Cara Mudah Membuat Gethuk Dengan Food Processor

cara mudah membuat gethuk


Beginilah rasanya hidup di rantau, terpisah jarak yang jauh dengan tanah air, beda pulau dan benua pula, hehe... Rasa rindu akan masakan tanah air, terutama jajanan masa kecil hampir sering menghampiriku. Sedih, nggak juga. Cuma memang sedikit ada yang berbeda, terlebih masakan/jajanan tersebut jarang tersedia di tempat tinggal. 

Dari sekian jajanan khas tanah air yang paling memikatku selama ini ya, jajan pasar. Seperti Klepon, Cenil, Onde-onde, Lupis dan Gethuk. Beruntungnya aku bisa membuatnya di sini tentunya dibantu dengan beberapa alat hasil teknologi terkini.

Seperti Gethuk misalnya, selama ini yang kita aku ketahui proses pembuatannya nggak mudah lho genk’s! Saat proses menghaluskan itu yang terbayang kan harus memakai peralatan tradisional, seperti Ulekan, Lesung atau semacamnya. Nah aku yang orangnya nggak suka ribet, akhirnya mau nggak mau harus menahan rasa “kepengin makan” selama sekian tahun, hiks. 

Baru beberapa minggu yang lalu aku nih ceritanya aku baru memulai percobaan dan alhamdulillah berhasil. Wah seneng kan jadinya. Apalagi anakku ternyata juga menyukai jajanan kampung ini, setiap kali bikin langsung ludes, bikin tambah semangat. 

Kesimpulannya, bahwa membuat Gethuk itu gampang dan ada loh cara mudah membuat Gethuk itu. Mau tahu? Baca postingan ini sampai selesai ya genk’s!

Sebelum lanjut pada tutorial, mungkin ada yang masih awam/ belum mengetahui apa sih Gethuk itu, makanan seperti apa dan asalnya dari mana? 

Sejarah Gethuk

Dilansir dari sejarahunik.net, Gethuk merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ubi. Jajanan atau makanan tradisional ini biasanya dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional.

sejarah gethuk


Sejarah Gethuk berawal pada zaman penjajahan Jepang, konon pada masa itu beras yang merupakan makanan pokok Indonesia, merupakan barang langka yang sulit untuk ditemukan, sehingga penduduk lokal (asli) Magelang berupaya mengganti makanan pokok mereka dengan Ketela/singkong, yang saat itu banyak terdapat di sekitar rumah dan mudah ditemukan di pasar.

Hingga tersebutlah nama mbah Ali Mohtar yang berasal dari Desa Karet, Magelang yang mencoba berinovasi dengan Ketela tersebut menjadi satu makanan yang cukup menarik untuk dihidangkan dan tak membosankan dimakan.

Ketika itu beliau mencoba untuk mengolah Singkong/Ketela pohon dengan cara dikukus kemudian dihaluskan sekedarnya kemudian dicampur dengan gula. Dari sanalah konon makanan yang bernama Gethuk ini berasal.

Macam-macam Gethuk

Tahu nggak genk’s, selain Gethuk Singkong ada pula berbagai macam jenis gethuk lainnya, diantaranya Gethuk Lindri, Gethuk Goreng, Gethuk Sukun dan Gethuk Pisang.  

macam-macam gethuk


Gethuk Lindri ini terbuat dari Singkong dan bentuknya pun unik seperti mie berukuran besar yang dicetak. Gethuk ini mudah ditemui bila kita berkunjung ke Magelang, Yogyakarta, Solo, Semarang.

Kemudian yang kedua adalah Gethuk Goreng,
Gethuk Goreng ini mudah ditemukan di daerah Banyumas dan Purwokerto, konon yang terkenal namanya adalah Gethuk Goreng Sokaraja. Bahannya sama dengan Gethuk Lindri terbuat dari Singkong dan dicampur gula, setelah itu gethuk ini digoreng dan penyajiannya nggak perlu parutan kelapa.
 
Yang ketiga adalah Gethuk Sukun,
Gethuk ini terbuat dari buah Sukun dan cara membuatnya sama dengan pembuatan pada umumnya dan disajikan dengan parutan kelapa. Tampilannya mirip dengan Gethuk Goreng yang sudah dipotong. Getuk Sukun ini umumnya bisa ditemui di kota Kendal, Jawa Tengah.

Yang terakhir adalah Gethuk Pisang,
Hemm, dari namanya saja sudah ketahuan kan? Ya, Gethuk ini bahan bakunya adalah Pisang, tentunya yang sudah matang ya. Pisang yang digunakan pun merupakan jenis pisang khusus, sehingga memiliki cita rasa yang khas. 

Selain itu Gethuk Pisang ini juga dibungkus dengan daun pisang seperti Lemper, sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas. Cara penyajiannya bisa dengan kelapa parut maupun tidak, kalau aku sendiri langsung menyantapnya tanpa kelapa parut.

Gethuk Pisang ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. Di sana, makanan ini sangat mudah kita temukan, karena banyak penjual yang menjajakan makanan ini, baik di pasar, warung, maupun toko oleh-oleh. 

Alasan Memilih Gethuk Singkong

Nah, untuk kali ini aku ingin berbagi resep dan tips cara membuat Gethuk Singkong. Kenapa memilih Gethuk Singkong? Ya alasannya karena bahan-bahannya mudah didapatkan dan ternyata Gethuk Singkong ini ada filosofinya lho! 

Dilansir dari sejarahunik.net, Filosofi dari Gethuk Singkong adalah melambangkan kesederhanaan dan mempergunakan potensi yang kita miliki secara aktif dan kreatif sehingga membuat kita lebih mandiri dalam berbagai macam situasi. 

Pada dasarnya Getuk Singkong itu melambangkan kesederhanaan, nrimo ing pandum, qona’ah, apa adanya, dan jauh dari sikap konsumerisme atau gagah-gagahan semata. 

Di saat-saat bangsa sedang dilanda krisis ekonomi yang berimbas pada fluktuasi harga barang dan sembako, dan berujung pada rendahnya daya beli masyarakat, maka rakyat diajak untuk mengeratkan tali pinggang meskipun hanya dengan mengkonsumsi Singkong.

Dalam kondisi yang demikian, Singkong pun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bertahan karena memang harganya yang murah meriah dan bisa didapatkan di mana saja. Tanaman ‘kaum alit’ ini boleh dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. 

Bukan semata Umbinya yang bercita rasa khas, kemudian filosofi tentang Singkong telah mengajarkan kepada kita bahwa kesederhanaan dan kerendah-hatian yang dibarengi dengan berbagai macam potensi diri yang memadai, akan menjadikan hidup kita lebih acceptable di segala ruang dan waktu. Jadi, nggak perlu gengsi bersentuhan dengan Singkong di tengah-tengah modernitas saat ini.

Tutorial cara mudah membuat Gethuk Singkong

tutorial membuat gethuk

Kali ini aku ingin berbagi tips membuat Gethuk dengan menggunakan Food Processor, cara ini lumayan efesiensi waktu ya cepat dan nggak ribet, berikut caranya!

Siapkan bahan-bahannya, diantaranya:
  • Singkong 400 gram
  • Gula (pasir) bisa juga dengan Gula Kelapa secukupnya
  • Garam (¼ sdt)
  • Vanilli
  • Daun Pandan
  • Kelapa parut secukupnya (kukus sebentar sekitar 10 menit dengan Daun Pandan dan sedikit Garam)

Langkah-langkah:
  • Kukus Singkong sampai empuk (lebih kurang 40 menit)
  • Angkat Singkong lalu tiriskan, tunggu agak sedikit dingin 
  • Proses/haluskan Singkong menggunakan Food Processor hingga kalis
  • Lalu tambahkan Gula, Garam dan Vanili kemudian proses lagi hingga  tercampur rata
  • Sajikan dengan parutan kelapa

Bagi yang menginginkan warna-warni, bisa dicampur dengan Food Coloring ya. Selamat mencoba!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter