Zona 4E Hexagon City

zona 4E hexagon city
Berbicara mengenai Bakat, apa sih Bakat itu? Bakat adalah salah satu dari fitrah yang diberikan oleh Allah pada setiap manusia dalam awal penciptaanNya. Bakat juga merupakan hal yang sangat penting. 

Bakat adalah fitur unik, fitrah yang telah terinstal sebelum seorang manusia dilahirkan. Mengingat bahwa bakat adalah unik seperti juga halnya dengan personality, maka bakat seharusnya merupakan personality yang terkait dengan produktivitas.

Ada dua sumber yang bisa didefinisikan sebagai bakat. Yaitu potensi fisik/panca indera ​(ini yang biasa kita kenal sebagai bakat selama ini) misalnya melukis, menari, acting, olahraga, dan sebagainya. Selain itu, ada pula potensi berupa sifat​ ​produktif​.

Inilah mengapa selama ini kita menganggap hanya orang tertentu saja yang memiliki bakat. Karena kita selama ini mengenal bakat hanya dari kelebihan fisik atau indrawi saja. Sedangkan sifat produktif tidak kita anggap sebagai bagian dari bakat. 

Sifat produktif inilah yang disebut dengan Potensi​ ​kekuatan. Rumus yang paling mudah untuk menemukan bakat adalah dengan 4E (Enjoy, Easy, Excellent,​ ​dan​ ​Earn).


Zona 4E di Hexagon City

Pada pekan ini para Hexagonia sudah memasuki Zona 4E (Enjoy, Easy, Excellent,​ ​dan​ ​Earn). Di zona ini kita akan melihat mana saja aktivitas di Project Passion dan aktivitas di Hexagon City ini yang menjadi ranah Enjoy, Easy, Excellent,​ ​dan​ ​Earn kita sebagai Hexagonia.

Membahas tentang 4E (Enjoy, Easy, Excellent,​ ​dan​ ​Earn) apa sih definisi dari keempat elemen aktivitas tersebut dan apa pula indikatornya?

Kalau mereview kembali Pandu 45 yang sudah pernah dibahas di kelas Matrikulasi dahulu, bahwa kita bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai indikatornya. 

1. Enjoy 

  • Apakah kita sangat menikmati aktivitas tersebut? (sebagai Hexagonia dalam menjalankan Project Passion dan di Hexagon City)
  • Apakah kita sangat berbinar dalam menjalani aktivitas tersebut? Seolah-olah energi kita tak pernah habis mengerjakan hal tersebut? (sebagai Hexagonia dalam menjalankan Project Passion dan di Hexagon City)

Kesimpulannya, jika jawabannya “IYA”, maka satu tahapan “ENJOY” sudah kita dapatkan.

2. Easy

Selanjutnya di tahap ini kita akan melihat dan mengukur kembali dengan beberapa tantangan yang kita hadapi. 

Apabila ada tantangan di bidang tersebut, apakah kita tidak akan menyerah? Selalu bertahan untuk mencari jalan keluarnya dan selalu saja mendapatkan cara mengatasinya? Kalau jawabannya “IYA”, maka tahapan “EASY” pun sudah ada di tangan.

3. Excellent

Ketika kita mampu menikmati aktivitas yang kita lakukan, lalu muncul “Internal Motivation” dan mudah melakukannya serta konsisten menambah jam terbang, hingga hasilnya bagus, berarti kita sudah sampai pada tahapan “EXCELLENT”.

4. Earn

Pada tahapan terakhir, adalah bisa kita lihat dari sisi produktivitas kegiatan yang kita tekuni.
  • Apakah selama ini kita sudah aktif berkarya? 
  • Aktif berbagi hasil belajarnya? Sehingga orang lain pun mengakuinya.

Kesimpulannya, kalau jawabannya “IYA”, berarti kita sudah masuk tahapan “EARN”.

roadmap personal 4E

Diskusi 4E Hexa Palette Studio

Pada Sabtu, 14 November 2020 kemarin kami sudah berdiskusi mengenai peran yang sudah kita pilih pada tahapan sebelumnya (Zona Habit). Karena pada tahapan tersebut kami sudah berbagi peran pada setiap milestone yang sudah kami tentukan, maka pada tahapan ini tinggal me-breakdown peran tersebut menjadi beberapa activity.

4E to nation

Untuk peran yang aku ambil sendiri adalah bidang Accountant, dan kebetulan peran ini memang diperlukan pada setiap milestone dari Passion Project kami. Anyway, kenapa sih aku memilih peran ini? Pertama, sesuai hasil test TMA tahun lalu menunjukkan bahwa Analytical masuk ke dalam urutan tujuh besar teratas bakat dominan yang aku miliki. 

Analysing (menganalisa) yaitu mencari apa yang menjadikan sesuatu dengan cara mengidentifikasikan bagian-bagian pembentuknya (atau mempelajari sesuatu dengan seksama).

Analyst yaitu seorang yang berpikiran analisis, senang bermain angka-angka maupun data sehingga suka menguraikan sesuatu kedalam satuan yang lebih kecil.

Alasan kedua, sudah dua tahunan ini aku memegang peran sebagai Bendahara di salah satu komunitas tempat tinggalku, yaitu Perkumpulan Ibu-ibu QP Refinery. Dan ternyata aku sangat menikmati peran ini, setiap kali aku update cara pembukuan yang simple dan efektif sehingga para member pun merasa puas dengan kinerjaku.

Dengan alasan tersebut di atas, maka aku dengan senang hati langsung mengambil peran ini, selain untuk memanfaatkan bakat dengan sebaik-baiknya hal ini juga merupakan kesempatan untuk mengembangkan bakat yang aku miliki. 

Lantas apa saja aktivitas yang dilakukan oleh seorang Accountant? Tentunya mengelola keuangan dan mempertanggungjawabkan Hexa Palette Studio

Menurut KBBI, kelola/ke·lo·la/, mengelola/me·nge·lo·la/ v 1 mengendalikan; menyelenggarakan (pemerintahan dan sebagainya); 2 mengurus (perusahaan, proyek, dan sebagainya); menjalankan. 

Jadi, mengelola di sini dalam artian menerima, menyimpan, membayarkan, serta membuat anggaran untuk keperluan  Hexa Palette Studio. 

Lalu mempertanggungjawabkan; melakukan pencatatan dan membuat laporan atas transaksi ataupun data keuangan yang terjadi di Hexa Palette Studio. 

Laporan yang disajikan nanti dapat digunakan untuk membantu manajemen dalam memperoleh informasi yang berhubungan dengan pendapatan dan biaya sebagai ukuran kegiatan yang telah dilaksanakan berdasarkan tanggung jawab yang telah ditetapkan.

brainstorming 4E to nation
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter