aprilhatni.com

6 Tips Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

17 comments
artikel seo friendly

Mengawali tahun 2024 kali ini, BRT Network mengadakan kelas blogger (lagi) yang bertajuk “BRT Growth Organic”. Alhamdulillah senang rasanya dapat kesempatan kesekian kali untuk bisa mengupgrade ilmu blogging bersama BRT Network.

BRT Growth Organic Class ini akan berlangsung selama 3 bulan, mulai bulan Januari hingga Maret 2024. Belajar apa saja di kelas ini? Pastinya belajar hal yang berkaitan dengan blogging. 

Untuk materi pertama (bulan Januari) kemarin, kami sudah belajar tentang Topic Authority dan Topic Cluster, yang dipandu oleh Kak Monica Anggen, kemudian dilanjutkan materi kedua (awal bulan Februari) kami belajar penerapan teknik SEO artikel di blog.

Materi diberikan setiap hari Senin (setiap minggu sekali), selain tugas ada pun kewajiban bagi setiap peserta yakni menulis artikel organik di blognya selama 3 bulan, dengan jadwal posting seminggu 2 artikel.

Di tahun-tahun sebelumnya, aku pun ikut kelas BRT lainnya, seperti kelas yang mengulas tentang Google Analytics UA dan Google Search Console (di tahun 2021), dan kelas Cara Pasang Google Analytics 4 di tahun 2023.

Sebagai seorang blogger, memang seharusnya wajib mengupgrade ilmu tentang blogging, apalagi algoritma Google sering update. Oleh karena itu, jika ingin blog/website mendapatkan posisi di halaman pertama kita pun harus paham yang diinginkan oleh mesin pencari favorit manusia sejagat raya ini, hehe…

Agar mendapatkan ranking/posisi pertama di halaman mesin pencarian, maka yang perlu dilakukan adalah menulis artikel yang berkualitas dan menerapkan teknik SEO pada artikel tersebut.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel blog yang SEO friendly dan berkualitas? Berikut adalah rangkuman dari Kelas Blogger BRT Network tentang SEO Friendly Articles for Growth Blogger Class yang dipandu oleh Kak Monica Anggen.

Namun sebelum membahas tentang cara menulis artikel SEO friendly, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa sih artikel yang berkualitas itu?

Apa itu Artikel yang Berkualitas?

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang disusun dengan baik, informatif, dan relevan. Artikel tersebut sebaiknya memiliki konten yang orisinal dan bermanfaat bagi pembaca.

Selain itu, artikel yang berkualitas juga seharusnya mudah dipahami, memiliki struktur yang jelas, juga disertai dengan referensi yang mendukung informasi yang disampaikan.
artikel seo adalah
Dengan menghasilkan artikel yang berkualitas, pembaca akan mendapatkan nilai tambah dan pengetahuan yang berguna dari setiap bacaan yang mereka nikmati.

Artikel yang berkualitas memiliki beberapa ciri khas, di antaranya adalah:
  • Relevan: Artikel berkualitas selalu relevan dengan topik yang dibahas. Isi artikel harus memberikan informasi yang berguna dan penting bagi pembaca.
  • Fakta dan Data: Artikel berkualitas didukung dengan fakta dan data yang valid. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap informasi yang disajikan.
  • Tata Bahasa yang Baik: Artikel yang berkualitas seharusnya ditulis dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Hindari penggunaan kalimat yang ambigu atau tidak jelas.
  • Struktur yang Jelas: Artikel berkualitas biasanya memiliki struktur yang jelas, seperti pengantar, isi, dan kesimpulan. Pembaca akan lebih mudah memahami informasi yang disajikan jika artikel memiliki struktur yang teratur.
  • Sumber yang Terpercaya: Artikel berkualitas selalu menyertakan sumber referensi yang terpercaya. Hal ini penting untuk menjamin keabsahan informasi yang disampaikan.

Dengan memberikan nilai tambah yang konsisten kepada pembaca, artikel berkualitas dapat membantu memperkuat hubungan antara penulis dan audiensnya serta memperluas jangkauan dan dampak dari konten tersebut.

Namun, dalam menulis artikel blog orientasi kita adalah agar artikel masuk di halaman pertama mesin pencarian (laman Google), dibaca banyak orang, sehingga kebermanfaatannya pun meluas.

Untuk mendapatkan ranking/posisi di halaman pencarian Google, yang perlu dilakukan tak hanya membuat artikel yang berkualitas saja, melainkan juga harus menerapkan kaidah/teknik SEO friendly. Lalu, apa itu teknik SEO friendly yang diterapkan di artikel blog dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat SEO adalah teknik optimasi yang dipakai oleh para pemilik website agar website yang mereka kelola berhasil menempati posisi terbaik di laman mesin pencari.
seo adalah
Di era digital saat ini, memiliki blog yang ramah pengguna dan dioptimalkan untuk mesin pencari (SEO) sangatlah penting.

Artikel blog yang berkualitas dan SEO friendly tak hanya menarik pembaca, tetapi juga membantu meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian. Semakin naik posisinya, semakin bagus pula trafik sebuah website.

Oleh karena itu, perlunya tips menulis artikel SEO friendly bagi pemilik blog maupun website supaya dapat menempati posisi terbaik di laman pencarian.

Tips Menulis Artikel Blog SEO Friendly

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan memperhatikan kaidah SEO. Menulis artikel SEO friendy berarti menulis agar dibaca oleh Google, membuatnya mudah untuk mendapatkan peringkat halaman, berada di halaman pertama.

Namun, jika tidak ada yang membacanya atau jumlah tampilan halaman yang sedikit, dan hanya mendapatkan sedikit klik, apa yang harus kita lakukan? Maka lakukan beberapa hal yang penting. Ada dua hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis artikel SEO friendly.

Pertama adalah fokus pada konten yang mengutamakan pengguna (People First Content). Kedua, mengevaluasi konten dan kualitas konten melalui berbagai pertanyaan (Content and Quality Questions).

1. People First Content (Konten yang Mengutamakan Pengguna, Bukan Mesin Pencari)

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis artikel SEO friendly adalah konten yang dibuat ditujukan untuk memberikan manfaat kepada pengguna, bukan untuk mendapatkan peringkat mesin telusur di hasil penelusuran teratas.
tips menulis artikel seo
Konten tersebut mencakup beberapa poin seperti tersebut di bawah ini, di antaranya:
  • Useful: Konten yang bermanfaat bagi pengguna, bukan mesin pencari.
  • Enlightening & inspiring: Konten yang memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca.
  • Giving solutions: Konten yang memberikan solusi atas pertanyaan pengguna.
  • Adding knowledge: Konten yang dapat menambah pengetahuan bagi pengguna.
  • Get to know E-E-A-T and the quality rater guidelines: Konten yang menunjukkan aspek “experience, expertise, authoritativeness, and trustworthiness” (pengalaman, keahlian, otoritas, dan kredibilitas).

2. Content and Quality Questions

Kemudian langkah kedua yang harus diperhatikan dalam menulis artikel SEO friendly adalah mengevaluasi konten berdasarkan beberapa pertanyaan untuk mengukur apakah konten tersebut bermanfaat dan terpercaya, melalui pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

  • Apakah konten memberikan informasi, pelaporan, riset, atau analisis asli?
  • Apakah konten memberikan deskripsi topik yang penting, lengkap, atau komprehensif?
  • Apakah konten memberikan analisis mendalam atau informasi menarik yang lebih dari apa yang sudah dijelaskan?
  • Jika berasal dari sumber lain, apakah konten terbebas dari tindakan penyalinan atau penulisan ulang sumber tersebut dan memberikan nilai tambah serta keaslian yang bermanfaat?
  • Apakah judul utama atau judul halaman memberikan ringkasan konten yang deskriptif dan bermanfaat?
  • Apakah judul utama atau judul halaman tidak bersifat berlebihan?
  • Apakah konten memberikan nilai penting saat dibandingkan dengan halaman lain di hasil penelusuran?
  • Apakah konten tidak memiliki masalah ejaan atau gaya bahasa?
  • Apakah konten dibuat dengan baik, tidak dengan acak-acakan atau terburu-buru?
  • Apakah konten diproduksi secara massal atau disebarkan ke jaringan situs yang luas, sehingga setiap situs maupun halaman tidak mendapat cukup penanganan atau perhatian?

Jika jawaban dari beberapa pertanyaan di atas “ya”, kecuali pertanyaan terakhir, maka konten yang Anda buat sudah memenuhi kaidah SEO friendly. Agar lebih yakin cara menulis artikel SEO friendly, ada pun beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Tips Menulis Artikel Blog SEO Friendly

Untuk menulis artikel SEO friendly, langkah pertama adalah tentukan target keyword/kata kunci artikel yang akan ditulis.

1. Target Keyword (Targeted Keyword)

Cara menentukan target keyword bisa dilakukan seperti di bawah ini.
  • Identifikasi keyword berdasarkan search volume (jumlah di dalam pencarian), keyword difficulty (tingkat persaingannya), average monthly clicks (rata-rata klik per bulan), user intent (konten sesuai yang diinginkan user), dan target audience (target audiens).
  • Untuk mengidentifikasi keyword, gunakan alat/tools research keyword seperti SERP, Ahrefs, atau bisa memanfaatkan fitur People Also Ask (PAA) pada laman pencarian.
  • Kombinasikan short-tail keyword dan long-tail keyword yang terdapat di laman pencarian.
  • Pastikan penggunaan kata kunci tidak berlebihan (mengulang-ulang keyword yang sama), sehingga terjadi penumpukan keyword dan terdeteksi spam.
long tail keyword
*Short-tail keyword
adalah frasa kata kunci yang terdiri dari satu hingga tiga kata, umumnya digunakan untuk meningkatkan visibilitas suatu artikel di mesin pencari.

Contoh: jika Anda menulis artikel tentang “tips kebugaran”, short-tail keyword untuk artikel tersebut bisa berupa “tips kebugaran”, “kebugaran”, atau “olahraga sehat”.

*Long-tail keyword adalah frasa kunci yang lebih panjang dan spesifik, dibandingkan dengan kata kunci umum.

Contoh: jika kata kunci umum adalah “pakaian wanita”, maka long-tail keyword-nya bisa menjadi “trend pakaian wanita musim panas 2021”.

Strategi Penyebaran Keyword (Keyword Distribution Strategy)

Untuk menulis artikel yang ramah SEO, ada beberapa strategi dalam penyebaran keyword, di antaranya melalui:
  • Judul Artikel (Article Title)
  • Paragraf Pertama (First Paragraph)
  • Bab pertama pada artikel (Headings)
  • URL/Slug
  • Alt Text Image
  • Meta Description
  • Body Article
  • Penutup
Ingat! Tidak mengulang dari keyword utama, melainkan bisa menggunakan keyword dari short-tail, long-tail, turunannya, dan bisa persamaannya.

2. Struktur Artikel

Tips kedua dalam menulis artikel SEO friendy adalah dengan menerapkan struktur artikel seperti tersebut di bawah ini.
artikel seo friendly
  • Artikel sebaiknya listicle: Menggunakan penomoran atau poin-poin untuk menjelaskan beberapa hal di dalamnya.
  • Gunakan struktur heading: H1, H2, H3, dan seterusnya.
  • Dalam menulis artikel, usahakan paragrafnya tidak terlalu panjang (2-3 kalimat) saja.
  • Menulis artikel minimal 750 kata.

3. Judul (Headline)

Dalam menulis artikel SEO, di bagian judul sebaiknya memuat beberapa poin di bawah ini, di antaranya:
  • Judul artikel harus memuat keyword/kata kunci utama
  • Panjang judul sebaiknya tidak lebih 65 karakter
  • Meta title/url sebaiknya antara 50-60 karakter, supaya tidak terpotong di SERP

4. Optimasi URL (Meta Title)

Selain itu, adapun hal lain yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel SEO friendly.
  • Panjang URL seharusnya di antar 50-60 karakter
  • Mengandung keyword utama
  • Hindari penggunaan nomor pada URL

5. Meta Deskripsi (Meta Description)

Artikel SEO friendly, juga menyertakan meta deskripsi dengan aturan seperti berikut ini.

  • Sebaiknya tidak lebih dari 155 karakter, supaya tidak terpotong di SERP
  • Gunakan kalimat aktif, unik, dan relevan dengan keyword
seo meta deskripsi

6. Gambar (Image)

Terakhir, dalam menulis artikel blog SEO friendly perlu juga memperhatikan penggunaan gambar yang meliputi:

  • Penggunaan gambar di dalam artikel sebaiknya ukurannya tidak lebih dari 100Kb, dengan dimensi 1280 x 750 pixels atau menyesuaikan dengan template blog/website masing-masing.
  • Gunakan format webp untuk ekstensi gambar: Format ini biasanya digunakan untuk mengompresi gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas gambar. Keuntungan menggunakan format webp adalah dapat membantu mempercepat waktu loading halaman website karena ukuran file yang lebih kecil. Dengan menggunakan format webp, pengguna dapat menikmati gambar yang berkualitas tinggi tanpa harus menunggu waktu loading yang lama.
  • Bebas dari copyright atau jika Anda menggunakan gambar orang lain, maka cantumnya kredit/sumbernya.
  • Edit gambar dengan logo.
  • Jika memungkinkan, buat infografis dengan menggunakan premium image.
  • Gunakan Alt text untuk image.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menulis artikel blog yang berkualitas dan SEO friendly. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, ya!

Last but not least, terima kasih buat Kak Monica Anggen beserta pasangan (Kak Pewe), telah berbagi ilmu, insight, dan lainnya di Kelas Blogger BRT Network kali ini. Semoga menjadi amal jariyah buat keduanya, Aamin Ya Rabbal Alamin.

Rasanya sudah tidak sabar lagi untuk menunggu materi selanjutnya dan tentunya dengan tugas kelas yang dapat membantu blog aprilhatni.com semakin stunning dan berkualitas, Aamin Ya Rabbal Alamin.

Referensi:
Guidelines SEO Friendly Articles for Growth Blogger Class - Monica Anggen (Kelas BRT Network)
Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog - SIP Publishing
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

17 comments

  1. Ternyata artikel SEO friendly dan berkualitas tuh memang harus mendahulukan bahwa kita menyediakan bahan bacaan untuk manusia. Sehingga penting banget mempertimbangkan kedalaman informasi yang ingin kita bahas di artikel ya.

    ReplyDelete
  2. Kemarin juga ikutan kelas SEO ini sama BRT, alhamdulillaah.. tulisan mba April beneran lengkap euyy! Hahaha

    ReplyDelete
  3. Ya ampun mba, lengkap sekali ya pembahasannya! Kalau aku pribadi biasanya agak tricky kalau mau melakukan SEO optimize untuk postingan blog yang bersifat pribadi hehe

    ReplyDelete
  4. Saya senang sekali juga kalau ada kelas di BRT. Ilmu saya di dunia blog jadi bertambah. Dan untuk seputar SEO ini, saya pun masih terus belajar, Mbak. Karena faktor U, jadi pelan-pelan dirasakan dan dipraktikkan ilmunya. Yang saya tanamkan sekarang, menulis untuk manusia, bukan untuk mesin.

    ReplyDelete
  5. Menulis artikel dengan SEO memang diperlukan agar artikel kita bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Ini sih yang perlu dirutinkan, walau kadang daku suka lupa hihi

    ReplyDelete
  6. Haturnuhun ka April untuk resumenya.
    Aku jadi paham sekarang mengenai pentingnya memilih short or long-tail. Dan untuk menyasar keyword tertentu tentunya riset keyword ini kudu dilakukan.
    Sama satu lagi, aku baru tau ternyata meta desc tuh bisa berupa kalimat gitu yaa.. Selama ini aku nulis keyword.

    ReplyDelete
  7. Wah ada kelas lagi ya. Mau ikutan tapi belum bisa waktunya hiks. Untuk sementara baca artikel di sini. Makasih sharing ilmunya.

    ReplyDelete
  8. waaah ini kalau dipraktekkn bkalan bikin tulisan kita semakin bagus dibaca manusia juga dibaca oleh mesin. Kalau belum bisa semuanya boleh dipraktekin dikit dikit dan lama lama pasti jadi kebiasaan banget

    ReplyDelete
  9. Menulis biar enak dibaca dan bisa mendulang traffic serta muncul di pencarian google, harus mengeluarkan segala effort agar menarik. Jangan sampai isi tulisannya gak ada pesan yg tersampaikan karena datanya kurang valid.

    ReplyDelete
  10. Wah, lengkap ini
    Aku mau coba praktikin teknik seo ini
    Biar artikel blog ku seo friendly

    ReplyDelete
  11. Senang bangeeett, berasa diingatkan kembali untuk menikmati proses menulis artikel yang bukan dikhususkan untuk menyuapi mesin pencari melainkan benar-benar untuk diinikmati oleh pembaca real. Aih ... kadang terlupa nih aku untuk meletakkan keyword di paragraf pertama. Agak tricky nggak sih biar kalimatnya akhirnya nyaman dibaca?

    ReplyDelete
  12. Jadi auto ngecekin blog aku udah bener belum ya seo on pagenya. Artikel sih aku sadar diri banyak yang belum berkualitas ... apalagi yang dulu-dulu awal ngeblog. Makasih banyak ilmu cara menulis artikel yang berkualitas dan seo friendlynya kak

    ReplyDelete
  13. belajar SEO ini memang harus terus dipraktikan ya, biar pas gitu kita bikin artikelnya memuat semua informasi yang relevan sama keywordnya

    ReplyDelete
  14. Menulis artikel itu mudah, tapi lebih baik disisipkan teknik SEO agar artikel bisa memiliki posisi di SERP. Aku juga lg belajar gimana caranya membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly

    ReplyDelete
  15. Supaya artikel kita berada di halaman pertama dan terdeteksi oleh mesin pencari, kita harus membuat artikel yang berkualitas dan sesuai kaidah SEO. Banyak hal yang harus diterapkan dan bukan hanya sekedar kata kunci saja.

    ReplyDelete
  16. Wah, seru banget ya kelas Blogger BRT Network kali ini! Dapet ilmu baru tentang SEO friendly articles dari Kak Monica Anggen pasti jadi modal buat bikin blog makin oke. Nggak sabar juga nih nunggu materi selanjutnya. Semangat terus buat upgrade blognya, April!

    ReplyDelete
  17. kereen Mbak, masih bisa duduk di kelas hingga hari ini yang pastinya ilmu yang didapat 'daging' semua ya, apalagi sekarang udah masuk ke materi menulis artikel SEO Friendly yang jelas dibutuhkan ama kita semua nih.
    jadi ikut belajar juga nih dengan rangkuman yang udah ditulis di sini, makasih banyak, mau praktikin juga ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment