Header April Hatni

Fortune Indonesia : Media Ekonomi dan Bisnis Terpercaya

16 komentar
fortune indonesia

Ekonomi dan Bisnis merupakan suatu mata rantai yang saling terkait dalam aktivitas perekonomian suatu negara. Proses hubungan tersebut tidak terjadi dengan sendirinya, karena memerlukan waktu yang cukup lama dengan proses yang panjang.

Melalui berbagai macam tahapan yang membuat hubungan tersebut semakin erat antara satu dengan yang lainnya. Keterkaitan antara ekonomi dan bisnis ini tentunya menjadi penguat ketahanan, perkembangan, dan pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi, terutama ekonomi digital. Menurut hasil penelitian Google dan Temasek (2019), disebutkan bahwa salah satu hal yang mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia adalah banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia.

Pada tahun 2017, penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk Milenial yaitu penduduk yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000 sebesar 33.75%, dengan jumlah yang hampir berimbang antara laki-laki dan perempuan.
 
Berdasarkan data di atas, Indonesia diperkirakan segera memasuki fenomena bonus demografi beberapa tahun ke depan. Fenomena ini ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk produktif secara signifikan.

Meningkatnya jumlah penduduk produktif tentunya menjadi peluang emas untuk menggerakkan roda perekonomian. Penduduk produktif pada era ini didominasi oleh generasi Z dan generasi Milenial.

Generasi milenial merupakan modal utama dalam fenomena bonus demografi. Potensi generasi milenial yang dapat dimaksimalkan akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bisnis.

majalah fortune indonesia

Hal ini seiring dengan target audiens IDN Media, yaitu generasi Milenial dan Gen Z. Dengan menghadirkan Fortune Indonesia sebagai media ekonomi dan bisnis terpercaya.

Fortune Indonesia hadir sebagai media bisnis global terkemuka yang berkomitmen untuk menciptakan karya jurnalisme dengan standar akurasi, transparansi, dan legalitas yang tinggi di Indonesia.

Tentang Fortune

Fortune merupakan media bisnis terkemuka di dunia yang berfokus pada majalah global, situs web, dan seri konferensi. Diterbitkan oleh Fortune|Money Group milik Time Inc. Didirikan oleh Henry Luce pada tahun 1930, bisnis penerbitan yang terdiri dari Time, Life, Fortune, dan Sports Illustrated ini tumbuh menjadi Time Warner.

majalah fortune

Dengan perspektif global, track record, dan visi yang kuat, Fortune berhasil mempertahankan kualitas, akurasi, dan relevansi dari setiap informasinya.

Majalah ini dikenal khusus karena setiap tahunnya menerbitkan peringkat perusahaan-perusahaan menurut laba mereka.
 

Fortune Indonesia

Fortune dihadirkan oleh IDN Media, sebuah perusahaan media platform untuk Milenial dan Gen Z di Indonesia.
fortune indonesia

Melihat masih minimnya jumlah pengguna dari segmen bisnis, IDN Media yang selama ini ingin menjadi one stop media platform dan bertujuan membangun ekosistem yang lengkap, maka pada kuartal ketiga tahun 2021 diluncurkanlah Majalah Fortune Indonesia.

Menurut Co-Founder dan CEO IDN Media (Winston Utomo), Majalah Fortune Indonesia diharapkan bisa menjangkau segmentasi umum yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan informasi dalam kategori bisnis seperti pasar, ekonomi, teknologi, syariah, dan yang lainnya.

Sebagai media bisnis, Fortune Indonesia tentu menyasar para pengambil keputusan, eksekutif, pebisnis profesional, wirausahawan, dan pemimpin yang aspiratif sebagai target audiensnya.

Lalu bagaimana IDN Media dapat tetap merangkul Milenial dan Gen Z dengan hadirnya Fortune Indonesia di ekosistem bisnis IDN Media?

Berikut penjelasan CEO IDN Media (Winston Utomo), bagaimana Fortune dapat membawa dampak positif bagi Milenial dan Gen Z.

1. Akses Informasi yang Berkualitas

IDN Media sudah mempertimbangkan berbagai hal sebelum resmi memutuskan untuk membawa Fortune ke Indonesia. Salah satunya adalah pertimbangan mengenai dampak positif bagi Milenial dan Gen Z dengan kehadiran Fortune.

Menurut Winston, “Meski Fortune menargetkan pebisnis profesional sebagai audiens utamanya, hal ini sama sekali tak mengurangi fokus IDN Media pada Milenial dan Gen Z.”

Kehadiran Fortune Indonesia pada dasarnya juga ditujukan untuk Milenial dan Gen Z yang memiliki ketertarikan seputar bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan. Dengan terus memperhatikan akurasi dan kredibilitas informasi, juga dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan mereka.

fortune indonesia

2. Pentingnya Literasi Finansial bagi Milenial dan Gen Z

Wawasan dan pengetahuan tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal saja. Melalui akses informasi yang berkualitas juga menjadi salah satu alternatif lain yang dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan seseorang.

Berkaitan dengan kehadiran Fortune di Indonesia, Winston mengungkapkan bahwa Literasi Finansial menjadi salah satu hal paling penting yang sebetulnya wajib dipahami oleh Milenial dan Gen Z.

Untuk itu, Fortune ingin menjadi sumber informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya, serta membantu membuka perspektif baru terkait fokus mereka pada aspek finansial.

3. Milenial dan Gen Z, Kolaboratif dan berjiwa Wirausaha

Winston percaya bahwa generasi Milenial dan Gen Z mempunyai karakter kolaboratif dan jiwa wirausaha.

Menurutnya, Milenial dan Gen Z adalah pengambil risiko. Mereka memiliki jiwa wirausaha yang besar. Dengan karakter kolaboratif yang mereka miliki, mereka akan menggunakan kinerja tim sebagai landasan dalam membangun sebuah bisnis.

Majalah Fortune Indonesia

Edisi Pertama (8 Agustus 2021), Fortune Indonesia resmi diluncurkan oleh IDN Media. Mengusung tema “Game Changers”, Majalah Fortune Indonesia mengangkat kisah mega-merger dari dua unicorn asal Indonesia, yaitu Gojek dan Tokopedia yang kini bergabung menjadi GoTo.

majalah fortune indonesia

Selain itu, Fortune Indonesia juga menghadirkan berbagai cerita inspiratif lainnya, mulai dari perkembangan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. selama pandemi, strategi Unilever untuk menaikkan market share, perkembangan digital banking, kehadiran teknologi 5G, hingga pentingnya modal ventura dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada edisi kedua (14 September 2021), Majalah Fortune Indonesia mempersembahkan Fortune Indonesia 100. Berisikan sebuah pemeringkatan tahunan dari 100 perusahaan teratas di Indonesia.

majalah fortune indonesia

Pemeringkatan ini disusun oleh Fortune Indonesia setelah meninjau lebih dari 600 laporan keuangan perusahaan, baik dengan entri pembukaan maupun penutupan, pada tahun fiskal 2020.

Penilaian dilakukan secara objektif, sesuai dengan prediktor tervalidasi yang dilaporkan kepada regulator, serta bukti audit yang mencakup laporan terdokumentasi perusahaan untuk pemangku kepentingan mereka.

Fortune Indonesia juga menggali narasi inspiratif dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam Fortune Indonesia 100. Pertamina menjadi peringkat pertama yang menjadi perusahaan teratas dalam daftar. Pertamina telah mengumpulkan rekor keuntungan sepanjang tahun ini.

Nicke Widyawati (Dirut Pertamina), berbagi informasi mengenai rahasia perusahaan dalam menghadapi pandemi. Sehingga tetap dapat mencatatkan laba bersih ketika para pesaingnya seperti BP, Shell, Chevron, dan Exxon mesti menanggung kerugian.

Kemudian Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. atau SMART juga masuk dalam daftar 100 perusahaan teratas menurut Majalah Fortune. Merupakan perusahaan crude palm oil (CPO) terbesar dalam daftar Fortune Indonesia 100.

Jo Daud Dharsono (Dirut SMART), berbagi kisah mengenai apa yang dilakukan pada perusahaannya, sehingga tetap berhasil mencetak pertumbuhan, bahkan mencatatkan pendapatan terbesar dalam sejarahnya.

Dan masih banyak lagi cerita inspiratif perusahaan lainnya dalam menghadapi kondisi sulit dan penuh ketidakpastian, seperti Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Adaro Energy, Erajaya Swasembada, Prudential Indonesia, dan sebagainya.

Referensi :
https://id.wikipedia.org
https://ebooks.gramedia.com
https://www.fortuneidn.com
https://www.idntimes.com
http://facebook.com/fortuneIDN
http://instagram.com/fortune.idn
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

16 komentar

  1. Wuih ternyata perjalanan Fortune untuk sampai di tanah air ini panjang juga ya ...
    Terimakasih ulasannya Mbak.
    Oya, musim apa nih di sana? Hehehe

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu ada majalah Fortune yang merupakan majalah bisnis, Mbak. Pastinya, dengan kehadiran majalah Fortune edisi Indonesia, tidak hanya menambah wawasan seputar bisnis, tapi bisa meningkatkan dan mengembangkan dunia bisnis di Indonesia. Sukses terus untuk majalah Fortune edisi Indonesia.

    BalasHapus
  3. setuju banget tuh gen z sama milenial tuh emang lagi hype banget kan buat tau banyak ttg edukasi finansial juga dan cenderung banyak yang buka2 usaha gitu. Wuaaa, aku baru sadar nih merger nya GoTo, udh denger dari lama tapi baru ngeh pas pembayaran Tokopedia sekarang pake gopay, makin banyak promo dan gopay coins nya juga hahhahha

    BalasHapus
  4. Wah ini majalah legend, sih.. Dulu sering banget lihat ini di Gramedia.. Ternyata ada sejarahnya juga ya dibalik kredibilitas artikel-artikelnya

    BalasHapus
  5. Wah asyik nih merhatiin berita bisnis di Fortune Indonesia, jadi tau banyak info seputar bisnis global. Soalnya saya suka yang berbau bisnis dan finance, apalagi yang mengandung cuan.

    BalasHapus
  6. Aduh aku termasuk yang ketinggalan informasi ada Fortune Indonesia nih. Semoga memberikan dampak yang positif bagi seluruh pelaku ekonomi yah

    BalasHapus
  7. Majalah yang sangat keren dan bermanfaat dibaca para milenial sekrang ya, kebanyakan minenial biasa tertarik sama dunia ekonomi dan saya paling tertarik majalah edisi september.

    BalasHapus
  8. Happy fortune bisa masuk indonesia. Artinya demokrasi ekonomi udah mulai kelihatan lah ya meskipun pelaksanannya blm bisa sepenuhnya

    BalasHapus
  9. Jadi pengen kepoin majalah Fortune ini di websitenya langsung. Sebelumnya belum pernah baca majalahnya, ini juga karena banyak yang ulas makanya saya jadi penasaran

    BalasHapus
  10. Waaah jadi penasaran dan pengin baca bagaimana Fortune Indonesia menggali narasi inspiratif dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam Fortune Indonesia 100. Penasaran bagaimana mereka bisa sukses.

    BalasHapus
  11. Majalah yag memuat mengenai hal-hal berbau bisnis dan enterpreneur.
    Ini sangat membantu dan memberi semangat bagi para pebisnis yang sedang mencari inspirasi usaha juga motivasi.

    BalasHapus
  12. Udah baca juga Majalah Fortune Indonesia ini dan banyak banget pengetahuan tentang ekonomi, bisnis, dan bisa belajar dari para pengusaha Indonesia yang sudah lebih dulu sukses. Bersyukur banget sekarang ada Fortune ini sebagai media dan bacaan yang inspiratif

    BalasHapus
  13. Sekarang keluar lagi edisi terbaru majalahnya. Saya mau beli harganya 100K di Gramedia. Jadi saya tunggu suami dulu hehe. Soalnya bagus majalahnya memang. Banyak wawasan keuangan...

    BalasHapus
  14. wah bagus ya sekarnag masuk ke Indonesia semoga nanti menjadi bahan bacaan inspiratif sehingga mendorong generasi muda untuk berkarya makin semangat

    BalasHapus
  15. wah semoga dengan adanya Fortune di Indonesia makin menginspirasi banyak orang untuk semakin sukses ya mba, terus ini kan majalah bisnis ya pastinya akan sangat membantu sekali buat saya yang memang kerja di bidang bisnis

    BalasHapus
  16. Dengan hadirnya fortune ini semoga milenials makin bisa melek bisnis dan ekonomi seperti apa. Karena sayang banget kalau terlewatkan ini

    BalasHapus

Posting Komentar