aprilhatni.com

5 Inspirasi Baju Lebaran Untuk Keluarga

23 comments
tren baju lebaran 2023
Alhamdulillah, sebentar lagi seluruh umat Islam akan menyambut hari istimewa, Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H. Pada umumnya di H-10 menjelang Idul Fitri kebiasaan kita selain sibuk menyambut sepuluh hari terakhir ramadhan seperti memperbanyak ibadah, sibuk membuat kue lebaran, dan juga mempersiapkan baju lebaran yang akan kita kenakan nanti di momen spesial ini, betul enggak sih? Kalau aku sih iyes, hehe…

Di momen spesial ini, rasanya lebih afdal bila kembaran saat mengenakan baju lebaran keluarga. Setuju? Namun, ketika kita mencari referensi ide outfit lebaran keluarga dan saking banyaknya model yang bertebaran di media sosial membuat kita bingung sendiri, mau membeli yang mana ya?

Nah, buat Anda yang bingung memilih atau menentukan baju lebaran keluarga, berikut ada beberapa inspirasi yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih atau menentukan baju lebaran untuk keluarga tercinta.

5 Inspirasi Baju Lebaran Untuk Keluarga

1. Baju Lebaran Keluarga Dengan Motif Tenun

Motif-motif baju lebaran yang mengangkat tema keindahan unsur budaya Indonesia masih menjadi tren hingga sekarang. Jika Anda penyuka motif-motif nusantara, Anda bisa mendapatkan ide outfit lebaran dari salah satu brand lokal, seperti Klamby.
inspirasi baju couple keluarga
Pada awal Ramadhan 2023 ini Klamby mengeluarkan koleksi terbaru, yang diberi nama Chamattara. Nama Chamatarra diambil dari Percha Chamatarra. Chamattara yang menghadirkan koleksi raya secara eksklusif untuk para pecinta modest wear dengan pattern dan warna yang beragam.

Koleksi Chamatarra terinspirasi dari ragam tenun dan sumber daya alam Pulau Sumatera. beberapa jenis tenun yang diangkat menjadi inspirasi dari koleksi Chamatarra yakni Tenun Siak dan Tenun Batanghari, keduanya memiliki keunikan tersendiri dalam segi motif, jenis bahan material, hingga teknik pembuatannya. Selain tenun, kekayaan alam Pulau Sumatera juga menjadi inspirasi dari perancangan koleksi Eid Series kali ini.

Foto di atas adalah salah satu koleksi dari Chamattara, yaitu Lingga. Lingga Collection diadaptasi dari salah satu kain tradisional yang berasal dari Jambi yaitu Tenun Siak. Jadi, buat Anda yang ingin tampil cantik dan mewah namun masih ada sentuhan heritage indonesia, koleksi ini bisa menjadi pilihan tepat bersama keluarga tercinta di hari raya.

2. Baju Lebaran Keluarga Motif Batik

Ide outfit lebaran keluarga selanjutnya adalah busana dengan motif batik. Sama halnya dengan motif tenun, motif batik sepanjang tahun juga tidak ada matinya. Salah satu brand yang mengeluarkan koleksi busana dengan motif batik untuk Eid Series tahun 2023 ini adalah MUDA.
tren baju lebaran 2023
Janaloka menjadi tema yang diangkat oleh MUDA sebagai koleksi Raya di tahun 2023. Dengan tema “The Beauty of Central Java in Harmony” terinspirasi dari keindahan hubungan manusia dengan alam, tertuang dalam ornamen yang terukir di setiap motif batik yang ada di Jawa Tengah.

Salah satu koleksi dari series ini adalah Keshwari Family Set, yang terinspirasi dari perpaduan pattern modern dan motif batik khas Kudus. Warna-warna netral seperti bone, grey, dan peanut butter menjadi khas dari koleksi ini. Koleksi ini terdiri dari long dress untuk Ibu dan anak perempuan, serta kemeja untuk ayah dan anak laki-laki.

3. Baju Lebaran Keluarga Motif Floral (bunga-bunga)

Selain motif tenun dan motif batik, motif bunga juga tak kalah istimewa jika Anda kenakan bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri. Ide outfit lebaran keluarga dengan motif floral bisa Anda temukan di koleksinya Vanilla Hijab.
baju lebaran keluarga
Koleksi terbaru dari Vanilla Hijab untuk Eid Series 2023 mengangkat tema “Delarosa”, koleksi sarimbit ini bermain penuh dengan motif bunga mawar.

Menurut Intan CEO Vanilla hijab, bahwa koleksi busananya kali ini ingin menonjolkan sisi keindahan dan kecantikan. Karena bunga mawar sendiri simbol keindahan. Intan mengungkapkan, motif flora dituangkan melalui teknik watercolor yang pengaplikasiannya cukup rumit yakni digital printing di atas kain khusus.

Terlebih permainan warna seperti pastel yang menjadi ciri khas Vanilla, yaitu dusty pink, misty grey, sage green, biru muda hingga warna-warna bold atau vibrant, seperti biru navy, pink fuschia, dan hijau emerald.

4. Baju Lebaran Keluarga Motif Brokat

Brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi, seringkali dibuat menggunakan sutra berwarna, dengan atau tanpa benang emas dan perak. Ide outfit lebaran keluarga dengan motif brokat bisa Anda jumpai pada koleksinya Greisy.
ide outfit lebaran keluarga
Tahun 2023 ini Greisy mengeluarkan 10 series untuk koleksi Raya Series, salah satunya “Butterfly Series”. Pada koleksi “Butterfly Series” ini bahan utama untuk ibu dan anak menggunakan brokat. Busana ini cocok membuat momen Idul Fitri semakin anggun dan look like a princess.

Sementara koko untuk ayah dan anak terlihat simple dengan detail excellent. Cocok untuk yang ingin tampil makin berwibawa dan tetap fresh. Bagi Anda yang ingin tampil anggun layaknya princess, bisa mencoba koleksi ini.

5. Baju Lebaran Keluarga Tanpa Motif (Plain/Polosan)

Bagi Anda yang tidak menyukai baju bermotif atau tim polosan garis keras, Anda bisa mendapatkan ide outfit lebaran keluarga dari Zysku Xena. Family Set dari Zysku Xena di Ramadhan tahun ini hadir dengan desain simple namun elegan. Diantaranya adalah Parvita dan Leya Family Set.
ide outfit lebaran keluarga
Busana untuk ibu dan anak perempuan, di bagian lengan menggunakan cotton eyelet dan lining arrow, sehingga membuat penampilan menjadi lebih spesial. Cutting badan memberikan kesan pinggang lebih ramping dan tubuh lebih jenjang. Sementara untuk baju ayah dan anak laki-laki, berlengan panjang, simple, dan elegan.

Itulah 5 inspirasi baju lebaran untuk keluarga di tahun 2023 ini. Semoga lebaran kali ini tidak bingung lagi untuk mendapatkan ide outfit lebaran keluarga, ya. Dari kelima koleksi di atas, mana yang paling sesuai dengan gaya busana keluarga Anda?
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

23 comments

  1. Aku lebih seneng polosan sih pas lebaran pertama. Baru kalo utk silaturahim ke tempat sodara/teman, lebih senang pake brokat/batik. Terkesan santai dan enak aja sih dibuat jalan jalan.

    ReplyDelete
  2. Lebaran kemarin istri milih baju keluarga dark floral, karena anak-anak lagi masa-masanya pertumbuhan yang pada aktif banget, jadinya kalau pake warna cerah keliatan banget cepat kotornya, kalau warna gelap setidaknya agak saru, ya

    ReplyDelete
  3. Suka semua sama rekomendasinya. Belakangan keluarga saya sukanya brokat dan polos. Tapi motif lain juga bagus kok.

    ReplyDelete
  4. Cakep cakep baju lebaranya, suka yg polosan kalau untuk pas hari raya

    ReplyDelete
  5. Sebagai yang lebih suka pakai pakaian dalam motif polos, aku lebih senang pakai yang polosan nih. Beda sama mamaku yang lebih suka kalau pakaian lebaran untuk sekeluarga itu ada motifnya terutama batik. Akhirnya setelah nggak tinggal serumah sama Mama, aku mulai jadi anak yang agak ngebandel sedikit dengan menyamakan warnanya saja sama keluarga pas lebaran, nggak pakai motif yang sama lagi hihihi. Eh sekarang Mama yang mulai meniru gayaku.

    ReplyDelete
  6. lima motif baju lebaran di atas, kalau menurut daku bakal bisa banget nih dipakai juga ke acara formal maupun buat kondangan, karena corak dan warnanya terbilang soft

    ReplyDelete
  7. Klo say terkadang susah nyesuaian sama anggot keluarga jadi y pilihnya polosan atau pling gk warnanya sama jadi seragaman di warnanya aja

    ReplyDelete
  8. Semuanya bagus bagus dan ide ini bikin saya terinspirasi untuk lebaran tahun depan, semoga ada umur panjang dan rezekinya,

    ReplyDelete
  9. Kebetulan kami motif coklat muda arah pastel baju lebarannya tp cuaca panasnyaa jadi geraah makenya ternyata pakai kaos 🤭 (gusti yeni)

    ReplyDelete
  10. kalau aku dari tahun ke tahun kayaknya suka motif polosan kalau buat baju lebaran. pernah sih pakai motif tapi kapok jarang dipakai. heu

    ReplyDelete
  11. Yang belum pernah saya coba yang motif tenun nih. Kalau yang lainnya udah, apalagi yang polosan, hampir tiap lebaran saya suka yang warna polos.

    ReplyDelete
  12. Sekarang makin banyak ya designer dan toko baju yang menjual aneka model baju lebaran untuk couple bersama dengan keluarga... kalau aku sendiri juga prefer beli jadi aja daripada bikin hehhe

    ReplyDelete
  13. cantik banget desainnya, dan warnanya untuk keluarga gitu bagus banget, warnanya lembut semua. Bisa jadi rekomendasi untuk acara besar lainnya juga ya kak selain untuk lebaran

    ReplyDelete
  14. Belum pernah bikin seragam hari raya untuk keluarga, tapi pingin juga bikin seragam brukat untuk aku dan anak cewekku. Sedangkan suamiku dan anak laki-lakiku biar pakai yang polosan saja seperti 'Butterfly Series'

    ReplyDelete
  15. Lebaran kmrn aku pake polosan aja tema abu-abu putih kak hehe.

    ReplyDelete
  16. Motif baju lebaran semakin beragam ya Mbak. Dari motif tenun sampai batik. Jadi bisa banyak pilihan. Apa lagi satu motif saja bisa beragam. Misalnya motif batik Indonesia. Berbagai daerah punya motif batik sendiri.

    ReplyDelete
  17. Aku tahun ini baju lebaran motif polosan, Alhamdulillah bisa seragam juga. Next, pengen deh yang motif tenun atau broklat. Kalau batik, udah punya beberapa sih...

    ReplyDelete
  18. kalo aku biasanya kembaran warna aja biar nggak repot harus jahit baju baru hehe. udah dari tahun 2018 nggak pernah beli baju lebaran. berusaha pakai yang ada aja di lemari tinggal di mix and match

    ReplyDelete
  19. saya kemarin tuh tanpa sengaja pakai baju warna sage juga.. padahal itu baju udah dari tahun lalu ahaha smeentara keluarga lain pakai baju putih

    ReplyDelete
  20. kalo saya sih tim yang sukanya baju polosan, jadi lebih main ke nuansa warna gitu deh kalau buat dresscode baju lebaran keluarga tuh

    ReplyDelete
  21. motif flower dan brukat tuh yang paling banyak di pilih keluarga ya, alasanya selain elegan juga bisa sekalian dipakai ke kondangan sih, hihihi

    ReplyDelete
  22. Ya Allah..canci canci sekalii..
    Paling suka Baju Lebaran Keluarga Motif Brokat. Karena aku seneng yang princess princess gituu.. hihihi..

    ReplyDelete
  23. Baju lebarannya keren-keren, Kak. Kalau syaa suka yang polos, kalau lainnya istri, dan anak suka motif. But so far kalau untuk baju yang sama, lebih pilih ke warnanya selama ini. Dominan polosnya juga, motif buat kombinasi doang.

    ReplyDelete

Post a Comment