Kontribusi Untuk Kota (Hexagon City)

kontribusi untuk kota hexagon city

Pekan Huddle

Alhamdulillah tak terasa sudah dua bulan berada di Hexagon City. Empat zona sudah dilalui bersama dalam tahap membangun kota produktif Hexagon City. Dan kini saatnya para Hexagonia mendapatkan badge dari apa yang telah dijalankan di setiap zonanya di Hexagon City. 

Berbeda dengan jurnal-jurnal sebelumnya, jurnal kali ini memang edisi spesial karena mengangkat  topik yang berkaitan dengan Passionate People, Character Cultivated, Habit Power, Shining 4E, yang telah kami jalani sebagai Hexagonia. Apakah itu? Nanti kita akan bahas satu per satu ya… 

Di pekan ini, kami para Hexagonia membuat sesi Huddle. Sesi Huddle ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan semangat menuju ke tahapan selanjutnya. Huddle yang berarti saling bergandengan tangan dalam satu tim. Di sini para Hexagonia memiliki kesempatan yang sama untuk sharing berbagai hal, tentang apa yang dirasakan, baik progres maupun tantangan selama di Hexagon City. 

Huddle  boleh dilakukan secara personal maupun dalam forum bersama. Hexagonia kepada Co-Housing Leader, lalu Co-Housing Leader kepada Cluster Leader, selanjutnya Cluster Leader kepada City Leader dan terakhir City Leaders kepada Tim Formula (Mardika). 

Karena dalam tim ini kami belajar bukan hanya sekedar menghasilkan karya, akan tetapi bagaimana seni mengelola antara satu personal dengan personal lainnya hingga menjadi satu tim yang bisa menghasilkan karya masterpiece bersama. 

Passionate People

Dimulai dari Zona Passion dimana setiap Co-Housing membuat Project Passion bersama. Perencanaan, persiapan, evaluasi serta peluncuran dan pelaksanaan Project Passion ini dilakukan selama kurang lebih 6 bulan dan bisa dilanjutkan. 

Tidak perlu mengulur waktu lagi dan kami pun segera berdiskusi agar Project Passion kami segera terbentuk, akhirnya kami pun sepakat dan project tersebut kami beri nama HEXA PALETTE STUDIO

Kami berharap semoga project yang membahagiakan ini, menjadi wadah berkarya, bermanfaat serta berdampak bagi seluruh komponen Hexagonia dan publik (masyarakat luar) suatu saat nanti.

Teringat kembali awal perjalanan sebelum resmi menjadi warga Hexagon City, sebagai syarat masuk Bunda Produktif adalah memilih salah satu bidang Passion. Ada berbagai pilihan di sana dan aku pun bimbang antara memilih bidang Kepenulisan dan Desain. Karena dua bidang ini memang sangat membuatku bahagia dan bersemangat. Namun hanya satu saja yang harus dipilih. 

Aku kembali berpikir hanya dalam waktu tiga hari, akhirnya aku memutuskan untuk memilih Desain. Menguatkan kembali Seperti pada postingan sebelumnya, bahwa Desain merupakan salah satu passion yang sudah menjiwaiku. Dan aku sudah sangat passionate di bidang ini. Hal ini terbukti ketika aku mendesain rasa bahagia dan semangat selalu kurasakan. 

Amazingnya, terkadang ketika kesedihan pun kecewaan menghampiriku, aku bisa mengalihkan rasa itu dengan mendesain dan alhamdulillah berubah menjadi kebahagiaan. Maka bisa disimpulkan bahwa dengan mendesain adalah salah satu cara mencintai diriku sendiri atau “Self Love”.

Character Cultivated

Selanjutnya menuju pada Zona Character, yaitu menumbuhkan karakter (Character Cultivated) baik dalam sebuah tim. Bukan tanpa tujuan, menumbuhkan karakter baik ini dimaksudkan untuk mempercepat laju Project Passion bersama. 

Ada 9 karakter kinerja yang dipilih masing-masing anggota tim, diantaranya; Pekerja keras, Tepat waktu, Tanggung Jawab, Kerjasama, Semangat belajar, Pemberi Semangat Positif, Inisiator, Konsisten dan Alertness (kesiapan). 

Sedangkan aku sendiri memilih karakter Tepat Waktu. Alhamdulillah sudah mulai back on track, sudah dua kali mengikuti materi live dari founding mother secara on time dan tidak terlewat lagi, hadir tepat waktu mengikuti diskusi di WAG Co-Housing dan tidak ada acara “manjat chat” lagi, mengumpulkan jurnal dan masih banyak lagi aktivitas lainnya sesuai deadline. Hal ini merupakan kemenangan-kemenangan kecil yang patut aku syukuri.

Habit Power

Kekuatan dari sebuah kebiasaan (Habit Power). Setelah nyaman berada di Zona Character, kemudian berlanjut pada Zona Habit.  Ada beberapa hal yang harus kami lakukan dalam mencapai “Habit to Nation” ini. Diantaranya membuat Project Passion Roadmap, menentukan Goals Project Passion, membuat Milestone Project, menuliskan Blocker dan Solution.

Di zona ini aku mendapatkan ilmu baru tentang habit, bahwa pembentukan habit yang baik dalam sebuah teamwork akan membuat teamwork semakin solid, sehingga misi (tujuan) yang hendak dicapai dalam team tersebut akan tercapai. 

Sesuai dengan karakter yang aku ambil pada zona sebelumnya, maka habit ini adalah penerapan dan penguatan sebuah karakter tersebut. 

Mengevaluasi lagi habit yang dijalankan, apakah Identity Value, atau Outcome Value. Ya, dengan hasil apa yang dipilih, menentukan strong why jika ingin terus konsisten terhadap habit yang dibangun. 

Komitmen dengan jadwal yang ditentukan dan tidak banyak alasan dalam mengerjakan sesuatu adalah habit yang terus aku latih dan terapkan selama project passion berlangsung. Alhamdulillah tak ada masalah selama ini, dan aku sudah mulai terbiasa lagi dengan habit baik ini.

Shining 4E

Yang terakhir sampailah kami pada Zona 4E (Enjoy, Easy, Excellent,​ ​dan​ ​Earn). Pada zona ini kami diminta untuk menuliskan beberapa aktivitas yang diperlukan pada Project Passion. Setelah terbentuk beberapa aktivitas, masing-masing member mengidentifikasi beberapa aktivitas tersebut yang menjadi ranah 4E bagi mereka.

Aktivitas ini merupakan perluasan dari peran yang kami pilih pada setiap milestone Project Passion. Aku yang merupakan tipe analitis, maka peran yang sesuai adalah Akuntan (Bendahara). Aktivitas ini memang sudah masuk ke dalam ranah 4E, aku merasa suka, senang, mudah melakukannya dan 2 tahun belakangan ini sudah berkecimpung pada aktivitas tersebut. 

Kontribusi Untuk Kota

Sebagaimana yang telah dijelaskan pula oleh Founding Mother (Septi Peni Wulandani), termasuk dalam bentuk kontribusi kita sebagai Hexagonia pada kota adalah dengan bergabung pada fasilitas-fasilitas yang terdapat di Hexagon City. 

Adapun fasilitas yang disediakan oleh Hexagon City, diantaranya seperti Hexamedia, Hexamarket dan Hexalink. Hexamedia ini diluncurkan oleh Marketing & Communication Manager Hexagon City, merupakan platform media dan komunikasi yang digunakan di Hexagon City. Di sana ada Instagram, YouTube, Fanpage Facebook, Website, Hexa Radio dan HCTV (Hexagon City TV). Lengkap banget kan? 

fasilitas hexagon city

Yang menarik perhatianku saat ini adalah HCTV. Merupakan satu-satunya channel TV di Hexagon city ini. Di channel ini, Project Passion dengan program kegiatan LIVE di media sosial akan dilakukan bersama-sama dan masuk di program HCTV. Jadi, setiap Co-Housing yang mempunyai program Live tinggal mempersiapkan diri dan nantinya akan ada pengumuman dari pihak Marcomm (Marketing & Communication Manager Hexagon City).

Semuanya memang sudah didata dan dipersiapkan secara rapi oleh pihak Marcomm. Hal ini bertujuan untuk membantu project Co-Housing agar terfasilitasi dengan baik sesuai dengan platform yang diinginkan. 

Bagi Co-Housing yang berkepentingan dengan salah satu platform, bisa langsung menghubungi tim Marcomm melalui email yang telah disediakan.

Kemudian, baru-baru ini Hexagon City juga meluncurkan Hexamarket dan Hexalink. Hexamarket adalah mall atau plaza milik Hexagon City yang akan menjual produk dan jasa dari Co-Housing. 

Peluncuran Hexamarket oleh Gubernur Bank Hexagon City ini bertujuan untuk memfasilitasi semua Project Passion yang berupa produk barang, baik dalam bentuk fisik maupun digital akan dipasarkan di sini. 

Jadi, semua Hexagonia memiliki kesempatan yang sama yaitu bisa menjual dan membeli produk melalui Hexamarket ini.

Sedangkan Hexalink yang diluncurkan oleh Tim Resources and Development Hexagon City merupakan pusat informasi sumber daya manusia di Hexagon City.  Hexalink ini bertujuan untuk memfasilitasi semua keahlian yang dimiliki para Hexagonia, sehingga bila Co-Housing memerlukan skill khusus dan pelatihan tertentu, maka bisa mencarinya di sini. 

Fitur di Hexalink ini pun juga sangat lengkap, diantaranya;
  1. Informasi Pelatihan yang dilaksanakan oleh Resources and Development Center Hexagon City
  2. Informasi Pelatihan yang merupakan Project Passion Co-Housing yang diberikan secara gratis
  3. Informasi Pelatihan yang merupakan Project Passion Co-Housing yang diberikan dengan berbayar
  4. Program Mentorship, Hexagonia dapat membuka program mentorship yang diberikan secara gratis maupun berbayar
  5. Informasi pencarian kontribusi dari Hexagonia lain yang menunjang Project Passion, baik secara sukarela maupun berbayar
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

1 komentar

  1. Ditunggu nih huddlenya mbak April. Boleh wapri atau di grup. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

Salam Hangat, April Hatni

Subscribe Our Newsletter