Ambassador Hexagon City : Zona Growth Pekan Kedua

ambassador hexagon city

Masih berada di zona yang sama, yaitu Zona Growth (Zona G). Kali ini sudah memasuki pekan kedua Zona Growth di Hexagon City. Awalnya kami (team CH) sempat bingung dengan worksheets yang sudah disediakan oleh pusat, sejak pekan lalu. Kami bingung mengenai pekan 1/2 yang dimaksudkan di worksheet tersebut, haha… Pekan yang dimaksudkan ini terhitung sejak kapan? Mulai kami mengadakan Workshop Video Editing yang lalu atau mulai di Zona G saat ini? Dan ini diperuntukkan bagi Co Housing, Cluster atau kota? 

Kalau terhitung mulai Zona Agility (Zona A) lalu kebetulan saat Co Housing kami mengadakan pelatihan online, maka worksheet ini akan bisa dilengkapi karena pastinya sudah ditahap approved. Namun, jika pekan yang dimaksudkan adalah dimulai pada Zona Growth, maka team kami belum bisa melengkapi sepenuhnya. Karena di pekan ini bertepatan dengan timeline Project Passion kami yaitu pelaksanaan milestone ketiga. Akhirnya, kami pun pada hari Jumat lalu sepakat untuk mengadakan meeting di hari berikutnya, Sabtu 23 Januari 2021.

Sabtu 23 Januari 2021, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, kami pun mengadakan meeting online via Zoom untuk membahas jurnal pekan ini. Pada meeting tersebut ada beberapa poin yang kami sepakati, diantaranya :
  • Worksheet ini akan diisi sepenuhnya mengenai pertumbuhan Co Housing kami (berdasarkan timeline PP)
  • Aktivitas yang dituliskan mulai pekan lalu (Growth pekan pertama) sesuai peran yang kami tentukan pada Zona Agility 
leadership agility

Ada beberapa pertimbangan kenapa kami fokus dulu untuk CH kami. Pertama, untuk koordinasi dengan semua team di cluster butuh waktu yang tepat, sedangkan kami punya jadwal online yang berbeda dan waktu pengumpulan jurnal pun hanya seminggu kemudian. 

Kedua, awal bulan Februari mendatang sesuai dengan timeline yang kami susun di awal, bahwa Project Passion kami sudah memasuki  milestone ketiga. Oleh karena itu, langkah awal kami harus memikirkan pertumbuhan Project Passion kami. Kabar baiknya, melalui CH Leader kemarin, bahwa walikota menyampaikan per tanggal 26 Januari 2021 Hexagonia sudah bisa mempromosikan produk Project Passion ke luar Hexagon City. Seru kan? Aku pun sudah tak sabar untuk membuka peluang ke luar kota. 

Ambassador untuk Hexagon City 

Sesuai yang disampaikan oleh Founding Mother pada saat pemaparan materi hari Rabu pekan lalu, pada pekan kedua ini para Hexagonia diminta untuk menjadi Ambassador bagi Hexagon City. 

Menurut adalah.co.id, pengertian Brand Ambassador (Duta merek) adalah identitas di mana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, kemenangan manusia dan komersialisasi suatu produk.

Sedangkan menurut ekrut.com, secara sederhana Brand Ambassador adalah orang yang mempromosikan merek dan produk ke jaringan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan dari produk tersebut.

Penggunaan Brand Ambassador  dilakukan oleh perusahaan untuk memengaruhi atau mengajak konsumen. Ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dalam menggunakan produk.

Brand Ambassador  adalah istilah pemasaran untuk seseorang atau kelompok yang ditugaskan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan merek dalam bentuk produk atau jasa.

Adapun peranan dan manfaat keberadaan Brand Ambassador ini, sebagai berikut.

Peranan Brand Ambassador

  1. Menurut Royan (2004), Brand Ambassador dalam fungsinya untuk mempromosikan suatu produk mempunyai peranan sebagai berikut:
  2. Memberikan kesaksian (testimonial). Jika selebriti secara pribadi menggunakan produk, ia dapat memberikan kesaksian tentang kualitas dan manfaat dari produk atau merek yang diiklankan.
  3. Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement). Ada saat-saat ketika selebriti diminta membintangi iklan produk di mana mereka secara pribadi bukan ahli di bidangnya.
  4. Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya. Selebriti diminta untuk mempromosikan produk atau merek tertentu yang terkait dengan peran dalam program tertentu.
  5. Bertindak sebagai juru bicara perusahaan. Selebriti yang mempromosikan produk, merek, atau bisnis dalam periode tertentu termasuk dalam kelompok peran pembicara. Penampilan mereka dikaitkan dengan merek atau produk yang mewakili mereka.

Manfaat Brand Ambassador

Penunjukan brand ambassador biasanya dilatarbelakangi oleh citra positif brand ambassador, sehingga dapat mewakili citra produk secara keseluruhan. Menurut Lea Greenwood (2012), manfaat brand ambassador adalah sebagai berikut:

1. Press Coverage
Brand Ambassador berperan dalam membentuk citra merek di mata konsumen.

2. Changing Perceptions of The Brand
Brand Ambassador dapat mengubah persepsi merek. Dengan menggunakan duta merek yang efektif, citra dan persepsi suatu merek dapat didukung.

3. Attracting New Customers
Bagi perusahaan, seorang brand ambassador sangat penting untuk menarik konsumen untuk menggunakan produk mereka. Ini membutuhkan kepatuhan dengan pemilihan duta merek untuk menarik konsumen.

4. Freshening Up an Existing Campaign
Terkadang konsumen kurang memperhatikan atau melupakan slogan perusahaan. Memiliki brand ambassador membuat konsumen lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.

Nah, dari pemaparan di atas pasti menimbulkan berbagai pertanyaan. Apakah seorang brand ambassador harus dikalangan artis maupun selebriti, orang yang berpengaruh dan semisalnya? Jawabannya, ya tidak harus. Karenanya di dalam lingkup Hexagon City pun nggak ada yang berprofesi sebagai artis dan semisalnya kok, haha... Maka, kesimpulannya bahwa semua Hexagonia bisa menjadi ambassador bagi Hexagon City dan brand ambassador bagi semua produk yang dihasilkan para warga di Hexagon City.

Bagaimana caranya? Hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai Ambassador adalah dengan mempromosikan kegiatan yang ada di  Hexagon City agar bisa diketahui masyarakat luas. Semua elemen yang berada di  Hexagon City, kekayaan-kekayaan yang ada di Hexagon City, SDM-nya, produk-produknya di Project Passion, kekayaan karya-karya yang dihasilkan di Project Passion, kekayaan media marketingnya, sosial media, dan sebagainya.

Tujuannya adalah agar hal-hal positif di Hexagon City bisa dirasakan bagi banyak orang. Sehingga mereka yang berada di luar Hexagon City bisa terinspirasi dan mendapatkan wawasan dari kegiatan-kegiatan di Hexagon City.

Aku pribadi secara khusus memang belum pernah mempromosikan tentang Hexagon City berikut elemennya terutama produknya keluar Hexagon City, karena memang belum ada izin dan khawatir melanggar CoC. Namun kali ini, setelah mendapatkan izin dari kota dan memang kita dituntut untuk menjadi ambassador, maka pertama aku akan mempromosikan produk Project Passion melalui status WhatsApp. Untuk tahap selanjutnya di platform media sosial lainnya, seperti Instagram dan Facebook. 

Berikut worksheet sesuai dengan peran yang sudah ditetapkan pada Zona Agility lalu. 

hexagon city growth
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter