Mengenal Bakat Diri

mengenal bakat diri


Apa ya bakatku? Aku itu suka loh memasak, berkebun, menjahit, kadang-kadang waktu ketemu dengan kegiatan lain, aku juga menyukainya, terus sebenarnya bakatku yang mana ya? Pernahkah Anda bertanya-tanya seperti itu kepada diri Anda? 

Nah, bakat ini ada landasan dasarnya, yaitu terdapat di dalam Al Quran Surat Al Isra Ayat 84.

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلًا

Katakanlah (Muhammad): "Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya”. (QS. Al Isra:84)

Pengertian Bakat

Menurut KBBI, Bakat adalah dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir: ia memiliki -- melukis (menyanyi dan sebagainya). 

pengertian bakat


Jadi, Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Bakat Berdasarkan Fungsinya

Ada dua jenis Bakat berdasarkan fungsinya, diantaranya:
A. Kemampuan pada bidang khusus (talent), misalnya bakat musik atau melukis
B. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk mewujudkan kemampuan khusus, misalnya bakat melihat ruang (spasial-visual) oleh seorang Arsitek

Cara Mengidentifikasi Bakat 

Bakat baru muncul atau teraktualisasi bila ada kesempatan untuk berkembang dan dikembangkan. Oleh karenanya, di sekolah-sekolah terdapat kegiatan yang bisa mengembangkan bakat para siswanya, melalui kegiatan Ekstrakurikuler.

Bakat seseorang erat kaitannya dengan kecerdasan yang dimilikinya, dengan mempelajari tentang berbagai jenis kecerdasan, dapat membantu kita dalam memahami/mengenal bakat diri kita.

Menurut Profesor Howard Gardner, ada 8 kecerdasan yang dimiliki manusia, diantaranya:

1. Kecerdasan Linguistik dan Verbal

Kecerdasan Linguistik dan Verbal adalah kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa secara efektif, baik lisan maupun tulisan. Orang yang termasuk ke dalam tipe ini biasanya sangat pandai menulis cerita, menghafal informasi, dan membaca.
 
kecerdasan linguistik dan verbal

Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Pandai mengingat informasi tertulis dan lisan
  • Suka membaca dan menulis
  • Pandai berdebat atau berpidato
  • Mampu menjelaskan suatu hal dengan baik
  • Sering mengeluarkan humor ketika bercerita
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Penulis, Jurnalis, Pengacara, dan Guru.

2. Kecerdasan Logika dan Matematis

Kecerdasan Logika dan Matematis adalah kemampuan dalam operasi matematika dan menganalisis masalah secara logis. Orang yang masuk ke dalam tipe ini juga pandai dalam penalaran, memiliki keterampilan komputasi, serta mengenali pola dan hubungan antara angka atau simbol. 

kecerdasan logika matematis

Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Dapat memecahkan masalah dengan baik
  • Suka berpikir tentang ide-ide abstrak
  • Suka melakukan eksperimen ilmiah
  • Pandai dalam memecahkan perhitungan yang rumit
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah ilmuwan, ahli Matematika, Programer Komputer, Insinyur, dan Akuntan. 

3. Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan Visual dan Spasial adalah kemampuan untuk memvisualisasikan, membuat, dan memanipulasi sesuatu dalam ruang. Orang yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kemampuan yang baik pada peta, grafik, video, dan gambar. 

kecerdasan visual spasial


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Hebat dalam menyusun puzzle
  • Pandai menafsirkan gambar, grafik, dan bagan
  • Tertarik dalam pemilihan warna-warna
  • Senang menggambar dan melukis
  • Menyukai seni rupa
  • Mengenali suatu pola dengan mudah
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Arsitek, Desainer, Artis, Insinyur, pemain Catur, dan Pilot.

4. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Musikal adalah kemampuan untuk mengekspresikan diri, menikmati, mengamati, memahami, dan menciptakan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini memiliki kepekaan terhadap ritme, suara, nada, dan warna nada. 

kecerdasan musikal


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Senang bernyanyi atau memainkan alat musik
  • Mudah mengenali pola dan nada musik
  • Pandai mengingat melodi dan lagu
  • Memiliki pemahaman yang baik akan struktur musik, ritme, dan not lagu
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Pemusik, Komponis, Penyanyi, Guru Musik.

5. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan selaras dengan perasaan, emosi, serta temperamen orang lain. Orang dengan kecerdasan ini cenderung pandai berkomunikasi, memahami orang lain, dan bisa bekerja dengan orang lain. 

Bukan hanya itu, memiliki kecerdasan ini juga terampil dalam menilai emosi, motivasi, keinginan, dan niat orang-orang di sekitarnya. 

kecerdasan interpersonal


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Pandai berinteraksi secara verbal
  • Terampil dalam komunikasi non-verbal
  • Melihat situasi dari berbagai sudut pandang
  • Menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain
  • Bisa menyelesaikan konflik dalam kelompok dengan baik
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Psikolog, Filosof, Konselor, Pramuniaga, dan Politikus.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan untuk menyadari dan memahami emosi, perasaan, sifat, pikiran, atau motivasi diri sendiri. Orang dengan kecerdasan ini cenderung senang menganalisis diri, melamun, membuat rencana dan keputusan sendiri, serta menilai kekuatan pribadi yang dimilikinya. 

kecerdasan intrapersonal


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Pandai menganalisis kekuatan dan kelemahan diri sendiri
  • Senang menganalisis teori dan ide
  • Memiliki kesadaran diri yang luar biasa
  • Memahami perasaannya sendiri
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Ilmuwan, ahli teori, Filosof, dan Teolog.

7. Kecerdasan Kinestetik dan Jasmani

Kecerdasan Kinestetik dan Jasmani adalah kemampuan dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengekspresikan diri dan mempelajari atau memecahkan masalah. 

Kecerdasan ini melibatkan koordinasi, ketangkasan, dan penggunaan seluruh atau bagian tubuh tertentu. Orang yang termasuk ke dalam tipe ini cenderung memiliki kontrol fisik yang sangat baik. 

kecerdasan kinestetis dan jasmani


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Gemar menari atau olahraga
  • Senang menciptakan sesuatu dengan tangannya
  • Cenderung mengingat dengan melakukannya daripada melihat atau mendengar
  • Pandai mengoordinasikan tangan dan mata
Pekerjaan yang cocok bagi yang mempunyai tipe kecerdasan ini adalah Penari, Perajin, Atlet, dan Aktor.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk memahami alam, termasuk tanaman, hewan, lingkungan, dan lainnya. Kecerdasan ini juga dapat mengamati, mengidentifikasi, mengelompokkan, membedakan apa yang ada di alam. 

Orang dengan kecerdasan ini cenderung tertarik memelihara lingkungan, menjelajahi alam, dan mempelajari spesies lain. Mereka juga memiliki kesadaran yang baik akan terjadinya perubahan pada alam. 

kecerdasan naturalis


Ciri-ciri pada tipe kecerdasan ini, yaitu:
  • Tertarik pada bidang Biologi, Botani, dan Zoologi
  • Dapat mengkategorikan dan membuat katalog informasi dengan mudah
  • Senang  berkemah, berkebun, Hiking, dan menjelajahi alam terbuka
  • Mencintai lingkungan
Pekerjaan yang cocok untuk bagi yang mempunyai kecerdasan ini, misalnya ahli Biologi, Nelayan, Petani, Pemburu, dan Pendaki.

Oh iya, jika Anda masih ragu tentang Bakat Anda, coba deh kerjakan assesment pada Tes Bakat berikut ini. 

Faktor Yang Memengaruhi Bakat seseorang

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bakat yang dimiliki oleh seseorang, antara lain adalah:
  • Tingkat pendidikan 
  • Lingkungan sekitar
  • Struktur syaraf serta motorik
  • Motivasi
  • Minat
  • Emosi, dan sebagainya

Referensi:
Seminar dr. Aisyah Dahlan
sehatq.com
dosenpsikologi.com
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

22 komentar

  1. Mbak apriii...selalu suka sama tulisannya mba apriii...sukses selalu ya mbaaaa..

    BalasHapus
  2. Pagi" baca ginian, jd tambah ilmu deh.. Makasih infonya, Kak

    BalasHapus
  3. Terimakasih Ilmu nya, Btw desain nya bagus! :)

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget untuk menambah ilmu mengenal diri

    BalasHapus
  5. Penting memang mengenali bakat sejak dini. Karena seharusnya, pendidikan itu mengembangkan bakat yang sudah ada.

    Terima kasih sudah menulis ini. PR buat saya untuk mengidentifikasi bakat anak-anak.

    BalasHapus
  6. Ga bosan banget kunjungi blog ini. Menarik euy. Barokalloh ya mb

    BalasHapus
  7. Nambah ilmu dong, terimakasi:)

    BalasHapus
  8. Nah, ini nih yang harusnya banyak orang tua tau. Kalau jenis kecerdasan itu ada banyak. Suka kesel sendiri sama orang tua yang mengeneralisir kecerdasan anak. Kalau enggak pintar sains dan matematika dikata bodoh. Padahal enggak gitu :(

    BalasHapus
  9. Langsung cek diri sendiri melalui poin poin di atas. Nice info kak

    BalasHapus
  10. Bakat itu banyak dan harus dihargai, apapun bakatnya, selama bermanfaat, semuanya harus diakui sebagai bakat. Bagus banget tulisannya Mba :)

    BalasHapus
  11. bakatku nangis kak kwokwok xDD bisalah ya masuk interpersonal /maksa banget/

    BalasHapus
  12. Lengkap sekali mbaak. Terima kasih ilmunya yaaa

    BalasHapus
  13. menarik banget bahasannya soal bakat, ternyata aku jadi rindu materi-materi di IIP nih mba

    BalasHapus
  14. lengkaap pembahasannya, keren lagi

    BalasHapus
  15. Bagus sekali kak, saya bagi ke peserta didikku ya ... nanti kalau ada yang koment jangan kaget ....

    BalasHapus
  16. Saya merasa tulisannya sangat familier, ternyata sumbernya Seminar Bu Aisyah Dahlan, saya pernah nonton tentang ini dan mencoba mengikutinya, setelah dihitung saya memiliki kecerdasan linguistik dan Verbal, sehingga pekerjaan sebagai Guru sangat cocok dan pas sekali untuk saya. 😁

    BalasHapus
  17. Tadi saya langsung mencoba testnya ;) thanks kak

    BalasHapus
  18. Keren banget ini, baik konten maupun penataan layoutnya. Jadi betah baca walau panjang. Makasih buat inspirasinya

    BalasHapus
  19. ini keren banget tulisannya. selain kontennya, salfok juga sama designya. memanjakan mata banget. harus belajar ini gimana caranya bikin blog kaya giniii.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

Salam Hangat, April Hatni

Subscribe Our Newsletter