aprilhatni.com

Jurusan Perbankan Syariah Semakin Diminati. Mengapa?

Post a Comment
mengapa memilih jurusan perbankan syariah
Sejak prinsip syariah mulai diterapkan pada usaha perbankan di Indonesia pada 1 November 1991 lalu oleh MUI, sistem ekonomi di Indonesia saat ini memasuki babak baru. Semakin menjamurnya industri perbankan syariah di Indonesia menandakan bahwa sistem ekonomi syariah tersebut mengalami kemajuan.

Hal ini terbukti dengan pertumbuhan industri perbankan syariah yang sangat signifikan, baik dari aspek kelembagaan dan infrastruktur penunjang, perangkat regulasi dan sistem pengawasan, maupun literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan syariah.

Banyak bank yang semula menerapkan sistem konvensional pun kemudian mulai menerapkan sistem syariah pada tataran kegiatan operasionalnya.

Di Indonesia, sistem perbankan syariah mulai dilaksanakan pada tahun 1992, dengan digulirkannya UU Nomor 7/1992 yang memungkinkan bank menjalankan operasional bisnisnya dengan sistem bagi hasil.

Asas dari kegiatan usaha perbankan syariah adalah prinsip syariah, demokrasi, ekonomi, dan prinsip kehati-hatian. Maksud berasaskan prinsip syariah adalah kegiatan usaha yang tidak mengandung riba, maisir, gharar, objek haram, dan menimbulkan kezaliman.

Perbankan Syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam. Usaha pembentukan sistem ini didasarkan pada larangan dalam Islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba.

Serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram, seperti usaha yang berkaitan dengan produksi makanan dan minuman haram, serta usaha media yang tidak Islami, di mana hal ini tidak dapat dijamin oleh sistem perbankan konvensional.

Melihat pentingnya hal tersebut, saat ini banyak perguruan tinggi yang membuka perkuliahan di bidang perbankan syariah. Jurusan ini dibuka karena kebutuhan akan tenaga ahli di bidang keuangan yang memahami aturan-aturan agama.

Jurusan perbankan syariah semakin diminati saat ini. Biasanya, jurusan ini dibuka oleh perguruan tinggi keagamaan Islam. Lalu, apa sih alasan memilih jurusan perbankan syariah? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang jurusan perbankan syariah di bawah ini!

Mengapa Memilih Jurusan Perbankan Syariah?

Indonesia merupakan sebuah negara mayoritas penduduknya beragama Islam. Di dalam agama Islam, terdapat peraturan atau hukum yang mengatur tentang keuangan. Beberapa produk yang terdapat di perbankan, seperti pinjaman berbunga dianggap riba dan haram, sehingga banyak orang yang menghindarinya.

Supaya penyelenggaraan perbankan tersebut sesuai dengan syariat Islam, maka 
dibukalah pendidikan khusus di bidang perbankan syariah. Mahasiswa yang berada di jurusan ini akan belajar tentang segala hal terkait perbankan dan sistem keuangan.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari hukum Islam. Sehingga sistem keuangan bisa sesuai dengan syariat.
alasan memilih jurusan perbankan syariah
Sistem perbankan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan perbankan syariah tentunya berbeda dengan bank konvensional. Mahasiswa belajar untuk merancang dan mengelola keuangan dengan menggunakan prinsip ajaran Islam. Berbagai produk seperti pembiayaan, pinjaman, wakaf, atau zakat, seluruhnya akan dibuat sesuai dengan syariat Islam.

Berikut ini beberapa alasan mengapa jurusan perbankan syariah semakin diminati, diantaranya adalah:


1. Mendalami Ekonomi Islam

Di dalam islam terdapat hukum muamalah yang terkait dengan kegiatan ekonomi. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sudah sepatutnya masyarakat Islam Indonesia taat dan menerapkan hukum tersebut.

Namun pada kenyataannya, yang terjadi justru sebaliknya. Di lapangan, banyak praktik yang bertentangan dengan hukum muamalah tersebar ke berbagai transaksi. Jika tidak paham akan hal ini tentu Anda akan terjebak pada persoalan yang dilarang agama.

Oleh karena itu, mempelajari ekonomi islam menjadi perlu dan penting agar Anda bisa memilih dan menentukan mana transaksi yang halal dilakukan. Nah itu alasan pertama mengapa memilih jurusan perbankan syariah.

2. Memiliki Cakupan Ilmu yang Luas

Alasan kedua mengapa mengapa memilih jurusan perbankan syariah adalah bahwa Perbankan Syariah tidak hanya fokus pada satu bidang saja, namun beberapa universitas telah memasukkan berbagai disiplin keilmuan yang berkaitan dengan perbankan. Misalnya seperti perpajakan, akuntansi, dan investasi yang akan melengkapi keterampilan Anda di dunia perbankan.

3. Peluang Kerja Luas

Alasan selanjutnya mengapa memilih jurusan perbankan syariah adalah memiliki peluang kerja yang luas. Saat ini jumlah nasabah bank syariah telah menyentuh angka 23 juta pengguna lebih. Dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya.

Hal ini tentunya akan membuat jangkauan bank syariah semakin meluas. Berdasarkan tren perbankan yang ada, jumlah bank syariah terus meningkat. Oleh karenanya, fenomena ini akan membuka peluang penyerapan lulusan perbankan syariah.

4. Menjadi Pakar Keuangan

Berikutnya, alasan mengapa memilih jurusan perbankan syariah adalah Anda bisa menjadi pakar keuangan, baik untuk diri sendiri maupun untuk sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan dalam jurusan perbankan syariah Anda akan diajarkan bagaimana cara pengelolaan uang secara keilmuan yang diajarkan.

5. Berpeluang Mendapatkan Gaji Tinggi

Alasan terakhir mengapa memilih jurusan perbankan syariah adalah Anda mendapatkan peluang untuk bergaji tinggi. Seperti halnya perbankan pada umumnya, orang-orang yang bekerja di bank syariah juga akan mendapatkan penawaran gaji dengan nilai yang tinggi dibandingkan perusahaan lainnya.

Bahkan lulusan baru pun rata-rata mendapatkan gaji yang tinggi. Terlebih, jika Anda sudah naik jabatan. Otomatis gaji pun pasti akan naik.

Nah, itulah mengapa alasan jurusan perbankan syariah saat ini semakin diminati. Beberapa alasan memilih jurusan perbankan syariah di atas berdasarkan realitas saat ini. Jadi, Anda tak perlu bingung dengan masa depan jika terjun ke bidang ini.

Anda tertarik untuk kuliah di jurusan perbankan syariah? Anda bisa mendaftarkan diri di Ma’soem University! Melalui universitas ini Anda akan menemukan jurusan perbankan syariah.

Selain jurusan perbankan syariah, di Ma’soem University juga terdapat jurusan yang tak kalah menarik, yaitu Teknologi Pangan. Jurusan ini pun banyak diminati karena prospeknya bagus dengan besaran gaji yang cukup menggiurkan. Mengapa?

Betapa sangat berpengaruhnya teknologi pangan terhadap kehidupan manusia, karena kebutuhan manusia akan pangan adalah terus berkelanjutan, sehingga dibutuhkan suatu ilmu yang bisa membantu manusia memenuhi kebutuhannya ini. Selain itu, karena keahlian para pekerjanya yang sangat dibutuhkan perusahaan atau industri.

Mengapa harus di Ma’soem University? Di Ma’soem University, mahasiswa dimudahkan dalam hal uang kuliah dengan adanya berbagai jenis beasiswa mulai dari tahap pendaftaran hingga ketika berkuliah. Biaya kuliah yang terhitung ekonomis dan dapat dicicil per bulan dapat menjadi opsi yang menarik tanpa takut memikirkan dana kuliah yang tinggi.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment