Sarab Camp: Sensasi Camping rasa Hotel

sensasi camping rasa hotel di sarab camp


Tak terasa, Winter telah tiba. Biasanya saat cuaca sudah mulai bersahabat seperti sekarang ini kami (warga Indonesia di Qatar) selalu berencana untuk berwisata alam, seperti nge-dune, nge-park, mancing dan atau camping. Nah, memang ada beberapa istilah yang biasa kami gunakan, hehe… 

Nge-dune adalah salah satu kegiatan off-road di gurun. Kegiatan ini cukup menantang dan memacu adrenalin, oleh karena itu banyak juga yang menggemari kegiatan ini, terutama penduduk lokal/Qatari. Sedangkan nge-park adalah kegiatan berwisata ke park (taman), biasanya kami membawa makanan dan minuman dari rumah untuk dimakan bersama saat berkumpul dengan keluarga lainnya. 
 
Lantas, bagaimana dengan aku dan keluargaku sendiri? Kalau aku dan keluarga lebih menyukai nge-park dan camping, murah meriah dan tak perlu persiapan mental,  hehe… 

Untuk camping sendiri, ada yang bebas ada pula tempat khusus (penyewaan). Bedanya apa? Untuk yang bebas, ya seperti camping di alam terbuka pada umumnya, tidak tersedia fasilitas apa-apa, dan banyak yang perlu kita bawa dan persiapkan dari rumah, seperti lampu, tenda, toilet portable, makanan, minuman dan lain sebagainya.

Sedangkan camping di tempat khusus maksudnya adalah ada salah satu tempat sewaan khusus untuk camping dan siapapun bisa menyewa di sini. Sarab Camp namanya.

Sarab Camp

Terletak di lokasi yang mudah diakses, di tengah padang pasir berdekatan dengan laut (Sealine Beach) - Mesaieed, Sarab Camp adalah sebuah tempat camping tradisional Arab dengan fasilitas modern. 

Untuk menuju ke lokasi hanya diperlukan waktu satu jam jika dari Doha dan 45 menit dari Mesaieed. Kebetulan kami tinggal di Mesaieed, jadi memang lebih dekat. Di sini kita bisa merasakan kehidupan nyata orang Arab tempo dulu namun dengan standar Internasional.

Kenyamanan dan keamanannya terjamin meskipun di tempat terbuka. Dengan jumlah keseluruhan 16 cluster, masing-masing cluster terdiri dari 7 tenda, diantaranya 6 tenda individu dan 1 Majelis. Tenda Majelis ini biasanya untuk tempat berkumpul bersama, berdiskusi dan makan bersama.

Tersedia empat kategori yaitu, cluster Standard, Preferred, Deluxe dan Superior, sehingga kita bisa memilih tenda sesuai dengan kebutuhan privasi dan fasilitasnya. 

Karena dalam satu cluster tersedia tenda yang cukup banyak, maka biasanya kami booking untuk satu komunitas (maksimal 20 keluarga). Check-in pada pukul 14.00 waktu setempat dan check out esok hari pada pukul 10.00.
minum karak chai di sarab camp

Sensasi Camping rasa Hotel

Camping di sini kita bisa merasakan sensasi camping yang tak biasa, mengapa demikian? Karena di sini kita bisa merasakan berkemah tanpa ribet dan tetap bisa eksis, ea hehe… 

Tempat camping dengan konsep glamping (glamorous camping) bisa kita rasakan sensasi mewah di tengah padang pasir dan bebas dari polusi. Tidak perlu bersusah payah membawa peralatan camping sendiri. 

Dan hanya di tempat inilah kita bisa merasakan sensasi camping rasa hotel, semua fasilitas lengkap, termasuk tenda, tempat api unggun/BBQ, toilet, dapur, TV, AC, di dalam tenda pun disediakan kasur/bed lengkap dengan bantal, guling, selimut dan sprei tentunya. Gimana nggak enak coba? Bagiku yang nggak suka ribet, tempat ini sangat cocok.
fasilitas sarab camp
   
Tinggal booking cluster (bisa online maupun offline), kemudian check-in dan taraaa… kita bisa merasakan camping di alam terbuka tanpa repot bin ribet. Cuma sayangnya di sini nggak tersedia akses internet ya, nggak ada WiFi, bagi yang mau stay connected ya harus bekal voucher/paket data dari rumah supaya nggak “mati gaya”, hehe…  

Sarab Camp merupakan surga relaksasi di tengah bukit pasir yang luas. Tempat camping gurun ini memang dirancang untuk menawarkan liburan keluarga yang santai di lingkungan yang aman dan nyaman. 

Tersedia pula menu tradisional untuk breakfast yang disajikan secara buffet atau ala carte. Namun untuk mendapatkan fasilitas ini harus bersedia menambah sekitar 1000-2000 QAR untuk satu cluster. Karena jatuhnya terlalu mahal, maka kami biasanya bawa bahan makanan dari rumah untuk dimasak dan dimakan bersama. 

Seperti minuman ringan, juice, bersoda, atau mocktail juga tersedia dan dibuat sesuai pesanan namun ini pun di luar biasa sewa ya… dan lebih baik membawa semuanya dari rumah jika tidak ingin keluar biaya banyak.

Tersedia pula tempat khusus untuk BBQ hanya saja peralatan dan perlengkapan bawa dari rumah, sehingga para tamu dapat membawa bahan-bahan sendiri lalu memanggang sendiri di sana atau bisa menggunakan jasa (dengan biaya tambahan). 
BBQ sarab camp

Untuk acara BBQ ini biasa kami lakukan sehabis Sholat Isya dan biasanya sambil menyalakan Api Unggun. 

Sarab Camp merupakan tempat yang ideal untuk rekreasi keluarga, komunitas dan pertemuan perusahaan. Konon, tempat ini bisa menampung hingga 400 tamu dalam kapasitas penuh dan tersedia untuk sewa harian, mingguan atau bulanan. Oleh karena itu (bahkan) sangat cocok untuk acara pribadi berskala besar. 

Sayangnya untuk tahun ini sepertinya gagal dilaksanakan, meskipun Qatar sudah melewati fase keempat dan sudah banyak pelonggaran termasuk aktivitas berkumpul sudah diperbolehkan. Namun pertimbangan kami cukup banyak dan akhirnya acara tahunan ini ditunda hingga tahun depan. 
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

14 komentar

  1. Seru banget kegiatannya, semoga bisa liburan ke Qatar..

    BalasHapus
  2. Kebayang serunya camping dengan pemandangan gurun

    BalasHapus
  3. Kayaknya seru banget, Kak..
    Camping di alam terbuka

    BalasHapus
  4. Betul ya mbak, jadi banyak kegiatan tertunda karena pandemi ini :')

    BalasHapus
  5. waaah, kelihatannya seru banget ya kak. Duh jadi pengen euy.

    BalasHapus
  6. Menarik banget kak, mungkin karena di gurun jadi winter adalah waktu tepat buat camping ya. Lebih adem gitu.

    Kalau boleh tahu, winter disana suhunya berapa kah?

    BalasHapus
  7. Semoga bisa kesana suatu hari nanti bersama keluarga tercinta..... Aamiin:)

    Semoga pula pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  8. Kenapa baca ini rasanya pengen bilang pandemi oh pandemi ...

    Sudah lama banget enggak keluar rumah :(

    BalasHapus
  9. Waaah.. .camping. Seru banget pastinya ya

    BalasHapus
  10. Wah, aku bisa bayangin gimana serunya camping di sana... Semoga pandemi cepat berlalu ya kak, supaya bisa camping lagi. Btw rumahnya Kakak dekat sama Bu Retno Hening Palupi gak? Penulis Happy Little Soul yang tinggal di Qatar??? Jadi kepo 😁

    BalasHapus
  11. Jadi pengen ikutan camping di sanaa, mungkin tidak ya hahhahaha

    BalasHapus
  12. wah..jadi pengen ikut Sarab Camp, asyik bisa kumpul bersama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih bagi yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

Salam Hangat, April Hatni

Subscribe Our Newsletter