Sehat dan Cantik Sampai Tua

sehat dan cantik sampai tua

Kesehatan dan Kecantikan bagi Wanita 

Kesehatan dan kecantikan adalah dua hal yang pastinya menjadi dambaan setiap wanita, tak terkecuali aku. Memiliki wajah cantik, awet muda, tubuh sehat dengan badan yang ideal, siapa yang tak mau? 

Namun perlu diingat kalau kecantikan tak hanya soal fisik semata. Karena seharusnya, cantik juga datang dari dalam hati yang disebut dengan inner beauty. Sehingga penting juga untuk kita mengendalikan hawa nafsu dan juga kedisiplinan. 

Sayangnya, kebanyakan orang masih belum puas dengan apa yang telah dimilikinya, mereka beranggapan kalau kecantikan itu seperti halnya memiliki kulit yang putih, wajah mulus tanpa jerawat dan bentuk badan yang ‘aduhai’ bak artis Korea. 

Banyak diantaranya saling berlomba untuk mempercantik diri dengan penggunaan berbagai krim pemutih, obat-obatan, bahkan ada pula yang memilih dengan jalan pintas, lewat operasi plastik. 

Ya, mungkin tindakan-tindakan tersebut bisa membuat kita menjadi cantik secara fisik. Tapi cantik itu bukan hanya sekedar masalah fisik, tapi juga perihal jiwa dan hati. Sebagaimana doa yang selalu diucapkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam setiap hendak bercermin:


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ ، اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِيْ


Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.

Mempercantik diri memang disunnahkan dalam Islam. Sebab Allah SWT itu Maha indah dan Dia mencintai keindahan. 

Begitupun dengan kesehatan. Kesehatan merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan. Ketika tubuh mulai lemah dan sakit, maka segala aktivitas juga akan terbengkalai. 

Belum lagi harus menyisihkan sebagian uang untuk biaya pengobatan, sementara kita harus mengalokasikannya untuk keperluan lain. Oleh sebab itu, pentingnya kesadaran bagi siapapun untuk menjaganya..

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu kewajiban bagi setiap manusia. Karena pada dasarnya tubuh ini merupakan titipan dari Sang Maha Memiliki kepada kita semua. 

Selain itu, tubuh juga merupakan pemberian yang amat berharga. Sebab itulah menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan manifestasi dari keimanan sekaligus ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Upaya Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Sampai Tua

Ingin selalu sehat dan cantik sampai tua bukanlah hal yang tak mungkin. Karena pastinya setiap wanita pada dasarnya menginginkan semua itu. Betul apa betul banget?

Kita sadari bahwa kian hari umur kita semakin bertambah, mungkinkah? Apa sih yang tak mungkin. Untuk itu perlunya upaya untuk menjaga dan mempertahankannya. 

1. Olahraga Teratur

olahraga teratur


Bergerak secara aktif dengan rutin olahraga merupakan cara awet muda yang sehat. Hal ini dikarenakan olahraga mampu;
  • menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh tetap teratur,
  • menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung dan otak, otot, dan juga tulang,
  • membantu menangkal penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, sakit jantung, hingga depresi,
  • mencegah demensia karena bermanfaat meningkatkan interaksi antar-sel saraf sehingga memperlambat rusaknya jaringan otak.
Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Orang yang baru mulai berolahraga teratur menjelang usia lanjut pun tetap bisa mendapatkan manfaatnya dibandingkan mereka yang tidak bergerak aktif sama sekali. 

2. Atur Pola Makan

atur pola makan


Menerapkan pola makan sehat juga menjadi cara untuk mempercantik diri. Dalam Islam pun diajarkan, makan tidak boleh berlebihan, seseorang dianjurkan untuk makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. 

Adapun makanan yang bisa dikonsumsi untuk mempercantik kulit, seperti buah-buahan dan sayuran. Tak lupa pula, imbangi dengan memperbanyakminum air putih (sekitar 2-2,5 liter perhari) untuk menjaga kekencangan kulit.

3. Istirahat Yang Cukup 

cukup istirahat


Tidur 7-9 jam setiap hari dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan tidak lekas keriput. Meski demikian, terlalu banyak tidur justru juga tidak baik dan justru mempercepat proses rusaknya sel kulit. Tidur dengan posisi telentang lebih baik untuk kulit wajah daripada dengan posisi telungkup.

4. Selalu Berpikir Positif 

berpikir positif


Tau nggak, kata seorang dokter bahwa pola pikir dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Orang yang berpikir positif cenderung lebih sehat, karena mampu menghadapi stress yang dimilikinya dengan baik. 

Mereka juga cenderung lebih mudah menjalani gaya hidup sehat, sehingga tidak rentan terserang penyakit.  

Berbagai masalah manusia, mulai dari gangguan tidur, depresi, stress, kecemasan, penuaan dini, hingga kenaikan berat badan seringkali dapat diatasi dengan berpikir positif. 

Maka perlunya menyingkirkan segala pikiran negatif yang ada dan mulailah berpikir positif demi kesehatan yang lebih baik.

5. Jangan Lupa Selalu Bersyukur 

jangan lupa bersyukur


Bersyukur adalah hal kecil dan mudah, namun yang sering pula dilupakan oleh setiap manusia, aku pun terkadang begitu. Padahal dalam agama pun mengajarkan kita untuk tidak lupa bersyukur, atas kesehatan dan kenikmatan yang telah Allah berikan kepada setiap hambanya. 

Dengan bersyukur, kita akan mengurangi kebiasaan mengeluh dan hidup menjadi lebih positif. Ini ternyata berpengaruh pada kesehatan. Tidak hanya untuk kondisi kesehatan mental saja, bersyukur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter