aprilhatni.com

Cat Waterproof Efektif Atasi Tembok Lembap dan Rembes

Post a Comment
cat waterproof

Tembok lembap dan rembes/basah kerap dialami saat musim penghujan tiba. Rembesan air pada tembok/dinding rumah biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti tingginya curah hujan, kemiringan atap menembus tembok, hingga kualitas material tembok yang kurang baik.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan atap minimal dua kali dalam setahun. Hal tersebut bisa membantu untuk mencegah timbulnya masalah kebocoran maupun rembesan yang bisa mengganggu kenyamanan Anda.

Jika rumah Anda mengalami kebocoran, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek titik sebab bocor. Selanjutnya, perbaiki dengan melapisinya menggunakan cat waterproof. Dengan formula waterproof yang dimilikinya, tentunya cat ini efektif melindungi rumah Anda dari rembes, bocor, dan juga akan menjaga agar tembok rumah tidak lembap dan berjamur.

Apa itu Cat Waterproof?

Sesuai dengan namanya, cat waterproof merupakan cat anti air. Cat jenis ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan seperti campuran lateks, minyak, serta concrete base yang seratnya dapat mencegah air menembus permukaan benda yang dilapisinya.

Tidak hanya tembok saja, cat ini seringkali digunakan pada perahu, tangki air, kolam, dan sejumlah benda lain yang rentan terkena air. Cat jenis ini membuat air tidak merembes, melainkan mengalir ke bawah.

Manfaat Cat Waterproof

1. Mencegah Bocor dan Rembes

Manfaat yang paling utama adalah untuk mencegah terjadinya bocor dan rembes pada tembok maupun permukaan yang akan dilapisinya.

Pada musim penghujan, sangat rentan terjadi rembesan dan bahkan sudah sering ditemukan di bagian-bagian tertentu. Apabila menggunakan cat tembok biasa, air hujan akan mudah masuk ke tembok dan menembus ke tembok bagian dalam. Sehingga lama kelamaan cat akan menggelembung serta mengelupas.

Apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama dan berkembang semakin parah, air akan terus merembes. Sehingga dapat membuat bagian dalam rumah menjadi tergenang.

2. Mencegah Munculnya Jamur

Sering terjadinya rembesan pada tembok/dinding rumah tentunya akan membuat ruangan menjadi lembap, sehingga mengakibatkan banyak tumbuh jamur yang mengganggu kenyamanan dan membuat tembok menjadi cepat rusak.

Tidak hanya itu, tembok yang lembap juga dapat mengganggu kesehatan keluarga Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah cat waterproof pada bagian yang terpapar langsung dengan air.

3. Mudah Dibersihkan

Cat waterproof tidak dapat menyerap air, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi noda pada dinding atau permukaan yang dilapisinya. Misalnya dinding luar yang terpapar debu dan kotoran bisa dengan mudah dibersihkan dengan sendirinya oleh air hujan yang mengalir.

4. Optimal Digunakan pada Bagian Terpapar Langsung dengan Air

Cat waterproof akan optimal digunakan pada bagian yang terpapar langsung dengan air, misalnya tembok luar rumah dan kamar mandi. Penggunaan pada bagian tembok luar rumah untuk menghindari terjadi rembesan karena air hujan.

Penggunaan pada tembok kamar mandi bisa mencegah kelembapan dan mencegah kerusakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pada bagian atap atau dek untuk menghindari dari kebocoran, seperti pada wuwungan, karpusan, dan genteng.

Cara Memilih Cat Waterproof

Supaya cat rumah tidak rusak karena rembesan air hujan, Anda harus menggunakan cat anti bocor yang bagus. Cat anti bocor yang berkualitas akan melindungi rumah Anda dengan formula waterproof-nya. Selain itu, cat jenis ini menjaga agar tembok rumah tidak lembap dan berjamur.

cat waterproof

Nah, berikut adalah cara mengenali cat waterproof yang bagus dan tahan lama.

1. Dapat Menutup Retakan

Munculnya retakan pada cat tembok memang biasa terjadi. Beberapa penyebabnya biasanya, mulai dari pemilihan jenis batu bata yang kurang berkualitas hingga kesalahan teknik saat proses pembangunan tembok.

Jika dibiarkan terlalu lama, tembok yang retak dapat menyebabkan air hujan merembes masuk ke pori-pori dinding, sehingga ruangan dalam rumah menjadi lembap. Cat waterproof yang bagus dan berkualitas memiliki daya rekat serta elastisitas yang tinggi, sehingga dapat menutup retakan pada tembok.

2. Memiliki Fitur Perlindungan Ganda

Cat waterproof yang baik dan tahan lama biasanya memiliki fitur perlindungan ganda. Untuk perlindungan tingkat pertama, pastikan cat yang Anda pilih dilengkapi dengan teknologi silikon.

Bahan silikon akan masuk dan terserap ke dalam pori-pori tembok, sehingga tembok dapat terlindungi dengan sempurna. Selain itu, bahan ini juga mampu menahan air dengan baik untuk mencegah kebocoran.

Berikutnya untuk perlindungan tingkat kedua, beberapa cat waterproof dilengkapi dengan teknologi ceramic sphere. Teknologi ini akan memberikan perlindungan terbaik pada tembok, jadi bisa dipastikan tembok Anda tetap kuat dan tahan lama.

3. Dapat Melindungi dari Lembap

Air hujan mengandung asam yang dapat merusak tembok. Untuk mencegah kebocoran pada tembok dan menjaga kondisi tembok, maka pilihlah cat waterproof yang dilengkapi dengan bahan anti klorida. Cat yang menggunakan bahan ini akan mencegah penyebaran asam dan kandungan garam untuk masuk ke tembok rumah.

Cara Pengaplikasian Cat Waterproof

Ada dua tahap dalam mengaplikasikan cat ini, yang pertama dengan merapikan terlebih dahulu permukaan dinding tembok yang akan dilapisi oleh cat. Harap dipastikan jika dinding tembok sudah bersih dari kotoran, debu, karat, minyak, jamur, cat yang sudah mengelupas, dan sebagainya. Untuk pembersihan yang efektif, Anda bisa menggunakan pembersih tembok yang digosok.

Apabila tembok berlubang dan terjadi keretakan, sebaiknya ditambal terlebih dahulu misalnya menggunakan campuran super cement dan semen.

Setelah semuanya sudah bersih dan rapi, pastikan juga tembok dalam keadaan kering. Hal ini wajib diperhatikan agar cat bisa melapisi tembok dengan sempurna tanpa gelembung.

Tahap kedua adalah proses pelapisan. Untuk proses ini, Anda bisa menggunakan kuas, rol cat, dan juga airless spray, lakukan satu arah secara merata. Tunggu sampai benar-benar kering sebelum melakukan pelapisan yang kedua.

Selanjutnya ulangi lapisan kedua dan usahakan melakukannya secara menyilang dari lapisan pertama, misalnya lapisan pertama arah vertikal maka lapisan kedua arah horizontal.

Nah, mulai sekarang Anda tak perlu khawatir lagi dengan tembok lembap dan rembes, karena Anda sudah menggunakan cat waterproof untuk melindungi rumah Anda.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment