aprilhatni.com

Tes Nutrigenomik : Mengatur Pola Makan Sesuai DNA Anda

20 comments
tes nutrigenomik
Perencanaan dan mengatur pola makan yang tepat merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mencegah suatu penyakit. Pola makan yang baik adalah pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh, baik dari segi jumlah, proporsi, variasi, frekuensi yang biasa dikonsumsi sehari-hari, serta faktor genetik yang dimiliki seseorang. Anda pernah mendengar istilah Nutrigenomik, atau sudah pernah mencoba melakukan tes Nutrigenomik? Dalam artikel ini, aku akan mencoba mengulas keduanya.

Seringkali masyarakat luas mengatur pola makan dengan sembarangan, sehingga timbulah berbagai ragam penyakit. Dalam hal ini Dietary Guidelines atau pedoman diet sangat diperlukan.

Pedoman diet (mengatur pola makan) adalah bagian penting dari solusi yang kompleks dan beragam untuk meningkatkan kesehatan serta membantu mengurangi risiko penyakit. Pedoman ini dirancang berbasis bukti tentang pilihan makanan untuk memenuhi persyaratan gizi dan mengurangi risiko penyakit yang mungkin muncul.

Pendekatan berbasis bukti telah digunakan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat antara asupan makanan individu atau pola makan dan kesehatan manusia terutama dengan risiko penyakit.

Respon tubuh manusia terhadap makanan yang dikonsumsinya tidak selalu sama. Hal ini disebabkan karena setiap manusia memiliki perbedaan, tidak hanya sifat dan bentuk fisiknya, namun juga DNA, dan bahkan metabolisme tubuh yang berbeda.

Oleh sebab itulah mengapa orang yang mempunyai pola makan yang sama, tetapi menderita penyakit yang berbeda.

Ada beberapa prinsip yang melandasi hal ini, diantaranya: (1) Zat makanan berpengaruh pada DNA manusia, baik langsung maupun tak langsung. (2) Pada kondisi tertentu, pola makan atau zat makanan yang dimakan adalah faktor risiko penyebab munculnya suatu penyakit. (3) Zat gizi yang terdapat pada makanan mempunyai pengaruh besar untuk membuat tubuh sehat ataupun sakit, hal ini bergantung dengan DNA masing-masing individu. (4) Konsumsi makanan yang didasarkan dari kebutuhan masing-masing individu, ternyata dapat digunakan untuk mencegah, mengatasi, serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk itu, lahir sebuah ilmu Nutrigenomik yang mempelajari hubungan keduanya.

Apa itu Nutrigenomik?

Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan molekuler antara nutrisi (zat makanan) dan respon gen, yang bertujuan supaya dapat memprediksi bagaimana perubahan pada unsur-unsur tersebut dapat memengaruhi kesehatan manusia.

Sederhananya, Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari kaitannya dengan nutrisi yang kita makan setiap hari dengan gen yang ada di tubuh kita.

Makanan yang kita makan setiap hari, pada dasarnya tidak hanya sekedar untuk memenuhi nutrisi saja, tetapi juga terkait dengan respon gen yang terdapat di tubuh kita.

Gen akan mempunyai respon terhadap sifat, fisik, kesehatan, dan respon terhadap makanan yang kita makan. Misalnya, ada seseorang yang setiap hari mengonsumsi kopi, namun ada pula yang tidak tahan dengan kopi. Seberapa banyak orang bisa mengonsumsi kopi, bergantung gen yang kita miliki. Contoh lainnya, ada seseorang yang mengonsumsi gluten mempunyai reaksi/tanda-tanda kembung, diare, anemia, dan gatal-gatal. Itu semua berdasarkan gen yang ada di tubuh kita. (dr.Arien Himawan, M.Kes, Sp.GK)

Pada dasarnya kita dapat mengendalikan ekspresi gen dengan bahan makanan yang kita konsumsi, kita dapat menonaktifkan gen buruk kita dan mengekspresikan gen, sehingga dapat mengoptimalkan kesehatan tubuh.

Tes Nutrigenomik

Tes Nutrigenomik adalah suatu pemeriksaan untuk mengidentifikasi beberapa penyakit kronis, misalnya hipertensi, diabetes, jantung, kanker, dan lain sebagainya. Selain itu, tes Nutrigenomik bisa digunakan sebagian orang yang memiliki tubuh gemuk (obesitas) dan sulit menurunkan berat badan meskipun sudah melakukan berbagai macam diet maupun olahraga.

Berat badan sulit turun dikarenakan adanya gen yang ada di tubuh membutuhkan energi yang lebih rendah dalam program diet, atau membutuhkan olahraga tertentu yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

tes nutrigenomik

Prosedur pemeriksaan Nutrigenomik adalah dengan pengambilan sampel melalui air liur (saliva) dari pasien. Pemeriksaan Nutrigenomik ini dapat dilakukan kapan saja. Anda bisa melakukan tes/pemeriksaan Nutrigenomik melalui tanyadna.id.

Tanyadna.id merupakan laboratorium klinik yang melayani tes kesehatan berbasis DNA.

Selama ini masyarakat hanya mengetahui jika tes DNA digunakan bagi mereka yang ingin menguji hubungan darah untuk ikatan keluarga. Padahal tidak sebatas itu saja, tes DNA juga bisa memprediksi risiko penyakit yang akan muncul pada seseorang. Sehingga, bisa menjadi panduan tepat untuk menjalani gaya hidup sehat.

Dilansir dari website tanyadna.id, gen Anda memainkan peran yang sangat penting dalam kombinasi dengan faktor lingkungan eksternal terhadap kesehatan Anda.

Melalui tes Nutrigenomik, Anda dapat mengetahui makanan apa saja yang tepat bagi tubuh Anda.

Dengan memilih makanan yang tepat bagi tubuh dan meminimalisasi risiko (dan mengoptimalkan kesehatan Anda) berdasarkan varian spesifik Anda.

Misalnya, Anda memiliki varian genetik yang terkait dengan kadar trigliserida yang tinggi (lemak yang mengalir dalam darah). Praktisi kesehatan dapat membantu mengurangi risiko itu dengan mencari cara untuk menambahkan lebih banyak asam lemak Omega-3 ke dalam makanan Anda. Karena Omega-3 terbukti menurunkan kadar trigliserida.

Manfaat Tes Nutrigenomik bagi Kesehatan

Komposisi kebutuhan gizi berbasis profil genotip akan memberikan pengetahuan tentang jenis makanan apa saja yang sesuai untuk dikonsumsi. Nutrigenomik penting untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan dari potensi berbagai penyakit kronis yang mungkin menyerang.

Bagi mereka yang sudah terkena penyakit kronis (diabetes, jantung, hipertensi, kanker, dan lain-lain) perlu dilakukan tes/pemeriksaan Nutrigenomik, hal ini untuk mengetahui gen yang terdapat di dalam tubuhnya. Sehingga mereka dapat memilih makanan yang tepat, pola hidup yang sehat, olahraga yang tepat, dan suplemen apa saja yang diperlukan untuk tubuhnya.

Sedangkan mereka yang belum memiliki penyakit kronis, perlu juga pemeriksaan Nutrigenomik sedini mungkin. Karena sebagai deteksi dini antisipasi risiko penyakit kronis.

Adapun manfaat dari Tes Nutrigenomik ini, diantaranya:
  • mengatur pola makan sesuai dengan gen di dalam tubuh
  • membantu program penurunan berat badan
  • membantu pembentukan massa otot (bagi atlet/olahragawan)
  • membantu untuk mendapatkan kualitas hidup yang sehat dan tepat
Tes Nutrigenomik ini sangat penting dan hanya dilakukan sekali seumur hidup. Silahkan mencoba pengalaman baru tes kesehatan melalui DNA Anda! Anda akan menemukan solusi kesehatan yang personal dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

20 comments

  1. Berat badan makin seimbang dan makan juga terjaga nih sehingga terhindar dari penyakit

    ReplyDelete
  2. Pantesan ya Mbak, meskipun pola makan sama, kondisi tubuh tiap orang bisa berbeda. Terutama jika itu sudah ada kaitannya dengan genetik. Canggih nih sekarang dunia klinis.

    ReplyDelete
  3. Blom pernah coba ini test ini seperti bagus banget nih untuk kesehatan... Oiya test ini dapat dilakukan dimana dan berapa ya bayar nya..

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, baru tau kalau DNA pun berpengaruh dalam pengaturan pola makan. Eh tapi kalau berat badanku nggak turun-turun sih karena memang doyan ngemil dan males olahraga. Hehe....

    Btw, jadi pengen tau biaya buat tes nutrigenomik deh.

    ReplyDelete
  5. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat dan bersyukur banyak pengetahuan baru yang ditemukan yang bisa membantu kita untuk bisa hidup lebih sehat. Seperti test Nutrigenomik dengan manfaatnya yang luar biasa

    ReplyDelete
  6. Semakin beragam ya pola diet saat ini. Termasuk Nutrigenomik ini. Apakah ada pola diet yang bisa mengatasi depresi?

    ReplyDelete
  7. banyak manfaat ya ternyata tes nutrigenomik. tapi jujur aku suka takut terima kenyataan haduh. pengin tes gula darah aja belum berani

    ReplyDelete
  8. Unik ya tesnya. Bisa untuk mendeteksi penyakit secara dini dan mengatur pola makan biar tubuh jadi sehat

    ReplyDelete
  9. Diet jadi lebih terarah dengan adanya tes nutrigenomik.tidak terlalu kekurusan atau sakit akibat diet yang salah.

    ReplyDelete
  10. wahhh diet ala nutrigenomik semestinya bakal lebih pas yaa buat orang2 yg punya keperluan khusus, baik penyakit, promil, naikin bb atau pun nurut bb, tapi mahal ga yaa nih kisaran biayanya

    ReplyDelete
  11. Cek kesehatan berdasarkan DNA unik juga ya. Karena yang daku tahu kalau ceki-ceki by DNA buat tahu punya hubungan darah atau nggaknya hehe

    ReplyDelete
  12. bener nih aku juga pernah baca dan ikut pelatihan kalau dna itu sangat berpengaruh sampai ke pola diet. bisa diet maksimal dan tepat ya kalau tau gimana dna nya kita ya,, jadi kudu tes dna dulu

    ReplyDelete
  13. Iya banget sih..
    Soalnya kalau asal ikut-ikutan pola diet orang lain yang belum tentu cocok bagi tubuh kita, yang ada bukan langsing sehat, tapi tetap gemuk dan mudah terserang penyakit. Yang pasti, diet tercapai namun imun tubuh juga terjaga.

    ReplyDelete
  14. Tes Nutrigenomik sepertinya harus aku coba nih. Penasaran banget karena aku susah banget menurunkan berat badan. Mungkin dengan begini bisa untuk mengatur pola makan dan menurunkan berat badan

    ReplyDelete
  15. Wah unik juga ya
    Pola diet yang disesuaikan dengan DNA
    pasti lebih customize ya mbak

    ReplyDelete
  16. baru tahu lho ini tentang Tes Nutrigenomik, ternyata ini berguna banget ya untuk kesehatan terutama saat ingin mengatur pola makan yang sesuai dengan DNA dan juga kebutuhan tubuh kita ya.

    ReplyDelete
  17. makin keren nih, jadi pengen nyobain hehe.. kalau begini jadi lebih tepat sasaran gitu ya mungkin hehe..

    ReplyDelete
  18. oalah ternyata begitu ya, ada DNA yang beperan juga.. walo pola makan sama dg teman, lalu hasilnya akan beda. baru tahu kalo ada tes nutrigenomik

    ReplyDelete
  19. Baru-baru ini, aku ada diskusi sama adik-adik perempuanku, bahas masalah diet yang gagal terus. Nah, katanya memang lebih baik kalau mau diet dan mengatur pola makan, disesuaikan dengan gen. Sekarang baru paham nih kalau nama tesnya ya tes Nutrigenomik ini.

    ReplyDelete
  20. Wah saya baru dengar nih tes nutrigenomik ini. Pastinya membantu banget nih dalam menurunkan berat badan

    ReplyDelete

Post a Comment