Header April Hatni

5 Kelebihan Semen Instan Untuk Konstruksi Bangunan

Posting Komentar
kelebihan semen instan

Teknologi dalam konstruksi gedung dan bangunan semakin modern, praktis, ekonomis, dan instan. Banyak diciptakan inovasi yang dapat mengganti ataupun menghilangkan suatu proses maupun bahan baku untuk mempermudah proses konstruksi gedung dan bangunan.

Inovasi yang dibuat dapat dikategorikan ke dalam tiga bidang; (1) inovasi bahan yaitu dengan membuat bahan yang sesuai dengan aplikasinya, (2) inovasi desain konstruksi yang menyesuaikan material dan daerah pembangunannya, serta (3) inovasi teknik dalam pembangunannya.

Salah satu inovasi teknik pembangunan yang dikembangkan saat ini adalah digunakannya batu bata ringan untuk mempersingkat proses pembuatan dinding atau sekat pada bangunan. Adanya bata ringan menyebabkan munculnya inovasi bahan bangunan baru tentang produk turunan semen yaitu semen instan atau yang dikenal dengan istilah mortar. Lalu, apa itu semen instan dan kelebihan semen instan?

Apa itu Semen Instan?

Semen Instan atau biasa disebut Mortar adalah semen yang dapat digunakan secara langsung tanpa menggunakan campuran material lain, kecuali air. Semen ini merupakan bahan bangunan yang sangat mudah untuk diaplikasikan.

Dalam pemakaiannya, semen ini cukup dicampur dengan tambahan air biasa saja selanjutnya sudah dapat Anda gunakan pada lapisan dinding atau sebagai perekat.

Bahan utama semen instan adalah semen dan pasir khusus yang dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti premium filler dan bahan aditif lainnya yang dapat memengaruhi kualitasnya.

Berbagai bahan dalam pengolahan produk semen ini, telah diracik atau diformulasi secara khusus. Hal ini dimaksudkan agar dapat sesuai dengan kegunaan atau fungsi khusus dari produk semen ini. Produk ini memiliki sifat instan yang secara umum dapat langsung digunakan atau diaplikasikan.

Merupakan inovasi baru, yang mana menjadi bahan alternatif konstruksi suatu bangunan. Menjadi pengganti sebuah bahan adukan semen dan pasir konvensional, serta terkenal dengan banyaknya dan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Sehingga mampu menjadi produk yang lebih praktis, efisien, dan berkualitas.

Mortar digunakan sebagai kebutuhan utama pengganti semen konvensional dalam hal pemasangan bata, plaster, pekerjaan acian, dan pekerjaan lainnya pada saat pembangunan.

Secara umum ada empat jenis mortar yang dijual dipasaran yaitu thin bed atau perekat bata ringan, thick plaster atau plasteran instan untuk dinding, skim coat atau acian untuk menghaluskan permukaan dinding, dan tile adhesive atau perekat keramik untuk lantai maupun untuk dinding.

Mortar ini sangat cocok digunakan apabila Anda ingin memiliki hasil tampilan atau finishing bangunan dengan kesan yang estetik atau mempunyai keindahan tersendiri. Jenis semen ini memiliki beberapa pembagian dan klasifikasi sesuai dengan kegunaannya. Sehingga apabila akan digunakan untuk finishing, maka dapat dilihat sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

Kelebihan Semen Instan Untuk Konstruksi Bangunan

Semen merupakan salah satu material bangunan yang cukup penting dalam konstruksi suatu bangunan. Pada umumnya, semen akan dicampur dengan pasir yang telah diayak terlebih dahulu dan air sebelum digunakan. Namun tentunya cara konvensional seperti ini memang cukup repot serta memakan waktu lebih banyak.

Kehadiran semen instan sebagai inovasi baru, tentunya menjadi lebih praktis dan membantu proses konstruksi bangunan berjalan lebih cepat karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya.

Apa saja kelebihannya?

1. Inovasi Mortar

Merupakan produk dari bahan bangunan dengan inovasi terbaru. Produk ini dapat menjadi pengganti produk semen konvensional yang sebelumnya menguasai dunia bahan bangunan.

2. Cepat dan Ekonomis

Kelebihan produk mortar dibandingkan dengan semen konvensional pada umumnya adalah dari segi kecepatan pengaplikasiannya.

Jika pada semen konvensional pengaplikasiannya dibutuhkan bahan dan material lain seperti pasir, batu, dan air untuk mendapatkan ‘adonan’ semen yang diinginkan, maka pada mortar, pengaplikasiannya hanya dibutuhkan air saja. Dengan demikian, menggunakan produk mortar ini tentunya lebih cepat dan dapat mempersingkat waktu.

Dari segi ekonomi, karena pengerjaannya yang mudah akan berpengaruh pada efisiensi waktu. Meskipun harga per zak mortar lebih mahal, namun dengan pengerjaannya yang lebih cepat maka akan berdampak pada penghematan upah tukang. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan mortar lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan semen konvensional.

keunggulan semen instan
3. Efisien dan Efektif

Seperti yang telah dipaparkan di poin sebelumnya, penggunaan mortar menjadi lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan semen konvensional karena mortar bisa langsung digunakan tanpa harus mencampur bahan atau material lainnya.

Semen instan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menjadi kering, karena hanya menggunakan air. Sedangkan, semen konvensional membutuhkan waktu yang lebih lama, karena menggunakan bahan tambahan lain seperti pasir, dan air.

4. High Quality

Penggunaan mortar salah satunya dengan melalui quality control untuk masalah konsistensi mutu adukan dalam pekerjaan pembangunan karena diproduksi di pabrik.

Ketika mencampurkan antara semen, pasir, dan air harus sesuai dengan takaran yang pas agar dapat menghasilkan campuran yang pas untuk digunakan. Karena mortar menggunakan mesin dalam proses pencampurannya, maka komposisi yang dipakai dan dihasilkan tentunya lebih akurat dan sudah terukur dengan baik.

Berbeda dengan adukan semen konvensional yang dibuat langsung di lapangan dengan komposisi tertentu, misalnya adukan semen dan pasir yaitu 1 banding 4 yang belum tentu sama riil komposisi material adukannya jika dikerjakan oleh tukang yang berbeda.

5. Memiliki Daya Rekat yang Lebih Kuat

Dengan kandungan bahan aditif dan filler di dalamnya yang sudah diformulasikan secara khusus membuat daya rekatnya lebih tinggi, dan tidak mudah retak. Dengan demikian, bangunan Anda lebih berkualitas dan menjadi lebih tahan lama. Cukup menghemat biaya renovasi untuk kedepannya, bukan?

Nah, itulah beberapa kelebihan semen instan untuk bangunan. Anda tertarik menggunakannya? Semoga bermanfaat ya!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar