aprilhatni.com

Cara Simpan Elemen Canva Favorit agar Lebih Efisien

Post a Comment
simpan elemen canva favorit

Sebagai platform desain grafis populer, Canva memungkinkan pengguna membuat berbagai macam desain, mulai dari grafik media sosial hingga kartu nama. Salah satu fitur yang paling berguna dari platform ini adalah kemampuan untuk menyimpan elemen dan template favorit untuk digunakan di masa mendatang.

Fitur ini tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga yang memungkinkan Anda bisa dengan cepat mengakses elemen dan template yang sering Anda gunakan dengan mudah.

Menyimpan elemen dan template favorit Anda di Canva adalah proses sederhana yang dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik. Dengan memberi "Star" pada elemen dan template favorit, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari panel editor tanpa harus mencarinya setiap kali Anda membutuhkannya.

Fitur ini sangat berguna terutama bagi mereka yang sering menggunakan Canva dan ingin menyederhanakan proses desainnya. Bagaimana caranya? Selengkapnya diulas di artikel ini.

Apa itu Elemen Canva?

Elemen Canva adalah elemen desain yang dapat Anda tambahkan ke proyek desain Anda di Canva. Ini termasuk gambar, ikon, ilustrasi, dan banyak lagi.

Elemen Canva ini tersedia di perpustakaan Canva dan dapat dengan mudah ditambahkan ke desain Anda hanya dengan beberapa klik. Elemen Canva dirancang untuk membantu pengguna membuat desain yang terlihat profesional dengan cepat dan mudah.

Mengapa Harus Simpan Elemen Canva Favorit?

Menyimpan Elemen Canva favorit adalah cara untuk menghemat waktu dan tenaga Anda. Saat Anda menyimpan elemen, Anda dapat mengaksesnya kembali dengan mudah tanpa harus mencarinya di perpustakaan Canva.

menyimpan elemen canva

Hal ini bisa sangat membantu jika Anda sering menggunakan elemen tertentu dalam desain Anda. Dengan menyimpan elemen favorit, Anda dapat menyederhanakan proses desain dan membuat desain dengan lebih efisien.

Selain menghemat waktu, menyimpan Elemen Canva favorit juga dapat membantu menjaga konsistensi dalam desain Anda. Dengan menggunakan elemen yang sama dalam beberapa desain, Anda dapat menciptakan tampilan dan nuansa yang kohesif di seluruh desain Anda.

Hal ini menjadi sangat penting jika Anda membuat desain untuk sebuah brand atau bisnis.

Secara keseluruhan, menyimpan elemen Canva favorit adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan alur kerja desain dan membuat desain terlihat lebih profesional.

Cara Simpan Elemen Canva Favorit 

Menyimpan elemen favorit Anda di Canva adalah cara terbaik untuk menyederhanakan proses desain, mempercepat, serta mempermudah pembuatan desain baru.

Berikut cara simpan elemen Canva favorit hanya dalam tiga langkah sederhana:

1.Temukan Elemen

Untuk menyimpan elemen Canva ke dalam folder favorit, Anda harus menemukannya terlebih dahulu di editor Canva. Caranya adalah dengan menelusuri elemen menggunakan bilah pencarian di bagian atas editor lalu ketik keyword elemen yang akan disimpan, atau dengan menelusuri berbagai kategori elemen di sisi kiri editor.

2. Klik Elemen

Setelah Anda menemukan elemen Canva yang ingin disimpan, cukup klik elemen tersebut untuk memilihnya. Ini akan memunculkan menu opsi untuk elemen tersebut, termasuk opsi untuk menyimpannya ke favorit Anda.

simpan elemen canva terbaik

3. Simpan Elemen ke Favorit 

Untuk menyimpan elemen Canva ke favorit Anda, cukup klik starred/tanda bintang di menu elemen. Ini akan menambahkan elemen ke favorit Anda, yang dapat Anda akses kapan saja dengan mengeklik tombol “Starred” di menu sebelah kiri editor Canva.

Dengan menyimpan elemen favorit, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya lagi di lain waktu tanpa harus mencarinya lagi. Cara ini dapat menghemat banyak waktu dan membuat proses desain Anda jauh lebih efisien.

cara simpan elemen canva

Selain menyimpan elemen individual, Anda juga dapat menyimpan seluruh template ke favorit, yang bisa menjadi cara jitu untuk membuat desain baru dengan cepat berdasarkan template yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Untuk menyimpan template ke favorit Anda sama dengan cara simpan elemen Canva tadi, cukup klik tombol “Starred” di menu template.

Mengatur Elemen Canva Favorit

Setelah Anda menyimpan elemen favorit di Canva, penting untuk mengaturnya agar Anda dapat menemukannya dengan mudah nanti. Berikut beberapa tips tentang cara mengatur elemen favorit Anda:

1. Membuat Folder

Untuk membuat folder baru di Canva, klik tombol “Project” di sebelah kiri layar, lalu “Buat Folder” untuk membuat folder dari kumpulan elemen Canva favorit yang sudah tersimpan tadi. Beri nama folder sesuai jenis elemen yang akan Anda simpan di dalamnya. Misalnya, folder dalam contoh berikut bernama “Leaf Aesthethic ” untuk menyimpan semua gambar daun.

cara mudah simpan elemen canva

2. Mengganti Nama Folder

Jika ada yang perlu diganti, Anda juga bisa mengganti nama folder tersebut dengan cara klik tiga titik di sebelah nama folder, lalu klik tanda pensil untuk mengganti nama folder.

Menghapus Folder

Selain mengganti nama, Anda juga bisa menghapus folder tersebut jika sudah tidak diperlukan lagi. Caranya dengan mengklik tiga titik di sebelah nama folder dan pilih “Delete”. Perlu diingat, bahwa menghapus folder juga akan menghapus semua elemen yang disimpan di folder tersebut, jadi pastikan untuk memindahkan elemen penting apa pun ke folder lain sebelum menghapusnya.

elemen canva aesthetic

Dengan membuat, mengganti nama, dan menghapus folder, Anda dapat mengatur elemen favorit Anda dan mudah ditemukan di Canva.

Mengakses Elemen Canva Favorit

Setelah menyimpan seluruh elemen Canva favorit, selanjutnya bagaimana cara mengakses elemen yang sudah tersimpan tadi? Anda bisa mengaksesnya dengan cara berikut ini.

1. Buka Canva dan klik fitur “Starred” di sisi kiri layar atau folder yang telah dibuat tadi.
2. Anda akan melihat semua elemen yang Anda simpan sebagai favorit. Gulir daftar untuk menemukan elemen yang ingin Anda gunakan.
3. Klik pada elemen untuk menambahkannya ke desain Anda. Selesai, deh!

simpan elemen canva

Itulah beberapa cara simpan elemen canva fovorit yang bisa Anda coba. Secara keseluruhan, menyimpan elemen dan template favorit Canva adalah cara sederhana dan efektif untuk menyederhanakan proses desain dan mempermudah pembuatan desain baru dengan cepat dan efisien. 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!
Thank You and Have a Nice Day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment