aprilhatni.com

Jangan Salah! Begini Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

tips memilih warna lipstik

Lipstik merupakan salah satu make-up yang pasti dimiliki oleh semua wanita. Coba dicek, kira-kira ada berapa lipstik yang ada di pouch makeup Anda? Pasti jawabannya lebih dari satu dan warnanya berbeda-beda, ya kan?

Hal ini dikarenakan di berbagai acara/kesempatan terkadang membuat Anda menggunakan warna lipstik yang berbeda-beda pula. Sayangnya, tidak semua lipstik yang dimiliki cocok dengan warna kulit. 

Yang perlu dipahami adalah saat memilih warna lipstik harus menyesuaikan dengan warna kulit Anda, karena masing-masing warna kulit memiliki ketentuan warna lipstik yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana ya tips memilih warna lipstik yang tepat sesuai dengan warna kulit? Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Tips Memilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Warna Kulit

Anda bingung memilih warna lipstik sesuai warna kulit? Sebagai panduan, yuk simak ulasan berikut ini.

Langkah pertama sebelum memilih warna lipstik yang tepat, adalah dengan mengenali warna kulit kita sendiri. Secara garis besar, warna kulit (skin tone) manusia terbagi menjadi lima macam. Diantaranya adalah kulit putih, putih pucat (ivory), kuning langsat, sawo matang, dan gelap.

1. Kulit Putih

Orang yang berkulit putih termasuk yang bisa memilih warna nude dan terang. Anda bisa menggunakan warna cokelat, merah, merah muda, orange terang, bahkan warna gold atau warna lipstik apapun yang diinginkan.

Untuk menambah kesan cantik di bibir Anda, sebaiknya tambah lapisan glossy pada bibir untuk memberi kesan mengkilap dan lebih sensual. Sebisa mungkin hindari menggunakan lipstik berwarna gelap seperti merah tua atau ungu.

2. Putih Pucat

Golongan warna kulit putih pucat atau warna kulit ivory ini seringkali diklasifikasikan untuk warna kulit orang-orang ras Kaukasoid. Ciri khas pemilik kulit putih pucat pada umumnya mereka memiliki rambut berwarna merah atau pirang muda. Warna mata mereka bisa beragam antara biru muda, hijau muda, dan abu-abu muda.

Pemilik kulit ini bisa memilih warna lipstik bernuansa pastel atau warna yang kalem. Jika ingin menggunakan warna terang, pilihlah warna orange, biru, atau merah terang. Warna-warna tersebut dapat dipakai untuk memberi kesan mewah.

Anda yang memiliki kulit pucat jangan memakai warna gelap seperti coklat merah, merah maroon, cokelat tua, perunggu, dan metalik. Kenapa? Karena warna lipstik yang gelap akan lebih menonjolkan warna kulit pucat Anda.

3. Kulit Kuning Langsat

Kulit kuning langsat ditandai dengan warna kulit yang cerah dengan pigmen kuning yang cukup terlihat. Pigmen kuning ini lah yang membuat pemilik kulit kuning langsat terlihat cerah, segar, dan tidak pucat.

Orang dengan warna kulit kuning langsat ini sangat cocok jika memilih warna lipstik dark berry, red cherry, orange bata, warna merah maroon juga cocok untuk warna kulit yang satu ini. Jangan memilih warna lipstik yang warnanya nude karena membuat riasan wajah menjadi pucat dan kusam.

4. Kulit Sawo Matang

Bagi Anda yang memiliki warna kulit sawo matang dapat memakai cocok memakai lipstik pink kecokelatan, light coral, nude brown.

5. Kulit Gelap

Keuntungan orang yang berwarna kulit gelap salah satunya adalah mudah memilih warna lipstik yang berwarna cerah maupun gelap. Warna merah maupun merah tua cocok untuk kulit yang gelap karena memberi kesan yang seksi dan elegan.

Agar tampilan Anda semakin menarik, jangan gunakan lipstik yang memiliki warna pastel atau lipstik yang glossy. Hal ini dikarenakan warna-warna tersebut dapat membuat kulit terlihat lebih gelap.

Teori lain mengatakan bahwa kulit kita terdiri dari empat jenis warna, yaitu fair, medium, tan/olive, dan dark. Kulit orang Asia rata-rata berada di jenis medium dan tan. Keempat warna kulit kita tetap bisa memakai warna lipstik yang nude maupun yang bold. Hanya harus diperhatikan beberapa perbedaan warna yang cukup tipis.

memilih lipstik sesuai warna kulit

Nah, itulah beberapa tips memilih warna lipstik sesuai warna kulit. Semoga dapat membantu Anda untuk memilih warna lipstik yang tepat, ya genks.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment