Header April Hatni

6 Tips Membuka Toko Online Bagi Pemula


tips membuka toko online
Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi tren modern yang dinikmati oleh sebagian besar masyarakat, karena mampu menarik dan menggoda bagi setiap masyarakat, khususnya wanita.

Karena berbelanja tidak bisa lepas dari diri wanita, hampir tidak ada wanita yang tidak menyukai belanja, apalagi wanita modern yang tidak hanya menjadi ibu rumah tangga tapi juga menjadi wanita karir.

Hal ini yang menjadi alasan semakin berkembangnya toko online yang ada di Indonesia tidak hanya dengan menggunakan website, tetapi dengan media sosial pun masyarakat bisa melakukan bisnis online.

Hanya dengan modal ponsel (smartphone), masyarakat semakin mudah mengakses internet untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. Dengan sekali klik, kita tak perlu repot-repot lagi datang ke toko untuk membeli barang yang kita inginkan. Dengan demikian, kita bisa menghemat waktu dan biaya keluar rumah.

Menjalankan bisnis online semakin terbuka lebar untuk siapa saja. Selain itu peluangnya juga bisa dibilang lebih mudah dan murah serta memberikan keuntungan yang besar untuk pelakunya.

Dengan bisnis online, berbagai jenis usaha bisa dijalankan dari menjual produk, jasa, hingga membantu menawarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropship. Saat ini jumlah pelaku bisnis online semakin banyak karena memang banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis satu ini.

Beberapa alasan yang menyebabkan toko online semakin diminati oleh masyarakat diantaranya; (1) Lebih efisien, baik segi waktu dan biaya. Karena tidak perlu datang ke toko. (2) Praktis, karena hanya dengan mengakses melalui internet maka kita sudah bisa berbelanja. Selain itu bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. (3) Suasana tenang dan nyaman saat berbelanja, tanpa takut desak-desakan. Bebas memilih barang yang akan dibeli, tanpa kuatir toko akan tutup.

Dengan demikian, toko online ini memberikan banyak kelebihan dibandingkan sistem jualan offline. Namun bagi Anda pemula dan tertarik untuk menjalankan bisnis online ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuka toko online.

Tips Membuka Toko Online Bagi Pemula

Sebelum memulai bisnis online di internet biasanya orang menemukan kesulitan, yaitu tidak tahu harus memulai dari mana. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

cara membuka toko online

1. Tentukan Platform Yang Ingin Anda Gunakan

Semakin berkembangnya teknologi, banyak tersedia platform yang bisa Anda gunakan untuk membuka toko online. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi messenger seperti WhatsApp juga bisa dijadikan tempat untuk memulai membuka toko online.

Kebanyakan pengusaha lebih cocok menggunakan media sosial Facebook sebagai tempat pemasaran dan promosi, hal ini dikarenakan pengguna Facebook cukup banyak sehingga bisa menjangkau banyak konsumen. Namun tidak menutup kemungkinan, media lainnya juga bisa dijadikan tempat untuk berjualan.

2. Pahami Teknik Pengambilan Foto Produk

Tips selanjutnya adalah Anda harus mengetahui dan memahami cara pengambilan foto, agar konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Jika usaha toko online Anda menjual produk seperti baju atau aksesoris, gunakanlah model agar produk mempunyai nilai jual. Selain itu, resolusi gambar juga penting untuk diperhatikan. Jangan menggunakan gambar dengan resolusi rendah, sehingga konsumen tidak bisa melihat detail produk.

3. Buat Konten Yang Sesuai Dengan Usaha

Dengan memulai peluang usaha online konten yang diposting oleh Anda pun harus
sesuai dengan bidang usaha toko online. Hal ini agar konsumen dapat dengan mudah menemukan barang yang akan mereka beli.

4. Promosikan Ke Teman

Anda bisa melakukan promosi secara langsung ke temen-teman atau orang lain yang Anda kenal. Berikan informasi berupa alamat website dan sosial media toko online milik Anda. Metode promosi ini sangat efektif bila Anda sering melakukannya.

5. Iklan Berbayar

Jika menggunakan promosi melalui media sosial atau antar teman kurang efektif dan membuahkan hasil, maka jalan lainnya adalah memasang iklan berbayar. Anda bisa memasang iklan di website yang sering dikunjungi seperti menggunakan Google Adwords atau di media sosial dengan menggunakan Facebook Ads.

Memang dalam hal ini ada biaya yang harus dikeluarkan, namun tidak ada salahnya demi mengembangkan usaha toko online Anda.

6. Buatlah Website Resmi Toko Online Anda

Selain pemasaran melalui media sosial, website juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mempromosikan produk Anda. Semakin maraknya toko online abal-abal membuat konsumen lebih hati-hati dan teliti dalam memilih toko online. Dengan adanya website maka konsumen akan lebih percaya keberadaan toko online tersebut.

Selain itu, desain website juga diperlukan agar konsumen lebih nyaman saat melakukan pembelian di laman website toko online Anda.

Nah, itulah 6 tips membuka toko online bagi pemula. Namun bagi Anda yang tidak mau repot-repot dan merasa ribet dengan beberapa tips di atas, Anda bisa menggunakan Desty App.

Apa itu Desty App?

Desty App adalah platform digital yang membantu penjual (merchant), influencer, dan kreator untuk membuat sebuah destinasi online guna memasarkan dan menjual produk mereka. Platform gratis ini menawarkan dua produk, yaitu Desty Page dan Desty Store.

buka toko online desty app

Desty Page adalah layanan penyedia landing page yang dioptimasi untuk tautan di akun media sosial, terutama Instagram. Sedangkan Desty Store menyediakan platform untuk membuka toko online dengan mudah sebagai marketplace.

Dengan Desty App, Anda bisa membuat landing page serta membangun online brand sendiri hanya dalam hitungan menit.

Desty App, Buat dan Desain Toko Online Anda Sendiri!

Untuk membuat sebuah toko online yang ramai pengunjung dan mudah ditemui, tentunya Anda memerlukan sebuah platform jualan yang bagus pula. Dengan platform yang bagus, maka jangkauan pasar yang luas membuat potensi sukses semakin tinggi.

Nah, dengan Desty App ini Anda bebas mendesain toko online sendiri sesuai brand Anda. Untuk toko online, Anda bisa mendaftarkannya di Desty Store. Di Desty Store, Anda bisa mengelola sepenuhnya toko online Anda, jadi tetap di bawah kendali Anda, tanpa campur tangan pihak lain.

Mulai dari nama, deskripsi barang, harga, pembayaran, bahkan sampai desain toko Anda yang menentukan. Desty Store sudah menyediakan semua pengaturan dan fitur Anda butuhkan, jadi setelah selesai mendaftar, maka Anda langsung bisa berjualan. Menarik, kan?

Cara Membuat Toko Online di Desty Store

Untuk membuat toko online di Desty Store ini gampang banget kok, yang harus Anda persiapkan yaitu adalah ponsel (telepon genggam), nomor ponsel, dan email. Caranya sebagai berikut.
  1. Buka website Desty Store (www.desty.app/store).
  2. Silahkan pilih “Mulai jualan hari ini” atau “Coba Sekarang” (keduanya sama saja).
  3. Masukkan nomor ponsel Anda untuk mendaftar Desty Store.
  4. Apabila berhasil, Anda akan diarahkan ke dashboard.
  5. Lakukan pengaturan desain, pembayaran, unggah produk, deskripsi toko, sampai pengiriman.
  6. Lihat toko online yang sudah Anda buat untuk memastikan tampilannya, baik versi website atau mobile.
  7. Toko online Anda sudah siap dan mulailah berjualan.

Mudah, kan? Anda tertarik untuk membuka toko online, namun tak mau repot membuat landing page? Desty App adalah solusinya. Tunggu apa lagi, buat dan desain toko online sendiri di Desty App!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar