkan tipe dasarnya, bentuk bisa berupa geometris (segitiga, kotak, lingkaran, dan lainnya), natural (daun, hewan, pohon, manusia, dan sebagainya), dan abstrak (ikon, grafis, dan lainnya).

Sebagai contoh, bentuk geometris dan natural bisa digabungkan untuk menciptakan berbagai elemen desain yang dapat digunakan desainer berkomunikasi dengan target audience-nya. Sehingga, sederhana atau kompleks-nya sebuah karya, bentuk dapat menimbulkan perasaan, menyampaikan pesan, dan menguatkan penekanan pada bagian tata letak.

3. Warna

Warna juga menjadi salah satu elemen desain grafis yang penting. Warna bisa berdiri sendiri sebagai background maupun digabungkan pada elemen lain seperti garis, bentuk, dan tekstur.

Dalam sebuah desain, warna membantu membangkitkan maupun menunjukkan mood suatu karya desain. Desainer memanfaatkan warna untuk menggambarkan subjek, suasana hati, kedalaman, cahaya, dan sudut pandang.

Yang menarik, warna dapat membuat desain lebih hidup dan menakjubkan. Apalagi, sifat warna yang powerful dan jelas mampu menyampaikan pesan dan menarik perhatian target audience ke bagian tertentu dari sebuah karya desain.

Dalam desain, warna dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu warna primer, sekunder, dan tersier. Di samping itu, dikenal pula harmoni warna yang tercipta dari perpaduan dua atau lebih warna, yaitu warna komplementer dan warna analog.

elemen dasar desain grafis

4. Ruang

Ruang bisa dideskripsikan sebagai area di sekitar dan atau antara objek atau elemen desain lainnya. Sederhananya, area yang tidak memiliki gambar/desain akan membentuk ruang.

Secara teknis, elemen desain grafis berupa ruang menjadi akses untuk menambahkan fokus mata atau pandangan audiens ke objek desain.

Sebagai elemen desain grafis, ruang dapat digunakan untuk memisahkan atau mengelompokkan informasi. Bahkan, jika menggunakannya secara efektif, ruang dapat menambah keselarasan dan keseimbangan dari sebuah karya.

Desainer biasanya menggunakan ruang untuk menentukan jarak antara bentuk objek dalam karyanya. Anda perlu mengetahui bahwa dalam satu ruang, ada dua unsur utama desain, yaitu objek dan latar belakang.

5. Tekstur

Tekstur dalam sebuah karya desain ada dua, yaitu tekstur taktil atau nyata dan tekstur visual. Tekstur taktil dalam sebuah desain didefinisikan sebagai rasa sentuhan fisik, misalnya kasar, halus, atau bergaris. Tekstur ini merupakan elemen desain yang dipakai untuk merepresentasikan bagaimana suatu objek terasa atau terlihat.

Sementara itu, tekstur visual adalah nuansa imajiner dari tekstur yang diilustrasikan sehingga menciptakan lebih banyak minat dan pengalaman sensorik yang tinggi.

6. Bidang

Bidang adalah elemen desain grafis berbentuk pipih dua dimensi yang tidak memiliki ketebalan di dalamnya. Bidang hanya mempunyai unsur panjang dan lebar. Dalam desain grafis, bidang dikategorikan dalam beberapa kelompok, yaitu bidang geometri, abstrak, dan alami.

Bidang geometri contohnya adalah kotak, lingkaran, segitiga, dan lainnya. Sedangkan, bidang abstrak adalah bentuk yang ada di alam, contohnya simbol-simbol pada fasilitas umum dan rambu lalu lintas. Sementara itu, bidang bentuk alami diambil dari hewan, manusia, dan tumbuhan yang diambil dari alam.

7. Titik

Titik adalah elemen dasar dalam sebuah desain. Elemen desain ini akan jadi dasar dari elemen lain, misalnya garis, ruang, dan objek lain. Dalam desain, titik mempunyai ciri umum berukuran kecil dengan bentuk yang sederhana. Bentuk umum titik dalam desain adalah lingkaran sederhana tanpa ada sudut.

Dalam sebuah desain, titik merupakan elemen yang penting karena memiliki fungsi sebagai fokus dari tampilan visual. Titik juga bisa digunakan untuk menarik perhatian audiens dari segi pengamatan.

Tak sedikit desainer yang mengawali karya desainnya dengan sebuah titik. Pasalnya, titik memang menjadi dasar elemen lain seperti garis. Kalau desainer ingin membuat garis dalam karya desainnya, maka garis tersebut bisa dimulai dari titik.

Kegunaan Elemen di Canva

Seperti yang telah dijelaskan di atas, elemen dalam sebuah desain digunakan oleh seorang desainer untuk menyampaikan pesan, menarik perhatian mata yang melihat, dan membangkitkan perasaan tertentu.

Di Canva sendiri mungkin ada ribuan atau mungkin jutaan elemen yang bisa Anda gunakan untuk desain Anda agar lebih menarik dan ciamik.

Untuk mendapatkan elemen yang dimaksud, maka perlu mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu pada menu di Canva. Bagaimana caranya?

Cara Mencari Keyword Elemen di Canva

Nah, kalau yang ini aku yakin semua pasti sudah tahu, kan? Ya, untuk mencari keyword elemen di Canva, yang harus Anda lakukan pastinya adalah login terlebih dahulu di akun Canva.

Kemudian, Anda bisa dengan mengetikkan kata kunci apa pun, termasuk yang terdapat dalam artikel ini ke dalam menu pencarian “Elemen” dan Anda akan langsung disajikan dengan grafik, ilustrasi, foto, dan video yang menakjubkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa keyword elemen terbaik di Canva yang bisa Anda coba!

55+ Keyword Elemen Terbaik di Canva

Berikut adalah beberapa ide keyword elemen terbaik Canva yang aku pilih secara acak, tetapi jika hal itu menghabiskan waktu, Anda dapat menemukan ide keyword elemen yang relevan dengan mudah. Namun, ada trik untuk itu!

Misalnya Anda membuat ilustrasi, maka tips terbaik adalah dengan menggunakan keyword yang berhubungan dengan ilustrasi, karya seni digital, kreativitas, dan sebagainya.

Namun, sekali lagi bahwa ini adalah tentang seberapa kreatif Anda. Anda harus menemukan elemen dan ide untuk desain yang unik dan kreatif untuk mempercantik desain agar lebih ciamik!

Pada dasarnya, Anda dapat mengetikkan kata apa pun di bagian elemen dan Canva akan menampilkan elemen atau ikon. Namun, terkadang, kita tidak tahu kata apa yang harus diketik untuk elemen. Saat itulah Anda harus sedikit kreatif untuk mengetahui kode-kode tersembunyi dan menggunakan kata kunci (keyword ) tersebut.

Untuk itu, berikut beberapa ide keyword elemen terbaik di Canva yang bisa Anda gunakan! Sebenarnya daftar elemen-elemen berikut masih kebanyakan berbayar (mengharuskan Anda upgrade ke Canva Premium), bagi Anda pengguna Canva gratis bisa menyesuaikannya (pilih elemen tanpa tanda “crown”), ya! 

Atau mungkin bisa nebeng teman atau saudaranya yang guru (yang mempunyai akun Canva Pendidikan), sepertiku yang saat ini nebeng akun adik yang kebetulan guru SD, hehe… Sehingga bisa menggunakan seluruh elemen Canva secara gratis.

Ok, lanjut ya. Berikut daftar keyword elemen di Canva untuk menunjang desain yang Anda buat!

1. Keyword Elemen Canva kategori Latar Belakang dan Elemen Tekstur

keyword elemen canva background

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut ini:

  • Background + color (ie. Background purple)
  • Geometric background
  • Neutral background
  • Paper background
  • Paper texture
  • Pastel aesthetic background
  • Plain background
  • Simple background

2. Keyword Elemen Canva kategori Kertas, Scrapbook, dan Kolase

keyword elemen canva untuk desain paperbook

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut ini:
  • Brown paper
  • Canvapaperframes
  • Canvascrapbook
  • Canvatexturize
  • Collage elements
  • Collage letters
  • Cutout
  • Dried
  • Flat letter cutout
  • Newpngelement
  • Photostickynote
  • Ripped paper
  • Scrapbook
  • Sticky note
  • Tape
  • Torn paper
  • Washi tape

3. Keyword Elemen Canva kategori Tipografi, Huruf, dan Elemen Kutipan

kata kunci elemen terbaik canva

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut ini:
  • Balloon letters
  • Canvapsychedelicslogans
  • Cutout letter
  • Hand lettering
  • Magazine letters
  • Neon words
  • Nostalgiatype
  • Pinoy sign board
  • Pinoy quotes
  • Scrapbook letters
  • Quotedecor
  • Typography

4. Keyword Elemen Canva untuk Elemen Tebal dan Warna-warni

keyword elemen gratis canva

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut ini:
  • Bold foliage
  • Bright food
  • Bright leaves
  • Brutalist
  • Canvageometricdiversity
  • Playful
  • Vaporwave
  • Vivid contrast objects

5. Keyword Elemen Canva kategori Elemen Dekorasi Aesthetic dan Desain Abstrak

Daftar berikut berisi keyword elemen aesthetic, bentuk, elemen abstrak. Setelah Anda mencari keyword di menu “Elemen”, Anda akan diminta untuk memilih kategori (yaitu Grafik, Foto, Video). Anda akan menemukan pilihan elemen yang paling relevan dalam kategori “Grafik”.

a. Elemen Desain Aesthetic

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut:
  • Aesthetic
  • Aesthetic shapes
  • Blob
  • Daily planner
  • Duo color avatar
  • Freeformpro
  • Glitter
  • Psychedelic blobs
  • Scribble
  • Simplifiedillo
  • Terrazo texture
keyword elemen canva


b. Bentuk, Garis, dan Elemen Abstrak

Di menu “Elemen” di Canva, ketikkan keyword berikut:
  • Abstract art
  • Abstract line
  • Abstract shapes
  • Abstractline
  • Abstractwavylines
  • Canvaabstractshapes
  • Freeform
  • Irregular shapes
  • Scribbleborders
keyword elemen terbaik canva

Tips lain: Kode brand Canva untuk Desain Aesthetic dan Abstrak
Ketikkan kode brand Canva berikut ke dalam bilah pencarian “Elemen” untuk mendapatkan gaya grafis yang lebih abstrak dan aesthetic:
  • brand:BAC7sHtInNs
  • brand:BAD695DwEDM

Nah, itulah beberapa keyword elemen terbaik di Canva yang akan membuat desain Anda lebih menarik dan ciamik, tentunya! Jika Anda merasakan manfaat dari postingan ini, jangan lupa share artikel ini kepada orang-orang yang Anda kenal.

Selamat mencoba, ya! Have a great day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

17 comments

  1. Elemen-elemen yang bisa mendukung kita membuat infografis cakep. Makanya memang demen deh pakai Canva

    ReplyDelete
  2. Canva ini jadi andalan saya, Mbak, terutama untuk banner blog. Namun jujur saya belum menguasai, dan baru menggunakan seperlunya saja. Apalagi saya masih pakai gratisan hehehe. Terus saya bisanya kalau pakai di laptop. kalau di hape, saya agak belibet.

    ReplyDelete
  3. Jadi makin mantep lagi nih berkreasi dengan canva kalau sudah menemukan berbagai elemen cakep begini. Jadi siap untuk berkreasi dan menemukan banyak ide lagi untuk konten

    ReplyDelete
  4. Wah iya, elemen-elemen di canva ini membuat desain kita makin menarik
    Makasih sudah berbagi keyword soal elemen canva ini

    ReplyDelete
  5. Karena aku penganut desain yang heboh nan mencolok, aku seneng kalo ada gliitery-nya gitu. Di artikel ka April, jadi banyak keyword yang bisa digunakan ketika mendesain. Ini bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  6. Tos mba saya juga pengguna Canva setiap hari jadi banyak banget referensinya, seru banget yang suka desain sederhana dan basicnya bukan design gambar maka Canva bisa jadi salah satu pilihan untuk membuat desain, apalagi yang Canva Pro banyak sekali pilihannya

    ReplyDelete
  7. wah makasih rekomendasinya, mbak. saya suka bingung kalau nyari elemen di canva ini mungkin salah keyword ya jadinya nggak ketemu yang cakep

    ReplyDelete
  8. Wah betul mba ini tuh seperti pegangan saat cari desain di Canva. Kadang kita pengen sesuatu, tapi bingung kata kuncinya apa biar nemu

    ReplyDelete
  9. Keren! Terimakasih semua informasinya. Selama ini saya suka acak sendiri aja random kalau cari elemen dan menggunakan keyword. Setelah dapat bocoran ini, bakalan lebih banyak lagi nih elemen bagus yg bisa kita dapatkan ya

    ReplyDelete
  10. perlu banget nih di save keywords di canva, kadang kalo lagi ngedesain suka stuck gitu tetiba harus nyari apa yang di pengen ya kata kuncinya, akhirnya yang nyerempet aja, hehe

    ReplyDelete
  11. perlu banget nih di save keywords di canva, kadang kalo lagi ngedesain suka stuck gitu tetiba harus nyari apa yang di pengen ya kata kuncinya, akhirnya yang nyerempet aja, hehe

    ReplyDelete
  12. Wow Canva punya banyak fitur yg menarik, pengen explore terus tapi ga habis2.. Sekrg saya sering edit video di Canva karena bisa tanpa watermark

    ReplyDelete
  13. Senang sekali dengan banyaknya elemen canva yang bisa dipilih. Berkreasi menjadi begitu mudah. Meskipun gratisan, saat kita bisa memadu padankan bisa menghasilkan karya yang bagus

    ReplyDelete
  14. wah kudu di save nih, emang cantik-cantik ya kalau nemu keyword yang pas, makasih mbak

    ReplyDelete
  15. Waaaahm ini sangat membantu Kak. Asyik banget ini udah dilist kata kunicnya. Makasih bnayak Kak Aprillll

    ReplyDelete
  16. mantap nih. bisa jadi rekomendasi keyword pas bikin ilustrasi buat konten blog. jadi lebih variatif gitu gambar atau infografisnya

    ReplyDelete
  17. Canva emang penyelamat banget, kalau emang client butuhnya urgent dan pengen cepet-cepet selesai, aku biasanya pakai canva ketimbang Photoshop karena emang bisa lebih cepat siap hahaha, tapi ya memang kalau mau desain yang super duper kompleks harus balik lagi ke photoshop. BTW thanks banget nih kak untuk keyword-keyword penting di Canva, mantap mantap banget element desainnya pakai keyword yang dikasih hihihihi.

    ReplyDelete

Post a Comment