Menulis Mimpi dalam sebuah Dreamboard

menulis mimpi dalam sebuah dreamboard

Mimpi Setiap Orang Berbeda

Setiap manusia pastinya mempunyai mimpi, harapan, dan cita-cita. Entah apa saja mimpi dan harapan itu hanya pribadi mereka sendiri yang tau. Kalaupun kita berkata ingin membahagiakan orangtua dan ingin menjadi orang sukses, sudah pasti semua orang mempunyai kemauan seperti itu. 

Hal tersebut bukanlah sebagai cita-cita, melainkan itu memang sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Sementara, definisi cita-cita itu sendiri adalah suatu kemauan yang memang timbul dari dalam diri kita sesuai dengan potensi dan tekad yang dimiliki untuk mencapai sesuatu atau menjadi suatu hal yang dijadikan sebagai panutan dan tentu dapat menjadi profesi kita di masa depan. 

dream quotes


Seperti halnya anak-anak yang masa kecilnya dibayang-bayangi dengan berbagai macam cita-cita, misalnya saja ingin menjadi seorang Dokter, Guru, Artis, bahkan Presiden.

Cita-cita bisa saja berubah-ubah sesuai dengan bertambahnya usia. Pada masa usia anak duduk di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar, pada saat inilah anak-anak banyak menggantungkan impian dan cita-cita. 

Hal ini karena pada masa pertumbuhan seperti itu otak anak-anak masih sangat sensitif dengan apa yang mereka lihat dan mereka anggap menakjubkan untuk mereka jadikan sebagai cita-cita mereka di masa depan. 

Sebagai contoh, seorang anak melihat kehebatan seorang pemain sepak bola dalam mencetak gol ke gawang lawan dan ia langsung menjadikan sepak bola sebagai impian dan cita-citanya di masa depan. 

Lain halnya denganku, dulu ketika aku masih duduk dibangku Sekolah Dasar jika ditanya oleh Ibu/Bapak Guru maupun orang sekitar selalu aku jawab “ingin menjadi Guru”.

Hingga SMA pun juga nggak berubah, tetap pada cita-cita awal dan memang pada akhirnya aku pun memutuskan untuk mendaftarkan diri di salah satu universitas dan mengambil jurusan pendidikan.

Manfaat Dreamboard

Nah, bicara mengenai cita-cita nih, pernah nggak sih kamu menuangkan cita-citamu ke dalam sebuah tulisan, baik di buku maupun di papan, misalnya? Jujur kalau aku sendiri sih selama ini belum pernah mencobanya, biasanya aku hanya mencatatnya di pikiran.

manfaat dreamboard


Tahu nggak, ternyata nih katanya jika kita menuangkan mimpi, harapan, maupun cita-cita ke dalam sebuah tulisan banyak manfaatnya loh. Salah satu contoh kita bisa menuangkannya pada Dreamboard. Itu loh, semacam papan yang ditempel tulisan-tulisan yang berisikan goals yang mau kita capai.

Dengan membuat sebuah Dreamboard, berupa kumpulan dari kata-kata, daftar impian, cara mencapai impian, foto-foto, kalimat motivasi, atau segala sesuatu yang ingin kita raih dan wujudkan, kita akan selalu teringat akan semua tujuan yang ingin kita raih. 

Selain itu ada banyak alasan kenapa kamu harus membuat Dreamboard, diantaranya;

1. Lebih Mudah untuk Menetapkan Tujuan Sebenarnya

Sebagai manusia normal, tentunya kita pernah merasa begitu lelah karena ketidakjelasan tujuan, dan masih merasa belum tahu apa yang harus dilakukan? Padahal, penetapan impian seharusnya tidak menjadi beban; kamu bahkan bisa mengubahnya menjadi menyenangkan.

Nah, dengan Dreamboard ini kita bisa menyusun rencana dan bagaimana cara untuk mencapai impian tersebut. 

Jangan lupa untuk selalu perbaharui setiap hari, atau satu minggu sekali sesuai dengan pencapaian yang telah kita dapat. Semakin sering memperbaharuinya, jadi semakin mudah termotivasi, deh!

2. Jalan untuk Mewujudkan Impian menjadi Kenyataan

Impian yang terwujud adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Tetapi, kita perlu menyusun jalan yang menjembatani antara impian, dan realita. Salah satu caranya adalah dengan menyusun langkah yang perlu kamu lakukan di Dreamboard. Menyusun setiap langkah dengan spesifik, sehingga kamu benar-benar tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai impian.

3. Cepat Memotivasi Untuk Mencapai Tujuan 

Terkadang terlalu sering membuat daftar tujuan, seringkali kita jadi tidak yakin dengan impian sendiri. Lalu, impian itu pun akhirnya terpendam atau menghilang begitu saja. 

Bisa jadi hal ini mungkin karena kita tidak memiliki motivasi jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu dengan Dreamboard daftar impian, cita-cita dan harapan akan ‘terlihat’ ole kita setiap hari, dan menjadi pengingat tujuan hidup kita.

4. Dreamboard Membantu Jika Kita Kesulitan Memikirkan Masa Depan

Ada kalanya kita merasakan rencana masa depan masih terlalu ‘abu-abu’, dan mengawang-awang. Akibatnya, kita menjadi kesulitan untuk menentukan pilihan. 

Nah, dengan Dreamboard ini, akan membantu kita memberikan inspirasi, dan referensi yang bisa menuntun kepada tujuan yang sebenarnya. Kalaupun bingung untuk memulainya, kita cukup dengan membuat daftar terlebih dahulu, lalu menyusunnya belakangan.

5. Dreamboard membantu untuk Berpikir Positif dalam Mencapai Tujuan

Hal-hal positif tentunya akan mendorong kita dalam mencapai sebuah impian, maka kita pun akan semakin mudah termotivasi. Namun sayangnya, kita tidak selalu dikelilingi dengan keadaan yang membuat kita berpikir positif. 

Dengan menyusun Dreamboard tentunya akan membuat lebih bahagia dengan melihat bagaimana beberapa tahun ke depan hidup akan berubah sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Contoh Dreamboard

Berikut ini ada 2 contoh Dreamboard. Kalian bisa temukan banyak inspirasi ide untuk membuat Dreamboard di Pinterest.

dreamboard ideas
Sumber: Pinterest


dreamboard ideas
Sumber: Pinterest

Selamat mencoba!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter